AplikasiLayanan

Pilih Mana: OLX atau Tokopedia?

Kegiatan berbelanja online untuk saat ini banyak menjadi pilihan orang-orang terutama anak muda, dengan jaringan internet kamu bisa memilih belanjaan kebutuhan online kamu secara mudah dan praktis dan juga kamu bisa menjual dagangan kamu secara online.

Banyak sekali situs belanjaan online yang bisa kamu coba atau bahkan sudah menjadi pilihan kamu ya guys seperti OLX dan Tokopedia. Apa perbedaan dari kedua situs ini? Pada penjelasan di bawah ini kamu akan dapat mengetahuinya ya guys, dan juga kelebihan dan kekurangan dari keduanya. Langsung saja baca artikel di bawah ini.

OLX

OLX merupakan platform iklan baris terbesar di dunia yang menyediakan sebuah marketplace dengan tingkat pertumbuhan tinggi dan dinamis bagi komunitas lokal. OLX mempertemukan masyarakat lokal untuk menjual, membeli, atau menukar barang tak terpakai dan jasa, secara mudah dengan mengunggah iklan melalui telepon genggam atau situs. Baca juga Pilih Mana: Amazon atau Walmart?

Setiap bulannya, ratusan juta warga masyarakat lokal menggunakan OLX untuk mencari dan menjual berbagai macam produk, termasuk komputer, telepon genggam, furnitur, mobil, properti, peralatan olahraga, jasa, dan masih banyak lagi.

OLX meningkatkan taraf hidup masyarakat dengan mempertemukan mereka untuk sebuah pertukaran yang saling menguntungkan. Penjual dapat dengan mudah menghasilkan uang tambahan dengan mengiklankan barang yang sudah tidak digunakan lagi dengan demikian, pembeli memiliki kesempatan untuk mendapatkan barang berkualitas dengan harga terjangkau.

Fitur  Utama OLX

1. Berbagi iklan
OLX sudah dilengkapi dengan fitur Publish atau Share yang memungkinkan penggunanya untuk berbagi iklan ke situs jejaring sosial seperti Facebook atau Twitter.

2. Pencarian yang mudah
OLX menyediakan fitur pencarian yang sangat penting untuk kamu yang digunakan untuk melakukan pencarian dengan cepat dan mudah hanya dengan memasukkan kata kunci tertentu.

3. Jangkauan Luas
OLX mempunyai jangkauan yang sangat luas di semua provinsi di Indonesia. Setiap harinya diakses oleh dari ratusan ribu pengunjung dan total halaman yang dilihat mencapai lebih dari jutaan sehingga menjadikan OLX sebagai web iklan online terbesar dan paling populer.

4. Adanya verified member
Untuk meningkatkan kepercayaan pembeli terhadap penjual, OLX menawarkan pilihan untuk menjadi verified member sehingga data identitas jelas keberadaanya OLX akan mengirimkan surat berisi isyarat verifikasi akun ke tujuan pengguna dan sehabis cara konfirmasi dicoba, konsumen berhasil jadi verified member. Hal ini diperlukan untuk menjamin transaksi yang lebih aman untuk pembeli.

Kelebihan OLX

  • Iklan cepat direspon pembeli
    Salah satu kelebihan atau keunggulan yang diberikan situs OLX adalah respon cepat dari pembeli . Setelah iklan kamu diterima oleh pengelola situs atau setelah melewati moderasi, tidak perlu menunggu lama ponsel kita akan berdering. Pembeli yang sejatinya “potensial” ini langsung menanyakan ketersediaan produk begitu juga dengan lokasi penjual. Kelebihan inilah yang tidak dimiliki situs jual beli listing lainnya sehingga olx menjadi idaman para online shop.
  • Menyediakan berbagai pilihan barang dan jasa
    Baik baru maupun bekas, dan bermacam alternatif yang mencakup seluruh daerah di Indonesia. Selain itu, apabila ingin melakukan kontak dengan penjual yang memasang iklan di OLX Indonesia, tidak diharuskan untuk registrasi terlebih dahulu. Situs ini juga menyediakan tab spesifikasi produk atau jasa yang dibutuhkan, seperti merk, tipe, tahun maksimal dan minimal, dan harga maksimal dan minimal.
  • Sudah terkenal dan populer
    OLX sudah menjadi terkenal dan populer di kalangan masyarakat Indonesia, karena dengan OLX para penjual akan lebih mudah mempromosikan jualan mereka. Banyak sekali peminat orang berjualan di online shop ini dari barang baru hingga barang bekas.
Keterangan OLX
PendiriArnold Sebastian Egg dan Remco Lupker
Tahun berdiriTahun 2006
Fitur utama - Berbagi iklan - Pencarian yang mudah - Jangkauan Luas - Adanya verified member

Kekurangan OLX

  • Iklan terbatas
    Setiap pengguna di OLX hanya diberikan jatah iklan 10 buah dengan catatan iklan harus beda semua. Apabila kamu punya 15 produk utama yang mau dipasarkan, otomatis hanya 10 buah saja yang bisa diiklankan. Meskipun kita bisa mengakali dengan menambah jumlah pengguna, tapi mereka pengelola situs mengetahui bahwa ID pengguna itu milik kita sebelumnya sehingga meskipun ada 10 pengguna yang kita miliki, jatah iklan tetap 10.
  • Masa tayang iklan terbatas
    Normalnya, iklan di OLX hanya bertahan selama 7 hari. Setelah itu, iklan kita akan dinonaktifkan meskipun kita bisa menyegarkan iklan namun hanya akan bertahan dalam beberapa hari saja. Maksimal satu bulan tayang.
  • Harga dibanding-bandingkan
    Harga dibanding-bandingkan dengan penjual lain. Fitur iklan terkait pada OLX memang bermanfaat, namun apabila harga yang ada terjadi selisih tinggi antara penjual satu dengan yang lainnya tentu penjual dengan harga terendah yang akan banyak dilihat.
Lihat juga:  Pilih Mana: LinkAja atau OVO?

Tokopedia

Tokopedia merupakan perusahaan teknologi Indonesia dengan misi mencapai pemerataan ekonomi secara digital. Sejak didirikan pada tahun 2009, Tokopedia telah bertransformasi menjadi sebuah unicorn yang berpengaruh tidak hanya di Indonesia tetapi juga di Asia Tenggara.

Tokopedia hadir sebagai e-commerce baru yang inovatif dan mengusung konsep kumpulan berbagai toko online di Indonesia. Segala aktivitas jual beli dan proses transaksi akan dijamin keamanannya melalui perantaraan Tokopedia. Konsep ini diharapkan dapat mewujudkan suatu bentuk mall online yang memprakarsai dan mengkoordinasi sejumlah transaksi e-commerce.

Tokopedia memudahkan seluruh masyarakat Indonesia dari untuk mendapatkan kebutuhan mereka. Selain berperan sebagai marketplace pertama, Tokopedia juga menjadi perusahaan teknologi pertama di Indonesia yang memperkenalkan pengentaran instan melalui kemitraan dengan perusahaan transportasi daring. Hal ini memungkinkan konsumen untuk mendapatkan barang dengan cepat.

Fitur  Utama Tokopedia

1. Adanya fitur TopAds
Fitur TopAds adalah fitur yang bisa kamu gunakan untuk mempromosikan toko serta produk kamu sehingga memungkinkan toko kamu bisa dapat dilihat banyak oleh calon pembeli, dan itu menjadikan peluan untuk kamu.

2. Minimum order
Penjual kini juga bisa menentukan minimal pemesanan untuk setiap barang yang dijual. Fitur ini kami sediakan terutama untuk membantu para penjual yang selama ini menjual produk dengan margin keuntungan yang sangat tipis.

3. Penjualan grosir
Tokopedia sudah mengakomodasi penjualan barang secara grosir, dimana penjual bisa menentukan harga khusus untuk pembelian dalam jumlah tertentu. Menu ini bisa diakses melalui menu My Shop lalu Add New Product. Setelah mengisi seluruh informasi produk, click Harga Barang Grosir, dan penjual pun bisa menginput harga grosir.

4. Adanya fitur TopPoints
TopPoints, yaitu poin yang diberikan bagi pembeli yang aktif dan beruntung. Beruntung gimana maksudnya? Kamu bisa dapetin diskon sampai 20% untuk semua produk di Tokopedia wah menang banyak nih guys.

Kelebihan Tokopedia

  • Terdapat banyak fitur yang mendukung penjual untuk melayani pembelian
    Kelebihan yang utama dari Tokopedia ini adalah bahwa Tokopedia memiliki banyak fitur yang dapat melayani pembeli. Banyak sekali fitur yang menjadi pilihan bagi pembeli seperti fitur TopAds adalah fitur yang bisa kamu gunakan untuk mempromosikan toko serta produk kamu sehingga memungkinkan toko kamu bisa dapat dilihat banyak oleh calon pembeli, dan itu menjadikan peluan untuk kamu.
  • Tokopedia menjual bermacam-macam barang
    Tokopedia menjual berbagai macam barang yang bisa menjadi memenuhi kebutuhan kamu guys, jadi jika kamu ingin mencari barang di situs online maka Tokopedia bisa menjadi pilihan untuk kamu.
  • Tampilan mudah dipahami
    kelebihan Tokopedia yang pertama jika dibandingkan dengan marketplace lain ada pada bagian tampilannya. Interface Tokopedia bisa dikatakan sebagai interface marketplace terbaik. Karena tampilan website Tokopedia sangat mudah dipahami meskipun digunakan oleh orang baru sekalipun. Tampilan Tokopedia mudah dipahami karena memang menggunakan desain minimalis.
Keterangan Tokopedia
PendiriWilliam Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison
Tahun berdiriTahun 2009
Fitur utama - Adanya fitur TopAds - Minimum order - Penjualan grosir - Adanya fitur TopPoints

Kekurangan Tokopedia

  • Sering terjadi eror
    Kekurangan dari Tokopedia yang pertama ini adalah bahwa Tokopedia sering mengalami eror hal tersebut terjadi karena adanya maintenance sehingga membuat pengguna tidak nyaman ketika hal ini terjadi.
  • Sering terjadi perang harga
    Sering terjadi perang harga, membanderol produk dengan harga dengan kisaran yang sangat murah. Sehingga memberikan peluang yang sangat kecil pada produk untuk laku dengan kisaran harga yang relatif tinggi.
  • Fitur pengelola stok kurang maksimal
    Fitur pengelola stok barang masih dirasa kurang maksimal, karena saat terdapat pembeli yang tengah menunggu pembayaran, stok produk tidak secara otomatis berkurang.

Pilih Mana: OLX atau Tokopedia?

OLXTokopedia
Kelebihan- Iklan cepat direspon pembeli - Menyediakan berbagai pilihan barang dan jasa - Sudah terkenal dan populer - Terdapat banyak fitur yang mendukung penjual untuk melayani pembelian - Tokopedia menjual bermacam-macam barang - Tampilan mudah dipahami
Kekurangan- Iklan terbatas - Masa tayang iklan terbatas - Harga dibanding-bandingkan - Sering terjadi eror - Sering terjadi perang harga - Fitur pengelola stok kurang maksimal

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas mengenai OLX dan Tokopedia keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Keduanya sudah menjadi situs belanjaan online yang banyak diminati orang-orang dan juga dari penjelasan di atas kamu dapat mencari referensi marketplace lainnya ya guys karena banyak sekali marketplace atau situs belanja online yang bisa kamu ketahui, dan juga jangan lupa yang memang terpercaya ya. Semoga artikel kali inibermanfaat untuk kamu.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

OLX vs Tokopedia

VS