ElektronikSmartphone

Pilih Mana: Oppo F11 atau Oppo F9?

Teknologi semakin hari akan semakin modern, seperti smartphone. Smartphone adalah telepon genggam atau telepon seluler pintar yang dilengkapi dengan fitur yang canggih dan berdaya besar. Handphone atau smartphone, merupakan suatu alat komunikasi genggam, yang sangat dibutuhkan oleh semua orang. Karena handphone sebagai alat kebutuhan untuk menjelajahi internet, game dan lain sebagainya. Merek smartphone yang menjadi perbincangan publik saat ini adalah brand Oppo. seperti tipe Oppo F11 atau Oppo F9. penasaran dengan penjelasan Oppo F11 atau Oppo F9? Disini saya akan menjelaskan kedua tipe dari merek Oppo tersebut.

Oppo

Handphone atau smartphone merek Oppo ini sekarang tidak hanya sebagai penunjang kebutuhan untuk berbicara saja, tetapi banyak fungsi lain yang lebih menarik yang didapatkan dari sebuah atau fitur smartphone dari merek smartphone Oppo ini.

Seperti untuk kebutuhan untuk menjelajah internet, game atau permainan keperluan berbisnis, serta masih banyak lagi fungsi yang lainnya dengan banyak dukungannya dari pengembang aplikasi smartphone ini.

Pada bulan April tahun 2013 Oppo untuk awal kalinya menginjakkan kaki di pasar Indonesia secara resmi. Saat sebelum produknya dipromosikan ke Indonesia, Oppo terlebih dahulu melebarkan sayapnya ke beberapa negara seperti, Thailand, Vietnam, Rusia, Amerika dan Qatar. Sejak saat itu OPPO terus melakukan promosi memberitahukan kualitas brand nya lewat promosi Media Cetak, Televisi, Internet dll. Baca juga Pilih Mana: Xiaomi Redmi Note 7 atau Samsung M20?

OPPO F11

Oppo F11 menempatkan kamera depan di dalam poni tetesan air(waterdrop notch). Ukuran layar dari merk handphone ini Oppo F11 yakni 6.53 inchi panel IPS LCD resolusi 1080 x 2340. Soal kamera depan, meski letaknya berbeda, pernyataan yang diusung tetap sama, yakni 16 megapiksel dengan lensa bukaan diafragma f atau 2. 0.

Oppo mengklaim kalau kamera handphone ini juga dibekali teknologi AI dengan 23 jenis adegan yang dapat dikenali, dan peningkatan warna yang mereka sebut sebagai Color Mapping.

Di sektor dapur pacu, OPPO F11 dipersenjatai chipset MediaTek Helio P70 yang dipadu dengan dua pilihan RAM, yakni 4 GB dan 6 GB. Ada dua pilihan memori internal yang bisa dipilih, yakni 64 GB dan 128 GB. Oppo mengklaim untuk mengisi daya hingga 100 persen membutuhkan waktu 80 menit saja. Oppo F11 masih menggunakan port microUSB.

Kamera OPPO F11

Oppo F11 dibubuhi kamera utama ganda beresolusi 48 MP dan 5 MP. Lensa utamanya Oppo F11 beresolusi 48MP. Sedangkan lensa keduanya menggunakan depth sensor. OPPO F11 menggunakan sensor berbasis ISOCELL Bright GM1 dengan resolusi 48 MP. Sensor ini dilengkapi dengan ukuran ukuran photosite 0,8 mikrometer dan berbasis BSI(backside illuminated) yang dinamakan ISOCELL Plus.

Melalui teknologi tetra cell, Oppo F11 akan menganalisis dan menggabungkan data yang diperoleh dari 4 piksel yang berdekatan untuk membuatnya sebanding dengan ukuran piksel tunggal 1,6μm. Foto menggunakan lensa utama Oppo F11, hasil fotonya tidak pecah ketika di zoom. Resolusi foto yang dihasilkan Oppo dengan lensa utama lebih besar.

Warna Tersedia OPPO F11

Fluorite Purple
Marble Green
Jewelry White

Harga OPPO F11

Harganya dipasarkan sekitar Rp. 4.500.000, kamu bisa mendapatkan handphone merek ini di online shop seperti shopee jika kamu bisa mendapatkannya dengan harga lebih murah.

Lihat juga:  Pilih Mana: Redmi 4A atau Redmi 5A?

Oppo F9

F9 ini memiliki layar 6,3 Inch Screen, bodi sebesar 90,8 persen screen ratio dengan resolusi 2340 x 1080. Handphone itu juga memiliki 9,5: 9 Waterdrop Screen. Kesan awal yang akan membuat Kamu sadar bahwa F9 terlihat berbeda adalah bentuk notch alias poni yang disematkan pada bagian atas layar. F9 mempunyai poni berupa water drop alias tetesan air yang begitu istimewa dan kecil.

Poni ini membungkus kamera depan milik handphone dan pada bagian atasnya jika diamati lebih dekat, ada sensor proximity serta sensor cahaya. Bentang layar Oppo F9 sendiri luasnya 6,3 inci dengan resolusi Full HD + kerapatan 2.340 x 1. 080 piksel.

Meski uraikan layarnya luas, namun ukuran handphone Oppo F9 masih sangat nyaman untuk digenggam. Pada sekeliling handphone ada tombol dan port standar, seperti volume naik- turun dan tombol power. Pada bagian dasar terdapat port micro- USB tepat berada di antara speaker dan jack audio 3,5mm.

Kamera Oppo F9

Beralih ke sektor kamera. Pada bagian punggung Oppo F9 tersemat 2 kamera sebesar 16 megapiksel dan 2 megapiksel. Masing- masing mempunyai angka bukaan yang berbeda yakni f atau 1.85 dan f atau 2.4. Lensa 2 megapiksel digunakan untuk membuat efek blur(bokeh) pada bagian belakang objek.

Kamera ini juga didukung teknologi berbasis kecerdasan buatan(AI).Kamera itu dapat mengetahui paling tidak 16 skenario gambar yang berbeda yang setelah itu bisa menyesuaikan pengaturan kamera berdasarkan skenario tersebut. Setelah itu kamera depan Oppo F9 juga mempunyai resolusi yang cukup besar yakni 25 megapiksel.

Sama seperti kamera belakang, lensa ini juga dilengkapi dengan sensor Sony IMX 578 dan didukung kecerdasan buatan. Ada juga fitur Beauty Technology 2.1 dan fitur AR Sticker.

Warna Tersedia Oppo F9

Sunrise Red
Twilight Blue
Starry Purple

Harga Oppo F9

Harga Oppo F9 ini dipasarkan Rp. 4.299.000. Kamu bisa mendapatkan merek smartphone ini di toko offline maupun di toko online.

Pilih Mana: Oppo F11 atau Oppo F9?

Oppo F11 Oppo F9
Kelebihan - Kamera yang sangat bagus - Warna yang cantik dan elegan - Baterai yang tahan lama - Daya baterai tergolong lama - Kamera yang cukup baik - Warna yang cantik dan elegan
Kekurangan- Harga termasuk cukup mahal - Kamera depan tidak dilengkapi fitur LED - Masih Tanpa NFC - Harga yang cukup mahal

Kesimpulan

Merek Oppo pada bulan April tahun 2013 untuk awal kalinya menginjakkan kaki di pasar Indonesia secara resmi. Seperti tipe dari smartphone ini yaitu Oppo F11 atau Oppo F9 kedua tipe ini menjadi perbincangan dan incaran semua publik. Dengan spesifikasi yang bagus smartphone Oppo ini menjadi merek smartphone banyak disukai baik kalangan anak muda hingga orang tua. Tetapi dari kedua tipe tersebut adalah tipe yang berbeda mulai dari spesifikasi, warna dan harga. Tetapi jangan takut walaupun spesifikasi yang berbeda tetapi tetap spesifikasi yang sangat bagus. Oppo F9 lebih dulu dikeluarkan daripada Oppo F11. Jadi harganya lebih sedikit mahal Oppo F11 dibanding Oppo F9.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Oppo F11 vs Oppo F9

VS

Leave a Reply