Smartphone

Pilih Mana : Oppo F5 atau Oppo F7?

Ketika Anda berniat membeli sebuah smartphone baru, pastinya ada beberapa spesifikasi yang harus dilihat, mulai dari kualitas layar, besarnya kapasitas RAM, atau mungkin fitur kamera bagi penggemar fotografi. Merk smartphone yang sering diandalkan soal kamera yaitu Oppo, dimana vendor asal China ini bisa dikatakan cukup giat mengeluarkan produknya. Sebagai contoh yaitu Oppo F5 dan Oppo F7. Namun di antara keduanya, manakah yang lebih baik? Oppo F5 atau F7? Jangan bingung, karena kami akan membantu Anda untuk menentukan pilihan sehingga Anda tak perlu menyesal setelah membelinya.

Sebagai pemegang tagline “selfie expert”, Oppo terus berusaha meningkatkan kualitas mereka di bidang ponsel fotografi dengan meluncurkan beberapa produk terbaru. Setelah berhasil dengan generasi F5, Oppo kembali menghadirkan ponsel dengan konsep masa kini yang bertajuk Oppo F7. Oppo F7 telah dilengkapi notch display dan body bezel-less yang terbuat dari material metal alluminium alloy.

Setelah sebelumnya Oppo F5 telah disandingkan dengan Oppo A3S yang sudah kami jabarkan pada artikel terdahulu yaitu Oppo A3S atau Oppo F5, kali ini kami akan mencoba membandingkannya dengan Oppo F7. Mari kita simak penjelasan lebih lanjut di bawah ini.

Oppo F5

Oppo F5 sebenarnya sudah diluncurkan sejak bulan Oktober 2017 tahun lalu, tapi sampai detik ini masih banyak rakyat Indonesia yang membelinya. Dinilai masih memiliki integritas tinggi dengan fitur kamera yang baik, Oppo F5 memang mampu mendukung segala aktivitas Anda dalam bidang fotografi, baik itu memotret foto selfie, wefie, ataupun mengambil video.

Kelebihan Oppo F5

Berikut beberapa kelebihan Oppo F5 yang perlu Anda ketahui:

  • Harga Lebih Murah

Salah satu kelebihan Oppo F5 dari Oppo F7 tentu saja dari segi harganya. Karena diluncurkan lebih dulu, Oppo F5 kini bisa didapatkan dengan merogoh kocek Rp 3 jutaan saja, sedangkan Oppo F7 masih dibanderol harga lebih tinggi. Perbedaan atau selisih antara keduanya sekitar 400 ribu rupiah.

  • Resolusi Layar Sama Besar

Dengan harga lebih murah, ternyata dari sisi resolusi layar antara Oppo F5 dan Oppo F7 sama besar. Resolusi yang diusung keduanya yaitu 1080 x 2280 piksel, padahal layar sentuh Oppo F7 memiliki ukuran yang lebih besar dari Oppo F5 yaitu 6.23 inch. Oleh karena itu, ketajaman warna bisa lebih maksimal di Oppo F5 yang memiliki layar 6 inch.

  • Spesifikasi Sama Mumpuni

Baik Oppo F5 maupun F7 sama-sama dibekali dengan fitur Wi-Fi, GPS dan berbagai sensor tambahan seperti proximity, accelerometer, compass, dan gyrocope. Kemudian keduanya juga sama memakai dual sim Nano dan dukungan 4G LTE. Dengan rentang harga yang cukup jauh, nyatanya tak membuat Oppo F5 ketinggalan dari sang adik, Oppo F7.

Kekurangan Oppo F5

Berikut beberapa kekurangan Oppo F5 yang perlu Anda ketahui:

  • Sensor Kamera Selfie Lebih Kecil

Meski Oppo F5 dan Oppo F7 memiliki kamera utama dengan resolusi yang sama yaitu 16 MP, namun perbedaan utama yang membedakan antar keduanya terletak di sector kamera selfie. Oppo F7 telah dibekali sensor sebesar 25 MP, sedangkan Oppo F5 mengusung sensor 20 MP saja. Spesifikasi lebih lengkap bisa Anda akses di GSMarena.com.

  • Memori Penyimpanan Padat

Kapasitas memori menjadi salah satu faktor paling penting yang dipilih oleh konsumen smartphone karena terkadang beberapa produk tidak menyedikan slot memori eksternal. Meski Oppo menyediakan slot memori eksternal, namun terkadang slot tersebut direlakan untuk menyimpan kartu SIM kedua. Dibandingkan Oppo F7 yang disokong oleh memori penyimpanan 64 GB/128GB, Oppo F5 hanya didukung memori 32 GB.

  • Chipset Lebih Rendah

Urusan dapur pacu, tentunya performa Oppo F5 masih kalah dari Oppo F7. Oppo F5 masih disokong oleh chipset MediaTek MT6763T dan RAM 4GB dalam mempercepat kinerja. Sementara itu, Oppo F7 telah dilengkapi chipset lebih mumpuni yaitu MediaTek Helio P60 Octa Core, walaupun antar keduanya masih didukung oleh kapasitas RAM yang sama yaitu 4 GB.

Kelebihan Oppo F5Kekurangan Oppo F5
- Harga Lebih Murah- Sensor Kamera Selfie Lebih Kecil
- Resolusi Layar Sama Besar- Memori Penyimpanan Padat
- Spesifikasi Sama Mumpuni- Chipset Lebih Rendah
Lihat juga:  Pilih Mana: Honor 7A atau Xiaomi Redmi 5 Plus?

Oppo F7

Oppo telah merilis Oppo F7 yang merupakan generasi terbaru dari jajaran smartphone Selfie Expert miliknya. Meski Oppo F7 digadang-gadang menjadi pesaing berat dari Vivo V9, namun tidak jarang F7 lebih sering dibandingkan dengan sang kakak yaitu Oppo F5. Diluncurkan dari satu vendor yang sama, kira-kira yang manakah yang lebih bagus? Oppo F7 atau F5? Sebelum tahu perbandingannya mari lihat beberapa kelebihan dan kekurangan dari Oppo F7.

Kelebihan Oppo F7

Berikut beberapa kelebihan Oppo F7 yang perlu Anda ketahui:

  • OS dan Dapur Pacu Lebih Besar

Seperti yang sudah diketahui, Oppo F7 telah menjalankan OS Android v8.0 Oreo, yang didukung oleh dapur pacu teranyar besutan Mediatek, yaitu Mediatek Helio P60 Octa core sebagai pengoptimal kinerjanya. Terlebih lagi, kapasitas memori Internal sebesar 64/128 GB sangat membantu dalam mengoptimalkan kerja smartphone. Jika dibandingkan dengan Oppo F5 yang masih disokong oleh Mediatek Helio P23, tentu saja perfoma Oppo F7 jauh lebih greget.

  • Kamera Selfie Mantap

Selain performanya yang memukau, Oppo F7 juga lebih memprioritaskan kemampuan kameranya. Pada Oppo F7, kita bisa melihat kamera belakangnya beresolusi 16 MP + AI, LED flash, phase detection autofocus, dan kamera depan memilliki sensor 25 MP + AI Beauty, Screen Flash. Sementara itu, Oppo F5 hanya didukung oleh single kamera belakang 16 MP, PFDAF, LED flash, serta kamera depan beresolusi 20 MP + AI untuk selfienya.

  • Layar Lebih Lebar

Bagi Anda yang ingin memiliki ponsel dengan layar puas, maka Oppo F7 jawabannya. Ponsel ini membentangkan diagonal display seluas 6.23 inchi, yang dipercantik oleh resolusi Full HD+ ( 1080 x 2280 pixels ). Tak jauh beda sebenarnya dari Oppo F5 yang memiliki layar 6.0 inchi,

Kekurangan Oppo F7

Berikut beberapa kekurangan Oppo F7 yang perlu Anda ketahui:

  • Harga Lebih Mahal

Jelas, sebagai produk smartphone yang diluncurkan setelah Oppo F5, Oppo F5 dibanderol harga yang lebih mahal. Dengan spesifikasi yang mumpuni, tidak heran jika Oppo, vendor asal China ini memberikan harga yang cukup tinggi untuk F7.

  • Kapasitas RAM sama dengan Sebelumnya

Walaupun dapur pacu dari Oppo F7 lebih baik, namun kapasitas RAM yang dimilikinya masih sama dengan yang dimiliki oleh Oppo F5. Terlebih lagi OS yang diusungnya sudah Oreo 8.0 yang membutuhkan sokongan kinerja lebih besar dari OS Nougat di Oppo F5.

  • Kamera Belakang Masih 16 MP

Dengan harga lebih mahal, nyatanya kamera utama yang dimiliki Oppo F7 masih sama dengan Oppo F5, yaitu 16 MP.

Kelebihan Oppo F7Kekurangan Oppo F7
- OS dan Dapur Pacu Lebih Besar- Harga Lebih Mahal
- Kamera Selfie Mantap- Kapasitas RAM sama dengan Sebelumnya
- Layar Lebih Lebar- Kamera Belakang Masih 16 MP

Pilih Mana : Oppo F5 atau Oppo F7?

Di atas telah dijabarkan mengenai perbedaan antara Oppo F5 dan Oppo F7. Supaya lebih jelas, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel di bawah ini:

Oppo F5Oppo F7
- OS belum update- OS lebih update
- Harga lebih terjangkau- Harga lebih mahal
- Kamera selfie 20 MP- Kamera selfie 25 MP
- Cek harga Oppo F5 online termurah, Klik di sini - Cek harga Oppo F7 online termurah, Klik di sini

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai Oppo F5 dan Oppo F7 di atas, kita bisa melihat bahwa keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Tapi, kami lebih merekomendasikan pada Anda untuk lebih memiliki Oppo F7. Disamping harganya yang lebih mahal dari Oppo F5, namun spesifikasi berupa kamera, baterai, layar, dan dapur pacu jauh lebih mumpuni.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Oppo F5 vs Oppo F7

VS

Leave a Reply