HomeKesehatan

Pilih Mana: Obat Kumur Listerine atau Obat Kumur Total Care?

Obat kumur merupakan pendamping dari kegiatan menyikat gigi agar menjadikan mulut dan gigi senantiasa sehat dan segar sepanjang waktu. Sekarang sudah banyak beredar produsen obat kumur yang memiliki kandungan yang baik dan membuat mulut segar, seperti Obat Kumur Listerine dan Obat Kumur Total Care.

Obat Kumur Listerine dan Obat Kumur Total Care adalah obat kumur yang cukup diandalkan banyak orang. Varian dari masing-masing obat kumur ini pun cukup beragam tergantung dengan selera dan kebutuhan kamu. Harga yang disematkan pun cukup ekonomis dan kompetitif.

Lalu bagaimana dengan kelebihan serta kekurangannya? Selera punya jawabannya. Yuk simak terus artikel ini agar kamu bisa jadikan referensi untuk memilih obat kumur yang cocok buat kamu.

Obat Kumur Listerine

Plak yang menumpuk akan jadi karang gigi yang bisa menyebabkan bau mulut yang amat mengganggu. Mengetahui perihal tersebut, Listerine melengkapi formula salah satu produk obat kumurnya dengan kandungan empat essential oil yang sangat bermanfaat baik untuk para pemakainya.

Obat kumur ini juga memiliki berbagai zat aktif seperti eucalyptol, menthol, methyl salicylate dan thymol sehingga bisa membantu mencegah dan mengurangi plak dan radang gusi (gingivitis).

Listerine kerap kali diiklankan di tv, pastinya hal ini sudah begitu direkomendasikan oleh orang banyak. Untuk itu kamu tidak perlu khawatir lagi jika ingin menggunakan Listerine sebagai obat kumur andalan kamu. Baca juga Pilih Mana: Obat Kumur Listerine atau Pepsodent?

Kelebihan Obat Kumur Listerine

  • Mengatasi sakit gigi
    Bila gigi kamu sakit karena berlubang atau menumpuknya bakteri di area gigi, kamu bisa mengoleskan beberapa tetes Listerine pada area gigi yang sakit untuk membunuh kuman penyebab sakit gigi tersebut. Lakukan secara rutin sampai sakit gigi kamu sembuh.
  • Mengurangi berbagai keluhan di gigi
    Memiliki kandungan yang berfungsi secara sinergi mencegah dan mengurangi tumbuhnya plak dan radang gusi sampai mencegah timbulnya bau mulut yang diakibatkan oleh mikroorganisme.
  • Aman untuk ibu hamil dan menyusui
    Listerine aman untuk dipakai oleh ibu hamil dan ibu menyusui asal tidak tertelan. Senantiasa konsultasi terlebih dahulu pada dokter atau bidan sebelum memakai obat apapun, bila Kamu sedang hamil, menyusui, atau sedang merencanakan kehamilan.

Kekurangan Obat Kumur Listerine

  • Menyebabkan beberapa penyakit
    Bila sering tertelan, dalam jangka panjang Listerine bisa menimbulkan gangguan kesehatan seperti sakit kepala, kerusakan hati, gangguan pendengaran, halusinasi dan kejang. Jika ini sudah terjadi segera konsultasikan ke dokter.
  • Mengandung alkohol
    Obat kumur berbahan alkohol tidak baik untuk orang yang menderita mulut kering. Bila terdapat keluhan seperti mulut atau lidah kering, kamu disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter gigi untuk menentukan jenis obat kumur yang baik sesuai kondisi kamu.
  • Tidak diperkenankan untuk anak kecil
    Obat kumur tidak disarankan digunakan oleh anak- anak sebab rawan tertelan. Jika hal ini sudah terjadi tentu memiliki beragam efek samping seperti mual-mual, pusing, demam, sakit perut dan lain sebagainya.

Rekomendasi Obat Kumur Listerine

Listerine Tartar Control
Kandungan Zinc Chloride pada obat kumur ini, akan membantu mencegah penumpukan plak lebih baik dari sekedar menyikat gigi. Selain itu, kandungan Clean Mint-nya pula menyegarkan rongga mulut.

Listerine Cool Mint
Kandungan essential oil tersebut dinilai bisa memaksimalkan fungsi perawatan gigi sekaligus memberikan nafas yang fresh. Jadi, untuk Kamu yang peduli terhadap kesehatan mulut terutama untuk mencegah pertumbuhan karang gigi, gunakanlah Listerine Cool Mint.

Listerine Multi Protect Zero Antiseptic
Listerine Multi Protect Zero Antiseptic menawarkan beberapa manfaat diantaranya membunuh kuman, mencegah pembentukan plak, dan memberi kesegaran. Kandungan zinc dan fluoride di dalamnya akan menguatkan gigi Kamu dan mencegah gigi berlubang.

Varian Obat Kumur Listerine Harga per September 2019
Listerine Tartar Control Rp 23.000,- ukuran 250ml
Listerine Cool Mint Rp 21.000,- ukuran 250ml
Listerine Multi Protect Zero Antiseptic Rp 24.500,- ukuran 250ml

Obat Kumur Total Care

Total Care merupakan merek obat kumur yang bagus dan patut untuk dipertimbangkan. Merek ini cukup populer dan sudah mempunyai beberapa varian.

Manfaat yang ditawarkan oleh produk ini antara lain yaitu menghilangkan bakteri penyebab bau tidak sedap di mulut, menjaga kesehatan gigi, dan mencegah gigi berlubang dengan mengembalikan mineral yang hilang pada gigi.

Obat kumur ini tidak menimbulkan rasa terbakar atau rasa kering di mulut, dengan sensasi mint yang menyegarkan dan tahan lama. Aman, nyaman, dan halal sebab telah memperoleh sertifikat dari MUI.

Kelebihan Obat Kumur Total Care

  • Tidak mengandung alkohol
    Obat kumur ini tidak mengandung alkohol di dalamnya sehingga aman untuk digunakan secara konsisten. Tentu berbeda dengan Listerine yang di dalamnya memiliki kandungan alkohol yang memiliki beberapa efek samping.
  • Terbuat dari bahan-bahan alami
    Obat kumur ini juga terbuat dari bahan-bahan herbal alami dan mengandung fluoride yang sanggup mengurangi pertumbuhan bakteri dan plak untuk mencegah gigi berlubang, menjaga kesehatan gusi, dan mengembalikan mineral yang hilang pada gigi.
  • Mencegah gigi berlubang dan menyegarkan mulut
    Selain tidak mengandung alkohol dan terbuat dari bahan-bahan alami, Total care juga mampu mencegah gigi berlubang dan menyegarkan mulut. Dengan begitu kamu tentu tidak perlu khawatir jika ingin menggunakan Total Care sebagai andalan obat kumur kamu.

Kekurangan Obat Kumur Total Care

  • Kurang terkenal
    Jika dibandingkan dengan Listerine, Total Care tentu kurang begitu terkenal. Orang-orang tentu cenderung membeli produk yang sudah terkenal dan banyak diiklankan di tv seperti Listerine.
  • Rentan tertelan oleh anak-anak
    Baik Listerine maupun Total Care tidak dianjurkan untuk diberikan ke anak-anak sebab rentan tertelan. Cukup menggunakan sikat gigi agar mulut dan gigi anak senantiasa segar dan sehat.
  • Perih jika terkena sariawan
    Sariawan yang ada pada mulut kamu akan perih jika terkena Total Care. Maka dari itu gunakan obat kumur ini sesuai dengan kebutuhan dan kondisi mulut kamu.

Rekomendasi Obat Kumur Total Care

Total Care Cool Mint
Kandungan mint dari produk ini dijamin akan membuat mulutmu fresh seharian. Tidak cuma menyegarkan kandungan yang dimiliki Total Care Cool ini sanggup menghilangkan bakteri yang tertinggal seusai makan dan dapat mengatasi sariawan. Alcohol free sehingga bisa dipakai setiap hari tanpa rasa khawatir.

Total Care Mouthwash Lemon Herbs
Varian lemon herbs dari Total Care menawarkan rasa yang unik sehingga cocok untuk Kamu yang ingin mencoba obat kumur dengan rasa tidak biasa. Formulanya dibuat dari bahan herbal dan dilengkapi fluoride yang berfungsi mengembalikan mineral gigi yang hilang akibat bakteri dan gula.

Total Care Mouthwash Sensitive Teeth
Total Care Mouthwash Sensitive Teeth merupakan produk obat kumur yang dikonsep khusus untuk gigi sensitif terbuat dari bahan-bahan herbal alami dan mengandung fluoride yang sanggup mengurangi pertumbuhan bakteri dan plak untuk mencegah gigi berlubang serta menjaga kesehatan gusi dan mengembalikan mineral yang hilang pada gigi.

Varian Obat Kumur Listerine Harga per September 2019
Total Care Cool Mint Rp 14.000,- ukuran 250ml
Total Care Mouthwash Lemon Herbs Rp 16.300,- ukuran 250ml
Total Care Mouthwash Sensitive Teeth Rp 13.600,- ukuran 250ml

Tips memilih obat kumur

Obat kumur tentunya memiliki kandungan yang berbeda-beda. Untuk itu berikut tips memilih obat kumur yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu.

  1. Pilih obat kumur berdasarkan formula dan efek yang diharapkan
    Tiap kandungan dalam formula obat kumur tentu memberikan efek yang berbeda. Oleh karena itu, memilih produk dengan bahan-bahan yang diklaim bisa mengatasi masalah mulut yang sedang kamu alami.
  2. Pilih obat kumur dengan kekuatan stimulasi sesuai kebutuhan
    Kekuatan stimulasi dari suatu produk obat kumur bisa meningkatkan fungsi dari obat kumur itu sendiri. Pilihlah produk dengan kekuatan stimulasi yang sesuai keinginan kamu. Untuk pemakaian rutin, kamu direkomendasikan memilih jenis obat kumur berstimulasi rendah yang mempunyai sedikit kandungan alkohol dan mentol.
  3. Perhatikan kandungan alkohol dalam formulanya
    Untuk obat kumur, sesungguhnya alkohol cuma berupa bahan yang dipakai untuk memberikan efek menyegarkan. Umumnya, obat kumur yang dilengkapi alkohol juga bukan mempunyai efek sterilisasi yang tinggi. Jadi, bisa kamu garis bawahi bahwa sesungguhnya obat kumur dengan atau tanpa kandungan alkohol tidak mempunyai perbedaan manfaat.
  4. Kemasan travel size bisa menjadi pilihan saat bepergian
    Untuk kamu yang membawa obat kumur saat berlibur, perjalanan bisnis, atau pemakaian di kantor, kita sarankan untuk memilih bungkusan botol kecil atau travel size. Dengan ukuran kecil, kamu juga lebih mudah membawanya saat bepergian. Bila dibawa di dalam tas, tentunya kamu bisa memakainya kapan saja. Harga untuk kemasan kecil juga relatif sangat ekonomis.

Pilih Mana: Obat Kumur Listerine atau Obat Kumur Total Care?

Obat Kumur ListerineObat Kumur Total Care
Kelebihan - Mengatasi sakit gigi - Mengurangi berbagai keluhan di gigi - Aman untuk ibu hamil dan menyusui - Tidak mengandung alkohol - Terbuat dari bahan-bahan alami - Mencegah gigi berlubang dan menyegarkan mulut
Kekurangan - Menyebabkan beberapa penyakit - Mengandung alkohol - Tidak diperkenankan untuk anak kecil - Kurang terkenal - Rentan tertelan oleh anak-anak - Perih jika terkena sariawan

Kesimpulan

Obat Kumur Listerine atau Obat Kumur Total Care merupakan obat kumu yang bisa kamu gunakan sebagai pendamping sikat gigi. Gunakan kedua obat kumur ini sesuai dengan kebutuhan kamu masing-masing. Namun saya lebih merekomendasikan Obat Kumur Total Care karena tidak mengandung alkohol sehingga cocok untuk kamu yang sensitif terhadap kandungan alkohol. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Obat Kumur Listerine vs Obat Kumur Total Care

VS

Leave a Reply