Smartphone

Pilih Mana: Nokia 2.2 atau Realme c2?

Teknologi sedang berkembang dengan pesat, terutama dengan industri smartphone yang saat ini sedang berlomba dengan sengit untuk mengeluarkan produk unggulan dengan spesifikasi yang luar biasa. Kali ini akan kita bahas mengenai Nokia 2.2 dan Realme c2 dari segi desain dan performanya di bawah ini.

Nokia 2.2

Termasuk kelas entry-level, Nokia 2.2 tidak menawarkan spesifikasi yang berlebihan. Namun untuk smartphone di levelnya. handphone ini sangat layak dibeli. smartphone Android 9 Pie (Android One) dengan RAM 3GB dan storage 32GB (bisa diperluas hingga 400GB). Ini merupakan penawaran paling baik yang pernah dilayangkan Nokia untuk pengguna di Indonesia.

Perangkat sebelumnya (Nokia 3.1 Plus dan Nokia 4.2) juga memberikan konfigurasi memori sama seperti Nokia 2.2 tapi dengan harga lebih mahal. Kemudian kinerja Nokia 2.2 ditopang prosesor Quad-corenya dengan chipset Helio 22 yang berjalan dengan clock 2GHz. Baca juga Pilih Mana: Nokia 3 atau Oppo A37?

Desain Nokia 2.2

Ponsel Nokia 2.2 hadir dengan panel IPS 5,7 inci resolusi HD+ dan poni model tetes air untuk menaungi kamera selfie 5MP.Di belakang, dilengkapi kamera tunggal 13MP dengan flash LED. Tidak ada pembaca sidik jari, jadi pengguna harus mengandalkan fitur Face Unlock untuk keamanan biometrik.

Perangkat ditenagai chipset Helio A22 dengan CPU quad-core dan RAM 2GB atau 3GB. Penyimpanan hadir dalam pilihan 16GB dan 32GB yang dapat diperluas melalui slot microSD. Baterai dalam kerangka Nokia 2.2 memiliki kapasitas 3.000mAh yang cukup banyak, dan mengisi daya melalui port microUSB.

HMD Global menjamin Nokia 2.2 setidaknya mendapat tiga tahun pembaruan software yang berarti akan menerima Android Q dan versi setelah itu. Ada juga tombol Google Assistant khusus di sisi kiri sama seperti Nokia 4.2.

Performa Nokia 2.2

Nokia 2.2 mengandalkan chipset Mediatek Helio A22 dengan dukungan RAM 2GB dan memori internal 32GB, tetap dengan balutan Android One berbasis sistem operasi Android 9.0 Pie terbaru.

Kamera utama 13MP f/2.2 lengkap dengan LED flash ini diklaim mampu menghasilkan foto lowlight mumpuni.Sementara untuk urusan swafoto, kamu juga bisa mengandalkan sebuah kamera depan 5MP.Sama seperti smartphone Nokia lainnya, Nokia 2.2 didukung dengan sistem operasi Android One dengan basis Android 9.0 Pie terbaru.

Tidak sampai di situ, ponsel ini pula dikabarkan mendapatkan dukungan hingga 2 update software OS hingga Android R dan 3 tahun untuk security patch. Baterai 3.000 mAh yang digunakan pada Nokia 2.2 masih mengusung konsep removable alias bisa lepas-pasang.

Walaupun banyak yang sangsi akan fitur ini, namun Nokia menjamin kualitas baterai tidak akan berbeda jauh dibanding dengan perangkat saat ini yang mengusung tipe non-removable

Realme c2

Realme juga meluncurkan smartphone yang dikabarkan sebagai the new entry level king yaitu realme C2. Smartphone ini mengandalkan performa layar dan baterai besar sebagai fitur unggulan yang ditawarkan.

Hadir dengan desain inovatif yang cukup menarik, realme C2 juga dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau yaitu di kisaran Rp. 1 jutaan. Perangkat diekspektasikan mampu menjawab kebutuhan pengguna muda akan smartphone yang bisa digunakan seharian tanpa khawatir lemot maupun baterai yang cepat habis.

Desain Realme c2

Realme C2 terlihat memiliki desain yang cukup menarik. Meski dinobatkan sebagai smartphone entry level di harga Rp. 1 jutaan, namun realme C2 memiliki penampilan yang cukup terlihat elegan. Melalui Layar 6,1 inci dew drop serta body dengan material poly carbonate dengan konsep Diamond Cut, ponsel ini berhasil memberikan desain yang tidak monoton.

Tidak seperti Diamond Cut dengan sentuhan akhir glossy seperti yang diusungnya pada produk realme 2, realme C2 memberikan sentuhan akhir Diamond Cut dengan tekstur arsir polygonal. Selain membuatnya terlihat menarik, desain ini juga membuat realme C2 lebih mudah digenggam, karena tekstur arsir tersebut memberikan grip lebih baik di genggaman tangan pengguna. Adapun varian yang kami uji adalah Diamond Black, disamping warna lainnya yang tersedia yaitu Diamond Blue.

Perangkat ini punya ukuran dimensi 154.3 x 73.7mm dengan ketebalan 8.5 mm, dan berat 166 gram. Ukuran dan bobot perangkat membuatnya cukup nyaman digenggam, tidak terlalu ringan. Perangkat ini juga diklaim telah dilapisi dengan pelindung layar Corning Gorilla Glass pada panel bagian depan.

Meski tidak disebutkan versi berapa, tapi tentunya akan memberikan perlindungan tambahan dari goresan. Selain itu layar depan juga sudah dilapisi dengan film anti gores untuk menambah proteksi

Performa Realme c2

Performa realme C2 dibekali MediaTek Helio P22 octa-core dengan kecepatan 2.0 GHz yang dipadukan dengan GPU Cortex A53, RAM 3 GB, dan memori internal 32 GB. Saat dipakai, realme C2 berjalan mulus saat perpindahan antar aplikasi. Konsumsi daya saat dipakai bermain game Mobile Legends terbilang irit dan suhu smartphone tidak terlalu panas.

Pada fitur kamera, realme C2 punya kamera utama dual sensor 13 MP f/2.2 + 2 MP f/2.4 (depth sensor). Fitur-fitur kamera yang tersedia seperti Potrait Mode, HDR, Chroma Boost. dan untuk kamera depannya, smartphone ini dibekali dengan sensor kamera 5 MP f/2.0 dengan fitur AI Beauty.

Smartphone ini ditargetkan untuk pengguna yang menginginkan daya tahan baterai yang kuat, realme C2 dibekali dengan baterai yang cukup besar yaitu 4000 mAh. Paduan layar resolusi rendah, SoC hemat daya dan kapasitas baterai yang besar pastinya memberikan ekspektasi manajemen daya yang terbaik.

Realme C2 beroperasi menggunakan sistem operasi ColorOS 6.0 yang berbasis Android 9 (Pie). Adapun kelengkapan sensor yang tersedia seperti diantaranya Accelerometer, Proximity Sensor, Light Sensor, compass, dan juga Gyroscope. Namun perangkat ini belum dilengkapi dengan sensor fingerprint untuk kebutuhan keamanan perangkat. Namun telah tersedia fitur otentikasi Face Unlock yang dapat digunakan untuk keamanan.

Pilih Mana: Nokia 2.2 atau Realme c2?

Nokia 2.2Realme c2
Kelebihan - Harga yang murah - Performa tangguh - kamera jernih- Kapasitas baterai yang besar - Desain kekinian - Fitur kamera lengkap
Kekurangan - Bezel yang cukup tebal - Kapasitas baterai yang tidak terlalu besar- Spesifikasi kamera yang biasa - Belum ada fingerprint

Kesimpulan

Dari artikel di atas dapat kita simpulkan bahwa kedua smartphone mempunyai spesifikasi yang luar biasa. Tetapi kedua smartphone pasti mempunyai keunggulan masing-masing dan ada perbedaan dari segi pasar. Oleh sebab itu, dapat anda pilih sesuai dengan kriteria spesifikasi yang anda butuhkan dan artikel di atas bisa menjadi sebagian referensi buat kalian untuk memilih. Semoga bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Nokia 2.2 VS Realme c2

VS

Leave a Reply