ElektronikSmartphone

Pilih Mana: Oppo atau iPhone?

Kehadiran smartphone menjadi sebuah kemajuan teknologi yang saat ini menjadi bagian dari kebutuhan manusia. Tidak menyasar pada umur, baik tua-muda bahkan anak-anak seolah sudah sangat terlatih menggunakannya. Namun, saat membeli smartphone ada terkadang Anda pasti mengalami dua pilihan yang membuat dilema. Lantas jika dibandingkan, lebih bagus mana Oppo atau iPhone? Berikut kelebihan dan kekurangan keduanya.

Oppo

Oppo F1s membawa keunggulan dalam hal kamera depan atau lebih dikenal dengan fitur ‘Selfie Expert’ yang pastinya akan memanjakan penggunanya dalam berselfie ria. Baca juga Pilih Mana: Samsung Galaxy A20 atau Samsung Galaxy A30?

Kelebihan Oppo

1. Resolusi Kamera Utama Lebih Tinggi
Sebagai smertphone premium, Oppo menyematkan resolusi kamera utama lebih tinggi yakni 13 MP dibandingkan smartphone iPhone yang hanya memiliki resolusi dual kamera berukuran 12 MP + 12 MP. Dan resolusi kamera depan yang luar biasa berukuran 16 MP.

2. Ada Eksternal Memori
Menariknya, meskipun memiliki memori internal sebesar 32 GB pada Oppo F1s. Namun, bagi yang masih ingin menambah ruang penyimpan terdapat penyediaan memori eksternal hingga 256 GB.

Kekurangan Oppo

1. Tidak Memiliki Quad LED Flash
Tidak seperti iPhone yang memiliki quad LED flash yang dapat memberikan keseimbangan warna yang lebih baik pada foto dan video, sementara Oppo F1s hanya memiliki LED flash saja.

2. Koneksi Wifi Lambat
Oppo F1s memiliki koneksi Wifi yang lambat, tidak sepert iPhone yang menyediakan Wifi 802.11AC yang menawarkan kecepatan transfer lebih cepat. Hal ini sangat dibutuhkan oleh para gaming dan streaming video HD.

iPhone

iPhone 7 Plus adalah sebuah generasi dari penerus iPhone 6 Plus, perangkat dari Apple ini menjadi tren di kalangan para penggunanya. Dikutip dari Kompas.com, tombol Home dirancang berbeda dari generasi sebelumnya, karena tombol tersebut dibuat sebagai tombol mekanis yang bisa memperdengarkan bunyi klik atau memberikan kesan pergerakan saat penggunannya menekan.

Kelebihan iPhone

1. Memiliki Sertifikat IP67
iPhone 7 Plus telah memiliki sertifikat IP67 yang diklaim anti air dan debu sehingga perangkat ini aman ketika terkena percikan air atau debu yang menempel.

2. Memiliki Kerapatan Pixel Lebih Tinggi
iPhone memiliki kerapatan pixel lebih tinggi yakni 401 ppi, sementara Oppo F1s jauh lebih tertinggal karena hanya memiliki kerapatan pixel 267 ppi.

Kekurangan iPhone

1. Hanya Memiliki Memori Internal
Seperti yang diketahui, iPhone memang hanya memiliki ruang penyimpanan internal yang tidak bisa ditambah lagi ketika penggunanya kekurangan ruang penyimpanan. iPhone menyediakan memori internal sebesar 256 GB untuk iPhone 7 Plus.

2. Kapasitas Baterai Kecil dan Tanpa Fast Charging
iPhone 7 memiliki kapasitas baterai kecil berukuran 2900 mAh yang tidak dilengkapi fitur Fast Charging. Sehingga membuat penggunanya harus bersabar dalam mengisi daya baterai. Tidak seperti Oppo yang memiliki ukuran baterai besar dengan fasilitas VOOC Flash Charge khas Oppo.

Pilih Mana: Oppo atau iPhone?

OppoiPhone
Sektor baterai– Li-Ion 3075 mAh– Li-Ion 2900 mAh
Segi harga– Cukup terjangkau– Harga jauh lebih tinggi
Dapur pacu– Mediatek MT6750– Apple A10 Fusion

Kesimpulan

Bagi Anda yang memiliki budget lebih banyak, iPhone bisa menjadi pilihan dengan dapur pacu yang mumpuni meskipun masih kalah dengan Oppo yang lebih banyak kelebihan dengan harga yang lebih terjangkau. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Oppo vs iPhone

VS

Leave a Reply