Aplikasi

Pilih Mana: Off-Page SEO atau On-Page SEO ?

Sesorang Blogger dan pemilik website tentu sudah tidak asing dengan istilah Search Engine Optimization (SEO). SEO mempunyai dua tipe yang biasanya diperlukan untuk mengoptimalkan hasil yang dituju Off-Page SEO atau On-Page SEO, Tujuannya dari penggunaan SEO adalah untuk menaikkan traffic dan page ranking pada mesin pencari. Anda pasti ingin website milik Anda muncul pada halaman pencarian pertama atau lima halaman pertama. Meningkatkan peringkat halaman Anda pada mesin pencari dapat meningkatkan visibilitas situs web Anda juga dapat membantu menaikkan traffic, brand awareness, peringkat halaman, dan konversi dari pengunjung menjadi pelanggan.

Simak: Panduan lengkap On Page dan Off Page SEO.

Off-page SEO

SEO off page ialah tahapan untuk mengoptimasi web dengan menerapkan upaya menautkan web pada web lain yang mempunyai rating teratas lewat penautan backlink dan Anda juga dapat melihat pengertian SEO menurut Wikipedia. Mesin pencarian google menyukai perambatan pada web yang mempunyai backlink teratas. Dengan menautkan suatu web pada web yang mempunyai backlink teratas dengan sendirinya akan membuat web mudah dirambat pencarian google serta menempatkannya di posisi halaman-halaman utama pencarian google. Serupa dengan optimasi SEO on-page yang juga akan kita bahas di artikel ini, optimasi ini juga merupakan suatu cara yang wajib dicoba dengan cara terus menerus serta diatur dengan baik agar sukses.

Alasan menggunakan Off-Page SEO

Disaat seseorang mencari data tentang suatu brand di mesin pencarian, mereka umumnya telah memiliki opini sendiri menurut review, komentar dari teman dan keluarga, ataupun kenalan di dunia maya, dan informasi apapun yang mereka bisa dapatkan baik online maupun offline.

Semakin bagus kualitas sebuah website anda maka akan semakin bagus pula web anda untuk direferensikan oleh mesin pencarian, setiap adanya pencarian untuk website yang terkait. Dengan begitu akan memungkinkan website muncul di halaman pertama pada mesin pencarian seperti misalnya Google seperti itulah tujuan SEO dilakukan. Untuk itulah alasan mengapa pentingnya harus melakukan SEO Off Page agar website anda dapat diperhitungkan di pencarian google.

Teknik Off-Page SEO

Berikut cara teknik-teknik optimasi dengan cara menggunakan SEO Off page.

Social Media
Sosial media ialah salah satu alat yang bisa difungsikan buat meningkatkan SEO off page. Sosial Media berfungsi untuk membawa leads ke web lewat artikel ataupun konten sosial media yang dibagikan. Dengan membagikan konten- konten berguna serta baik lewat sosial media akan meningkatkan kunjungan web yang dipromotori oleh sosial media. Tidak hanya itu kenaikan jumlah konten dengan kata kunci khusus melaui sosial media akan mengarahkan pengunjung ke web. Selain itu konten sosial media pula sangat gampang serta cepat terindex google. Hal ini amat profitabel untuk wesbite.

Backlink
Backlink ialah salah satu SEO Off Page yang sangat mempengaruhi pada web dalam hubungannya dengan rankin web pada pencarian google. Backlink yang bermutu sangat menolong untuk membuat laman web dijangkau mesin pencarian google, metode ini banyak sekali dipakai untuk menaikkan posisi web di laman pencarian google.
Tidak seluruh backlink bagus untuk menaikkan reputasi web di halaman pencarian google. Cuma web dengan pengunjung maupun trafik yang baik yang baik buat memberikan pengaruh untuk web untuk muncul di laman google. Dengan jumlah trafik yang besar diharapkan akan berakibat pada kunjungan web, tetapi bila trafik kecil akan membebankan web karena tidak terdapat pengaruh buat web yang ditautkan. Untuk itu bangunklah backlink dengan web yang telah mempunyai pengaruh serta ketenaran yang bagus di halaman pencarian google.

Bagikan Gambar
Melakukan upload gambar pada situs sosial media gambar atau penyimpanan gambar dan membagikan link pada web dapat memberikan dampak backlink yang baik bagi website. Teknik ini banyak dilakukan karena mudah dan dapat dilakukan sendiri oleh pengelola website tanpa harus menunggu konfirmasi dari orang lain. Selain itu situs berbagi gambar biasanya memperoleh pengunjung dan pengguna yang banyak karena memang kebutuhan orang mencari gambar yang relevan. Untuk menambah backlink dan meningkatkan popularitas website anda dapat mencoba menggunakan cara ini agar posisi website anda dapat meningkat lebih cepat dalam halaman pencarian google.

Tools SEO Google
SEO off page dapat dikerjakan dengan menggunakan aplikasi atau tools yang disediakan. Dengan memanfaatkan tools yang sudah ada maka dapat meningkatkan popularitas website dengan cepat. Salah satu penyedia tools yang sering digunakan orang dalam meningkatkan posisi website adalah tools yang disediakan oleh google. Diantara tools yang disediakan oleh google untuk meningkatkan posisi website dalam pencarian ialah Websmaster, Adwords Keyword Planner, Consumer Surveys, Analytics, Trends, PageSpeed Insights, , Alerts, Tag Manager, Content Experiments, Places for Business. Dengan memanfaatkan tools tersebut anda bisa gunakan lebih cepat dan dengan cara lebih baik tanpa meragukan apapun karena semua sudah disiapkan dengan baik oleh pihak google nya tersendiri.

Submit website ke mesin pencari
Submit website ke mesin pencari merupakan salah satu cara yang sudah lama sekali di gunakan. Jauh sebelum cara-cara saat ini hadir dan berkembang, cara submit website ke mesin pencarian sudah membuktikan hasilnya. Dengan mengupload website pada mesin pencari maka website semakin cepat terindeks. Hal ini membuat website ramah terhadap robot pencarian. Tidak ada salahnya melakukan cara ini untuk meningkatkan popularitas website dan memudahkan mesin pencarian menemukan website anda.

Blogwalking
Blogwalking merupakan salah satu sistem lama juga tetapi masih digunakan banyak orang sampai saat ini. Lazimnya blogwalking dilakukan oleh blogger pendatang baru untuk menaikkan jumlah pengunjung. Selain itu blogwalking pula menggambarkan support sosial untuk saling memotivasi sesama blogger. Pada dasarnya blogwalking tidak begitu mempengaruhi pada kenaikan jumlah pengunjung secara signifikan sebab blogwalking cuma mendatangkan pengunjung yang itu- itu saja. Meski termasuk sistem lama yang membantu tetapi sistem ini bisa kamu tinggalkan sebab tidak terlalu mempengaruhi kepada kemajuan reputasi web kamu.

On-Page SEO

SEO On Page merupakan usaha optimasi yang menggunakan praktik dasar- dasar SEO dalam laman web untuk menaikkan pengunjung. Proses optimasi SEO on page dilakukan dengan teknik optimasi pada internal website seperti membuat konten berkualitas, tema yang memudahkan SEO, internal link, pemanfaatan plugin, serta penggunaan keyword yang menjadi target utama pencarian google. Dengan melakukan SEO on page dalam jangka waktu tertentu diharapkan website mendapat posisi yang baik di halaman pencarian google. Baca juga: Pilih mana: Wps Office atau LibreOffice.

Teknik On-Page SEO

Berikut cara teknik-teknik optimasi dengan cara menggunakan On-Page SEO

Gunakan Template SEO friendly
Konsep template yang digunakan sebuah website berpengaruh terhadap mesin pencari google. Untuk itu gunakan template yang SEO friendly agar memudahkan pencarian google dan membantu website mendapat posisi baik dalam pencarian google. Template tidak selalu harus terlihat bagus dan mewah bahkan harus berbayar. Mesin pencari google tidak melihat bagus tidaknya sebuah template tetapi melihat mudah atau tidaknya deteksi robot pencari google atau agar mudah menempatkannya di halaman utama pencarian google. Untuk memudahkan perambatan google, maka gunakan template yang sangat SEO friendly agar membantu website mendapatkan posisi teratas di halaman pencarian.

Pasang Keyword pada judul dan konten
Keyword merupakan sebuah komponen utama yang sangat penting dalam optimasi SEO on page. Dengan menggunakan keyword yang tepat akan membuat mesin pencari google menyukai sebuah website. semakin bagus keyword yang dipilih maka akan semakin besar peluang sebuah website untuk mendapatkan posisi di halaman-halaman utama pencarian google.

Untuk optimasi kata kunci pada halaman web dapat dilakukan dengan penempatan kata kunci yang tepat di halaman-halaman website. Salah satu penempatan kata kunci yang tepat ada pada judul. Judul menggambarkan isi keseluruhan dari web. Untuk itu gunakan keyword pada judul agar mudah ditemukan pencarian google dan memunculkannnya dalam laman hasil pencarian.

Penempatan kata kunci juga dapat dilakukan pada laman utama konten. Penggunaan kata kunci pada halaman konten digunakan dengan menempatkan keyword tersebut pada bagian-bagian penting konten itu sendiri. Penempatan keyword tertarget dengan pola tertentu akan membuat website semakin disukai halaman pencarian google.

Letakan judul postingan didepan judul blog
Penempatan judul postingan di depan judul blog akan membuat website disukai mesin pencarian google. Dengan menempatkan judul postingan di depan judul pada meta deskripsi maka memudahkan perambatan yang dilakukan mesin pencari google dan membuat website disukai robot perambatan google. Selain itu dengan menempatkan judul di depan judul website maka akan memudahkan dibaca oleh orang yang mencari laman tertentu.

Pasang Meta Tags
Penggunaan meta deskripsi yang tepat dapat membuat web mudah dikenali mesin pencarian google. Meta deskripsi berfungsi untuk memuat deskripsi halaman website agar gampang dikenali mesin pencarian google. Dengan menggunakan meta deskripsi yang tepat dan sebisa mungkin ditulis dengan kalimat yang jelas, mudah dipaha- Tergantung pada mesin pencarimi, dan memuat kata kunci agar meta deskripsi semakin memiliki kekuatan yang membuat website disukai mesin pencarian google.

Percepat waktu loading
Waktu loading website sangat berperan penting dalam membuat website dan disukai mesin pencari google. Dengan waktu loading yang singkat akan membuat website mudah bersaing dalam mesin pencarian karena dapat diakses dengan cepat oleh mesin pencarian. Jika waktu loading lama selain sulit diakses oleh google juga tidak diminati orang karena membutuhkan waktu untuk menunggu munculnya halaman yang dicari. Untuk itu upayakan untuk mempercepat loading website agar disukai mesin pencari google dan disukai pengunjung.

Optimasi gambar
Penerapan gambar juga penting agar pengunjung tetap betah dan terus membaca website kita. Jika pengunjung datang dan tidak betah maka akan berpengaruh pada bounce rate website. Untuk itu dibutuhkan gambar untuk membuat pengunjung betah dan tidak bosan di website kita. Untuk membuat pengunjung betah, maka digunakan gambar yang menarik dan bermanfaat. Dengan demikian pengunjung betah berlama-lama dan akan kembali lagi jika menyukai website dan konten yang kita suguhkan karena dirasakan bermanfaat dan tidak membosankan.

Pilih Mana: Off-Page SEO atau On-Page SEO ?

Off-Page SEO On-Page SEO
Kelebihan - SEO Off Page dapat meningkatkan jumlah traffic - Pagerank anda akan meningkat - Brand awareness terhadap produk anda semakin meningkat- Daya Tahan SEO Menjadi Lebih Awet - Murah & Powerfull untuk Pemasaran - Disenangi Oleh Para User
Kekurangan-Tergantung pada mesin pencari. - Banyaknya hal-hal teknis. Jika Anda melakukan SEO sendiri, Anda perlu belajar banyak hal-hal teknis jika ingin berhasil. - Tergantung pada mesin pencari - Harus selalu mengikuti perkembangan - Persaingan sangat tinggi dan ketat - Menyita waktu

Kesimpulan

Ada dua metode penting yang harus dilakukan secara seimbang di dalam dunia SEO untuk mendapatkan hasil yang optimal yaitu on-page dan off-page SEO.
Off-page memang sangat penting dalam meningkatkan popularitas dan reputasi website Anda namun metode nya tidak hanya dengan link building.
Selain itu, link building bukan lagi suatu proses linear di mana Anda terus menerus membangun link. Anda juga harus menggunakan teknik untuk mendapatkan link secara alami. Disinilah on-page SEO berperan penting di mana konten yang berkualitas yang berisi penjelasan rinci akan menarik lebih banyak pembaca dan membuat konten Anda menjadi konten yang menarik dijadikan backlink.
Dapat dipastikan kedua hal ini dapat saling berhubungan satu sama lain tetapi banyak sebagian orang masih percaya bahwa hanya dengan melakukan salah satu teknik dari dua cara ini memberikan mereka hasil yang lebih baik itu tergantung dari pilihan anda pastinya.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Off-Page SEO VS On-Page SEO

VS

Leave a Reply