Pilih Mana : Oppo atau Vivo?

Loading...

Memiliki sebuah smartphone dengan kemampuan kamera yang mumpuni tentu menjadi impian semua orang, terutama para wanita yang menyukai fotografi. Bicara soal smartphone dengan kamera superior, tentu tidak lepas dari dua pabrikan smartphone ini, Oppo dan Vivo. Kedua vendor ini memang dikenal karena produknya yang memiliki kapabilitas kamera yang mumpuni. Namun sebenarnya, jika harus memilih bagus mana Oppo atau Vivo? Berikut ulasannya.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Pabrikan Oppo dan Vivo
– Kelebihan & kekurangan Oppo dan Vivo

Oppo
Oppo Electronics Corp adalah produsen elektronik yang bertempat di Dongguan, Guangdong, China. Oppo menghasilkan smartphone android dengan harga yang bervariasi. Selain di Indonesia, Oppo juga mendirikan cabang di beberapa negara Asia seperti Vietnam, Thailand dan India. Produk smartphone pertama yang mereka rilis adalah Oppo N1 yang dirilis pada bulan Desember 2013. Pabrikan Oppo telah merilis banyak produk smarphone berkualitas dengan harga yang relatif terjangkau di Indonesia. Sebuat saja Oppo F3, Oppo A57, Oppo F3 Plus, Oppo F1, Oppo A39, dan Oppo F1.

Kelebihan dari Oppo yang bisa diketahui:

1. Didesain dengan harga premium
Oppo adalah produsen yang bergerak ke pasar high-end tetapi memiliki harga yang cukup terjangkau. Namun, harga smartphone Oppo dianggap cukup mahal jika dibandingkan dengan smartphone yang memiliki spesifikasi yang sama. Dikutip dari TribunNews.com, Oppo lebih menekankan pada material bodi metal yang ramping dan penampilan cantik sehingga mungkin hal inilah yang membuat harga Oppo melambung tinggi.

2. Daya tahan baterai
Smartphone Oppo memang memiliki daya tahan baterai yang panjang dan tahan lama. Selain itu, smartphone Oppo juga dilengkapi dengan teknologi VOOC Fast Charging. Hanya dengan mengisi daya selama 30 menit, smartphone Oppo sudah memiliki 75 persen kapasitas baterai.

Loading...

Kekurangan dari Oppo yang bisa diketahui:

1. Baterai non removable
Baterai non removable merupakan baterai tanam yang menyatu dengan bodi smartphone. Meski baterai cenderung bertahan lama, tetapi ketika ada kerusakan maka akan sulit bagi penggunanya ketika akan mengganti baterai yang rusak.

2. User Interface yang memakan banyak RAM
Dengan penggunaan User Interface Oppo Color OS 3.0 memang sangat cepat, akan tetapi memakan banyak sekali RAM sebagai bayaran atas tingkat respons dan visualnya yang menarik.

Vivo
Vivo merupakan pabrikan smartphone yang juga berasal dari pabrikan pesaingnya Oppo yakni di Dongguan, Guangdong, China. Perusahaan ini memproduksi smartphone android dan juga beberapa layanan berbasis digital. Meskipun terbilang baru, pabrikan Vivo telah merilis banyak smartphone android terbaiknya di Indonesia, termasuk Vivo V5 Plus, Vivo V5, Vivo Y55s dan Vivo Y53.

Kelebihan dari Vivo yang bisa diketahui:

1. Layar Fullview Display
Layar smartphone Vivo mengusung fitur layar Fullview Display alias layar penuh. Layar yang penuh ini akan membuat smartphone Anda tergolong nyaman digunakan penggunanya untuk menonton video dan bermain game.

2. Fingerprint yang cepat
Smartphone Vivo memiliki fingerprint yang terbilang merespon cukup cepat dan akurat.

Kekurangan dari Vivo yang bisa diketahui:

1. Menggunakan material polycarbonate
Inilah yang menyebabkan banyak pengguna berpikir lagi untuk memilih Vivo, karena umumnya Vivo mengusung smartphone-nya dengan menggunakan material polycarbonate padahal saat ini banyak pabrikan smartphone telah mengusung smartphone buatannya dengan material alumunium atau logam yang jelas lebih tahan lama.

2. Belum dilengkapi fitur Fast Charging
Pengguna smartphone ini harus bersabar dalam pengisian daya baterai, karena belum adanya fitur Fast Charging yang memungkinkan penggunanya meng-charger smartphone lebih cepat.

Selera : Oppo atau Vivo?

OppoVivo
Harga - Harga tergolong premium- Relatif lebih terjangkau
Desain- Terbuat dari metal- Terbuat dari material polycarbonate (plastik)
Pengisian daya - Hampir semua varian didukung fitur fast charging- Beberapa varian belum didukung fitur fast charging

Kesimpulan
Seperti yang diketahui, kedua smartphone android ini memang sekarang sedang digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Selain memiliki harga yang relatif terjangkau, baik Oppo dan Vivo juga memiliki kamera selfie yang mumpuni. Jika Anda hanya memiliki budget yang tidak terlalu banyak mungkin Vivo bisa menjadi pilihan Anda. Namun jika Anda lebih fokus kepada kinerja powerfull untuk menjalankan kebutuhan Anda maka Oppo bisa menjadi pilihan terbaiknya. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Oppo vs Vivo

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *