Smartphone

Pilih Mana: Oppo A5s atau Vivo Y93?

Selain berhadapan dengan berbagai macam smartphone keluaran terbaru, Oppo A5s juga harus bersaing dengan beberapa smartphone lawas di kelasnya. Oppo A5s bersaing ketat dengan Vivo Y93. Untuk mengetahui beberapa perbedaan dari kedua smartphone ini, pada artikel ini akan kita bahas lebih lanjut mengenai desain maupun performa dari kedua smartphone ini.

Oppo A5s

Oppo merilis kembali salah satu smartphone baru mereka dengan nama Oppo A5s. Ponsel ketiga yang diluncurkan setelah Oppo F11 beberapa waktu lalu, bisa dikatakan sebagai suksesor generasi sebelumnya, yaitu Oppo A3s. Sebagai smartphone penerus dari generasi sebelumnya, tentu Oppo A5s diperbarui dengan beberapa fitur yang menjadi keunggulannya.

Ada beberapa keunggulan yang diperbarui oleh Oppo pada smartphone mid-range barunya ini jika dibanding Oppo A3s. Diantaranya dilengkapi dengan layar 6.2 inci dengan aspect ratio 19:9 dan screen to body ratio 89.35%, Baterai besar 4230mAh dan Gaming.

Keunggulan yang dimiliki Oppo A5s juga dapat dikatakan mampu untuk memenuhi kebutuhan para kaum milenial saat ini, baik untuk digunakan untuk browsing sambil menonton video dan juga bermain game online. Baterai pada Oppo A5s ini mampu memasok daya hingga 17 jam pemakaian normal, 13.5 jam untuk menonton video offline dan tersedia fitur fast charging 5V2A. Baca juga Pilih Mana: Oppo A5s atau Oppo A3s?

Desain Oppo A5s

Smartphone Oppo ini juga tampil dengan desain notch waterdrop screen yang membuat layarnya terlihat luas. Layarnya yang berukuran 6,2 inci dengan aspek rasio 19:9 dan resolusi 720 x 1520 piksel. Tidak tertinggal Oppo juga melindungi layar smartphone ini dengan Corning Gorilla Glass generasi ke-3 agar terlindungi dari goresan.

Saat berada di genggaman pengguna, smartphone Oppo A5s terasa cukup ringan dengan berat sekitar 170 gram. Tetapi bodi smartphone ini terlihat cukup tebal dan berbentuk kotak. Ini membuatnya memang jadi kurang fashionable dibandingkan smartphone lainnya. Terlebih lagi, bodi belakangnya mudah berbekas noda sidik jari.

Di bagian belakangnya ada pemindai sidik jari. Kalian dapat mengandalkan pemindai sidik jari ini untuk membuka kunci smartphone, karena sistem ini bisa memindai secara cepat. Selain pemindai sidik jari, smartphone ini juga dilengkapi dengan fitur Face Unlock untuk sistem keamanannya yang dapat memindai wajah secara cepat.

Di bagian kiri bodi terdapat tombol volume, slot kartu SIM dan slot kartu microSD. Sedangkan pada bagian kanannya terdapat tombol power. Lalu di bagian bawahnya menampilkan jack audio 3,5mm, speaker, dan port microUSB. Smartphone ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur yang cukup membantu. Misalnya fitur Smart Assistant, split-screen untuk membuka dua aplikasi secara berdampingan, dan quick tools yang terletak di sudut kanan layar.

Performa Oppo A5s

Untuk performa Oppo A5s ini mengangkat prosesor MediaTek MT6765 Helio P35 yang dirancang dengan proses fabrikasi 12 nm. Smartphone ini juga disematkan RAM 2GB yang dikombinasikan dengan memori internal 32GB. Tentunya kalian dapat menambah kapasitas penyimpanan dengan kartu microSD hingga 256GB.

Vivo Y93

Vivo Y93 ini, patut diakui jika smartphone mid-range ini di lengkapi dengan ragam fitur canggih yang sangat fungsional. Salah satunya yaitu pada tampilannya yang begitu elegan mengusung layar notch seluas 6.2 inci HD+ yang dapat memberikan tampilan visual begitu unik dan lebih futuristik.

Pada Bagian permesinannya sendiri, Vivo Y93 akan dilengkapi dengan chip Snapdragon 439. Dan juga dilengkapi dengan dual kamera 13 MP + 2 MP di bagian belakang dan kamera depan 8 MP yang dipastikan sanggup memanjakan para pengguna dengan hasil foto mengagumkan.

Lihat juga:  Pilih Mana: Oppo Reno atau Samsung A70?

Desain Vivo Y93

Desain Vivo Y93 memiliki garis desain yang sama persis dengan Y91 dan Y93. di balut dengan Bahan polycarbonate mulai dari bagian belakang hingga melengkung ke bezel, memberikan kesan 3D yang dinamis. Garis tepi layar terlihat tegas dan menonjol, memberi batas yang jelas dengan frame di samping.

Di layar bagian atas, terdapat poni kecil yang diisi dengan kamera depan. Jika diperhatikan lebih dekat, di atas poni berdesain waterdrop ini, ada celah memanjang yang berfungsi untuk mengeluarkan suara dari speaker. Dengan poni minimalis dan rasio layar 19:9, tampilan layar Y93 terlihat lebih lega..

Efek yang ditimbulkan mirip seperti skema langit malam yang dihiasi oleh bintang-bintang, sesuai dengan namanya: Starry Black. Jika kamu melihat sisi belakang dari berbagai sudut yang berbeda, terkadang warna Y93 akan tampak berbeda, bisa berwarna hitam saja.

Efek warna akibat sudut pandang ini menjadikan tampilan Y93 menjadi variatif dan menawan untuk dilihat.Kamera ganda dengan frame oval berwarna perak berderet vertikal di kiri atas diikuti dengan lampu Flash LED. Sensor sidik jari diletakkan simetris di tengah.

Di bagian sisi atas dibiarkan mulus tanpa ada port atau fungsi tambahan, sedangkan sisi bawah diisi dengan port audio 3,5mm, lubang microphone, port micro USB, dan grill speaker. Bagian kiri diisi dengan tombol volume diikuti dan tombol power. Di sisi sebaliknya, terdapat slot yang dapat dihuni oleh dua buah kartu sim Nano dan satu micro SD dengan kapasitas hingga 256Gb.

Performa Vivo Y93

Vivo Y93 dilengkapi chipset Helio P22 keluaran Mediatek untuk menunjang kinerjanya, Y93 dibekali RAM berkapasitas 3GB dan dilengkapi media penyimpanan internal berkapasitas 32GB. Tidak ada masalah soal kinerja dari Vivo Y93. Saat digunakan untuk menjalankan aplikasi media sosial seperti Facebook, Instagram, Whatsapp, maupun bermain game. Semua berjalan lancar tanpa kendala berarti.

Baterai Y93 berkapasitas 4030 mAh bisa diandalkan untuk beraktivitas seharian. Dalam keadaan baterai terisi penuh, kamu dapat membuka media social seharian, dan menangkap momen-momen menarik, bahkan bermain game berat seharian.

Pilih Mana: Oppo A5s atau Vivo Y93?

Oppo A5sVivo Y93
Kelebihan - Desain yang keren dengan pilihan waarna menarik - Perfoma ponsel yang tangguh - Kinerja multitasking mempuni berkat RAM 4 GB- Kualitas kamera yang bagus - Baterai tahan lama - Dilengkapi dengan audio jack
Kekurangan- Noda sidik jari mudah menempel - Belum menggunakan OS android Pie- Tidak tahan air dan debu - Tidak didukung teknologi terbaru fast charging

Kesimpulan

Berdasarkan artikel di atas kedua smartphone Oppo A5s dan Vivo Y93 kita dapat tarik kesimpulan bahwa kedua smartphone ini mempunyai performa yang di unggulkan dari masing-masing produk. Oleh sebab itu, dapat kalian pilih sesuai dengan minat dan spesifikasi yang anda butuhkan dan juga desain yang kalian senangi.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Oppo A5s VS Vivo Y93

VS

Leave a Reply