Elektronik

Pilih Mana: Nokia 2.2 atau Redmi 6A?

Memiliki ponsel pintar dengan spesifikasi cukup mumpuni ditambah harga yang ekonomis tentu menjadi salah satu dambaan dari setiap orang, khususnya anak muda. Banyak produsen besar yang saat ini memproduksi smartphone dengan konsep seperti itu. Seperti halnya Nokia 2.2 dan Redmi 6A, kedua smartphone ini tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Penasaran dengan detail dari kedua smartphone ini? So kali ini saya akan bahas Nokia 2.2 dan Redmi 6A. Stay tune guys.

Nokia

Nokia merupakan produsen peralatan telekomunikasi terbesar di dunia dan merupakan perusahaan terbesar di Finlandia. Kantor pusatnya terletak di kota Espoo, Finlandia, serta perusahaan ini sangat dikenal melalui produk- produk telepon genggamnya. Nokia memproduksi telepon genggam untuk semua pasar dan protokol utama, termasuk GSM, CDMA, serta W-CDMA (UMTS).

Disaat ini lisensi bisnis ponsel pintar serta ponsel genggam bermerek Nokia sudah dipunyai oleh HMD Global bersama FIH Mobile (anak perusahaan Foxconn) mulai Desember 2016 sampai 2026 nanti. HMD Global bekerja sebagai developer sedangkan FIH Mobile berperan sebagai manufaktur. Baca juga Pilih Mana: Realme C2 atau Oppo A3S?

Nokia 2.2

Nokia 2. 2 dibekali dengan panel layar berdimensi 5.7 inci dengan resolusi HD+ dan tambahan poni mini di bagian atasnya. Smartphone ini pula sudah memakai material cover body yang dibuat dari bahan polycarbonat dengan bentuk yang sederhana.

Dari sektor dapur pacu, Nokia 2.2 sudah membenamkan chipset Helio A22 dengan prosesor quad- core dengan opsi RAM 2GB/16GB dan 3GB/32GB. Resolusi layarnya HD Plus 720 x 1.520 piksel dengan aspect ratio 19:9. Konsep layarnya memakai water drop screen dengan desain poni (notch) membulat yang menjorok di ujung layar.

Fitur Nokia 2.2

Nokia 2.2 memiliki fitur seperti kamera yang dilengkapi dengan fitur HDR yang sanggup menangkap warna-warna cerah dengan jangkauan yang dinamis. Tidak hanya itu, Nokia 2.2 pula dilengkapi dengan fitur face unlock serta Google Lens. Fitur biometric face unlock memungkinkan konsumen membuka kunci handphone dengan cara mengarahkan wajah mereka ke kamera depan.

Salah satu keunggulan dari Nokia 2. 2 yang sangat menarik yakni adanya tombol khusus Google Assistant. Kehadiran tombol ini jelas membuat HP ini menarik mengingat tombol Google Assistant umumnya hadir di HP Android One kelas menengah atau HP Android kelas atas. Tombol Google Assistant ini bisa digunakan untuk memakai Google Assistant. Tidak hanya itu, tombol ini dapat dipakai untuk walkie-talkie dengan cara ditekan. Fitur yang tergolong menarik pastinya.

Kamera Nokia 2.2

Dari sisi kamera, Nokia 2.2 mempunyai total 2 kamera yakni satu kamera belakang 13 megapiksel dengan aperture f/ 2.2 dan kamera depan 5 megapiksel.

Baterai Nokia 2.2

Nokia 2. 2 mempunyai kapasitas baterai 3.000 mAH dengan memakai chipset MediaTek Helio A22 yang didesain buat optimalisasi baterai sehingga konsumen tidak perlu melakukan pengisian baterai sepanjang hari.

Harga Nokia 2.2

Tersedia dengan opsi warna hitam dan metal, Nokia 2.2 terkini beredar untuk pasar ponsel India dengan harga mulai Rp1,4 jutaan. Namun belum ada konfirmasi untuk kapan diedarkannya handphone ini ke Indonesia.

Redmi

Saat ini nama Realme semakin populer di Indonesia berkat berbagai macam smartphone terbarunya di Indonesia yang mempunyai detail hardware tinggi, tetapi dengan harga yang dapat dikatakan ekonomis.

Lihat juga:  Pilih Mana: Kulkas Sharp atau LG?

Terlebih lagi Realme juga memperkenalkan smartphone buatannya di Indonesia dengan harga yang lebih murah dibanding dengan Xiaomi. Bahkan mempunyai detail hardware yang lebih tinggi lagi.

Awal mulanya Realme sendiri hadir pada tahun 2010 dengan nama OPPO Real. Tentu saja produknya dikembangkan oleh OPPO. Berikutnya, Realme juga menjadi sub-brand dari OPPO yang amat laris di beberapa negara.

Redmi 6A

Xiaomi Redmi 6A mengusung layar 5,45 inch resolusi 720 x 1440 pixel dengan rasio layar 18:9 Full Screen, memakai bodi belakang dengan finishing brushed metallic serta mempunyai arc design. Perangkat ini mempunyai dapur pacu MediaTek Helio A22 quad core 2.0GHz dengan fabrikasi 12nm, besar RAM 2 GB dengan kapasitas storage internal 16 GB yang masih dapat ditambahkan sampai 256 GB dengan microSD card.

Berbeda dengan yang hadir di pasar global, Redmi 6A mempunyai slot dedikasi khusus buat microSD, bersama dengan dual nano SIM card di mana keduanya mampu standby 4G secara bersamaan.

Fitur Redmi 6A

Sebagian fitur andalannya antara lain yakni Child Mode, Do Not Disturb, Security, Cleaner terintegrasi, RAM cleaner terintegrasi, one handed mode, torch, barcode scanner, Mi Drop, lite mode, Quick Ball menu, Mi Mover, Reading Mode, Lite Mode, App Lock, dual apps, split screen, serta dual space.

Aplikasi bawaan MIUI 10 pada smartphone Xiaomi Redmi 6A ini tidak begitu banyak, antara lain terselip Google Apps, Microsoft Apps (Word, Excel, PowerPoint, Outlook, serta Skype), Facebook, Caping, Lazada, serta PicMix. Konsumen bisa menghapus aplikasi bawaan bila tidak dipakai.

Kamera Redmi 6A

Kamera utamanya mempunyai resolusi 13 MP dengan aperture f/2.2 yang sudah dilengkapi fitur PDAF, HDR, dan LED flash, sedangkan kamera depan beresolusi 5 MP yang sudah dilengkapi dengan teknologi AI Portrait, HDR dan Beautify. Kamera depannya pula mempunyai fungsi Face Unlock sebagai salah satu bentuk keamanan perangkat.

Baterai Redmi 6A

Perangkat ini juga bakal mempunyai besar baterai 3000mAh yang diklaim sanggup bertahan sampai lebih dari 15 jam kala dipakai buat telepon, serta memakai MIUI 9. 0 berbasis Android 8.1 Oreo. Sayangnya, Xiaomi Redmi 6A ini belum mempunyai sokongan fast charging buat pengisian ulang baterai yang lebih cepat.

Harga Redmi 6A

Xiaomi Redmi 6A dijual dengan harga Rp 1.249.000 yang buatnya jadi salah satu smartphone yang lumayan ekonomis di kelas Rp1-2 juta. Handphone ini memiliki varian warna Grey, Blue, Gold, dan Rose Gold.

Pilih Mana: Nokia 2.2 atau Redmi 6A?

Nokia 2.2Redmi 6A
Kelebihan - Hemat baterai - Baterai bisa dilepas - Memiliki tombol Google Assistant - Memiliki prosesor yang bagus - Fitur AI pada kamera - Dual SIM + LED Flash
Kekurangan - Kualitas kamera buruk - Performa lambat - Baterai tidak bisa dilepas - Bagian layar belum dilapisi dengan pelindung

Kesimpulan

Seperti yang sudah diulas diatas, bahwa Nokia 2.2 dan Redmi 6A merupakan smartphone yang cukup mumpuni untuk kegiatan kamu sehari-hari. Namun jika kalian menginginkan fitur yang lebih canggih, maka saya merekomendasikan Redmi 6A untuk menjadi smartphone kamu. Tentukan pilihan smartphone kamu sesuai kebutuhan dan selera kamu guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Nokia 2.2 vs Redmi 6A

VS

Leave a Reply