Smartphone

Pilih Mana: Oppo K3 atau Vivo Z1 Pro?

Persaingan Oppo dan Vivo makin sengit saja dalam merilis smartphone baru. Paling baru, ada persaingan antara Oppo K3 atau Vivo Z1 Pro.

Duel smartphone baru Oppo dan Vivo ini sangat menarik untuk disimak. Karena keduanya punya keunggulan masing-masing, namun bersaing di kelas yang sama. Pada artikel di bawah ini kami akan menjabarkan spesifikasi dan melihat kelebihan dan kekurangan yang dimiliki keduanya, Yuk disimak!

Oppo K3

Setelah tidak lagi meneruskan seri F, Oppo punya varian baru lagi yakni K-series. Produk pertamanya yang dirilis di Indonesia yaitu Oppo K3.

Oppo K3 ini terdapat layar AMOLED berukuran 6,5 inci dengan resolusi Full HD Plus, rasio aspek 19,5:9, dan rasio screen-to-body yang diklaim mencapai 91,1 persen. Karena bagian depannya penuh dengan layar, Oppo K3 dilengkapi dengan kamera selfie dengan mekanisme pop-up beresolusi 16 megapiksel.  Baca juga Pilih Mana: Vivo S1 atau Samsung A50?

Spesifikasi Oppo K3

Desain
Untuk desain Oppo K3 merupakan perpaduan antara Reno dan F11 Pro. memiliki dua pilihan warna yang sama-sama suka yaitu Jade Black dan Pearl White. Untuk warna Jade Black lebih dominan warna hitam dengan aksen warna hijau yang terlihat mewah.

Tetapi yang paling menarik tentu saja adalah warna Pearl White (putih mutiara) di mana dasarnya adalah warna putih, namun ketika terkena sinar akan ada tampilan kerlap kerlip mutiara.

Oppo K3 didesain khusus dengan kontur 3D dan sisi melengkung untuk menyesuaikan genggaman tangan. Konsep ini berhasil menciptakan kenyamanan yang natural. Nyaman banget untuk digenggam. dan bodinya yang cukup kokoh.

Kamera
Oppo K3 dibekali dengan kamera ganda di mana untuk kamera utama memakai sensor Sony IMX519. Konfigurasinya adalah kamera utama resolusi 16MP dan bukaan f/1.7, serta kamera kedua yang berfungsi sebagai depth-sensor resolusi 2MP dengan bukaan f/2.4. Kamera tersebut didukung sederet fitur yang akan memaksimalkan hasil foto pengguna, seperti Ultra Night Mode 2.0 dan Oppo Portrait Mode 2.0.

Performa
Oppo F11 memakai prosesor Helio P70 dari Mediatek, maka Oppo K3 lebih percaya diri menggunakan chipset Snapdragon 710 dari Qualcomm.

Chipset ini memiliki arsitektur delapan inti Kryo dengan kecepatan clock hingga 2.2GHz. Kemudian grafisnya memakai GPU Adreno 616 menjamin rasa visual yang nyata dan rendering gambar 3D yang lebih efisien serta canggih.

Sementara itu untuk memori, memakai RAM 6GB LPDDR 4x. Penggunaan memori jenis itu membuat efisiensi dan performa yang meningkat.  Begitupun dengan penyimpanan internal 64GB USF2.1 yang dapat membaca dan menulis memori dengan cepat.

Oppo K3 dibekali baterai sebesar 3.765 mAh yang didukung pengisian daya cepat VOOC Flash Charge 3.0.

Kelebihan Oppo K3

  • Dilengkapi dengan VOOC fast charging
    Oppo K3 sudah dilengkapi dengan teknologi pengisian VOOC Flash Charge. Dengan teknologi ini, Oppo K3 dapat terisi dengan cepat, bahkan bisa dibilang lebih cepat dibandingkan dengan smartphone lain yang juga menawarkan teknologi pengisian cepat.
  • Memiliki layar AMOLED ditambah corning gorilla glass 5
    Oppo K3 menawarkan layar dengan  dimensi 6,5 inci. Layarnya ini memiliki resolusi Full HD+ 1080 x 2340 piksel dengan rasio 19,5: 9 dan kerapatan layar 394ppi. Hal unggul dari layarnya ini yaitu penggunaan panel AMOLED. Dengan penggunaan panel AMOLED, jelas membuat layar ini memiliki kualitas visual yang mewah.
  • Memiliki kamera depan pop-up
    Oppo K3 dilengkapi kamera depan dengan sistem motorized pop-up. Kamera ini hadir dengan sensor 16 MP dengan bukaan f/2.0. Kameranya sudah mendukung fitur HDR dan bisa merekam video dengan resolusi 1080p.

Kekurangan Oppo K3

  • Tidak terdapat slot microSD
    Oppo K3 tidak menyediakan slot microSD sehingga pengguna harus puas dengan ROM 64 GB di HP ini. Belum lagi, kapasitas tersebut terpotong oleh sistem. Kekurangan ini yang mungkin menjadi pertimbangan untuk membeli smartphone ini.
  • Kapasitas baterai yang standar
    Oppo K3 hanya dibekali dengan baterai 3.765 mAh saja. Kapasitas baterai ini bukan kecil tetapi bukanlah yang terbesar. Kapasitas baterai Oppo K3 ini kurang mendukung untuk bermain game yang lama.
  • Tidak ada NFC
    Dibandrol dengan harga Rp 3.999.000, Sayangnya pada smartphone Oppo K3 ini belum dilengkapi dengan fitur NFC yang bisa digunakan untuk transfer data, melakukan pembayaran, hingga menghubungkan perangkat.
Spesifikasi Oppo K3
Jenis Layar Layar sentuh kapasitif AMOLED
Dimensi 161.2 x 76 x 9.4 mm
ProsesorQualcomm SDM710 Snapdragon 710 (10 nm)
Kapasitas Baterai 3765 mAh tidak dapat dilepas
OS (Saat Dirilis) Android 9 Pie
Sensor Fingerprint (under display), accelerometer, gyro, proximity, compass
Warna Black, Nebula Purple, Morning White

Vivo Z1 Pro

Smartphone Vivo Z1 Pro merupakan smartphone keluaran terbaru dengan dilengkapi dengan kamera depan berlubang atau yang biasa disebut ‘punch hole camera’. 

Kamera depan berlubang yang ada pada Vivo Z1 Pro sendiri memiliki resolusi yang cukup tinggi, yakni 32 MP dengan bukaan f/2.0. Sementara untuk kamera utama pada bagian belakang, ada tiga buah lensa, yakni 16 MP, 8 MP, dan 2 MP.

Sebagai smartphone kelas menengah ke atas, Vivo juga menyematkan spesifikasi hardware yang cukup kencang, yakni chipset Snapdragon 712 dan RAM berkapasitas 6 GB atau 4 GB. Berikut spesifikasi lengkap dari Vivo Z1 Pro:

Lihat juga:  Pilih Mana: Asus atau Xiaomi?

Spesifikasi Vivo Z1 Pro

Desain
Untuk body bagian belakangnya terbuat dari plastik polikarbonat. Dengan finishing kaca. Smartphone Android Vivo Z1 Pro memiliki resolusi 2340×1080 dengan rasio layar 19,5:9. Layarnya sendiri menutupi 90,77% bagian depan dari Vivo Z1 Pro.

Tidak ada informasi apakah Vivo menggunakan kaca khusus yang lebih keras atau tidak. Namun yang pasti, pada saat dibuka dari kotak paket penjualannya Z1 Pro sudah memiliki lapisan anti gores.

Layar dari Vivo Z1 Pro saat ini menggunakan model baru. Bukan notch seperti yang ada di seri-seri sebelumnya, tetapi orang menyebutnya sebagai punch hole atau berlubang. Dan berbeda dengan perangkat dari Samsung yang berada di sisi kanan dan tengah, Vivo Z1 Pro memilih untuk menaruh kameranya pada sebelah kiri layar.

Kamera
Kamera utama Vivo Z1 Pro menggunakan sensor Sony IMX 499 dengan resolusi 16 MP. Dua kamera lainnya adalah kamera 8 MP untuk Ultrawide dan 2 MP untuk bokeh. Kamera utamanya memang mampu menangkap gambar dengan cukup baik.

Performa
Smartphone Vivo Z1 Pro menggunakan chipset high end yang saat ini belum digunakan oleh produsen smartphone lainnya, yaitu Snapdragon 712. Snapdragon 712 sendiri menggunakan dua inti Snapdragon Kryo 360 yang berbasis Cortex A75 yang 100 MHz lebih kencang dari SD 710.

Dengan menggunakan SoC diatas, kinerja bermain game sudah pasti tidak perlu diragukan lagi.
Spesifikasi Vivo Z1 Pro
Jenis Layar Layar sentuh kapasitif IPS LCD
Dimensi 162.4 x 77.3 x 8.9 mm
ProsesorQualcomm SDM712 Snapdragon 712 (10 nm)
Kapasitas Baterai 5000 mAh tidak dapat dilepas
OS (Saat Dirilis) Android 9 Pie
Sensor Sidik jari (dipasang di belakang), akselerometer, gyro, proximity, kompas
Warna Sonic Blue, Sonic Black, Mirror Black

Kelebihan Vivo Z1 Pro

  • Kapasitas baterai besar
    Vivo Z1 Pro ini hadir dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh saja. Kapasitas baterai ini tentunya tergolong besar. Vivo Z1 Pro ini memiliki daya tahan sampai satu hari setengah dengan penggunaan koneksi 4G yang menyala, streaming video, memakai untuk foto, dan bermain gim sekitar 60 menit.
  • Dilengkapi dengan tiga kamera yang baik
    Vivo Z1 Pro terdapat tiga kamera belakang seperti halnya Vivo S1. Tiga kamera ini  terdiri dari kamera utama 16 MP dengan bukaan f/1.8, kamera kedua 8 MP AI ultrawide dengan bukaan f/2.2, dan kamera ketiga untuk dept sensor dengan kamera berukuran 2 MP.
  • Performa kencang
    Smartphone Vivo Z1 Pro ini sudah dilengkapi dengan chipset Snapdragon 712 AIE. Untuk kelasnya, kehadiran chipset ini tergolong bagus. Di dalam chipset ini, terdapat prosesor octa core yang terdiri dari Kryo 360 Gold dengan dual core 2.3 GHz dan Kryo 360 Silver dengan enam core 1.7 GHz. Sementara untuk pengolah grafisnya, tersemat Adreno 616 yang membuat game berat juga cukup nyaman.

Kekurangan Vivo Z1 Pro

  • Tidak mendukung streaming HD
    Kekurangan pertama dari Vivo Z1 Pro dari segi kelas harganya adalah dukungan streaming. Berdasarkan hasil pengujian Smartprix, Vivo Z1 Pro ternyata tidak bisa streaming Netflix ataupun Amazon Prime dengan kualitas HD. Artinya, HP ini hanya memiliki sertifikasi Widevine DRM L3 saja yang sangat disayangkan.
  • Bodi yang terlalu besar
    Smartphone Vivo Z1 Pro ini tergolong mempunyai bodi yang terlalu bongsor dan cenderung berat. Layar 6,5 inci dengan dimensi 162.4 x 77.3 x 8.9 mm dan bobot 207 gram memang bukanlah ukuran kecil untuk sebuah ponsel genggam.
  • Masih menggunakan port microUSB
    Tidak menggunakan port USB Type-C sebenarnya masih biasa bagi Vivo. Biasanya untuk menekan harga atau karena charger dengan port USB Type-C masih belum terlalu populer. Namun, fakta kalau banyak smartphone yang harganya lebih murah dari smartphone ini sudah menghadirkan USB Type-C, tentu sektor ini jadi kekurangan Vivo Z1 Pro tersendiri.

Pilih Mana: Oppo K3 atau Vivo Z1 Pro?

Oppo K3 Vivo Z1 Pro
Kelebihan- Dilengkapi dengan VOOC fast charging - Memiliki layar AMOLED ditambah corning gorilla glass 5 - Memiliki kamera depan pop-up - Kapasitas baterai besar - Dilengkapi dengan tiga kamera yang baik - Performa kencang
Kekurangan- Tidak terdapat slot microSD - Kapasitas baterai yang standar - Tidak ada NFC - Tidak mendukung streaming HD - Bodi yang terlalu besar - Masih menggunakan port microUSB

Kesimpulan

Berdasarkan artikel di atas telah kita bahas mengenai kedua smartphone Oppo K3 dan Vivo Z1 Pro, keduanya merupakan smartphone keluaran terbaru yang mengusung beberapa fitur yang canggih. Namun dari artikel di atas dapat pula kita mabil kesimpulan bahwa keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kami juga sudah menjabarkan beberapa spesifikasi yang ada pada keduanya yang mungkin dapat kalain jadikan referensi untuk membeli smartphone Oppo K3 atau Vivo Z1 Pro ya! Semoga bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Oppo K3 vs Vivo Z1 Pro

VS

Leave a Reply