Pilih Mana: Oppo F3 atau F5?

Loading...

Sebagai brand yang memiliki banyak penggemar, Oppo selalu meluncurkan produk-produk terbaiknya. Pada tahun 2017 lalu, Oppo meluncurkan dua jenis smartphone dalam jarak waktu yang agak berdekatan, yakni Oppo F3 dan Oppo F5. Manakah smartphone yang lebih mumpuni? Oppo F3 atau F5?

Oppo F3 dan Oppo F5 merupakan dua smartphone yang sama-sama dirilis pada tahun 2017. Dengan jarak yang cukup dekat, dua smartphone ini juga memiliki keunggulan yang hampir sama. Namun, keduanya pastilah memiliki perbedaan seperti harga, kapasitas baterai, fitur dan lain sebagainya. Perbedaan lebih jelas mengenai kedua smartphone ini akan di bawah pada artikel di bawah ini.

Oppo F3

Oppo F3 diluncurkan pada Mei 2017. Dengan harga yang tidak terlalu mahal, Oppo F3 telah menyediakan dual kamera depan yang sangat baik untuk Anda gunakan bagi Anda yang menyukai aktivitas selfie. Sebelumnya kami telah membahas perbandingan Oppo A71 vs A57.

Kelebihan Oppo F3

Berikut beberapa kelebihan Oppo F3 yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Daya Tahan Baterai yang Lebih Baik

Salah satu kelebihan Oppo F3 adalah memiliki daya tahan baterai yang lebih baik jika dibandingkan dengan Oppo F5. Kapasitas baterai yang dimiliki Oppo F3 yakni 3.200 mAh, kapasitas ini sama saja dengan Oppo F5. Namun daya tahan baterai Oppo F3 lebih baik karena memiliki konsumsi prosesor yang lebih rendah.

  • Harga Lebih Terjangkau

Salah satu kelebihan Oppo F3 adalah memiliki harga yang lebih terjangkau. Harga Oppo F3 sedikit lebih murah jika dibandingkan dengan harga Oppo F5. Perbedaan harga antara kedua tipe smartphone ini hanya selisih sekitar seratus hingga dua ratus ribu. Jika Anda memiliki dana terbatas, maka Oppo F3 bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

  • Memiliki Dual Kamera Depan yang Baik

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki Oppo F3 adalah memiliki dual kamera depan dengan resolusi yang cukup mumpuni. Dual kamera depan Oppo F3 memiliki resolusi 16 MP + 8 MP. Sedangkan kamera depan Oppo F5 belum dual kamera, namun dengan resolusi yang cukup besar pula. Oppo F5 memiliki kamera depan dengan resolusi 20 MP.

Kekurangan Oppo F3

Berikut beberapa kekurangan Oppo F3 yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Lebar Layar yang Lebih Kecil

Salah satu kekurangan Oppo F3 adalah memiliki lebar layar yang lebih kecil jika dibandingkan dengan Oppo F5. Ukuran layar Oppo F3 yaitu 5,5 inci beresolusi Full HD (1.920 x 1.080 piksel) dan berteknologi IPS. 5,5 inci beresolusi Full HD (1.920 x 1.080 piksel) dan berteknologi IPS. Hal ini berbeda dengan Oppo F5 yang telah memiliki lebar layar 6 inci.

  • Spesifikasi Hardware yang Masih Rendah

Kekurangan lain yang dimiliki Oppo F3 jika dibandingkan dengan Oppo F5 adalah spesifikasi hardware yang dimiliki lebih rendah. Oppo F3 memiliki prosesor Media Tek MT6750T, RAM 4 GB, dan penyimpanan internal 64 GB. Sedangkan Oppo F5 telah memiliki spesifikasi hardware yang lebih mumpuni dari Oppo F3.

Loading...
  • Belum Memiliki Fitur Face Unlock

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Oppo F3 adalah belum memiliki fitur face unlock. Smartphone ini sebenarnya telah memiliki banyak fitur yang sama dengan Oppo F5 seperti Wi-fi, bluetooth, finger print, dan masih banyak lagi lainnya. Namun Oppo F3 masih tertinggal karena belum memiliki fitur face unlock.

Kelebihan Oppo F3Kekurangan Oppo F3
- Memiliki daya tahan baterai yang lebih baik - Memiliki lebar layar yang lebih kecil
- Harga lebih terjangkau- Spesifikasi hardware yang masih rendah
- Memiliki dual kamera depan yang baik- Belum memiliki fitur face unlock

Oppo F5

Dikutip dari Gsmarena.com Oppo F5 merupakan salah satu produk Oppo yang diluncurkan pada November 2017. Smartphone satu ini banyak digandrungi karena telah memiliki fitur face unlock sehingga membuat keamanan smartphone menjadi lebih baik.

Kelebihan Oppo F5

Berikut beberapa kelebihan Oppo F5 yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Layar yang Lebih Lebar

Salah satu kelebihan Oppo F5 adalah memiliki ukuran layar yang lebih lebar jika dibandingkan dengan Oppo F3. Lebar layar yang dimiliki Oppo F5 yakni menggunakan layar penuh 6 inci dengan resolusi Full HD+ (2.160 x 1.080 piksel), berteknologi IPS, dan aspect ratio 18 : 9. Sehingga bagian depannya terlihat lebih penuh.

  • Performa Spesifikasi Hardware Lebih Unggul

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Oppo F5 adalah memiliki performa hardware yan lebih baik dan lebih unggul jika dibandingkan dengan Oppo F5. Oppo F5 memiliki prosesor MediaTek MT6763T Helio P23 Octa-core berkecepatan 2,5 GHz, RAM dengan pilihan 4 GB atau 6 GB, dan storage internal dengan pilihan 32 GB atau 64 GB yang dapat ditambahkan microSD.

  • Memiliki Fitur Face Unlock

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Oppo F5 adalah lebih unggul karena telah memiliki fitur face unlock. Dengan fitur yang dimilikinya ini, bisa dikatakan bahwa Oppo F5 memiliki teknologi yang lebih unggul jika dibandingkan dengan Oppo F3.

Kekurangan Oppo F5

Berikut beberapa kekurangan Oppo F5 yang perlu Anda ketahui:

  • Harga Lebih Mahal

Salah satu kekurangan Oppo F5 adalah memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan Oppo F3. Meski lebih mahal, tapi selisih harga antara Oppo F5 dan Oppo F3 ini tidak terlalu jauh. Dengan demikian, Anda dapat memilih mana smartphone yang paling sesuai dengan budget Anda.

  • Daya Tahan Baterai Kurang Baik

Kekurangan lain yang dimiliki oleh Oppo F5 adalah memiliki daya tahan baterai yang kurang baik. Meskipun memiliki kapasitas baterai yang sama dengan Oppo F3, yakni 3.000 mAh. Tapi Oppo F5 kurang tahan sebab konsumsi energi prosesornya lebih tinggi.

  • Belum Memiliki Dual Kamera

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Oppo F5 adalah belum memiliki dual kamera seperti yang dimiliki oleh Oppo F3. Kamera depan yang dimiliki Oppo F5 memiliki resolusi 20 MP. Sedangkan Oppo F3 memiliki dual kamera depan 16 MP + 8 MP.

Kelebihan Oppo F5Kekurangan Oppo F5
- Memiliki layar yang lebih lebar- Harga lebih mahal
- Performa spesifikasi hardware yang lebih unggul- Daya tahan baterai kurang baik
- Memiliki fitur face unlock- Belum memiliki dual kamera

Pilih Mana: Oppo F3 atau F5?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara Oppo F3 dan Oppo F5. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

Oppo F3Oppo F5
- Harga lebih terjangkau- Harga lebih mahal
- Performa spesifikasi hardware kurang baik- Performa spesifikasi hardware lebih unggul
- Belum memiliki fitur face unlock- Memiliki fitur face unlock
- Cek harga Oppo F3 online termurah, Klik di sini- Cek harga Oppo F5 online termurah, Klik di sini

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai Oppo F3 dan Oppo F5, dapat disimpulkan bahwa Oppo F5 memiliki banyak spesifikasi dan fitur yang lebih baik jika dibandingkan dengan Oppo F3. Meskipun lebih mahal, tapi selisih harga dari dua jenis smartphone ini juga tidak terlalu jauh.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Oppo F3 vs F5?

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *