Pilih Mana : Oppo A3S atau Oppo A83?

Loading...

Salah satu vendor smartphone yang giat memasarkan produknya di Tanah Air adalah Oppo. Beberapa waktu lalu, Oppo mengenalkan seri A3S sebagai ponsel kelas menengah mereka. Oppo A3S menjadi generasi terbaru dari seri sebelumnya yaitu A83 yang cukup populer di kalangan masyarakat. Jika dibandingkan, manakah yang paling unggul di antara keduanya? Oppo A3S atau A83?

Baik Oppo A3S maupun Oppo A83 merupakan smartphone yang sengaja menyasar pasar mid-range dengan spesifikasi yang mumpuni di kelasnya. Hingga kini, keduanya masih menjadi smartphone yang banyak dicari oleh rakyat Indonesia, karena bukan hanya harganya yang lebih terjangkau, fitur-fitur di dalamnya pun sudah hampir setara dengan ponsel kelas high-end. Untuk itu, kami akan membahas beberapa perbandingan mendasar pada Oppo A3S dan A83 di bawah ini.

Oppo A3S

Oppo A3S bisa dikatakan smartphone yang dibanderol dengan harga terjangkau, tapi memiliki spesifikasi yang mutakhir, salah satunya desain layar penuh seperti Oppo F7. Seringkali ponsel ini disandingkan dengan ponsel mid-range dari merk lain, contohnya saja Xiaomi. Pada kesempatan sebelumnya, kami juga telah membandingkan Oppo A3S dan Xiaomi Redmi 5 Plus.

Kelebihan Oppo A3S

Berikut beberapa kelebihan Oppo A3S yang perlu Anda ketahui:

  • Baterai Lebih Besar

Meski Oppo A83 lebih unggul dalam hal dimensi karena lebih minimalis dengan ketebalan 7,7 mm dan berat 143 gram. Namun, Oppo A3S membawa baterai yang lebih besar yaitu 4.230 mAh sementara 3.180 mAh pada A83. Tidak mengherankan, A3S mengusung dimensi lebih tebal (8,2 mm) dan lebih berat (168 gram). Keduanya juga berbagi layar trend masa kini tetapi dengan rasio yang berbeda, yaitu 18: 9 pada A83, sementara 19: 9 pada A3S.

  • OS Teranyar

Kelebihan lain pada Oppo A3S ialah sistem operasi terbarukan dengan ColorOS 5.1 Android Oreo 8.1., sedangkan pada Oppo A83 masih mengusung versi lawas yaitu ColorOS 3.2 Android Orep 7.1. Tentunya perbedaan ini cukup membuatnya mencolok karena OS teranyar mempengaruhi kinerja smartphone itu sendiri.

  • Kamera Utama Ganda

Bagi penggemar fotografi, fitur kamera tentunya faktor utama saat ingin membeli smartphone. Namun jika Anda juga terdapat kendala soal harga, maka Oppo A3S bisa jadi alternative. Dengan harga 2,6 jutaan, Anda sudah bisa menikmati kamera utama ganda dengan 13MP + 2MP dan lensa selfie 8MP.

Kekurangan Oppo A3S

Berikut beberapa kekurangan Oppo A3S yang perlu Anda ketahui:

  • Minus Fitur Fingerprint

Hampir semua smartphone keluaran terbaru sudah disematkan fitur sidik jari sebagai pertahanan keamanan. Namun sayang, Oppo A3S tidak dilengkapi fitur ini. Meskipun begitu, Anda akan mendapat keistimewaan lain yaitu face unlock yang lebih cepat dan akurat dibandingkan sidik jari.

Loading...
  • RAM Lebih Kecil

Dibandingkan Oppo A83 yang telah didukung oleh RAM 4 GB, Oppo A3S memiliki RAM yang lebih kecil yaitu 3 GB. Tapi ponsel satu ini memang lebih unggul soal konsumsi daya baterainya yang irit. Untuk mengetahui spesifikasi Oppo A3S lebih lengkap, Anda bisa melihat di situs Oppo resmi, disini.

  • Dimensi Tebal

Karena Oppo A3S membawa kapasitas baterai lebih besar, tidak heran bila dimensi keseluruhan lebih tebal dari Oppo A83. Ponsel kelas menengah ini memiliki dimensi setebal 8.2 mm dan juga bobotnya lebih berat yaitu 168 gram.

Kelebihan Oppo A3SKekurangan Oppo A3S
- Baterai Lebih Besar- Minus Fitur Fingerprint
- OS Teranyar- RAM Lebih Kecil
- Kamera utama ganda- Dimensi Tebal

Oppo A83

Oppo A83 sebenarnya hampir mirip dengan Oppo A3S karena sama-sama mengandalkan harga terjangkau untuk menarik minat pasar Indonesia. Dengan harga 2,7 jutaan, Anda akan mendapat performa mumpuni dengan layar lebar dan juga fitur canggih seperti face unlock yang bisa membuka perangkat hanya melalui pandangan.

Kelebihan Oppo A83

Berikut beberapa kelebihan Oppo A83 yang perlu diketahui:

  • Dimensi Lebih Minimalis

Sebagian orang menginginkan ponsel yang ramah di tangan alias minimalis sehingga mudah dipegang. Untuk itu Oppo A83 menawarkan desain lebih minimalis dibandingkan Oppo A3S dengan ketebalan 7,7 mm dan berat 143 gram.

  • Performa Unggul

Bicara soal performa, Oppo A83 tentunya lebih mengungguli dari pesaingnya A3S karena telah didukung oleh RAM 4 GB dan dapur pacu MediaTek Helio P23 Octa-core 2,5GHz dengan Mali-G71 MP2. Dijamin, meskipun Anda membuka beberapa aplikasi dalam waktu bersamaan, ponsel ini akan tetap beroperasi dengan lancar.

  • Fitur Face Unlock

Sebagai ganti tidak adanya fitur sensor sidik jari, Oppo memberikan sentuhan modern pada Oppo A83 yaitu fitur facial unlock. Anda bisa membuka smartphone hanya melalui pandangan yang memberikan kenyamanan, kecepatan, lebih akurat, dan tentunya aman.

Kekurangan Oppo A83

Berikut beberapa kekurangan Oppo A83 yang perlu diketahui:

  • Harga Lebih Mahal

Salah satu kekurangan Oppo A83 ada dari segi harganya. Meski selisih harga hanya 100-200 ribu rupiah saja dari A3S, namun tentunya agak sedikit memberatkan konsumen terlebih lagi spesifikasi yang diusung keduanya hampir sama besar.

  • Baterai Lebih Kecil

Karena desain Oppo A83 lebih minimalis, tak heran bila perangkat ini hanya dibekali kapasitas baterai sebesar 3180 mAh saja. Sedangkan Oppo A3S telah didukung oleh baterai berkapasitas 4230 mAh.

  • Single Kamera Belakang

Soal kamera utama, Oppo A83 masih kalah dari A3S karena masih mengusung kamera tunggal beresolusi 13 MP, sementara A3S telah membawa dual kamera beresolusi 13 MP + 2 MP. Tapi keduanya sama-sama mengusung kamera selfie 8 MP.

Kelebihan Oppo A83Kekurangan Oppo A83
- Dimensi Lebih Minimalis- Harga Lebih Mahal
- Performa Unggul- Baterai Lebih Kecil
- Fitur Face Unlock- Single Kamera Belakang

Pilih Mana: Oppo A3S atau Oppo A83?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbandingan antara Oppo A3S dan Oppo A83. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel di bawah ini:

Oppo A3SOppo A83
- Baterai lebih besar- Performa unggul
- Layar lebih lebar- Desain minimalis
- Dual kamera utama- Dilengkapi fitur face unlock
- Cek harga Oppo A3S online termurah, Klik di sini - Cek harga Oppo A83 online termurah, Klik di sini

Kesimpulan

Jika dilihat dari segi baterai, ukuran layar, kamera utama, dan sistem operasi maka OPPO A3S lebih bisa diandalkan. Namun jika Anda melihat spesifikasi hardware dan performa, OPPO A83 bisa menjadi pilihan terbaik.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Oppo A3S vs Oppo A83

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *