Pilih Mana: Oppo A3S atau Oppo F5?

Loading...

Oppo merupakan sebuah perusahaan besar smartphone yang saat ini tengah berkembang dan memiliki banyak pelanggan. Karena hal inilah, Oppo selalu mengembangkan produknya agar bisa memenuhi kebutuhan pelanggan. Dua smartphone Oppo yang dapat menjadi pilihan yaitu Oppo A3S dan Oppo F5. Manakah smartphone yang cocok untuk Anda? Oppo A3S atau Oppo F5?

Oppo A3S dan Oppo F5 merupakan dua smartphone yang dirilis oleh Oppo. Meskipun dirilis oleh vendor yang sama, namun smartphone ini memiliki banyak perbedaan. Perbedaan tersebut bisa dilihat dari harga yang ditawarkan, fitur yang diberikan dan banyak hal lainnya.

Oppo A3S

Oppo A3S merupakan sebuah smartphone yang dirilis oleh Oppo pada Juli 2018. Smartphone ini telah hadir dengan dukungan kamera belakang yang telah dual kamera. Pembahasan mengenai Oppo A3S telah kami bahas sebelumnya pada Vivo Y83 vs Oppo A3S.

Kelebihan Oppo A3S

Berikut beberapa kelebihan Oppo A3S yang perlu Anda ketahui:

  • Ukuran Layar Lebih Lebar

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh Oppo A3S adalah memiliki layar dengan ukuran layar lebih lebar jika kita bandingkan dengan ukuran layar yang dimiliki oleh Oppo F5. Smartphone ini telah dibekali dengan layar yang berukuran 6,3 inci sementara Oppo F5 hanya memiliki layar dengan ukuran 6,0 inci.

  • OS Lebih Update

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Oppo A3S adalah memiliki sistem operasi OS yang lebih update dan lebih baik jika kita bandingkan dengan sistem operasi yang dimiliki oleh Oppo F5. Smartphone ini telah menggunakan OS Android v8.1 OREO sementara Oppo F5 masih menggunakan sistem operasi Android v7.1 NOUGAT. Dapat kita lihat bersama bahwa sistem operasi yang digunakan oleh Oppo A3S merupakan OS yang lebih terbaru atau lebih update.

  • Kapasitas Baterai Lebih Besar

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Oppo A3S adalah memiliki baterai dengan kapasitas yang lebih besar jika kita bandingkan dengan kapasitas baterai yang dimiliki oleh Oppo F5. Smartphone ini telah dibekali dengan baterai berkapasitas 4230 mAh. Sehingga umur pemakaian baterai Oppo A3S akan lebih lama dibandingkan dengan Oppo F5.

Kekurangan Oppo A3S

Berikut beberapa kekurangan Oppo A3S yang perlu Anda ketahui:

  • Belum Dilindungi Gorilla Glass

Meskipun memiliki banyak kelebihan, Oppo A3S juga memiliki banyak kekurangan yang perlu Anda ketahui. Kekurangan pertama yang dimiliki oleh Oppo A3S adalah perangkat ini belum dilindungi dengan gorilla glass. Gorilla glass memiliki fungsi untuk melindungi perangkat dari goresan atau rusaknya permukaan layar jika tertimpa atau terkena dan bersentuhan dengan benda tajam. Sayangnya, Oppo A3S belum dilindungi dengan gorilla glass.

  • Resolusi Layar Lebih Kecil

kekurangan lain yang dimiliki oleh Oppo A3S adalah memiliki layar yang lebih kecil jika kita bandingkan dengan resolusi layar yang dimiliki oleh Oppo F5. Resolusi layar yang dimiliki oleh perangkat ini hanya sebesar 720 x 1440 sementara Oppo F5 telah memiliki layar dengan resolusi 1080 x 2160.

Loading...
  • Kinerja Kurang Gesit

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Oppo A3S adalah memiliki kinerja yang kurang gesit jika kita bandingkan dengan kinerja yang dimiliki oleh Oppo F5. Smartphone ini memiliki kinerja yang lebih lambat dikarenakan menggunakan hardware Chipset Snapdragon 450, CPU Octa-core 1,8 GHz Cortex A53, GPU Adreno 506, yang memang lebih lemah dibandingkan dengan hardware yang dimiliki oleh Oppo F5.

Kelebihan Oppo A3SKekurangan Oppo A3S
- Ukuran layar lebih lebar- Belum dilindungi gorilla glass
- OS lebih update- Resolusi layar lebih kecil
- Kapasitas baterai lebih besar- Kinerja kurang gesit

Oppo F5

Oppo F5 merupakan sebuah smartphone yang dirilis pada Oktober 2017 oleh Oppo. Smartphone ini hadir dengan kamera yang telah mumpuni sehingga sangat mendukung Anda yang menyukai aktivitas memotret atau selfie.

Kelebihan Oppo F5

Berikut beberapa kelebihan Oppo F5 yang perlu Anda ketahui:

  • Megapixel Kamera Depan Lebih Besar

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh Oppo F5 adalah memiliki megapixel kamera depan dengan resolusi yang jauh lebih besar jika kita bandingkan dengan resolusi kamera depan yang dimiliki oleh Oppo A3S. Smartphone ini telah memiliki kamera depan 20 MP sementara kamera depan Oppo A3S memiliki megapixel sebesar 8 MP. Semakin besarnya resolusi sebuah kamera, maka hasil gambar akan menjadi lebih baik.

  • Memori Penyimpanan Internal Lebih Besar

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Oppo F5 adalah memiliki penyimpanan atau memori internal dengan kapasitas yang lebih besar jika kita bandingkan dengan memori internal yang dimiliki oleh Oppo A3S. Perangkat ini telah dibekali dengan memori internal 32 GB sementara Oppo A3S masih mengandalkan memori internal 16 MP.

  • RAM Lebih Besar

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Oppo F5 adalah memiliki RAM dengan kapasitas yang lebih besar jika kita bandingkan dengan RAM yang dimiliki oleh Oppo A3S. Perangkat ini dibekali Oppo dengan RAM sebesar 4 GB sedangkan Oppo A3S hanya dibekali dengan RAM sebesar 2 GB.

Kelebihan Oppo F5Kekurangan Oppo F5
- Megapixel kamera depan lebih besar- Harga lebih mahal
- RAM lebih besar- Kamera belakang single kamera
- Megapixel kamera depan lebih besar- Kapasitas baterai lebih kecil

Kekurangan Oppo F5

Berikut beberapa kekurangan Oppo F5 yang perlu Anda ketahui:

  • Harga Lebih Mahal

Kekurangan pertama yang dimiliki oleh Oppo F5 adalah memiliki harga yang sedikit lebih mahal jika kita bandingkan dengan harga yang ditawarkan oleh Oppo A3S. Perangkat ini memiliki selisih harga sekitar 300 hingga 400 ribuan. Namun, meskipun lebih mahal, tapi Oppo F5 telah menawarkan banyak kelebihan yang dapat mendukung aktivitas Anda lebih cepat dan lebih mudah. Untuk informasi harga, Anda dapat mengaksesnya di Merdeka.com.

  • Kamera Belakang Single Kamera

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Oppo F5 adalah memiliki kamera utama atau kamera belakang yang masih single kamera. Meskipun begitu, megapixel kamera yang ditawarkan sudah cukup besar dan mumpuni, yakni 16 MP. Artinya, meskipun kamera yang terdapat pada perangkat ini masih single, tapi kualitas gambar yang dihasilkan sudah sangat baik.

  • Kapasitas Baterai Lebih Kecil

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Oppo F5 adalah memiliki baterai dengan kapasitas yang lebih kecil. Smartphone ini hanya didukung dengan baterai berkapasitas 3.200 mAh sementara Oppo A3S telah dibekali dengan baterai berkapasitas 4230 mAh. Bisa kita lihat bahwa kapasitas baterai Oppo F5 lebih kecil. Tidak hanya itu, perangkat ini juga belum dilengkapi dengan fitur fast charging sehingga membutuhkan waktu lebih lama.

Kelebihan Oppo F5Kekurangan Oppo F5
- Megapixel kamera depan lebih besar- Harga lebih mahal
- RAM lebih besar- Kamera belakang single kamera
- Megapixel kamera depan lebih besar- Kapasitas baterai lebih kecil

Pilih Mana: Oppo A3S atau Oppo F5?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara Oppo A3S dan Oppo F5. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

Oppo A3S Oppo F5
- Harga sedikit lebih terjangkau- Harga sedikit lebih mahal
- Kamera belakang telah dual kamera- Megapixel kamera depan lebih besar
- RAM berkapasitas 2 GB- RAM berkapasitas 4 GB
- Cek harga Oppo A3S online termurah, Klik di sini- Cek harga Oppo F5 online termurah, Klik di sini

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai Oppo A3S dan Oppo F5 di atas, kami lebih merekomendasikan Oppo F5 yang menawarkan lebih banyak keunggulan meskipun smartphone ini memiliki harga yang sedikit lebih mahal.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Oppo A3S vs Oppo F5

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *