Aplikasi

Pilih Mana: Opera Mini atau Firefox Lite?

Untuk pengguna gadget, pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan dua mesin pencari ini atau aplikasi untuk memenuhi kebutuhan kamu browsing yaitu Opera Mini dan Firefox Lite. Kegunaan dari keduanya juga sama yaitu sebagai perantara kita dan internet untuk membantu pekerjaan dan tugas sehari-hari, apalagi jika keperluan mobilitas kamu cukup tinggi.

Namun seringkali muncul pertanyaan, manakah diantara Opera Mini dan Firefox Lite yang paling bagus dan kencang dan yang mana menjadi banyak pilihan orang? Pada artikel kali ini akan membahas mengenai kedua aplikasi pencarian ini atau aplikasi browsing, langsung saja baca penjelasannya pada artikel di bawah ini.

Opera Mini

Opera Mini adalah browser web mobile yang dikembangkan oleh perusahaan Opera Software AS. Opera Mini dirancang untuk platform Java ME, sebagai saudara kandung low-end untuk Opera Mobile, namun sekarang dikembangkan secara eksklusif untuk Android dan iOS. Mesin pencari ini sebelumnya dikembangkan untuk Windows 10 mobile, Windows Phone 8.1, BlackBerry, dan Symbian. Baca juga Pilih Mana: UC Browser atau UC Turbo?

Versi tersebut tetap dipertahankan, meski belum dikembangkan. Sama seperti UC Browser, Opera Mini juga menggunakan akselerasi awan dan teknologi kompresi data. Server Opera Mini sendiri bertindak sebagai proxy yang memampatkan dan membuat data dari halaman web sebelum mengirimkannya ke pengguna.

Proses ini membantu memuat konten web dengan lebih cepat. Tampilannya mungkin beralih antara mode potret dan lanskap dengan penekanan tombol, atau akan beralih secara otomatis pada ponsel dengan sensor orientasi. Orientasi default bisa diubah. Kualitas gambar dapat diatur ke “Rendah”, “Medium”, atau “Tinggi”.

Waktu memuat halaman dipengaruhi oleh pengaturan kualitas gambar yang dipilih. Opera Mini hanya mendukung satu font, yang dapat disetel ke ukuran “Kecil”, “Medium”, atau “Large”. Jika halaman web menggunakan courier atau font monospace generik, satu font masih digunakan, namun karakternya diberi spasi sehingga masing-masing karakter memiliki jumlah ruang yang sama.

Kelebihan Opera Mini

  • Jelajah internet lebih cepat
    Opera Mini adalah browser tercepat di dunia. Hasil tes menunjukkan bahwa Opera Mini 72% lebih cepat daripada Google Chrome, dan 64% lebih cepat daripada UC Browser. Membuka Facebook maupun Google menggunakan Opera Mini menjadi jauh lebih cepat secara signifikan. Tidak ada yang mengalahkan kesenangan jika kamu dapat browsing dengan cepat. Kenapa Opera Mini bisa menjadi browser tercepat? Opera Mini mempunyai fitur teknologi kompresi, dimana dapat mengecilkan halaman website hingga sekecil 10% dari ukuran asli sebelum tampil dalam layar handphone kamu. Dengan penggunaan data yang lebih sedikit berarti kamu dapat mendownload dengan lebih cepat.
  • Kompres atau pangkas data saat browsing
    Opera Mini dapat memangkas data browsing anda hingga 50%, yang dapat menghemat paket data handphone kamu saat browsing, meskipun data yang kita ambil dipangkas, tidak akan terlalu mempengaruhi hasil gambar yang kita lihat, namun resolusi gambar yang kamu lihat tetap akan turun dan menyebabkan gambar sedikit kurang tajam.
  • Dapat blok iklan
    Suka terganggu dengan iklan-iklan yang muncul dan memenuhi hampir setengah layar handphone kamu, yang mengakibatkan browsing menjadi lambat dan boros data? Opera adalah satu-satunya browser yang didalamnya sudah terdapat adblocker, sehingga kamu dapat terhindar dari iklan-iklan yang mengganggu hanya dengan satu sentuhan. Kamu bisa melakukan lebih banyak hal dengan kecepatan loading 40% lebih cepat ketika kamu mengaktifkan fitur pemblokir iklan. Selain itu juga menghemat data hingga 14% lebih banyak, di mana Opera Mini juga memiliki data kompresi yang dapat menghemat data.

Tabel di bawah ini adalah beberapa fitur yang ada pada Opera Mini.

Fitur Opera MiniKeterangan
Fitur night modeYa, fitur night mode akan memberikan cahaya yang lebih stabil. Sehingga mata pengguna tidak akan cepat lelah. Kamu pun bisa lebih leluasa berselancar di di dunia maya menggunakan Opera Mini.
Bebas gangguan iklan Pada Opera Mini yang memiliki fitur unggulan Ad Blocker. Fitur ini bisa memblok iklan sehingga Anda tak perlu melihat informasi yang tak dibutuhkan.
Fitur pencarian instanDengan fitur terbaru ini kita bisa mencari apa saja tanpa harus berpindah tab atau windows baru. Caranya sangat mudah yaitu menekan kombinasi keyboard Alt + Space.
Fitur temukan tab fitur ini digunakan untuk menemukan tab yang terbuka di jendela browser kalian [Opera mini dong]. Caranya tekan CTRL + Space dan akan muncul pop up seperti gambar 2 di atas. Ketika kalian memilih salah satu dari daftar tab yang terbuka, [dengan cara mengklik-nya] secara langsung kalian akan dialihkan atau dibawa ke tab yang terpilih tersebut.
Fitur my flowFitur ini adalah menghubungkan dua perangkat berbeda di saat yang bersamaan dengan syarat masing-masing telah terhubung satu sama lain dan masing-masing terhubung dengan internet.

Kekurangan Opera Mini

  • Konsumsi ram tinggi
    Yang paling menonjol kekurangan dari Opera Mini adalah daya konsumsi ram yang lumayan tinggi akan menjadikan kendala bagi beberapa handphone pengguna.
  • Belum support gambar gerak
    Bagi beberapa orang berjelajah web dengan fitur gambar gerak itu sangat penting, kamu tidak bisa mendapatkan fitur gambar gerak jika menggunakan Opera Mini karena Opera Mini belum support gambar gerak, bagaimana guys? apakah kamu sudah mengetahui kekurangan ini?
  • Clipboard yang terbatas
    Saat kamu menggunakan Opera Mini dan ingin menyimpan beberapa teks dalam jumlah yang banyak kamu tidak akan menemukan fitur ini. karena Opera Mini hanya akan menyimpan data yang disimpan saat terakhir.

Firefox Lite

Firefox Lite merupakan peramban ringan dengan paket fitur yang membantu kamu menghemat informasi dan penyimpanan handphone, menangkap dan membagikan konten dan menjelajah dengan cepat meski koneksi lambat.

Mozilla mengumumkan bahwa Firefox Rocket yang rilis lalu di Indonesia, resmi berubah nama menjadi Firefox Lite. Menawarkan kecepatan browsing dengan ukuran aplikasi yang kecil dan hemat data, Mozilla juga menggandeng Express VPN, untuk menyediakan pengalaman browsing yang lebih aman untuk pengguna Firefox Lite.

Dirancang khusus untuk pengguna Android di Indonesia, sejak peluncurannya Firefox Lite sudah menghemat lebih dari 4.000 jam waktu pengguna. Mozilla merasa penamaan Firefox Lite lebih cocok berdasarkan penggunaannya saat ini.

Tidak bingung jika Firefox Lite merupakan salah satu browser dengan nilai rating tertinggi (4.6 bintang) di Google Play Store, bahkan lebih tinggi dari browser lain yang cukup populer di Indonesia karena banyak orang Indonesia menggunakan aplikasi ini.

Kelebihan Firefox Lite

  • Cepat dan hemat data
    kelebihan yang utama dari Firefox Lite ini adalah bahwa aplikasi ini ringan, cepat dan hemat data adalah keunggulan dari Firefox Lite. Aplikasi browser ini juga diperkuat dengan fitur Turbo Mode. Fungsinya adalah untuk memblokir konten yang berasal dari pihak ketiga, sebagai contoh iklan. Oleh karena itu, kamu bisa menghemat waktu dan data internet.
  • Firefox Lite dilengkapi dengan bermacam pilihan home page
    Firefox Lite dilengkapi dengan bermacam pilihan home page. Dengan begitu, semakin memudahkan pemakainya ketika ingin melakukan pencarian. Menu yang disediakan tampil pada icon, sehingga kamu akan merasa lebih mudah dalam mencari yang dibutuhkan pada browser tersebut.
  • Adanya fitur full webpage screenshot
    Full Webpage Screenshot juga melengkapi fitur Firefox Lite. Manfaatnya adalah memudahkan pemakainya dalam membaca halaman website yang disimpan secara offline. Screenshot Go juga dilengkapi dengan text recognition. Kamu juga bisa memindai hasil dari screenshot itu, dan dapat diolah nantinya menjadi sebuah tulisan.

Tabel di bawah ini adalah beberapa fitur yang ada pada Firefox Lite.

Fitur Firefox LiteKeterangan
Fitur screenshot dan my shotsFitur screenshot dan my shots adalah kombinasi untuk menangkap halaman dan galeri agar bisa dilihat secara offline. Jadi tidak perlu lagi keluar dan membuka fitur galeri gawai. Semua sudah tersimpan secara otomatis.
Mode turbomode turbo adalah yang menghemat penggunaan data. Mode ini dengan tanggap mengeliminasi iklan pop-up yang tidak diperlukan oleh pengguna karena memakan memori gawai serta data. Proses selancar pun menjadi lebih efisien dan cepat.
Blokir gambar Blokir gambar adalah fitur yang tidak dimiliki oleh kompetitor lain. Secara otomatis aplikasi ini akan memblokir segala gambar yang dapat memberatkan proses berselancar. Jadi hanya teks saja yang muncul.
Clear cacheFitur ini sungguh memudahkan penghapusan tong sampah data, peramban lain memerlukan aplikasi tambahan untuk mengosongkan cache data atau memiliki fiturnya tapi tersembunyi. Sementara fitur clear cache Firefox Litelangsung ada di garis depan.

Kekurangan Firefox Lite

  • Loading yang cukup lama
    Meskipun Firefox Lite memiliki kelebihan akan memiliki cepat dan hemat dan seperti yang banyak dirasakan orang bahkan dari pihak Firefox Lite juga yang mengkalain sedemikian, tetapi banyak juga yang merasakan bahwa loading dari Firefox ini juga cukup lama.
  • Tidak adanya fitur new tab
    Kekurangannya adalah tidak adanya fitur new tab. Jadi, hanya satu jendela yang bisa digunakan oleh pengguna untuk mencari sesuatu. Untuk bisa mencari informasi lain, harus menyudahi sesi. Lain dengan kompetitor yang menyediakan fitur ‘new tab’. Tidak adanya fitur ini, sepertinya yang menjadikan ‘rahasia’ mengapa Firefox Lite dapat ringan dan responsif.
  • Sering sekali terjadi crash
    Pengertian crash komputer atau crash adalah suatu keadaan dimana sebuah komputer atau program, baik aplikasi atau bagian dari suatu sistem operasi berhenti berfungsi. Hal ini banyak membuat pengguna merasa kesal.

Pilih Mana: Opera Mini atau Firefox Lite?

Opera MiniFirefox Lite
Kelebihan- Jelajah internet lebih cepat - Kompres atau pangkas data saat browsing - Adanya fitur blok iklan - Cepat dan hemat data - Firefox Lite dilengkapi dengan bermacam pilihan home page - Adanya fitur full webpage screenshot
Kekurangan- Konsumsi ram tinggi - Belum support gambar gerak - Clipboard yang terbatas - Loading yang cukup lama - Tidak adanya fitur new tab - Sering sekali terjadi crash

Kesimpulan

Jadi, dari penjelasan di ats mengenai Opera Mini dan Firefox Lite manakah yang paling bagus? Semuanya kembali pada kenyamanan masing-masing. Kedua browser sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Fitur yang ada pada keduanya juga sudah cukup baik ya guys, namun jika kamu ingin browsing dengan banyak ke new tab maka untuk Opera Mini bisa menjadi pilihan kamu, karena pada Firefox Lite tidak adanya fitur new tab.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Opera Mini vs Firefox Lite

VS

Leave a Reply