Smartphone

Pilih Mana: Note 8 atau S9?

Seperti yang kita ketahui, Samsung Note 8 merupakan smartphone kelas atas yang dimiliki Samsung. Namun, belum puas dengan menghadirkan perangkat tersebut, akhirnya Samsung kembali merilis kembaran dari seri Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus yang juga menyasar pada smartphone kelas atas. Lantas jika kita bandingkan, bagus mana Note 8 atau S9? Berikut kelebihan dan kekurangan keduanya ponsel Samsung ini.

Note 8 memiliki bentang layar berukuran 6,3 inci yang beresolusi 2960 x 1440 piksel dengan Super AMOLED yang dilindungi Gorilla Glass 5. Dengan sudut-sudut yang lebih tegas, perangkat ini disertai stylus S-pen. Selain itu, Note 8 juga memiliki kamera depan beresolusi 8 MP dan sektor baterai yang mendukung Fast Charging serta Wireless Charging. Baca juga Pilih Mana: Honor View 10 atau Honor View 20?

Kelebihan Note 8

1. Daya Baterai Lebih Kuat
Note 8 memiliki daya baterai yang lebih kuat berkat tertanamnya kapasitas sebesar 3300 mAh. Baterai ini jelas 10 persen lebih kuat dibanding baterai yang dimiliki S9 yang hanya 3000 mAh.

2. Ukuran Layar Besar
Seperti yang pernah kami jelaskan bahwa semakin besar ukuran layar perangkat, maka semakin baik pula pengalaman penggunanya dalam menikmati fitur yang terdapat di perangkat. Dari sebutannya saja ‘Note’, maka tidak heran bahwa perangkat ini memiliki ukuran layar lebih besar mencapai 6,3 inci.

Kekurangan Note 8

1. Prosesor Masih di Bawah S9
Samsung Galaxy Note 8 merupakan generasi ke-8 dari Samsung Note Series yang menawarkan kinerja dari Octa-core Qualcomm Snapdragon 835 (2.35GHz + 1.9GHz) atau octa-core Samsung Exynos 8895 (jika di luar AS) yang dipadukan dengan RAM 6 GB.

2. Bobot Mencapai 195 gram
Seperti yang kita tau, kedua ponsel ini tidak cocok untuk disimpan di dalam saku celana karena ukurannya yang besar. Namun dalam urusan bobot, nampak jelas bahwa Note 8 memiliki bobot lebih berat mencapai 195 gram sementara S9 memiliki bobot 32 gram lebih ringan yakni hanya 163 gram.

S9

Dikutip dari Kompas.com, meski sama-sama mengusung teknologi Super AMOLED, namun S9 memiliki ukuran layar yang berbeda yakni berukuran 5,8 inci yang juga dilindungi Gorilla Glass 5. Meskipun tidak memiliki stylus S-Pen, S9 memiliki fitur lain seperti AR Avatar yang memungkinkan penggunanyaa menyulap wajah menjadi sebuah sticker keren dan lucu.

Kelebihan S9

1. Prosesor Tangguh dan Terbaru
Samsung S9 adalah perangat terbaru yang tentu saja membawa prosesor yang lebih baru. Didorong oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 845 Octa-core (2.8GHz + 1.7GHz), atau octa-core Samsung Exynos 9810 (2,7 GHz + 1,7 GHz), S9 jauh lebih unggul dari Note 8.

2. Kemampuan Merekam Slo-Mo yang Lebih Baik
Samsung S9 juga dilengkapi fitur super slow motion yang mampu merekam video 960fps sehingga video 0,2 detik bisa dibuat 6 detik slow motion. Sementara Note 8 juga memiliki fitur ini, hanya saja tidak sebaik hasil dari Samsung S9.

Kekurangan S9

1. RAM Hanya 4 GB
Untuk mendukung segala kebutuhan penyimpanan penggunanya, Note 8 lebih terlihat unggul karena telah membenamkan RAM mencapai 6 GB. RAM ini tergolong cukup besar dibandingkan RAM yang dimiliki S9. RAM S9 sendiri hanya disediakan sebesar 4 GB saja.

2. Belum Dual Camera
Tidak seperti Note 8 yang telah menyematkan dual camera belakang yang masing-masing beresolusi 12 MP, baik itu utama maupun sekunder (untuk mengambil efek bokeh). Samsung Galaxy S9 hanya menyematkan satu kamera belakang yang beresolusi sama yakni 12 MP. Sehingga untuk mengambil efek bokeh, sayangnya S9 belum mampu melakukannya.

Pilih Mana: Note 8 atau S9?

Note 8S9
Daya baterai– 3300 mAh– 3000 mAh
Kerapatan pixel– Hanya 521 ppi– Besar mencapai 570 ppi
Jenis kamera belakang– Dual camera – Hanya single camera

Kesimpulan

Demikianlah kelebihan dan kekurangan dari kedua perangkat Samsung yang sama-sama ditujukan ke segmen kelas atas. Karena tergolong ponsel terbaru, tidak heran bila prosesor yang dimiliki Samsung S9 lebih baru dan unggul. Namun, bagi yang ingin memiliki RAM dan baterai besar serta dua kamera ganda yang dapat menghasilkan bokeh, maka Note 8 pilihannya. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Note 8 vs S9

VS

Leave a Reply