Aplikasi

Pilih Mana: Opera Mini atau Opera Browser?

Opera Mini dan Opera Browser adalah suatu aplikasi penjelajah web yang bisa menjadi pilihan untuk kamu nih guys untuk memenuhi aktivitas kamu, keduanya sudah banyak dikenali oleh orang-orang dari zaman dahulu. Tetapi apakah kamu tahu kelebihan dan kekurangan masing-masing dari kedua aplikasi browsing ini? Pada artikel kali ini saya akan membahasnya guys agar kamu lebih mengetahuinya, langsung scroll down ya guys!

Opera Mini

Opera Mini merupakan penjelajah web yang banyak menjadi pilihan orang dari dulu hingga sekarang nih guys. Opera Miniatur merupakan suatu aplikasi yang gratis, dibantu melalui kemitraan antara para pengembang, yaitu Opera Software, situs aplikasi gratis Gamejump, situs web Yahoo, dan Mesin Pencari Google. Baca juga Pilih Mana: Opera Mini atau Firefox Lite?

Sedikit sejarah mengenai Opera Mini berawal dari penjelajah web Opera untuk komputer pribadi, yang sudah ada untuk umum sejak 1996. Opera Mini pada awalnya dirancang untuk ponsel yang sudah mampu terkoneksi atau tersambung ke jaringan internet. Opera Mini pertama kali diperkenalkan pada tanggal 10 Agustus 2005 sebagai pilot project dalam kerjasama dengan stasiun televisi Norwegia, Televisi 2. Sehingga pada saat itu, Opera Mini hanya ada untuk pelanggan Televisi 2.

Opera Mini terkini memiliki fitur yang tidak ada pada browser bawaan ponsel biasa yaitu mengunggah file secara langsung. Opera Mini terkenal akan dengan kecepatan browsingnya yang cukup cepat, umumnya lebih cepat daripada browser bawaan ponsel. Keunggulan lainnya dari Opera Mini adalah tarifnya yang relatif lebih murah dari browser bawaan milik ponsel ini dikarenakan Opera Mini dapat mengkompres suatu halaman sampai 90%.

Kelebihan Opera Mini

  • Jelajah internet lebih cepat
    Opera Mini adalah browser tercepat di dunia. Hasil tes menunjukkan bahwa Opera Mini 72% lebih cepat daripada Google Chrome, dan 64% lebih cepat daripada UC Browser. Membuka Facebook maupun Google menggunakan Opera Mini menjadi jauh lebih cepat secara signifikan. Tidak ada yang mengalahkan kesenangan jika kamu dapat browsing dengan cepat. Kenapa Opera Mini bisa menjadi browser tercepat? Opera Mini mempunyai fitur teknologi kompresi, dimana dapat mengecilkan halaman website hingga sekecil 10% dari ukuran asli sebelum tampil dalam layar handphone kamu. Dengan penggunaan data yang lebih sedikit berarti kamu dapat mendownload dengan lebih cepat.
  • Kompres atau pangkas data saat browsing
    Opera Mini dapat memangkas data browsing anda hingga 50%, yang dapat menghemat paket data handphone kamu saat browsing, meskipun data yang kita ambil dipangkas, tidak akan terlalu mempengaruhi hasil gambar yang kita lihat, namun resolusi gambar yang kamu lihat tetap akan turun dan menyebabkan gambar sedikit kurang tajam.
  • Adanya fitur untuk blok iklan
    Suka terganggu dengan iklan-iklan yang muncul dan memenuhi hampir setengah layar handphone kamu, yang mengakibatkan browsing menjadi lambat dan boros data? Opera Mini adalah satu-satunya browser yang didalamnya sudah terdapat adblocker, sehingga kamu dapat terhindar dari iklan-iklan yang mengganggu hanya dengan satu sentuhan. Kamu bisa melakukan lebih banyak hal dengan kecepatan loading 40% lebih cepat ketika kamu mengaktifkan fitur pemblokir iklan. Selain itu juga menghemat data hingga 14% lebih banyak, di mana Opera Mini juga memiliki data kompresi yang dapat menghemat data.

Kekurangan Opera Mini

  • Konsumsi ram tinggi
    Yang paling menonjol dari Opera Mini adalah daya konsumsi ram yang lumayan tinggi akan menjadikan kendala bagi beberapa handphone.
  • Belum support gambar gerak
    Bagi beberapa orang berjelajah web dengan fitur gambar gerak itu sangat penting, kamu tidak bisa mendapatkan fitur gambar gerak jika menggunakan Opera Mini karena Opera Mini belum support gambar gerak.
  • Clipboard yang terbatas
    Saat kamu menggunakan Opera Mini dan ingin menyimpan beberapa teks dalam jumlah yang banyak kamu tidak akan menemukan fitur ini. karena Opera Mini hanya akan menyimpan data yang disimpan saat terakhir.

Fitur Opera Mini

1. Adanya fitur adblocker
Aktivitas selancar di dunia maya seringkali menjadi kurang nyaman karena pop up iklan yang tidak saja membuat kita harus menutup satu per satu ads yang muncul, tapi karena untuk menutupnya pun kadang perlu mencari tanda silang kecil yang tempatnya bisa di mana saja. Pop up berbagai iklan yang menutupi hampir seluruh layar bukan masalah besar di Opera Mini yang memiliki fitur unggulan adblocker. Fitur ini bisa memblok iklan sehingga kamu tidak perlu melihat informasi yang tidak dibutuhkan.

2. Bisa unduh video
Pernah mendapati video yang sangat menghibur atau justru penting sekali di media sosial? Untuk berbagi mungkin mudah saja karena kita hanya perlu menyalin link dan share. Namun bagaimana jika ingin menyimpan video tersebut? Tenang saja, di Opera Mini, tidak hanya bisa menonton videonya saja, tapi juga bisa mengunduhnya dengan cara mudah.

3. Fitur pencarian instan
Jadi, dengan fitur terbaru ini kamu bisa mencari apa saja tanpa harus berpindah tab atau windows baru. Caranya sangat mudah yaitu menekan kombinasi keyboard Alt + Space.

4. Fitur temukan tab
Jadi gini, fitur ini digunakan untuk menemukan tab yang terbuka di jendela browser kalian Caranya tekan CTRL + Space dan akan muncul pop up seperti gambar 2 di atas. Ketika kamu memilih salah satu dari daftar tab yang terbuka, (dengan cara mengkliknya) secara langsung kamu akan dialihkan atau dibawa ke tab yang terpilih tersebut.

5. Fitur my flow
Jadi, cara kerja dari fitur ini adalah menghubungkan dua perangkat berbeda di saat yang bersamaan dengan syarat masing-masing telah terhubung satu sama lain dan masing-masing terhubung dengan internet.

Opera Browser

Opera Browser merupakan browser yang dapat digunakan di android bisa juga di komputer atau laptop. Dengan demikian menggunakan browser ini halaman sebuah website akan ditampilkan apa adanya, tidak dikompres. Berarti apakah boros data? Memang seperti itulah namun bisa di akali dengan kamu menggunakan fitur turbo agar lebih hemat.

Opera Browser ini sudah banyak dikenali oleh orang dengan memiliki kelebihan dan kekurangannya, dan juga pada Opera Browser ini juga memiliki berbagai fitur yang sangat baik. Opera dibuat oleh Opera Software yang bermarkas di Oslo, Norwegia. Opera dapat dijalankan di berbagai sistem operasi, termasuk Microsoft Windows, Mac OS X, Solaris, FreeBSD dan Linux.

Kelebihan Opera Browser

  • Aplikasi yang ringan
    Opera Browser merupakan aplikasi browser yang cukup ringan, sehingga tidak memakan memori hardisk yang cukup besar pada notebook atau komputer. Memiliki email client dan rss sendiri sehingga tidak perlu memakai email client lain seperti outlook dan sebagainya.
  • Memiliki opera turbo
    Opera Turbo yang bisa diaktifkan ketika koneksi sedang lambat sehingga proses loading page bisa lebih cepat. Pemanggilan kembali cache lebih cepat.
  • Adanya fitur keamanan
    Opera Browser memiliki beberapa fitur keamanan. salah satunya adalah pilihan untuk menghapus data pribadi, seperti dalam HTTP cookie, browsing history, dan cache. hal ini memungkinkan pengguna untuk menghapus data pribadi setelah browsing dari komputer di tempat umum. Namun pengguna dapat memilih waktu untuk tidak melakukan pemeriksaan tersebut secara otomatis, jika pemeriksan itu dinonaktifkan, pengguna tetap dapat memeriksa keamanan situs yang dibukanya secara manual dengan membuka page info dialog.

Kekurangan Opera Browser

  • Tidak memiliki progress bar untuk membuka situs web
    Opera Browser tidak memiliki progress bar untuk membuka situs web, Beberapa situs web tidak memuat dengan benar di Opera, Hal ini tidak disesuaikan seperti Firefox, ada built-program torrent tapi jauh lebih lambat dibandingkan program non-browser seperti uTorrent, antarmuka sangat kecil yang beberapa orang tidak suka.
  • Memiliki pengguna lebih sedikit
    Opera Browser memiliki pengguna lebih sedikit jadi, pengembang membuat ekstensi lebih sedikit dan tema, ketika kamu menganggap bahwa Firefox memiliki lebih dari 6.000 ekstensi yang tersedia untuk mendownload secara gratis, jumlah ekstensi yang tersedia untuk Opera Browser menjadi cukup dikecewakan.
  • Memiliki masalah kompatibilitas
    Opera Browser memiliki masalah kompatibilitas dengan beberapa situs, itu gagal membaca script di situs tertentu, kelihatannya terlalu maju, membuat pengguna pemula kesulitan digunakan saat awal.

Fitur Opera Browser

1. Customizable toolbar
Fasilitas yang menjadikan user dapat memodifikasi susunan toolbar sesuai kebutuhannya. memiliki fasilitas penampilannya sesuai kesukaannya.

2. Opera link
Memudahkan dalam mengakses situs favorit dimanapun, opera link akan mensinkronisasikan bookmarks dan speed dial antar komputer dan headset.

3. New browser engine
Opera dapat dibuka lebih cepat. proses loading juga lebih cepat dan mampu menjalankan aplikasi web dengan lebih baik.

4. Fitur keamanan yang lengkap
Opera Browser memiliki banyak fitur keamanan, termasuk diantaranya adalah proteksi terhadap virus dan malware juga memiliki manajemen penggunaan data yang bisa diatur secara manual. User bisa mengatur apakah kamu akan meloading seluruh halaman situs atau tidak dengan menggunakan Opera Browser.

5. Fitur opera turbo
Fitur ini memungkinkanmu untuk berselancar lebih cepat ketika koneksi mulai melambat. Jika kamu mengaktifkan fitur ini, otomatis mode VPN akan off dan pemblokir iklan juga diaktifkan agar browser dapat memuat laman lebih cepat dan lebih hemat data internet.

KeteranganOpera MiniOpera Browser
Nama aplikasi Opera Mini Opera Browser
Fitur -Adanya fitur adblocker - Bisa unduh video - Fitur pencarian instan - Fitur temukan tab - Fitur my flow - Customizable toolbar - Opera link - New browser engine - Fitur keamanan yang lengkap - Fitur opera turbo

Pilih Mana: Opera Mini atau Opera Browser?

Opera MiniOpera Browser
Kelebihan- Jelajah internet lebih cepat - Kompres atau pangkas data saat browsing - Adanya fitur untuk blok iklan - Aplikasi yang ringan - Memiliki opera turbo - Adanya fitur keamanan
Kekurangan - Konsumsi ram tinggi - Belum support gambar gerak - Clipboard yang terbatas - Tidak memiliki progress bar untuk membuka situs web - Memiliki pengguna lebih sedikit - Memiliki masalah kompatibilitas

Kesimpulan

Kedua aplikasi untuk browsing atau penjelajah internet di atas memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tetapi disini saya akan lebih merekomendasikan kamu untuk memilih Opera Mini ya guys, walaupun sebenarnya hampir mirip bahkan banyak yang bilang sama karena memang dahulu berasal dari satu perusahaan sebelum akhirnya memisah, tetapi dari segi fitur menurut saya Opera Mini memiliki fitur yang baik dan Opera Mini lebih terkenal guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Opera Mini vs Opera Browser

VS

Leave a Reply