Pilih Mana: Nokia 8 atau Samsung A8?

Loading...

Nokia pernah menjadi merek ponsel yang sangat terkenal di masanya. Namun, kini Nokia tidak terlalu dominan seperti dahulu. Meski begitu, saat ini Nokia telah memiliki banyak produk yang mampu menjawab kebutuhan pelanggan, salah satu produknya yaitu Nokia 8. Nokia 8 kerap dibandingkan dengan Samsung A8 yang juga memiliki kualitas yang sangat baik. Manakah smartphone yang lebih cocok untuk Anda? Nokia 8 atau Samsung A8?

Nokia 8 dan samsung A8 kerap dibandingkan karena dianggap hampir mirip. Padahal keduanya memiliki banyak perbedaan. Perbedaan tersebut mulai dari resolusi layar, kamera, hardware, dan sebagainya.

Baca juga artikel kami sebelumnya: Pilih Mana: Xioami Mi A1 atau Redmi 5 Plus?

Nokia 8

Nokia 8 merupakan produk smartphone yang dirilis pada Oktober 2017 oleh brand Nokia. Smartphone ini memiliki kualitas kamera yang sangat baik sehingga sangat cocok bagi Anda yang menyukai aktivitas berfoto.

Kelebihan Nokia 8

Berikut beberapa kelebihan Nokia 8 yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Resolusi Layar Lebih Besar

Salah satu kelebihan Nokia 8 adalah memiliki resolusi layar yang lebih besar jika dibandingkan dengan Samsung A8. Nokia A8 memiliki layar dengan resolusi 1440 x 2560 pixels. Sedangkan Samsung A8 hanya memiliki layar dengan resolusi 1080 x 2220.

  • Telah Memiliki Dual Kamera Depan

Kelebihan lain yang dimiliki Nokia 8 adalah telah memiliki dual kamera depan sedangkan Samsung A8 belum memiliki dual kamera depan. Nokia A8 memiliki dual kamera belakang dengan 13 + 13 MP. Sedangkan Samsung A8 memiliki kamera belakang dengan resolusi 16 MP.

  • Kapasitas Memori Internal Lebih Besar

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Nokia 8 adalah memiliki kapasitas memori internal lebih besar. Nokia 8 memiliki memori internal sebesar 64 GB sedangkan Samsung A8 memiliki memori internal sebesar 31 GB. Namun kapasitas untuk memori eksternal kedua smartphone ini sama, yakni 256 GB.

Kekurangan Nokia 8

Berikut beberapa kekurangan Nokia 8 yang perlu Anda ketahui:

  • Harga Lebih Mahal

Salah satu kekurangan Nokia 8 adalah memiliki harga yang lebih mahal daripada Samsung A8. Namun perbedaan harga dari kedua smartphone ini tidak terlalu jauh yakni hanya memiliki selisih sekitar 100 hingga 200 ribuan saja.

  • Ukuran Lebih Kecil

Kekurangan lain yang dimiliki oleh Nokia 8 adalah memiliki ukuran yang lebih kecil daripada Samsung A8. Nokia 8 memiliki lebar 5,3 inci dengan rasio 16 : 9. Sedangkan Samsung A8 memiliki ukuran lebar sebesar 5,6 inci dengan rasio 16 : 9.

Loading...
  • Resolusi Kamera Depan Lebih Kecil

Meskipun unggul pada kamera utamanya, namun Nokia 8 memiliki resolusi kamera depan yang lebih kecil daripada Samsung A8. Kamera depan Nokia 8 memiliki resolusi 13 MP sedangkan Samsung A8 memiliki kamera depan dual 16 + 8 MP.

Kelebihan Nokia 8Kekurangan Nokia 8
- Memiliki resolusi layar lebih besar- Harga lebih mahal
- Telah memiliki dual kamera- Ukuran lebih kecil
- Kapasitas memori internal lebih besar- Resolusi kamera depan lebih kecil

Samsung A8

Samsung A8 merupakan salah satu produk yang dirilis oleh brand Samsung pada Januari 2018. Jika beberapa brand memberikan dual kamera pada kamera utama, Samsung A8 memiliki dual kamera pada kamera utama sehingga mampu memanjakan Anda yang menyukai selfie.

Kelebihan Samsung A8

Berikut beberapa kelebihan Samsung A8 yang perlu Anda ketahui:

  • Harga Lebih Terjangkau

Salah satu kelebihan atau keunggulan yang dimiliki oleh Samsung A8 adalah memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan Nokia 8. Namun, selisih harga antara kedua smartphone ini tidak terpaut terlalu jauh.

  • Memiliki Ukuran Lebih Besar

Kelebihan lain yang dimiliki Samsung A8 adalah memiliki ukuran yang lebih besar dan lebih baik daripada Nokia 8. Samsung A8 memiliki layar Super Amoled Capacitive dengan lebar 5,6 inci dan rasio 18,5 : 9.

  • Resolusi Kamera Depan Lebih Besar

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Samsung A8 adalah memiliki kamera depan dengan resolusi yang lebih baik dan telah dual kamera. Samsung A8 memiliki kamera depan dual 16 + 8 MP. Hal ini tentunya menjadi kabar gembira bagi Anda yang menyukai aktivitas berfoto selfie.

Kekurangan Samsung A8

Berikut beberapa kekurangan Samsung A8 yang perlu Anda ketahui:

  • Kamera Utama Belum Dual Kamera

Meskipun pada kamera depannya telah memiliki dual kamera, namun Samsung A8 belum memiliki dual kamera pada kamera utama atau kamera belakangnya. Karena itulah, Anda perlu mempertimbangkan aktivitas dan kebutuhan Anda sebelum menentukan smartphone yang akan Anda beli.

  • Kapasitas Memori Internal Lebih Kecil

Kekurangan lain yang dimiliki Samsung A8 adalah memiliki kapasitas memori internal yang lebih kecil daripada Nokia 8. Samsung A8 memiliki memori internal sebesar 32 GB sedangkan Nokia 8 telah memiliki memori internal sebesar 64 GB.

  • Resolusi Layar Lebih Kecil

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki Samsung A8 adalah memiliki resolusi layar yang lebih kecil daripada Nokia 8. Samsung A8 memiliki resolusi layar 1080 x 2220 pixels sedangkan Nokia 8 memiliki resolusi layar sebesar 1440 x 2560 pixels.

Kelebihan Samsung A8Kekurangan Samsung A8
- Harga lebih terjangkau- Kamera utama belum dual kamera
- Memiliki ukuran lebih besar- Kapasitas memori internal lebih kecil
- Resolusi kamera depan lebih besar- Resolusi layar lebih kecil

Pilih Mana: Nokia 8 atau Samsung A8?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara Nokia 8 dan Samsung A8. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

Nokia 8Samsung A8
- Memiliki dual kamera depan- Memiliki dual kamera belakang
- Memori internal lebih besar- memori internal lebih kecil
- Harga lebih mahal- Harga lebih terjangkau
- Cek harga Nokia 8 online termurah, Klik di sini- Cek harga Samsung A8 online termurah, Klik di sini

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai Nokia 8 dan Samsung A8 di atas dapat disimpulkan bahwa Nokia 8 memiliki keunggulan yang lebih banyak daripada Samsung A8. Keunggulan tersebut bisa dilihat dari kapasitas baterai yang dimiliki, hardware yang digunakan, memori serta kamera yang terdapat pada smartphone tersebut. Namun Nokia 8 memiliki harga sedikit lebih mahal dengan selisih sekitar 200 ribuan.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Nokia 8 vs Samsung A8

VS

 

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *