Smartphone

Pilih Mana: Nokia 6 atau Samsung J7 Pro?

Persaingan antara kedua vendor smartphone raksasa yaitu Samsung dan Nokia akan kembali memanas. Hal ini dibuktikan oleh kehadiran dua smartphone kelas menengah yang sering menjadi pembahasan Samsung Galaxy J7 Pro dan Nokia 6. Secara fisik kedua smartphone ini hampir sama karena hadir dengan layar berukuran 5,5 inci yang menggunakan resolusi Full HD (1080p). Lalu bagus mana Nokia 6 vs Samsung J7 Pro?

Nokia 6

Nokia 6 memiliki layar 5,5 inci dengan teknologi layar IPS LCD yang sudah mendukung resolusi Full HD. Artinya, pengguna akan dapat menonton video dengan lebih tajam dan jernih. Layar masih dilindungi lagi dengan kaca keras buatan Corning, Gorilla Glass 3. Baca juga Pilih Mana: Redmi 3 atau Redmi 4A?

Kelebihan Nokia 6

1. Kamera Belakang Beresolusi 16 MP
Nokia 6 telah menyematkan kamera depan dan kamera belakang yang masing-masing beresolusi 8 MP dan 16 MP. Selain itu, Nokia juga menambahkan fitur Phase Detection Autofocus dengan dual LED Flash yang pastinya menghasilkan gambar yang bagus. Sementara Samsung J7 Pro membenamkan kamera depan dan belakang yang sama-sama beresolusi 13 MP.

2. Penyimpanan internal 64 GB
Tidak hanya RAM 4 GB-nya yang lebih besar, ternyata Nokia 6 juga unggul pada ruang penyimpan internalnya. Ruang penyimpan internal pada Nokia 6 berkapasitas 2 kali lebih besar dari Samsung J7 Pro yakni 64 GB.

Kekurangan Nokia 6

1. Panel Kontrol yang Tertinggal
Samsung J7 Pro sudah menggunakan Super AMOLED yang dibungkus Corning Gorilla Glass 4 sebagai pelindung layar. Sementara panel kontrol Nokia lebih tertinggal karena masih menggunakan IPS Capasitive yang dibalut Corning Gorilla Glass 3.

2. Belum Memiliki Sertifikat IP54
Nokia 6 belum memiliki sertifikat IP54 yang menjamin perangkat tahan terhadap cipratan atau siraman air. Sementara Samsung J7 Pro telah mengantongi sertifikat IP54 yang mana Samsung J7 Pro mampu menahan cipratan air ataupun siraman air.

Samsung J7 Pro

Dikutip dari Merdeka.com, Samsung J7 Pro memiliki layar berukuran 5,5 inci dengan resolusi Super AMOLED. Perangkat ini dibalut dari material metal yang menjadikan ponsel ini tampil semakin mewah dan elegan. Samsung J7 Pro juga telah menggunakan OS Android Nougat yang banyak memberikan fitur update untuk para penggunanya.

Kelebihan Samsung J7 Pro

1. Unggul Pada Prosesor
Adapun jeroanya kedua smartphone ini sama-sama berjalan di Android OS versi 7.0 Nougat hanya untuk kecepatan kinerjanya Galaxy J7 Pro sedikit lebih baik berkat chipset Exynos 7870-nya, Octa core 1.6 GHz dengan Mali T830MP1 GPU sementara Nokia 6 masih menggunakan Chipset Qualcomm adalah Snapdragon 430 Octa core 1,4 GHz Cortex A53 dengan GPU Adreno 505 sebagai prosesor grafis.

2. Kapasitas Baterai 3600 mAh
Dukungan kapasitas baterai menjadi daya tarik pengguna, karena semakin besar daya baterai tersebut maka semakin lama penggunanya dapat menggunakannya. Samsung memiliki kapasitas baterai mencapai 3600 mAh sedangkan Nokia 6 hanya memasok dukungan daya baterai sebesar 3000 mAh saja.

Kekurangan Samsung J7 Pro

1. Bobot Lebih Berat
Samsung J7 Pro memiliki bobot yang berat mencapai 181 gram, bobot ini mungkin karena Samsung J7 Pro terbuat dari bahan metal. Namun meskipun begitu dimensi yang dimiliki Samsung J7 Pro masih tergolong cukup nyaman digunakan para penggunanya.

2. Kapasitas RAM 3 GB
Walau mendukung layar Super AMOLED, Samsung J7 Pro hanya memiliki RAM 3 GB untuk menunjang segala kebutuhan penggunanya. Sedangkan Nokia 6 terlihat lebih unggul dalam kapasitas RAM yang mampu menampung mencapai 4 GB. Selisih 1 GB, namun ini berarti bagi para pengguna yang membutuhkannya.

 Pilih Mana: Nokia 6 atau Samsung J7 Pro?

Nokia 6Samsung J7 Pro
Perilisan– Januari 2017– Juni 2017
Kerapatan piksel– 403 ppi– Hanya 401 ppi
Kapasitas baterai– 3000 mAh– 3600 mAh

Kesimpulan

Kami lebih tertarik untuk menyarankan memilih Samsung J7 Pro, apalagi untuk Anda yang membutuhkan prosesor tangguh dari sebuah perangkat. Selain itu, tampilan layar yang jernih dan jelas berkat Super AMOLED semakin memberikan kenyaman saat dipandang mata. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Nokia 6 vs Samsung J7 Pro

VS

Leave a Reply