Makanan dan MinumanParentingSusu Formula

Pilih Mana: Nutribaby atau Chil Kid?

ASI (Air Susu Ibu) adalah pilihan yang tepat untuk anak tercinta yang tidak ada saingannya dibandingkan apapun, tetapi dengan berjalannya waktu anak juga perlu nutrisi sampingan yang seimbang yang dapat membuat anakn tumbuh kembang dengan sempurna.

Salah satunya dengan memberikan susu formula untuk anak sesuai usia anak, sehingga akan membuat anak mendapatkan nutrisi yang dapat mencukupi pada tubuh anak. Banyak berbagai merek susu formula yang bisa kamu dapatkan, tetapi apa merek terbaik?

Nutribaby dan Chil Kid mungkin jawaban yang cukup tepat, kedua merek susu formula tersebut adalah merek susu formula yang banyak menjadi pilihan para ibu. Apa saja kelebihan dan kekurangan dari kedua susu tersebut? Kali ini saya akan membahas kedua merek susu tersebut.

Nutribaby

Nutribaby adalah merek susu formula berasal dari perusahaan PT Nutricia Indonesia Sejahtera (NIS). Banyak beberapa varian susu formula yang sudah diproduksi oleh susu Nutribaby ini. PT. Nutricia Indonesia Sejahtera (NIS) didirikan dengan komitmen dan dedikasi untuk memenuhi kebutuhan gizi dasar ibu dan anak Indonesia. Baca juga Pilih Mana: S-26 atau Enfagrow?

PT Nutricia Indonesia Sejahtera (NIS) berkolaborasi dengan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Indonesian Pediatric College dan the Dutch Pediatric Society untuk mendirikan Nutricia Indonesia Fund (NIF), yang bertujuan menyediakan pendidikan berkelanjutan yang terakreditasi, simposium untuk berbagi ilmu dan beasiswa untuk membantu Indonesia mengembangkan komunitas dokter anak berkelas dunia.

Manfaat Kandungan Nutribaby

  • Dapat Memperlancar Pencernaan Anak
    Terdapatnya kandungan FOS dan GOS pada susu Nutribaby ini Prebiotik yang paling banyak digunakan adalah inulin dan fructo-oligosaccharide (FOS) dan Galacto-oligosaccharide (GOS). Keduanya telah terbukti dapat merangsang pertumbuhan bifidobacteria dalam lumen usus, sehingga, efek prebiotik tidak akan terjadi secara langsung. Dengan merangsang pertumbuhan bifidobacteria, pada akhirnya akan menimbulkan efek positif bagi daya tahan saluran cerna.
  • Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi
    Pada susu Nutribaby terdapat kandungan kalsium, seperti yang banyak diketahui bahwa kandungan kalsium sendiri memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi juga kepadatan tulang dan gigi.
  • Dapat Menjaga Daya Tahan Tubuh
    Manfaat Susu Nutribaby untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak dalam melawan penyakit. Anak jadi tidak sering kena pilek dan demam. Bebas bermain kapan saja. Juga terdapatnya vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan pada anak seperti vitamin c dan e, fungsi vitamin c vitamin c baik untuk membantu sistem imun agar tidak mudah jatuh sakit. Sedangkan fungsi vitamin e untuk mencegah sel kulit dari kerusakan.

Kelebihan Nutribaby

  • Memiliki Banyak Nutrisi
    Susu Nutribaby sudah banyak diketahui memiliki banyak nutrisi yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh anak seperti kandungan FOS dan GOS, kalsium, zinc, vitamin dan mineral, AA dan DHA, omega 3 dan omega 6 dan fosfor.
  • Terdapat Varian Untuk Anak Alergi Susu Sapi
    Alergi susu sapi merupakan alergi makanan yang sering terjadi pada anak-anak. Anak dengan alergi susu sapi harus dipastikan mendapat asupan nutrisi lengkap agar dapat tumbuh optimal. Salah satu varian susu Nutribaby yang dapat menjadi pilihan untuk anak yang alergi susu sapi adalah Nutrilon Royal Soya dengan formulasi dengan 100% Isolat Protein Kedelai berkualitas memberikan banyak kebaikan untuk si kecil yang alergi protein susu sapi. Mengandung FOS yang lebih tinggi untuk ketahanan tubuh yang kuat dan memiliki minyak ikan yang lebih tinggi untuk mendukung kemampuan berpikir. Juga dilengkapi dengan kalsium tinggi dan protein berkualitas dengan asam amino yang lengkap untuk pertumbuhan optimal anak agar ia selangkah lebih maju.
  • Dapat Menggemukan Badan
    Susu formula Nutribaby ini sudah dipercaya dapat membuat tubuh anak lebih berisi, sehingga anak lebih terlihat gemuk dan terlihat lebih sehat. Hal ini sudah banyak dirasakan oleh para ibu-ibu yang mengkonsumsi susu Nutribaby untuk anak mereka.

Kekurangan Nutribaby

  • Harga Mahal
    Sudah pasti kekurangan yang pertama ini tidak menjadi rahasia lagi, susu Nutribaby memang dijual dan dipasarkan dengan harga yang memang cukup terbilang sangat mahal ya. Tetapi untuk ibu memilih susu ini dan mendapatkan hasil yang maksimal untuk anaknya akan membuat mereka tetap membeli susu ini, bagaimana dengan kamu moms?
  • Sulit Didapatkan
    Untuk kamu yang memang menggunakan susu Nutribaby untuk anak, apakah merasa kesulitan untuk mendapatkan susu ini? Ya, sebagian banyak orang mengeluh akan hal ini, karena jarang dijual bahkan tidak ada dijual di toko kecil, sehingga kamu perlu meluangkan waktu untuk ek supermarket atau ke apotek.
  • Bertahan 2 Minggu Setelah Dibuka
    Kekurangan yang terakhir dari susu Nutribaby ini adalah bahwa susu formula ini mengklaim atau memberikan himbauan bahwa susu yang sudah dibuka sebaiknya dihabiskan dalam waktu 2 minggu. Karena jika tidak akan terjadi perubahan warna dan aroma pada susu tersebut.
Varian Produk NutribabyKeterangan
Nutribaby 1 atau Nutribaby Royal 1Untuk usia anak 0-6 bulan Nutribaby 1 atau Nutribaby Royal 1 sama saja hanya berbeda dikomposisi atau kandungan gizi
Nutribaby 2 atau Nutribaby Royal 2Untuk usia anak 6-12 bulan Nutribaby 2 atau Nutribaby Royal 2 sama saja hanya berbeda dikomposisi atau kandungan gizi
Nutribaby 3Untuk usia anak 1-3 tahun susu varian ini banyak berbagai macam kandungan nutrisi
Nutribaby 4Untuk usia anak khusus 3-6 tahun kandungan yang lengkap untuk tumbuh kembang anak
Nutribaby SoyaVarian ini dikhususkan untuk anak yang alergi terhadap susu sapi

Chil Kid

Chil Kid sendiri sudah dilengkapi dengan kandungan Omega 3 dan Omega 6, Chil Kid mampu merangsang daya tangkap anak dan juga meningkatkan konsentrasi anak dalam belajar. Susu Chil Kid sudah terbukti mempunyai kualitas yang baik sehingga terkenal dikalangan masyarakat Indonesia sejak dulu.

Chil Kid sendiri diproduksi oleh perusahaan PT Kalbe dipercayai oleh banyak ibu di dunia untuk membantu meningkatkan kecerdasan otak anak, karena memiliki kandungan cukup komplit yang bukan hanya membantu dalam mencerdaskan, melainkan juga membantu memperkuat daya tahan tubuh si kecil.

Manfaat  Kandungan Chil Kid

  • Membuat Otak Anak Cepat Berkembang
    Pada susu formula Chil Kid, susu ini dipercaya dapat membuat otak anak berkembang dengan optimal. Dengan adanya kandungan AA dan DHA. AA memiliki peran penting dalam pembentukan jaringan otak. Kandungan yang terdapat pada susu formula terbaik ini juga bisa dijumpai pada ASI. Selain itu, AA juga mampu merangsang perkembangan syaraf mata pada bayi. DHA fungsi DHA yang terkandung dalam susu Chil Kid ini mirip seperti AA yakni membantu perkembangan otak dan indera penglihatan si kecil. Bersama dengan AA, DHA juga memiliki peran besar dalam perkembangan saraf pusat. Bahkan untuk bayi yang lahir prematur, WHO juga merekomendasikan pemberian susu formula yang mengandung DHA.
  • Dipercaya Menjaga Kesehatan Pencernaan
    Bagi ibu yang sudah menggunakan atau mengkonsumsi susu Chil Kid untuk anaknya susu ini dipercaya dapat menjaga kesehatan pada pencernaan anak. Seperti adanya kandungan prebiotik memiliki peran penting dalam perkembangan bakteri baik. Unsur penting dalam susu formula terbaik ini mampu menyempurnakan sistem pencernaan si kecil dan menjaganya agar terhindar dari gangguan pencernaan seperti sembelit.
  • Sudah Terbukti Kualitas Baik
    Produk susu dari PT Kalbe ini sudah memiliki kualitasnya yang baik, sehingga aman dan tidak perlu khawatir lagi untuk para ibu jika ingin beralih menggunakan Chil Kid ini. Tetapi saran saja sebaiknya anak mengkonsumsi susu formula yang memang sudah cocok untuk anak.
Lihat juga:  Pilih Mana: Frisian Flag atau Vidoran Xmart?

Kelebihan Chil Kid

  • Menyediakan Varian Khusus Untuk Anak yang Alergi Susu Sapi
    Chil Kid Soya (1-3 tahun) dan Chil School Soya (3-12 tahun) merupakan susu pertumbuhan bergizi berbahan dasar isolat protein kedelai tanpa penambahan laktosa, untuk mengatasi gejala alergi susu sapi pada anak yang sudah didiagnosis alergi susu sapi.
  • Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit Anak
    Dalam susu formula Chil Kid, terdapat kandungan omega 3 dan omega 6 yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit, rambut, kuku dan juga hormon pada anak. Bahkan, manfaat omega 3 dan omega 6 lainnya yaitu mampu mencegah kerusakan pada sel tubuh buah hati kesayangan.
  • Membantu Kekebalan Tubuh Anak
    Pada susu Chil Kid terdapat kandungan FOS dan GOS merupakan kandungannya yang berperan dalam mengembangkan sistem kekebalan tubuh anak. Kedua kandungan tersebut bekerja dengan cara mendukung perkembangan bakteri baik, sekaligus menekan pertumbuhan bakteri jahat.

Kekurangan Chil Kid

  • Hanya Dapat Bertahan 2 Minggu
    Sangat disayangkan untuk susu Chil Kid ini jika kemasan sudah dibuka khususnya memang kemasan kardus, sebaiknya dihabiskan sebelum 2 minggu. Banyak yang mengklaim susu ini hanya bertahan waktu sekitar 2 minggu saja jika sudah lebih dari 2 minggu tekstur dapat berubah.
  • Aroma Sering Tertinggal di Botol Anak
    Untuk anak yang masih menggunakan botol atau disebut dot untuk mengkonsumsi susu. Formula atau aroma pada susu ini sering sekali melekat dan sulit dibersihkan. Hal ini membuat sulit para ibu untuk membersihkannya. Dan juga rasa dari Chil Kid ini terbilang sangat manis, hal tersebut banyak yang tidak suka dengan rasa yang terlalu manis.
  • Tidak Boleh Lebih dari 6 Jam
    Sama seperti susu lainnya, Chil Kid juga mudah rusak dan menjadi basi. Setelah dibuat, susu harus segera dihabiskan oleh anak dan jika tidak, susu hanya mampu bertahan di suhu ruangan selama maksimal 6 jam saja. Walaupun Anda menyimpannya di freezer untuk menambah daya tahan susu, namun bukan berarti susu bisa diberikan kepada anak begitu saja. Susu akan menjadi beresiko terkontaminasi oleh kuman dan bakteri.
Varian Produk Chil KidKeterangan
Chil Kid PlatinumChil Kid Platinum untuk anak usia 1-3 tahun dilengkapi dengan formula platinum terdiri dari brain care, body defense, dan nutrisi penting lainnya
Chil Kid SoyaChil Kid Soya adalah susu formula untuk anak 1-3 tahun dengan isolat protein kedelai sebagai sumber protein. Susu ini diperuntukkan bagi anak yang memiliki alergi susu sapi
Chil Kid P-HPChil Kid P-HP ini dapat diberikan kepada anak 1-3 tahun dengan protein whey terhidrolisa dapat mengurangi resiko alergi pada anak
Chil Kid GoldChil Kid Gold untuk usia anak 1-3 tahun memiliki kegunaan meningkatkan daya tahan tubuh anak dari serangan penyakit serta untuk menjaga kesehatan pencernaan

Pilih Mana: Nutribaby atau Chil Kid?

NutribabyChil Kid
Kelebihan- Memiliki banyak nutrisi baik untuk tumbuh kembang anak - Terdapat varian untuk anak alergi susu sapi - Dapat menggemukan badan sehingga berat badan anak bertambah - Menyediakan varian khusus untuk anak yang alergi susu sapi - Menjaga kesehatan rambut dan kulit anak - Membantu kekebalan tubuh anak
Kekurangan- Harga termasuk mahal - Sulit didapatkan - Bertahan 2 minggu setelah dibuka - Hanya dapat bertahan 2 minggu - Aroma sering tertinggal di botol anak - Tidak boleh lebih dari 6 jam

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas mengenai susu formula Nutribaby dan Chil Kid keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Keduanya memang memiliki kandungan yang cukup baik untuk dikonsumsi anak dan varian kedua susu tersebut juga sudah cukup lengkap.

Jadi untuk pemilihan susu formula untuk anak sebaiknya pilihlah yang memang cocok saat digunakan atau dikonsumsi oleh anak, jangan tergiur dengan harga yang mahal akan membuat susu tersebut cocok untuk anak. Semoga artikel ini bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Nutribaby vs Chil Kid

VS

Leave a Reply