ElektronikGadgetsTrends

Pilih Mana: Oppo K3 atau Realme X?

Semakin modernnya suatu teknologi akan membuat perusahaan produsen smartphone juga mengeluarkan berbagai tipe smartphone yang yang canggih. Banyaknya produsen smartphone saat ini berlomba-lomba akan menampilkan smartphone terbarunya. Seperti brand Oppo dan Realme yang baru-baru ini mengeluarkan Oppo K3 dan Realme X.

Oppo K3 dan Realme X tipe smartphone yang masih anyar yang memiliki spesifikasi yang cukup bagus dan dijual dengan harga yang standar. Pada artikel kami kali ini akan membahas secara detail agar dapat menjadi referensi untuk Anda.

Langsung saja Anda bisa membaca artikel kami di bawah ini.

Oppo K3

Siapa yang tidak mengenal smartphone merk Oppo? Sepertinya Oppo sudah dikenal banyak orang di seluruh kalangan masyarakat khususnya Indonesia. Oppo menjadi produsen smartphone yang hampir setiap tahunnya mengeluarkan tipe terbaru. Baca juga Pilih Mana: Oppo K3 atau Vivo Z1 Pro?

Oppo mengeluarkan smartphone seri K yaitu Oppo K3. Oppo K3 memiliki spesifikasi yang sangat bagus dan sudah banyak diminati masyarakat Indonesia baik kalangan anak muda hingga orang tua sekalipun.

Spesifikasi Oppo K3

Desain

Oppo K3 didesain khusus dengan kontur 3D dan sisi melengkung untuk menyesuaikan genggaman tangan. Konsep ini berhasil menciptakan kenyamanan yang natural. Nyaman untuk digenggam.

Oppo K3 memiliki layar yang berukuran 6.5 inci dengan resolusi 2.340 x 1080 pixel serta ratio 19.5:9. Layar tersebut nyaris memenuhi seluruh bagian depan peragat, selain itu ponsel telah menggunakan layar Amoled dengan protection Corning Gorilla Glass 5.

Kamera
Oppo K3 dibekali dua buah kamera di sisi belakang masing-masing beresulusi 16 MP dengan bukaan (f/1.7) dan 2 MP yang berfungsi menciptakan kesan bokeh dengan bukaan (f/2.4). Oppo K3 memiliki mekanisme pop-up kamera yang hampir mirip dengan pendahulunya, Oppo F11. Sementara di segi pemindai sidik jari, Oppo K3 menyematkan di dalam layar depan ponsel sehingga lebih praktis.

Baterai
Spesifikasi lainnya baterai dari Oppo K3 ini memiliki kapasitas baterai sebesar 3.765 mAh yang didukung pengisian daya cepat VOOC Flash Charge 3.0. Mengenai kapasitas ini memang tidak terlalu begitu besar dengan harga yang dijual dari Oppo K3 ini.

Untuk memori Oppo K3 memiliki RAM 6 GB penggunaan memori jenis itu membuat efisiensi dan performa yang meningkat. Begitupun dengan penyimpanan internal 64GB USF2.1 yang dapat membaca dan menulis memori dengan cepat.

Kelebihan Oppo k3

  • Memiliki kualitas kamera yang bagus
    Kelebihan dari smartphone Oppo K3 ini yang pertama adalah bahwa Oppo K3 ini memiliki kualitas kamera yang sangat bagus. Oppo K3 dilengkapi kamera depan dengan sistem motorized pop-up. Kamera ini hadir dengan sensor sebesar 16 MP dengan bukaan f/2.0. Kameranya sudah mendukung fitur HDR dan bisa merekam video dengan resolusi 1080p.

  • Didukung dengan fast charging
    Kelebihan lainnya dari Oppo K3 ini adalah bahwa smartphone ini sudah diusung atau sudah mendukung fitur fast charging. Oppo K3 sudah dilengkapi dengan teknologi pengisian VOOC Flash Charge. Dengan teknologi ini, Oppo K3 dapat terisi dengan cepat, bahkan bisa dibilang lebih cepat dibandingkan dengan smartphone lain yang juga menawarkan teknologi pengisian cepat.
  • Desain cukup menarik
    Saat Anda membeli smartphone sudah pasti Anda akan memilih dengan mencari desain yang bagus, benar? Maka dari itu untuk smartphone Oppo K3 ini bisa menjadi pilihan untuk Anda. Pasalnya, desain yang diberikan oleh Oppo K3 memiliki desain yang cukup menarik dan pilihan warna yang cukup cantik.

Kekurangan Oppo K3

  • Tidak ada NFC
    Dengan harga yang dijual cukup tinggi dari seri lainnya, sayangnya belum dilengkapi dengan fitur NFC yang bisa digunakan untuk transfer data, melakukan pembayaran, hingga menghubungkan perangkat.
  • Tidak adanya slot microSD
    Oppo K3 tidak menyediakan slot microSD sehingga pengguna harus puas dengan ROM 64 GB di HP ini. Belum lagi, kapasitas tersebut terpotong oleh sistem. Kekurangan ini yang mungkin menjadi pertimbangan untuk membeli smartphone ini.
  • Kapasitas baterai yang tidak begitu besar
    Dijual dengan harga angka 3-an semestinya baterai yang diusung akan jauh lebih besar, tetapi Oppo K3 ini memiliki kapasitas baterai yang tergolong cukup kecil hanya 3.765 mAh. Hal seperti ini jika Anda gunakan untuk seharian full maka tidak akan awet apalagi untuk bermain game.

Realme X

Realme merupakan suatu brand smartphone yang sudah menguasai pasar elektronik genggam Indonesia. Setiap tahunnya Realme konsisten siap mengeluarkan tipe terbaru smartphone didesain dengan kekinian.

Lihat juga:  6 Produk Laptop Toshiba Terbaik 2020
Realme baru-baru ini mengeluarkan smartphone dengan tipe Realme X. Dimana tipe Realme X ini memiliki spesifikasi yang cukup tinggi, salah satunya desain yang cantik, dan memiliki layar yang super Amoled. Dan juga pilihan  warna yang cukup cantik yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera.

Spesifikasi Realme X

Desain
Realme X memakai layar AMOLED 6.53 inci beresolusi 1080 x 2340 piksel atau Full HD+. Layar cantik ini dilindungi Corning Gorilla Glass 5. 

Soal warna, sub-brand Oppo ini tak perlu diragukan lagi. Tersediabeberpa pilihan Space Blue dan Polar White, dengan gradasi berdesain lengkungan S.

Kamera
Realme X mengandalkan dual kamera 48 MP f atau 1.7+ 2 MP f atau 2.4 depth sensor. Ditambah kamera selfie 16 MP f atau 2. 0. Sensor 48 MP di smartphone ini menggunakan Sony IMX 586 yang terkenal kualitasnya. Kamera ini dilengkapi fitur Super Nightscape, Chroma Boost, dan 960fps slow-motion.

Baterai
Kapasitas baterai yang hanya 3.765 mAh. Sebenarnya untuk harga angka 3-an sudah lumrah mendapatkan baterai berkapasitas 4.000 mAh. Meski kapasitas baterai tergolong kecil, Realme X ditopang fast charging ngebut 20 watt yang bisa mengisi dari 0 ke 55 persen dalam 30 menit saja.

Kelebihan Realme X

  • Mendukung fast charging
    Mengandalkan fast charging VOOC 3.0 yang dapat mengisi daya 20 watt. Pengisian baterai ngebut ini salah satu andalan dari Oppo yang dibawa ke Realme. Ditambah, telah menggunakan port USB type-C. Selain jadi port kekinian, USB type-C juga menawarkan transfer data lebih kencang.
  • Performa dapur pacu tangguh
    Mengandalkan Qualcomm Snapdragon 710, Realme X menghasilkan nilai AnTuTu Benchmark 164.301. Angka yang cukup tinggi untuk smartphone harga 3 jutaan. Realme X juga memiliki pilihan RAM 4 GB + 128 GB dan RAM 8 GB + 128 GB. Buat main game berat seperti PUBG Mobile dipastikan lancar.
  • Kualitas kamera yang bagus
    Realme X dual kamera 48 MP f atau 1.7+ 2 MP f atau 2.4 depth sensor. Ditambah kamera selfie 16 MP f atau 2. 0. Sensor 48 MP di smartphone ini menggunakan Sony IMX 586 yang terkenal kualitasnya. Kamera ini dilengkapi fitur Super Nightscape, Chroma Boost, dan 960fps slow-motion.

Kekurangan Realme X

  • Bodi masih plastik
    Di balik desainnya yang memikat mata, sebenarnya Realme X memiliki bodi yang dibalut material plastik. Meski begitu, bahan plastik yang digunakan bukan lah level murahan. Sehingga ketika dalam genggaman tetap terasa layaknya ponsel premium.
  • Kapasitas baterai yang tidak terlalu besar
    Dengan harga yang dijual di angka 3-an seharusnya baterai yang diusung sudah bisa ke angka 4.000 mAh. Namun, Realme X hanya mengusung baterai kapasitas baterai sebesar 3.765 mAh. Sehingga hal ini tidak tahan seharian penuh.
  • Absennya slot memori eksternal
    Sangat disayangkan Realme X tidak memberikan slot memori eksternal. Sehingga tidak bisa menambah media penyimpanan. Namun tenang saja, Realme X yang resmi masuk ke Indonesia versi memori internal 128 GB. Cukup untuk menyimpan foto selfie Anda.
KeteranganOppo K3Realme X
LayarLayar sentuh kapasitif Amoled 6.5 inci Memiliki layar Amoled 6.53
Baterai3.765 mAh 3.765 mAh
KameraKualitas kamera yang bagusKualitas kamera yang bagus
DesainDesain yang menarikDesain yang cukup cantik
HargaRp. 3.000.000-an per Oktober 2019 Rp. 3.000.000-an per Oktober 2019

Pilih Mana: Oppo K3 atau Realme X?

Oppo K3Realme X
Kelebihan- Memiliki kualitas kamera yang bagus - Didukung dengan fast charging - Desain cukup menarik - Mendukung fast charging - Performa dapur pacu tangguh - Kualitas kamera yang bagus
Kekurangan- Tidak ada NFC - Tidak adanya slot microSD - Kapasitas baterai yang tidak begitu besar - Bodi masih plastik - Kapasitas baterai yang tidak terlalu besar - Absennya slot memori eksternal

Kesimpulan

Oppo K3 dan Realme X kedua tipe smartphone yang dikeluarkan oleh berbeda perusahaan. Oppo K3 dan Realme X memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk pemilihan keduanya juga bisa Anda pilih sesuai dengan selera dan budget Anda. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Oppo K3 vs Realme X

VS

Leave a Reply