Smartphone

Pilih Mana: Oppo A5s atau Oppo A3s?

Oppo sangat produktif dalam beberapa tahun ini dalam merilis perangkat smartphone nya Dalam beberapa tahun Oppo bersaing ketat dengan merk smartphone lain. Kali ini akan kita bahas mengenai dua versi Oppo di antaranya adalah Oppo A5s dan Oppo A3s. yang akan kita bahas mengenai desain dan performa dari kedua smartphone tersebut lebih lanjut…

Oppo A5s

Oppo secara resmi telah meluncurkan OPPO A5s di Indonesia. Perangkat ini hadir dengan baterai yang berkapasitas besar yang mencapai 4.230 mAh. Tidak hanya itu, OPPO A5s juga mengandalkan full layar berponi dan dua kamera belakang yang dapat memanjakan penggunanya. Sementara sensor fingerprint dan Face Unlock hadir memberikan kemudahan dalam pembukaan kunci smartphone ini. Baca juga Pilih Mana: Oppo F11 Pro atau Oppo F11?

Desain Oppo A5s

Oppo A5s menggunakan desain full dengan poni di bagian atasnya yang mengikuti trend kekinian. Sementara bodi bagian belakangnya dilapisi bahan polikarbonat yang dibentuk menyerupai kaca sehingga terlihat menawan.

Meskipun bagian belakangnya tidak licin ketika digenggam oleh tangan, namun debu dan noda sidik jari mudah membekas. Untuk itu, penggunanya dianjurkan langsung menggunakan casing tambahan yang telah tersedia dalam paket penjualannya.
Masih pada desain bagian belakangnya terdapat dua kamera utama yang disusun secara horizontal. Sementara tepat di bagian tengah belakangnya terdapat sensor fingerprint dan logo Oppo.

Berpindah ke bagian bawahnya, terdapat lubang speaker, port microUSB 2.0, dan jack audio 3,5mm. Pada bagian kanannya terdapat tombol power. Sementara pada bagian kirinya terdapat tombol volume dan slot untuk kartu SIM serta microSD.

Oppo A5s sudah dilengkapi dengan layar 6,2 inci beresolusi HD+ (1520 x 720 piksel), berteknologi IPS, dan beraspek rasio 19:9 yang memenuhi bagian depannya lengkap dengan poni atau notch kecil berbentuk waterdrop.

Selain untuk menyimpan kamera depan, kehadiran poni ini juga membuat sebagian bezel bagian atasnya menjadi lebih tipis. Selain itu, dengan penggunaan teknologi IPS membuat penggunanya masih dapat melihat konten pada layar hingga sudut kemiringan 178 derajat.

Performa Oppo A5s

Oppo A5s sudah dilengkapi dengan chipset MediaTek Helio P35 Octa-core, RAM 2 GB, dan storage internal 32 GB yang dapat ditambahkan microSD hingga 256 GB. Dengan kombinasi hardware ini, pihak Oppo mengklaim bahwa A5s dapat berjalan dengan lancar dalam pemakaian normal.

Dan juga Oppo A5s mampu menjalankan aplikasi secara multitasking dengan lancar. Namun penggunaan RAM cepat mencapai puncak karena kapasitasnya hanya 2 GB. Untuk itu, sebaiknya penggunanya menjalankan aplikasi seperlunya agar smartphone tetap berjalan stabil.

Oppo A3s

Oppo A3s membekali dengan baterai berkapasitas besar yang berdaya irit sebagai fitur andalan. Desain notch yang digunakan oleh ponsel premium Oppo masih diadopsi di Oppo A3s. Mulai dari baterai besar, layar luas, teknologi AI di kamera dan sektor lainnya, game space, desain glossy, UI ColorOS 5.1, MusicParty, Kids Space, Applock dan banyak lagi.

Oppo A3s hadir dalam dua versi penyimpanan yakni RAM 2GB dengan ROM 16GB dan RAM 3GB dengan ROM 32GB. Model RAM 3GB dibanderol seharga Rp 2.699.000. Sementara RAM 2GB dilepas dengan harga Rp 1.999.000. Oppo A3s tersedia dalam varian warna merah dan dark purple. Kali ini Redaksi Selular.ID berksempatan mew-review Oppo A3s varian ROM 16GB warna merah.

Lihat juga:  Pilih Mana: J5 Pro atau J7 Prime?

Desain Oppo A3s

Dari segi desain, Oppo A3s terlihat elegan dengan balutan warna merah. Bagian belakang ponsel ini menggunakan jenis material komposit berjenis tempered glass. Kombinasi warna merah dengan bahan tempered glass menghasilkan refleksi warna yang indah.

Layar seluas 6,2 inci terpampang di bagian depan ponsel ini. Diatas layar terpatri notch sebagai wadah untuk menampung kamera selfie 8 MP, speaker receiver, LED Notification dan sensor proximity. Bagian depan ini terlihat lebih luas berkat ukuran layar lebih besar dan notch. Kamera utama ganda beresolusi masing-masing 13MP dan 2 MP terpasang di bagian belakang gawai ini. Masih di bagian belakang, terdapat pula LED Flash dan logo Oppo.

Performa Oppo A3s

Oppo membenamkan chipset Snapdragon 450 octa-core yang tidak hanya menjanjikan performa mulus untuk berbagai kebutuhan, tetapi juga konsumsi daya yang irit.Ada dua pilihan kapasitas RAM yang ditawarkan, yakni 2 GB dengan memori internal 16 GB, dan 3 GB dengan memori internal 32 GB. Tinggal Anda tentukan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Untuk urusan gaming, dari pengujian kami OPPO A3s masih lancar saat digunakan bermain berbagai game populer seperti Mobile Legend dan Clash Royale. Bermain PUBG Mobile pun masih bisa, asal menggunakan pengaturan grafis terendah.

Yang lebih menarik, Oppo A3s memiliki fitur bernama Game Space. Singkatnya fitur ini sangat berguna untuk mendukung game berjalan lebih lancar, dan Anda pun tidak terganggu oleh banyaknya notifikasi masuk.

Pilih Mana: Oppo A5s atau Oppo A3s?

Oppo A5sOppo A3s
Kelebihan - Layar 6,2 inci yang beresolusi HD+ - Chipset MediaTek Helio P35 Octa-core berkecepatan 2,3 GHz - KapasitasBaterai 4230 mAh- Memiliki face unlock - Daya tahan baterai yang lama - Layar lebih lebar
Kekurangan- Tidak dibekali fast charging - Noda sidik jari mudah menempell- Baterai non-removable - Tidak fast charging

Kesimpulan

Dari artikel di atas sudah kita bahas mengenai Oppo A5s dan Oppo A3s. dapat kita lihat dari kedua smartphone memang tidak jauh berbeda dari segi spesifikasi dan tampilannya. Namun, secara harga, keduanya justru sangat berbeda. Dari pembahasan ini dapat kita simpulkan bahwa Oppo A5s jelas lebih unggul dari Oppo A3s. Mengingat, perangkat ini datang dengan chipset yang performanya unggul, kamera depan yang mumpuni, serta harga yang terjangkau. tetapi , jika ingin membeli dengan harga yang low budget Oppo A3s dapat menjadi pilhan.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Oppo A5s VS Oppo A3s

VS