Smartphone

Pilih Mana: Oppo F9 atau Vivo V11?

Smartphone kini sudah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian orang. Maka dari itu, berbagai produsen ponsel pintar tersebut berlomba-lomba meluncurkan produknya dengan spesifikasi mutakhir termasuk dua brand yang masih satu induk yaitu Vivo dan Oppo. Vivo dan Oppo memang masih satu induk perusahaan, namun banyak konsumen yang kerap membandingkan dua produk dari kedua brand smartphone ini. Oppo dan Vivo baru-baru ini meluncurkan seri terbaru yaitu smartphone layar penuh yaitu Oppo F9 dan Vivo V11 yang akan kami bahas dalam artikel ini. Sebelumnya kami telah membahas perbedaan Vivo V9 dan Oppo F5 disini.

 

Oppo F9

Pada tanggal 23 Agustus 2018 Oppo resmi memboyong seri F9 ke Indonesia. Ponsel terbaru Oppo ini didaulat sebagai penerus seri F7 yang baru dirilis kurang dari lima bulan sebelumnya. Ada beberapa alasan mengapa usia Oppo seri F7 jauh lebih pendek dari ponsel Oppo kebanyakan. Salah satunya adalah Oppo mengklaim bahwa ada beberapa fitur istimewa yang diinginkan oleh pengguna yang kemudian disematkan pada Oppo F9, selengkapnya dibahas lebih lengkap di Kompas.

Kelebihan Oppo F9 yang perlu Anda ketahui :

1. Dimensi Lebih Compact dan Slim
Oppo memiliki kelebihan yaitu memiliki dimensi ponsel yang lebih compact dan slim. Oppo didesain dengan pilihan warna yang sangat menarik yaitu Sunrise Red, Twilight Blue dan Starry Purple. Ketiga pilihan warna ini ini didesain dengan gradasi yang terlihat elegan dan unik. Jika bagian belakang Oppo F9 ini terkena cahaya, Anda dapat menemukan pola menyerupai berlian yang tampak jelas. Pilihan warna yang disajikan Oppo pun semakin cantik karena dipadu dengan body berbahan dasar polycarbonate yang dilapisi tempered glass. Baca juga Pilih Mana: Oppo F11 atau Samsung A50?

2. Kapasitas Baterai Lebih Besar
Oppo F9 memiliki kelebihan yaitu memiliki kapasitas baterai yang besar. Oppo F9 ditenagai baterai berkapasitas 3500 mAh. Selain itu, Oppo menambahkan fitur pengisian daya cepat VOOC (Voltage Open Loop Multi-step Constant Current Charging) pada seri Oppo F9 ini. Teknlologi VOOC ini merupakan teknologi yang memungkinkan panggilan telepon selama 2 jam lewat hanya dengan pengisian baterai selama lima menit.

Kekurangan Oppo F9 yang perlu Anda ketahui :

1. Ukuran Layar Kalah Saing
Oppo F9 memiliki kekurangan yaitu memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingan Vivo V11. Oppo F9 dibekali dengan layar lebar 6,3 inchi dengan resolusi 1080 x 2340 pixels sedangkan Vivo V11 dibekali dengan layar lebar 6.41 inchi.

2. Baterai Non Removable
Meskipun sudah didukung oleh teknologi VOOC, baterai Oppo F9 masih memiliki kekurangan yaitu sifat baterai yang non removable. Kondisi baterai menyatu dengan bodi ini cukup meyulitkan ketika akan melakukan pergantian pada suatu saat baterai mengalami kerusakan.

Vivo

Meluncurkan lini ponsel seri V terbaru miliknya, Vivo mengenalkan perangkat Vivo V11 yang memiliki beberapa teknologi mutakhir, termasuk teknologi fingerprint-nya. Vivo V11 menawarkan beberapa teknologi menarik selaras dengan harga yang dibanderol yakni senilai Rp. 4.999.000.

Kelebihan Vivo V11 yang dapat Anda ketahui :

1. Fingerprint di Bawah Layar
Vivo V11 merupakan ponsel seri V pertama Vivo yang menggunakan teknologi sensor pemindai sidik jari di bawah layar. Teknologi sensor pemindai sidik jari di bawah layar ini disebut dengan Screen Touch ID yang telah ditingkatkan hingga 50% lebih cepat dari generasi sebelumnya. Selain itu, Vivo V11 memiliki desain dan tampilan yang mewah dengan layar Ultra All Screen berbezel tipis. Untuk pilihan warna, Vivo V11 menawarkan dua pilihan warna yaitu Nebula Purple dan Starry Black.

2. Layar Berkualitas Dengan Poni Kecil
Vivo V11 dilengkapi dengan layar berukuran 6,41 inci, beresolusi Full HD+ (2340 x 1080 piksel), beraspek rasio 19,5:9, dengan mengusung teknologi Super AMOLED. Selain itu, perangkat ini juga telah mengusung layar dengan poni kecil kekinian dengan ukuran yang sangat kecil seperti tetesan air atau biasa disebut teknologi Waterdrop.

Kekurangan Vivo V11 yang dapat Anda ketahui :

1. Kapasitas Baterai Kecil
Vivo V11 memiliki kekurangan yaitu kapasitas baterai yang lebih kecil dibandingkan Oppo F9. Vivo V11 hanya dibekali dengan kapasitas baterai 3315 mAh. Meskipun demikian, Vivo V11 sudah dirancang dengan teknologi fast charging.

2. Tidak Support NFC
Vivo V11 sudah termasuk smartphone premium karena berbagai spesifikasi di dalamnya sudah sangat. Namun sangat disayangkan, Vivo V11 tidak dilengkapi fitur NFC sebagai pertukaran data yang lebih efisien dan dual SIM bertipe hybrid slot.

Pilih Mana: Oppo F9 atau Vivo V11?

Oppo F9Vivo V11
Kapasitas Baterai- 3500 mAh- 3315 mAh
Ukuran Layar- 6.3 inchi- 6.41 inchi
Pilihan Warna- Sunrise Red, Twilight Blue dan Starry Purple- Nebula Purple dan Starry Black

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai Oppo F9 dan Vivo V11 yang telah dijabarkan, dapat disimpulkan bahwa kedua produk memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun kami lebih menyarankan Oppo F9 karena kapasitas baterai lebih besar dibandingkan Vivo V11. Selain itu, Oppo F9 memiliki desain ponsel dan pilihan warna yang sangat elegan dan unik.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Oppo F9 vs Vivo V11

VS

Leave a Reply