ElektronikSmartphone

Pilih Mana: Oppo A7 atau Oppo F9?

Seperti yang kita ketahui bahwa pengertian dari smartphone adalah sebuah alat elektronik genggam yang dapat menghubungkan kamu secara digital dengan orang yang jauh dengan kamu. Banyak perusahaan elektronik yang mengeluarkan produk smartphone mereka dengan spesifikasi dan harga yang bervariasi. Salah satu perusahaan elektronik tersebut adalah Oppo. Oppo mengeluarkan tipe smartphone yang cukup baik dan terjual laris di kalangan masyarakat. Seperti salah satu tipenya Oppo A7 dan Oppo F9. disini saya akan menjelaskan mengenai kedua tipe smartphone tersebut.

Oppo

Handphone Oppo berjenis smartphone ini sekarang tidak hanya sebagai penunjang kebutuhan untuk berbicara saja, tetapi banyak fungsi lain yang lebih menarik yang didapatkan dari sebuah atau fitur smartphone. Seperti untuk kebutuhan untuk menjelajah internet, game atau permainan keperluan berbisnis, serta masih banyak lagi fungsi yang lainnya dengan banyak dukungannya dari pengembang aplikasi smartphone ini.

Pada bulan April tahun 2013 Oppo untuk awal kalinya menginjakkan kaki di pasar Indonesia secara resmi. Saat sebelum produknya dipromosikan ke Indonesia, OPPO terlebih dahulu melebarkan sayapnya ke beberapa negara seperti, Thailand, Vietnam, Rusia, Amerika dan Qatar. Sejak saat itu Oppo terus melakukan promosi memberitahukan kualitas brand nya lewat promosi Media Cetak, Televisi, Internet dll. Baca juga Pilih Mana: Asus Zenfone Max Pro M1 atau Asus Zenfone Max Pro M2?

Oppo A7

Oppo A7 mempunyai layar dengan HD+ dengan resolusi 1520 x 720 piksel. Layar ini berukuran 6,2 inci, dan menggunakan teknologi IPS. Sama seperti OPPO F9 yang merupakan handphone atau smartphone flagship, Oppo A7 ini memiliki layar penuh dilengkapi dengan notch yang berbentuk tetesan air. Dan layar handphone atau smartphone ini juga sudah dilindungi dengan Corning Gorilla Glass.

Oppo A7 akan mempunyai 2 pilihan RAM yaitu sebesar 3 GB dan 4 GB. Kedua pilihan ini sama- sama di support dengan memori internal sebesar 32GB yang bisa ditambahkan dengan memori eksternal berbentuk microSD hingga 256 GB. handphone atau smartphone ini menggunakan prosesor snapdragon 450 Octa-Core 1,8 Ghz Cortex A53 dan GPU Adreno 506.

Prosesor ini mampu bekerja dengan lebih cepat, dan juga hemat baterai karena telah menggunakan teknologi proses 14nm. Oppo A7 menggunakan sistem operasi ColorOS 5.2 berbasis Android 8. 1 Oreo. Body bagian belakang Oppo A7 dilapisi dengan Polycarbonate Composite, sehingga tampak mewah dan berkilau.

Tidak hanya itu handphone atau smartphone ini juga dilengkapi dengan kapasitas baterai yang jumbo, yaitu sebesar 4230 mAh yang dapat bertahan sampai 24 jam dalam pemakaian wajar. Dari bidang keamanan, handphone ini telah dilengkapi dengan sensor fingerprint dan face unlock.

Sehingga para pengguna handphone atau smartphone ini bisa dengan mudah dan cepat membuka handphone atau smartphone yang terkunci. Fitur lain yang dimiliki oleh Oppo A7 ini adalah, dukungan jaringan 4G LTE, WiFi.

Kelebihan Oppo A7

Memiliki layar yang lebar(6.2 inci) dengan resolusi layar HD+ berteknologi IPS yang mengikuti gaya handphone kekinian
Meski mempunyai kapasitas baterai yang terhitung besar, tetapi handphone ini tetap dilengkapi dengan teknologi proses 14nm yang bisa menghemat pemakaian baterai
Dari segi kamera, baik kamera depan maupun kamera belakang yang dipunyai Oppo A7 ini sudah lumayan bagus karena dilengkapi dengan teknologi AI, LED Flash dan Wide Angle
Di sektor keamanan juga, Oppo A7 ini sudah lumayan canggih dengan fitur face unlock dan sensor fingerprint

Kekurangan Oppo A7

Karena hanya memakai prosesor Snapdragon 450, harga yang ditawarkan OPPO A7 ini masih terhitung mahal jika dibanding dengan handphone lain yang sejenis
Kekurangan yang lain merupakan Oppo A7 ini belum mensupport teknologi NFC yang bisa mendukung berbagai macam pembayaran digital, transfer data, dan pengecekan saldo e-money

Warna Tersedia Oppo A7

Glaze blue
Glaring gold

Harga Oppo A7

Handphone atau smartphone terbaru keluaran OPPO ini, saat ini sudah resmi dirilis di Indonesia dengan harga Rp3.699. 000.

Oppo F9

Oppo F9 diklaim sebagai salah satu handphone dengan rasio screen-to-body terluas, yaitu lebih dari 90 persen. Oppo F9 muncul dengan spesifikasi layar yang serupa dengan Oppo F7. Spesifikasi layarnya hadir dengan dimensi 6,23 inch yang memiliki resolusi full HD+ 1080 x 2340 piksel.

Layarnya memakai panel IPS LCD yang terkategori lumayan bagus dan sanggup menampilkan visual warna yang banyak. Oppo F9 menggunakan prosesor MediaTek Helio P60 sebagai dapur pacu yang dipadankan dengan dua versi RAM yakni 4 GB dan 6 GB. Media penyimpanan Oppo F9 berkapasitas 64 GB yang dapat diperbesar lewat MicroSD hingga 256 GB. mempunyai kapasitas baterai yang cukup besar, yaitu 3.500 mAh.

Handphone ini juga dilengkapi dengan fitur VOOC Flash Charge yang sanggup memuat daya dari 0% ke nilai 90% dalam waktu satu jam saja. Kamera Oppo F9 hadir dengan kamera ganda 16 MP+2 MP. Tentu kamera keduanya yang mengangkat 2 MP ditujukan untuk sensor depth agar dapat menghasilkan efek bokeh.

Kelebihan Oppo F9

Oppo F9 hadir dengan spesifikasi layar yang serupa dengan Oppo F7
Spesifikasi layarnya hadir dengan dimensi 6, 23 inci yang punya resolusi full HD+ 1080 x 2340 piksel
Oppo F9 dibekali dengan baterai berkapasitas 3.500 mAh
Oppo F9 tidak hanya mempunyai daya tahan baterai yang bagus dan juga pengisian yang super cepat
Kamera Oppo F9 hadir dengan kamera ganda 16 MP+ 2 MP
Desain bodi yang menarik

Kekurangan Oppo F9

Hal yang agak disayangkan dari Oppo F9 merupakan port yang digunakan masih menggunakan micro USB
Tidak terdapat fitur NFC

Warna Tersedia Oppo F9

Sunrise red
Twilight blue
Starry purple

Harga Oppo F9

Di Indonesia, smartphone ini dihargai dengan harga sekitar Rp. 4.300. 000 untuk versi 4 GB dan Rp. 5.000.000 untuk versi 6 GB.

Pilih Mana: Oppo A7 atau Oppo F9?

Oppo A7 Oppo F9
Kelebihan - Meski mempunyai kapasitas baterai yang terhitung besar, tetapi handphone ini tetap dilengkapi dengan teknologi proses 14nm yang bisa menghemat pemakaian baterai - Dari segi kamera, baik kamera depan maupun kamera belakang yang dipunyai Oppo A7 ini sudah lumayan bagus karena dilengkapi dengan teknologi AI, LED Flash dan Wide Angle - Di sektor keamanan juga, Oppo A7 ini sudah lumayan canggih dengan fitur face unlock dan sensor fingerprint- Oppo F9 hadir dengan spesifikasi layar yang serupa dengan Oppo F7 - Spesifikasi layarnya hadir dengan dimensi 6, 23 inci yang punya resolusi full HD+ 1080 x 2340 piksel - Oppo F9 dibekali dengan baterai berkapasitas 3.500 mAh
Kekurangan- Karena hanya memakai prosesor Snapdragon 450, harga yang ditawarkan Oppo A7 ini masih terhitung mahal jika dibanding dengan handphone lain yang sejenis - Kekurangan yang lain merupakan Oppo A7 ini belum mensupport teknologi NFC yang bisa mendukung berbagai macam pembayaran digital, transfer data, dan pengecekan saldo e-money- Hal yang agak disayangkan dari Oppo F9 merupakan port yang digunakan masih menggunakan micro USB - Tidak terdapat fitur NFC

Kesimpulan

Smartphone Oppo adalah merek smartphone yang banyak digemari oleh kalangan masyarakat. Dengan salah satu contoh tipenya adalah Oppo A7 dan Oppo F9. kedua tipe tersebut banyak terjual di pasaran smartphone karena memang kualitas dan spesifikasinya yang sangat baik. Untuk kamu yang menyukai smartphone dengan merek Oppo, kedua tipe ini bisa menjadi pilihan kamu.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Oppo A7 vs Oppo F9

VS

Leave a Reply