Smartphone

Pilih Mana: OnePlus 6 atau iPhone X?

Vendor smartphone biasanya memiliki produk unggulan yang ditawarkan untuk kalangan atas. Smartphone dalam jenis ini juga biasanya memiliki spesifikasi yang mumpuni. Dua smartphone terbaik yang bisa masuk ke dalam list Anda yaitu OnePlus 6 dan iPhone X. Manakah smartphone yang lebih cocok untuk Anda? OnePlus 6 atau iPhone X?

OnePlus 6 dan iPhone X merupakan dua smartphone dari dua vendor berbeda yang sangat baik dan ditujukan untuk kalangan atas. Meskipun sama- sama memiliki spesifikasi yang sangat baik, kedua smartphone ini juga memiliki banyak perbedaan. Perbedaan tersebut dapat Anda simak pada artikel di bawah ini.

OnePlus 6

OnePlus 6 merupakan sebuah smartphone yang dirilis oleh OnePlus. Smartphone ini memiliki banyak keunggulan dan siap bersaing dengan smartphone premium lainnya.

OnePlus 6 juga telah dibalut dengan desain yang premium sehingga memiliki tampilan yang sangat baik. Baca juga Pilih Mana: Redmi 3 atau Redmi 4A?

Kelebihan OnePlus 6

Berikut beberapa kelebihan OnePlus 6 yang perlu Anda ketahui:

Kamera Lebih Baik
Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh OnePlus 6 adalah memiliki kamera dengan megapixel yang lebih besar atau lebih baik jika kita bandingkan dengan megapixel kamera yang dimiliki oleh iPhone X. OnePlus 6 memiliki kamera utama dual kamera dengan resolusi 16 MP + 20 MP. Selanjutnya kamera depan OnePlus 6 juga memiliki megapixel 16 MP sementara iPhone X memiliki megapixel sebesar 7 MP.

Memiliki Layar Lebih Lebar
Kelebihan lain yang dimiliki oleh OnePlus 6 adalah memiliki layar yang lebih lebar atau lebih baik jika kita bandingkan dengan ukuran layar yang dimiliki oleh iPhone X. Smartphone dari OnePlus ini memiliki layar dengan ukuran 6, 28 inci sedangkan iPhone X memiliki lebar layar yang lebih kecil yakni dengan ukuran 5,8 inci.

Lebih Banyak Variasi Warna
Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh OnePlus 6 adalah memiliki variasi warna yang lebih banyak dibandingkan dengan variasi warna yang lebih sedikit. OnePlus 6 memiliki variasi warna midnight black, mirror black, silk white, amber red sementara iPhoneX hanya memiliki variasi warna berupa space gray dan silver.

Kekurangan OnePlus 6

Berikut beberapa kekurangan OnePlus 6 yang perlu Anda ketahui:

Resolusi Layar Lebih Kecil
Kekurangan pertama yang dimiliki oleh OnePlus 6 adalah memiliki layar dengan resolusi yang lebih kecil jika kita bandingkan dengan resolusi layar yang dimiliki oleh iPhone X. OnePlus 6 memiliki layar dengan resolusi 1080 x 2280 pixels, rasio 19:9 dan kerapatan layar 402 ppi. Angka ini jelas lebih kecil daripada angka yang dimiliki oleh iPhone X.

Belum Disemati IP68 Certified
Kekurangan lainnya yang dimiliki oleh OnePlus 6 adalah belum disemati dengan IP68. Sementara iPhone X telah memiliki sertifikat ini yang membuat smartphone tersebut tahan terhadap air.

Kamera Depan Belum Didukung LED Flash
Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh OnePlus 6 adalah masih memiliki keterbatasan pada kamera depannya. Meskipun megapixel kamera OnePlus 6 ini lebih baik daripada iPhone X, tapi kamera depan OnePlus 6 ini juga belum didukung dengan LED Flash.

Kelebihan OnePlus 6Kekurangan OnePlus 6
- Kamera lebih baik- Resolusi layar lebih kecil
- Memiliki layar lebih lebar- Belum disemati IP68 certified
- Lebih banyak variasi warna- Kamera depan belum didukung LED flash

iPhone X

iPhone X merupakan sebuah smartphone besutan Apple yang dirilis pada September 2017. iPhone X juga telah menyandang certified IP68 sehingga sehingga menjadi lebih unggul.

Kelebihan iPhone X

Berikut beberapa kelebihan iPhone X yang perlu Anda ketahui:

Resolusi Layar Lebih Tinggi
Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh iPhone X jika kita bandingkan dengan OnePlus 6 adalah iPhone X memiliki layar dengan resolusi yang lebih tinggi atau lebih baik. Smartphone yang diusung oleh Apple ini memiliki layar dengan resolusi 1125 x 2436 pixels, dan rasio 19.5:9. Sementara OnePlus 6 memiliki resolusi 1080 x 2280 pixels, dengan rasio 19:9.

Kinerja Responsif
Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh iPhone X adalah telah menggunakan sistem operasi iOS 11 yang mampu menampilkan tampilan interface yang sangat baik serta memiliki kinerja yang responsif karena didukung hardware yang sangat mumpuni.

Telah Disemati Certified IP68 Waterproof
Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh iPhone X adalah telah disemati dengan certified IP68 waterproof. Dengan disematinya hal tersebut, iPhone X memiliki kemampuan menyelam di dalam air selama 30 menit. Smartphone ini juga lebih tahan di air hingga kedalaman 1,5 meter.

Kekurangan iPhone X

Berikut beberapa kekurangan iPhone X yang perlu Anda ketahui:

Megapixel Kamera Masih Terbatas
Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh iPhone X adalah memiliki kamera yang megapixelnya itu lebih kecil dibandingkan dengan OnePlus6. Selain megapixel kamera iPhone X ini lebih kecil, kamera depan iPhone X juga belum dilengkapi dengan fitur pendukung seperti LED flash sehingga kualitas gambar akan terganggu apabila memotret di tempat yang rendah cahaya.

Tidak Menggunakan Pelindung Corning Gorilla Glass
Kekurangan lain yang dimiliki oleh iPhone X adalah belum menggunakan pelindung terbaik seperti corning gorilla glass. Sementara OnePlus 6 telah dilindungi corning gorilla glass 5. Namun iPhone X telah menggunakan scratch-resistant glass, dan oleophobic coating yang juga mampu melindungi smartphone tersebut.

Tidak Dilengkapi Slot MicroSD
Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh iPhone X adalah tidak dilengkapi dengan slot microSD. Karena hal ini, Anda akan direpotkan jika ROM utama telah terisi penuh dan Anda membutuhkan penyimpanan tambahan.

Kelebihan iPhone XKekurangan iPhone X
- Resolusi layar lebih tinggi- Megapixel kamera masih terbatas
- Kinerja responsif- Tidak menggunakan pelindung corning gorilla glass
- Telah disemati certified IP68 waterproof- Tidak dilengkapi slot microSD

Pilih Mana: OnePlus 6 atau iPhone X?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara OnePlus 6 dan iPhone X. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

OnePlus 6 iPhone X
- Menggunakan corning gorilla glass- Tidak menggunakan corning gorilla glass
- Belum disemati certified IP68 waterproof- Telah disemati certified IP68 waterproof
- Harga lebih terjangkau- Harga lebih mahal

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai OnePlus 6 dan iPhone X di atas, dapat disimpulkan bahwa kedua smartphone ini memiliki banyak kelebihan yang sangat baik. Anda bisa menyesuaikan kelebihan dan kekurangan smartphone tersebut dengan kebutuhan Anda. Namun, jika dilihat dari harganya maka OnePlus 6 memiliki harga yang lebih terjangkau daripada iPhone X.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

OnePlus 6 vs iPhone X

VS

Leave a Reply