Smartphone

Pilih Mana: Oppo Find X atau LG G3?

Hampir semua produk smartphone  kerap diperbandingkan untuk bisa mendapatkan mana yang lebih baik.  Dua di antara smartphone yang dapat kita bandingkan adalah Oppo Find X dan LG G3. Manakah smartphone yang lebih cocok untuk Anda gunakan? Oppo Find X atau LG G3?

Oppo Find X dan LG G3 merupakan dua smartphone yang memiliki banyak keunggulan. Meskipun begiru, dua smartphone yang dibesut oleh dua brand berbeda ini juga memiliki banyak perbedaan. Perbedaan keduanya bisa kita lihat dari fitur yang dimiliki, harga, dan hal lainnya. Agar lebih jelas, Anda bisa melihat perbedaan keduanya pada artikel dibawah ini.

Baca juga: Pilih Mana: Oppo F7 atau Vivo V9?

Oppo Find X

Oppo Find X merupakan smartphone besutan Oppo yang dirilis pada bulan Juni 2018. Smartphone ini memiliki tampilan yang kekinian dan dilengkapi dengan fitur yang sangat baik. Smartphone ini memiliki target pasar kalangan menengah ke atas. Untuk spesifikasi dan harga Oppo Find X, Anda bisa mengaksesnya di Kompas.com. 

Kelebihan Oppo Find X

Berikut beberapa kelebihan Oppo Find X yang perlu Anda ketahui:

  • Kapasitas Baterai Lebih Besar

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Oppo Find X adalah memiliki baterai dengan kapasitas yang lebih besar jika dibandingkan dengan kapasitas baterai yang dimiliki oleh LG G3. Oppo Find X memiliki baterai dengan kapasitas 3.730 mAh sedangkan LG G3 memiliki baterai dengan kapasitas 3.000 mAh.

  • Desain Lebih Menarik

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Oppo Find X adalah memiliki desain yang lebih menarik jika dibandingkan dengan LG G3. Smartphone ini dibalut frame alumunium dan memiliki front dan back dari kaca. Sedangkan bodi smartphone LG G3 masih berupa plastik.

  • Performa Lebih Baik

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Oppo Find X adalah memiliki performa yang lebih baik jika dibandingkan dengan LG G3. Oppo Find X memiliki Chipset Qualcomm SDM845 Snapdragon 845, CPU Octa-core (4×2.8 GHz Kryo 385 Gold & 4×1.7 GHz Kryo 385 Silver), GPU Adreno 630 sedangkan LG G3 memiliki performa yang lebih renda dari Oppo Find X.

Kekurangan Oppo Find X

Berikut beberapa kekurangan Oppo Find X yang perlu Anda ketahui:

  • Harga Lebih Mahal

Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh Oppo Find X adalah memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan LG G3. Selisih harga antara kedua smartphone ini juga cukup jauh berbeda sehingga Anda perlu mempertimbangkan dengan matang untuk memilih smartphone yang tepat.

  • Baterai Non-Removable

Kekurangan lain yang dimiliki oleh Oppo Find X adalah memiliki baterai yang non-removable. Karena tertanam pada perankatnya, maka jika nantinya terjadi lag atau terjadi kerusakan pada baterai, maka akan sulit untuk mengganti baterai atau memperbaikinya.

  • Tidak Ada Card Slot

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Oppo Find X adalah tidak memiliki card slot. Meskipun begitu, smartphone ini telah memiliki penyimpanan yang cukup besar. Tapi banyak orang yang memerlukan adanya card slot untuk kepentingannya masing-masing.

Kelebihan Oppo Find XKekurangan Oppo Find X
- Kapasitas baterai lebih besar- Harga lebih mahal
- Desain lebih menarik- Tidak ada card slot
- Performa lebih baik- Baterai non-removable

LG G3

LG G3 merupakan salah satu smatphone besutan LG yang juga memiliki spesifikasi yang sangat baik. Smartphone yang dirilis pada Mei 2014 ini menggunakan OS Android 4.4.2 (KitKat), dan upgradable ke 6.0 (Marshmallow).

Lihat juga:  Pilih mana : Oppo atau Samsung?

Kelebihan LG G3

Berikut beberapa kelebihan LG G3 yang perlu Anda ketahui:

  • Harga Lebih Terjangkau

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh LG G3 adalah memiliki harga yang jauh lebih terjangkau jika dibandingkan dengan Oppo Find X. Dengan harga yang lebih terjangkau ini, Anda bisa melakukan penyimpanan atau penghematan jika membeli smartphone ini. Budget yang Anda butuhkan untuk mendapatkan smartphone ini lebih kecil dibandingkan LG G3.

  • Baterai Removable

Kelebihan lain yang dimiliki oleh LG G3 adalah memiliki baterai yang dapat dilepas atau removable. Dengan memiliki baterai yang removable, Anda akan lebih mudah mengganti atau memperbaiki baterai jika terjadi kerusakan atau terjadi masalah pada baterai smartphone tersebut.

  • Dilengkapi Card Slot

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Oppo Find X adalah dilengkapi dengan card slot. Dengan adanya card slot ini, Anda bisa memiliki penyimpanan yang lebih besar selain penyimpanan internal yang dimiliki. Dengan demikian, hal ini akan mendukung aktivitas Anda.

Kekurangan LG G3

Berikut beberapa kekurangan LG G3 yang perlu Anda ketahui:

  • Kapasitas Baterai Lebih Kecil

Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh LG G3 adalah memiliki kapasitas baterai yang lebih kecil jika dibandingkan dengan kapasitas baterai yang dimiliki oleh Oppo Find X. Kapasitas baterai yang lebih kecil ini membuat smartphone yang Anda gunakan tidak bisa bertahan lama dan lebih mudah habis daya.

  • Desain Kurang Menarik

Kekurangan lain yang dimiliki oleh LG G3 adalah memiliki desain yang kurang menarik. Ketika Oppo telah dipercantik dengan alumunium dan kaca, smartphone ini masih menggunakan plastik pada bodinya. Sehingga hal ini akan memengaruhi tampilan smartphone.

  • Performa Kurang Baik

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh LG G3 adalah memiliki performa yang kurang baik. LG G3 memiliki Chipset Qualcomm MSM8974AC Snapdragon 801, CPU Quad-core 2.5 GHz Krait 400, GPU Adreno 330. Performa yang dimiliki oleh LG G3 ini terbilang masih jauh tertinggal dari performa Oppo Find X.

Kelebihan LG G3Kekurangan LG G3
- Harga lebih terjangkau- Kapasitas baterai lebih kecil
- Baterai removable- Desain kurang menarik
- Dilengkapi card slot- Performa belum mumpuni

Pilih Mana: Oppo Find X atau LG G3?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara Oppo Find X dan LG G3. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

Oppo Find XLG G3
- Harga lebih mahal- Harga lebih terjangkau
- Performa lebih mumpuni- Performa kurang mumpuni
- Bodi alumunium dan kaca- Memiliki bodi plastik

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai Oppo Find X dan LG G3 di atas, dapat disimpulkan bahwa kedua smartphone ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika dilihat dari performa, fitur serta desain yang diberikan, maka Oppo Find X jauh lebih baik. Tapi jika dilihat dari harganya, maka LG G3 memiliki harga yang lebih terjangkau.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Oppo Find X vs LG G3

VS

Leave a Reply