KesehatanLifestyleMakanan dan Minuman

Pilih Mana: Oatmeal atau Beras Merah?

Di zaman sekarang sangat penting untuk menjaga pola hidup sehat, banyak sekali kegiatan atau hal bisa membuat kamu menjaga pola hidup sehat seperti berolahraga hingga mangatur makanan yang kamu konsumsi sehingga dapat menjaga berat badan kamu agar tetap baik. Berbicara mengenai berat badan, sebenarnya diet bukanlah berarti kamu tidak boleh mengkonsumsi makanan sehari-sehari untuk menjaga berat badan kamu. Kamu tetap harus mengkonsumsi makanan yang mempunyai gizi yang cukup dapat menjaga berat badan kamu sehingga tubuh kamu tetap sehat. Salah satu makanan yang bisa menjaga berat badan kamu agar tetap seimbang dan baik adalah Oatmeal dan Beras Merah. Mengenai Oatmeal dan Beras Merah, disini saya akan menjelaskan mengenai keduanya mulai dari manfaat dan jenisnya. Yuk, baca artikel di bawah ini.

Oatmeal

Oatmeal merupakan makanan sarapan yang terdiri dari gandum dan cairan, seperti air, susu sapi, atau susu nabati. Manfaat makan Oatmeal menyehatkan tubuh karena penuh dengan nutrisi dan serat, gandum adalah salah satu makanan yang paling bergizi yang dapat dikonsumsi. Saat ini Oatmeal mudah ditemukan di Indonesia, hampir di setiap minimarket hingga supermarket telah menyediakan oatmeal instan. Baca juga Pilih Mana: Beras Merah atau Beras Coklat?

Oatmeal terbuat dari gandum kering. Oat dianggap sebagai gandum utuh dengan sejumlah manfaat gizi. Rasa serta isi kandungan nutrisi oatmeal bisa ditingkatkan dengan menambahkan buah-buahan, susu atau tambahan lainnya. Mengingat fakta-fakta ini, tidak mengherankan bila oatmeal baik untuk diet.

Manfaat Oatmeal Untuk Kesehatan

Menyediakan Banyak Vitamin dan Mineral
Manfaat makan Oatmeal bisa mencukupi vitamin dan mineral dalam tubuh. Oatmeal merupakan makanan kaya nutrisi yang memiliki banyak vitamin dan mineral namun rendah kalori. Konsumsi makanan rendah kalori yang kaya nutrisi bisa memberi seseorang nutrisi yang dibutuhkan tubuh sembari membantu menurunkan berat badan atau menjaga berat badan yang sehat. Oatmeal untuk diet, tepat sekali untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan.

Mengurangi Kadar Kolesterol
Khasiat makan Oatmeal juga bisa mengurangi kadar kolesterol total. Ada beberapa bukti yang mendukung pernyataan bahwa manfaat Oatmeal bisa mendukung kadar kolesterol sehat karena kandungan beta-glucannya. Suatu tinjauan tahun 2014 menetapkan bahwa Oatmeal dapat mengurangi kadar kolesterol keseluruhan jika kamu mengonsumsi 3 gram atau lebih beta-glucan sehari.

Menjaga Berat Badan
Oatmeal untuk diet karena kaya akan serat larut, jadi orang cenderung merasa kenyang lebih cepat setelah memakannya dari mengonsumsi makanan lain. Merasa kenyang dapat membantu mengontrol porsi makan dan mencapai tujuan penurunan berat badan. Para peneliti melihat efek Oatmeal pada nafsu makan menyimpulkan, bahwa sarapan Oatmeal membuat kamu merasa kenyang dan mengurangi keinginan untuk makan selama 4 jam ke depan.

Antioksidan
Manfaat makan Oatmeal dapat meningkatkan aliran darah dalam tubuh, karena makanan ini mengandung antioksidan tingkat tinggi. Oatmeal secara spesial mengandung polifenol, yang merupakan senyawa nabati yang kaya akan avenanthramides. Avenanthramides adalah jenis antioksidan yang ada hampir secara eksklusif di gandum.


Melindungi Kesehatan Jantung
Oatmeal memiliki senyawa kimia lignan yang mampu mencegah penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung. Tidak hanya Oatmeal, lignan juga terdapat pada aprikot, biji rami, dan brokoli. Sebuah riset menerangkan jika laki-laki yang mempunyai resiko gagal jantung dapat menurunkan resikonya dengan konsumsi paling tidak 1 mangkuk Oatmeal setiap hari.

Jenis Oatmeal

Instant Oat dan Quick Cooking Oat
Seperti namanya, kedua jenis Oatmeal ini merupakan varian yang sudah diolah sebelumnya, tepatnya sudah dimasak, dikeringkan, kemudian diratakan menyerupai bentuk dan tekstur Oatmeal mentah. Oat instan hanya membutuhkan air panas, sementara Oatmeal cepat dimasak, well, bisa dimasak dengan sangat cepat. Kamu bisa mendapatkan jenis Oatmeal ini di supermarket seperti Hypermart.

Rolled Oat atau Old Fashioned Oat
Rolled Oat atau disebut juga Old Fashioned Oat dibuat dengan cara mengukus kemudian diratakan sehingga kelihatan gepeng. Rolled Oat memerlukan waktu lebih lama untuk dimasak ketimbang instant dan Quick Cooking.

Steel Cut Oat
Oatmeal jenis ini dibuat dengan cara dipotong, tidak digulung atau digepengkan seperti jenis Rolled Oat. Memasak Steel Cut Oat sangat lama dan teksturnya lebih chewy.

Beras Merah

Beras Merah dalam sejarahnya, beras ini dianggap sebagai makanan para raja. Di China disebut sebagai beras terlarang (forbidden rice). Karena pada masa itu hanya keluarga kerajaan yang boleh mengkonsumsinya. manfaat Beras Merah untuk kesehatan tubuh yang sudah banyak diketahui adalah manfaatnya untuk program diet.

Beras Merah umumnya dikonsumsi oleh seseorang yang sedang dalam proses menurunkan berat badan karena beras merah memiliki gula yang lebih sedikit bila dibanding dengan nasi putih. Disamping itu, Beras Merah juga sudah teruji memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi. Khasiat Beras Merah untuk kesehatan memang sangat banyak.

Lihat juga:  Pilih Mana: Minyak Zaitun atau Minyak Kelapa?

Manfaat Beras Merah Untuk Kesehatan

Mengontrol Kadar Gula Darah
Salah satu manfaat paling penting dari mengkonsumsi Beras Merah yaitu untuk mengontrol glukosa darah. Beras putih mempunyai indeks glikemik yang lebih tinggi dari beras merah, yang berarti dia berubah menjadi glukosa lebih cepat, memasuki aliran darah, dan menyebabkan lonjakan gula darah. Berbeda dengan Beras Merah yang melakukan ini jauh lebih lambat. Senyawa serat dan polifenolik yang ditemukan dalam Beras Merah juga membantu mengurangi indeks glikemik yang terdapat di dalamnya.

Meningkatkan Kualitas Tidur
Terdapat banyak faktor yang bisa menyebabkan sulit tidur. Tetapi faktor penyumbang yang paling umum dan sedikit dikenal adalah hormon melatonin. Beras Merah secara alami memiliki kandungan melatonin yang bisa membuat tidur lebih nyenyak. Tidak hanya itu, bBeras Merah juga memiliki vitamin B yang membantu metabolisme dan siklus tidur.

Mengurangi Resiko Kanker Usus Besar
Beras Merah banyak akan kandungan selenium. Selenium adalah mineral yang terlibat dalam berbagai proses metabolisme, termasuk pemecahan hormon dan racun. Tidak hanya itu, selenium juga bisa memperbaiki DNA yang rusak dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung
Beras Merah memiliki banyak senyawa yang diketahui sebagai lignan yang diubah menjadi senyawa biologis setelah dicerna oleh bakteri probiotik di usus kita. Salah satu senyawa yang diproduksi bernama enterolactone yang mempunyai kemampuan untuk melindungi terhadap penyakit jantung. Tidak hanya itu, Beras Merah juga membantu mengurangi kadar kolesterol yang berdampak negatif untuk kesehatan jantung.

Meningkatkan Kesehatan Tulang
Khasiat Beras Merah lainnya adalah meningkatkan kesehatan tulang. Memang benar, Beras Merah sangat membantu untuk pemeliharaan tulang yang sehat. Banyak akan magnesium dan kalsium, yang bisa menyediakan struktur fisik tulang. Kandungan Beras Merah yang banyak magnesium mencegah demineralisasi tulang dan berguna untuk kondisi medis seperti arthritis dan osteoporosis. Beras Merah bagus untuk kamu tetap menjaga berat badan kamu.

Jenis Beras Merah

Beras Merah yang berwarna merah gelap, Beras Merah ini belum di sosok atau atau dikelupas ari nya, sehingga ketika dimakan akan terasa lebih kasar dan mengenyangkan. Beras Merah yang berwarna merah terang, Beras Merah ini telah kulit arinya sehingga ketika dimakan lebih lunak dan tidak terlalu padat.

Kedua tipe Beras Merah ini sama baiknya untuk kandungan serat sudah pasti yang lebih baik adalah jenis Beras Merah yang belum di sosok, tetapi jika kamu mauBeras Merah yang terasa lebih enak tentu yang berwarna merah terang, jadi tergantung selera kamu.

Pilih Mana: Oatmeal atau Beras Merah?

Oatmeal Beras Merah
Kelebihan- Untuk orang yang sedang diet, oatmeal baik dikonsumsi agar tetap menjaga berat badan yang baik - Dengan mengkonsumsi oatmeal dapat menjaga kesehatan jantung - Dapat mengurangi kadar kolesterol- Beras merah dapat mengontrol kadar gula darah - Untuk orang yang sedang diet, beras merah baik untuk menjaga berat badan - Mengkonsumsi beras merah juga dapat meningkatkan kualitas tidur
Kekurangan- Sayangnya jika yang tidak cocok dengan mengkonsumsi oatmeal akan menyebabkan alergi - Seperti yang diketahui bahwa oatmeal merupakan bahan non organik yang disemprot menggunakan peptisida. Sedangkan zat pada peptisida tidak baik untuk tubuh- Akan menimbulkan alergi bagi yang tidak cocok mengkonsumsi beras merah - Mengkonsumsi beras merah tanpa mengetahui takaran atau tanpa solusi dari para ahli atau dokter dapat membuat badan kamu terlalu kurus

Kesimpulan

Oatmeal dan Beras Merah adalah salah satu makanan atau menu yang dapat kamu coba dan pilihan yang tepat untuk menjaga berat badan kamu agar tetap seimbang dan baik. Seperti penjelasan di atas bahwa keduanya banyak memiliki manfaat, dan juga jenis dari keduanya. Tetapi jika secara pembuatannya untuk dikonsumsi sepertinya Oatmeal lebih praktis dibandingkan Beras Merah. Seperti jenis Instant Oat dan Quick Cooking Oat yang bisa kamu konsumsi hanya membutuhkan air panas. Sementara Beras Merah kamu harus memasaknya terlebih dahulu dan memerlukan waktu sampai Beras Merah menjadi nasi merah untuk siap dikonsumsi.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Oatmeal vs Beras Merah

VS

 

 

Leave a Reply