Smartphone

Pilih Mana: Oppo F11 Pro atau Vivo V15 Pro?

Persaingan smartphone saat ini memang sedang marak terjadi, dua di antaranya datang dari keluarga Oppo dan Vivo. kali ini yang akan kita bahas mengenai kedua smartphone ini Oppo F11 Pro dan Vivo V15 Pro. Disengaja atau tidak, keduanya sama-sama datang dengan menggunakan kamera pop-up yang kekinian. Apa saja sih perbedaan dari kedua smartphone ini? Stay tune pada artikel di bawah yang akan kita bahas dari segi desain dan kameranya yang kontroversial.

Oppo F11 Pro

OPPO secara resmi telah melaunch smartphone kelas menengah terbarunya di Indonesia yang bernama F11 Pro. Mengikuti tren saat ini, smartphone buatan OPPO ini dilengkapi dengan kamera depan 16 MP (apertur f/2.0) yang menggunakan sistem pop-up dinamakan Rising Camera. Dengan kata lain kamera depannya berada di bagian dalam.

Nantinya kamera depan ini akan naik ke atas apabila penggunanya melakukan foto selfie. Sementara itu, kamera depannya akan kembali masuk ke bagian dalam maka dapat mengakses kamera belakang atau keluar dari aplikasi kamera. Baca juga Pilih Mana: Oppo F11 Pro atau Samsung A50?

Desain Oppo F11 Pro

Tak mau kalah dengan HP mewah Oppo F11 Pro ini punya desain yang sleek dan mewah. Ada 2 varian warna Oppo F11 Pro yang bisa kamu pilih yaitu Thunder Black dan Aurora Green Jazzy. Bagian layarnya bak HP masa kini, tanpa poni dan kamera depannya pop-up! Selain itu ukurannya yang 6,5 inci membuat ponsel ini masih nyaman untuk digenggam, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil untuk ukuran smartphone fungsional.

HP terbaru masa kini sudah tak lagi menggunakan notch alias poni. Oppo F11 Pro turut mengadopsi tren HP tanpa poni ini dengan memberikan fitur pop-up untuk kamera depan mereka. Terlebih untuk seri HP OPPO satu ini rasio layar dan body adalah 90,9%, dimana bezel pada Oppo F11 Pro ini sangat tipis.

Layar menjadi lebih maksimum, besar, dan mewah tentunya. Dengan bentukan layar tanpa notch ini, panel IPS LCD yang digunakan Oppo jadi lebih jernih, punya dinamika jarak yang leih luas. Nggak heran jika kamu sedang menggunakan ponsel ini untuk nonton film atau mengambil gambar pasti akan jadi pengalaman yang menyenangkan.

Kamera Oppo F11 Pro

Oppo F11 Pro dibubuhi kamera utama ganda beresolusi 48MP dan 5MP. Lensa utamanya Oppo F11 Pro beresolusi 48MP. Sedangkan lensa keduanya menggunakan depth sensor.
OPPO F11 Pro menggunakan sensor berbasis ISOCELL Bright GM1 dengan resolusi 48 MP. Sensor ini dilengkapi dengan ukuran ukuran photosite 0,8 mikrometer dan berbasis BSI (backside illuminated) yang dinamakan ISOCELL Plus.

Melalui teknologi tetracell, Oppo F11 Pro akan menganalisis dan menggabungkan data yang diperoleh dari empat piksel yang berdekatan untuk membuatnya setara dengan ukuran piksel tunggal 1,6μm.

Selanjutnya, teknologi ini akan melipatgandakan ukuran piksel foto sensitif, sehingga mampu mengabadikan foto potret yang lebih terang dan minim noise pada malam hari. Dalam kondisi cahaya yang sangat terang, sensor dapat menangkap gambar dengan resolusi tinggi sampai 48MP.

Kamera depan pun tak kalah menakjubkan dengan Motorized Pop Up 16MP dengan f/2.0. Hasil gambarnya sudah tak perlu diragukan lagi, tajam dan jernih! Apalagi kamera Oppo F11 Pro ini juga dilengkapi dengan fitur low light dan Ultra Night sehingga walaupun dalam keadaan gelap, kamu bisa memotret dan menghasilkan gambar yang bagus.

Sementara kamera depannya yang memiliki resolusi 16MP juga menghasilkan gambar yang tak kalah bagus. Ada mode smart beauty pula yang bisa membuat wajahmu terlihat lebih cerah. Tak ketinggalan kamera depan Oppo F11 Pro ini punya fitur bokeh.

Lihat juga:  Pilih Mana: Blackberry 9790 atau 9900?

Vivo V15 Pro

Vivo V15 Pro ialah smartphone kedua yang diluncurkan Vivo di Indonesia pada awal tahun ini. Menargetkan segmen kelas menengah ke atas, smartphone ini punya beberapa perubahan dan peningkatan dibandingkan versi lainnya, Vivo V15.

Berbagai inovasi dan tren dihadirkan oleh Vivo di smartphone ini, mulai dari desain all screen, kamera pop-up, hingga sensor sidik jari di dalam layar. Yang menjadi andalan utamanya adalah teknologi kamera yang dijanjikan mumpuni.

Desain Vivo V15 Pro

Dimensinya lebih kecil dibanding Vivo V15, yakni 157.25mm x 74.71mm x 8.21 mm dengan bobot 185 gram. Ukurannya terbilang pas di genggaman, apalagi dibantu dengan desain bodinya yang melengkung di sisi kiri dan kanan..

V15 Pro hadir dengan desain all screen, dengan bezel yang tipis dan tanpa notch. Bentang layarnya 6,39 inci dengan resolusi 1080×2316 pixel. Menggunakan panel Super AMOLED, layarnya terlihat tajam dan cerah, bahkan ketika digunakan di bawah terik matahari.

Ketika digunakan untuk mengambil foto, layarnya bisa menghasilkan warna dengan cukup akurat. Menonton film atau bermain game juga bisa dilakukan dengan nyaman dan didukung dengan kualitas grafis yang lebih dari cukup, apalagi ditambah dengan tampilan layar penuh tanpa notch-nya.

Audio yang dihasilkan dari smartphone via speaker terdengar sedikit kurang maksimal, baik ketika digunakan untuk menonton video atau mendengarkan musik. Ini bisa disiasati dengan menggunakan headphone untuk menikmati konten media tersebut.

Tidak adanya notch di layar tentu membuat penasaran di mana Vivo menyematkan kamera depannya. V15 Pro menggunakan desain kamera pop-up yang menyembul dari sisi kanan atas.

Kamera Vivo V15 Pro

Kamera belakang pada seri Vivo V15 Pro jauh lebih baik dan mampu memanjakan penggunanya.Terdapat tiga kamera utama untuk foto di bagian belakang ponsel. Terdiri dari kamera utama berkemampuan 48 MP, kamera ultrawide 8 MP, dan kamera bokeh 5 MP. Untuk kamera utamanya jelas memiliki fungsi sangat baik. Terutama ketika dipakai memotret dalam keadaan low light yang sedang populer belakangan ini.

Kamera utama yang besar tersebut semakin membuat kurang maksimal keadaan dari kamera wide-nya. Untuk hasil dari lensa wide disini masih sedikit mengecewakan dan terlihat kasar terutama di area yang kurang cahaya. Rentang piksel yang sedikit menjadi salah satu alasan. Lekukan frame yang biasa muncul pada efek wide juga kurang mampu dihadirkan, membuat hasil foto tidak terlalu dramatis.

Pilih Mana: Oppo F11 Pro atau Vivo V15 Pro?

Oppo F11 Pro Vivo V15 Pro
Kelebihan - Kamera profesional yang mendukung low light fotografi - Layar luas tanpa poni - Dilengkapi audio jack- Kamera 48 MP dan 32 MP selfie - Display Super AMOLED - Chipset Snapdragon 675
Kekurangan- Tidak Ada LED Flash di Kamera Depan - Fingerprint Masih di Luar Layar- Kamera ultrawide dan bokeh ala kadarnya - Daya baterai kurang maksimal

Kesimpulan

Berdasarkan artikel di atas mengenai Oppo F11 Pro atau Vivo V15 Pro. Dapat kita simpulkan Vivo V15 Pro terbukti unggul dari segi performanya karena sudah di lengkapi chipset Snapdragon dan tiga kamera utama beresolusi besar. Tetapi kekurangannya, Vivo menyediakan kapasitas baterai yang jauh lebih kecil daripada Oppo F11 Pro. Namun, Oppo tidak kalah menarik dengan baterai berkapasitas besar dan body yang juga besar untuk memberikan sensasi berbeda bagi penggunanya. Selain itu harga Oppo F11 Pro sedikit lebih murah jika dibandingkan dengan Vivo V15 Pro.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Oppo F11 Pro VS Vivo V15 Pro

VS

Leave a Reply