Smartphone

Pilih Mana: Oppo F5 atau Vivo V7 Plus?

Saat ini samrtphone sudah menjadi salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi oleh sebagian besar orang. Banyak brand smartphone bermunculan dan menawarkan smartphone dengan kualitas mumpuni. Dua di antaranya yaitu Oppo F5 dan Vivo V7 Plus. Manakah smartphone yang memiliki kualitas yang lebih baik? Oppo F5 atau Vivo V7 Plus?

Oppo F5 dan Vivo V7 Plus merupakan dua smartphone yang hampir mirip. Meskipun begitu, kedua smartphone ini ternyata memiliki banyak perbedaan seperti harga, spesifikasi dan lainnya. Agar lebih jelas, simak artikel berikut sampai selesai.

Oppo F5

Oppo F5 merupakan salah satu produk yang dirilis oleh Oppo pada November 2017. Oppo F5 memiliki kamera depan dengan resolusi 20 MP. Banyak yang menyukai Oppo F5 ini karena memberikan hasil selfie yang baik. Baca Juga Pilih Mana: Oppo F3 vs Oppo F5.

Kelebihan Oppo F5

Berikut beberapa kelebihan Oppo F5 yang perlu Anda ketahui:

  • Menyediakan Versi RAM dengan Memori Internal Lebih Luas

Salah satu hal yang dapat dibandingkan antara smartphone Oppo F5 dan Vivo V7 Plus adalah mesin pacu yang digunakan. Oppo F5 telah menggunakan chipset Mediatek MT6763T Helio P23 dengan prosesor Octa-core 2.5 GHz Cortex-A53. Oppo F5 menyediakan pilihan RAM 4GB dengan memori internal 32 GB dan juga menyediakan pilihan RAM 6 GB dengan memori internal 64 GB. Oppo F5 dan Vivo V7 Plus sama-sama telah mengusung prosesor Octa-core namun Oppo F5 lebih unggul karena menyediakan versi RAM 6 GB dengan memori internal yang lebih luas.

  • Harga Lebih Terjangkau

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Oppo F5 adalah memiliki harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan Vivo V7 Plus. Harga lebih murah ini untuk smartphone Oppo F5 varian pertama dengan RAM 4 GB dan memori internal 32 GB. Intinya, dengan RAM yang sama, Oppo F5 menawarkan harga yang lebih terjangkau daripada Vivo V7 Plus.

  • Memiliki Fitur Face Detector

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Oppo F5 adalah telah memiliki fitur face detector. Fitur face detector ini akan memberikan keamanan yang lebih baik pada smartphone tersebut. Dengan demikian, jika Anda mengutamakan keamanan Anda bisa mengandalkan Oppo F5.

Kekurangan Oppo F5

Berikut beberapa kekurangan Oppo F5 yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Resolusi Kamera Depan yang Lebih Kecil

Salah satu kekurangan yang Oppo F5 adalah memiliki resolusi kamera depan yang lebih kecil jika kita bandingkan dengan Vivo V7 Plus. Oppo F5 memiliki resolusi kamera depan hanya 20 MP sedangkan Vivo V7 Plus memiliki kamera depan 24 MP.

  • Kapasitas Baterai Lebih Kecil

Kekurangan lain yang dimiliki oleh Oppo F5 adalah memiliki kapasitas baterai yang lebih kecil jika dibandingkan dengan Vivo V7 Plus. Baterai yang digunakan oleh Oppo F5 adalah baterai Non-removable Li-ion dengan kapasitas 3.000 mAh. Kapasitas ini sedikit lebih kecil jika dibandingkan dengan Vivo V7 Plus yang memiliki kapasitas 3.200 mAh.

  • Belum Menggunakan Gorilla Glass 4

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Oppo F5 adalah belum dilindungi Gorilla Glass 4 seperti Vivo V7. Karena itulah, layar yang dimiliki Oppo F5 masih kurang tahan terhadap debu dan goresan. Jika Anda sangat memerhatikan keamanan layar, maka Vivo V7 Plus lebih baik untuk Anda gunakan.

Kelebihan Oppo F5Kekurangan Oppo F5
- Menyediakan versi RAM dengan memori internal lebih luas - Memiliki resolusi kamera depan yang lebih kecil
- Harga lebih terjangkau- Kapasitas baterai lebih kecil
- Memiliki fitur face detector- Belum menggunakan gorilla glass 4

Vivo V7 Plus

Vivo V7 Plus merupakan salah satu produk yang dirilis oleh brand Vivo pada September 2017. Smartphone satu ini banyak diminati karena memiliki spesifikasi yang sangat baik, layar Vivo V7 Plus juga telah dilindungi gorilla glass 4.

Kelebihan Vivo V7 Plus

Berikut beberapa kelebihan Vivo V7 Plus yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Kamera Depan dengan Resolusi  Lebih Besar

Salah satu kelebihan Vivo V7 plus adalah memiliki resolusi lebih besar untuk kamera depannya. Vivo V7 Plus memiliki kamera depan dengan resolusi 24 MP, sedangkan Oppo F5 hanya memiliki resolusi kamera depan sebesar 20 MP. Meskipun memiliki perbedaan resolusi, kedua smartphone ini tetap memberikan hasil selfie yang sangat baik.

  • Memiliki Kapasitas Baterai Lebih Besar

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Vivo V7 Plus adalah memiliki kapasitas kamera yang sedikit lebih besar jika dibandingkan dengan Oppo F5. Baterai yang digunakan Vivo V7 Plus adalah baterai Non-removable Li-ion. Vivo V7 Plus memiliki kapasitas baterai sebesar 3.225 mAh sedangkan Oppo F5 memiliki kapasitas baterai sebesar 3.200 mAh.

  • Memiliki Layar yang Lebih Unggul

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Vivo V7 Plus adalah memiliki layar yang yang lebih unggul jika dibandingkan dengan Oppo F5. Vivo V7 Plus memiliki layar 5.99 inci dengan resolusi 1440 x 720 piksel. Layar pada Vivo V7 Plus telah dilindungi Corning Gorilla Glass 4 . Dengan demikian layar pada Vivo V7 Plus akan lebih tahan terhadap goresan dan debu.

Kekurangan Vivo V7 Plus

Berikut beberapa kekurangan Vivo V7 Plus yang perlu Anda ketahui:

  • Harga Lebih Mahal

Salah satu kekurangan Vivo V7 Plus adalah memiliki harga yang relatif lebih mahal jika kita bandingkan dengan Oppo F5. Dengan RAM yang sama, yakni 4 GB dan dengan memori internal 32 GB, Vivo V7 Plus menawarkan harga yang lebih mahal jika dibandingkan Oppo F5. Untuk informasi harga lebih lengkap Anda dapat melihatnya di Liputan6.com.

  • Tidak Menyediakan Versi RAM dengan Memori Internal yang Lebih Luas

Kekurangan lain yang dimiliki oleh Vivo V7 Plus adalah tidak menyediakan versi RAM dengan memori internal yang lebih luas seperti Oppo F5. Vivo V7 Plus hanya menawarkan satu tipe saja. Sedangkan Oppo F5 telah menawarkan dua versi.

  • Tidak Ada Stabilitas Pada Kamera

Kekurangan lain yang dimiliki oleh Vivo V7 Plus adalah tidak ada stabilitas pada kamera. Dengan demikian, saat mengambil gambar Anda tidak dapat memindahkan smartphone dengan cepat karena hasil gambar akan kurang baik.

Kelebihan Vivo V7 PlusKekurangan Vivo V7 Plus
- Memiliki kamera depan dengan resolusi lebih besar- Harga lebih mahal
- Memiliki kapasitas baterai lebih besar- Tidak menyediakan versi RAM dengan memori internal yang lebih luas
- Memiliki layar yang lebih unggul- Tidak ada stabilitas pada kamera

Pilih Mana: Oppo F5 atau Vivo V7 Plus?

Di atas telah dijelaskan perbedaan antara Oppo F5 dan Vivo V7 Plus. Berikut merupakan rangkuman perbedaan kedua smartphone tersebut:

Oppo F5Vivo V7 Plus
- Dirilis oleh brand Oppo- Dirilis oleh brand Vivo
- Harga lebih terjangkau- Harga lebih mahal
- Kapasitas baterai lebih kecil- Kapasitas baterai lebih besar

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai Oppo F5 dan Vivo V7 Plus di atas, dapat disimpulkan bahwa kedua smartphone tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Vivo V7 Plus memiliki spesifikasi yang lebih baik, namun harga yang ditawarkan Vivo V7 Plus juga lebih mahal jika dibandingkan dengan Oppo F5 dengan kapasitas RAM yang sama.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Oppo F5 vs Vivo V7 Plus

VS

Leave a Reply