Smartphone

Pilih Mana: Oppo Neo 9 atau Samsung J5?

Oppo kembali meluncurkan smartphone terbarunya yang masuk di segmen kelas menengah yaitu Oppo Neo 9. Smartphone ini hadir dengan desain yang sangat menarik dengan balutan bahan full metal. Jika Anda melihat spesifikasi yang ditawarkan sepertinya smartphone ini akan bersaing dengan smartphone dari Samsung bernama Samsung Galaxy J5. Tertarik untuk menemukan sisi bagus mana Oppo Neo 9 dengan Samsung J5? Berikut uraiannya.


Oppo Neo 9

Oppo Neo 9 mempercayai prosesor Snapdragon berkecepatan 410 Quad-Core 1,2 GHz yang dilengkapi dengan dukungan kamera depan beresolusi 5 MP yang semua dibalut oleh material full metal yang ringan dan cantik. Baca juga Pilih Mana: Oppo F11 atau Samsung A50?

Kelebihan Oppo Neo 9 yang bisa Anda ketahui:

1. Desain ideal
Oppo Neo 9 memiliki desain dan ukuran yang ideal dibanding Samsung J5. Oppo Neo 9 dibalut dari bahan metal dengan dimensi 143,1 x 71 x 7,7 mm dan berat 136 gram. Ukuran dimensi dan bobot ini sangat ideal digenggaman tangan pengguna Oppo Neo 9.

2. Dilengkapi Corning Gorilla Glass 4
Mengusung layar yang sama dengan Samsung J5 yakni berukuran 5 inci. Namun pada layar Oppo Neo 9 sudah memiliki perlindungan yang aman karena sudah dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass 4 sementara pelindung layar seperti ini belum dipasangkan pada panel layar Super AMOLED milik Samsung J5.

Kekurangan Oppo Neo 9 yang bisa Anda ketahui:

1. Panel layar masih IPS LCD
Oppo Neo 9 masih menggunakan panel layar IPS LCD, sementara Samsung J5 sudah menggunakan panel layar Super AMOLED. Akan tetapi meskipun begitu, layar pada Oppo Neo 9 masih tergolong baik untuk menampilkan berbagai kebutuhan penggunanya, misalnya bermain game ataupun menonton video.

2. Mengusung baterai Non Removable
Seperti yang kita ketahui, jenis baterai non removable atau tidak bisa dilepas (tertanam di smartphone) merupakan jenis baterai yang digunakan oleh berbagai smartphone saat ini. Jenis baterai seperti ini juga telah digunakan oleh Oppo Neo 9. Meskipun jenis baterai seperti ini membuat smartphone terlihat lebih ramping, namun sangat riskan apabila smartphone mengalami ‘hang’. Sementara Samsung J5 masih menggunakan baterai removable yang pastinya lebih aman ketika mengalami ‘hang’.

Samsung J5

Samsung Galaxy J5 hadir dengan dukungan layar resolusi HD 5.0 inci, dengan prosesor Snapdragon berkecepatan 410 Quad-Core 1,2 GHz. Selain itu, ponsel ini juga memiliki kemampuan foto selfie yang cukup mumpuni beresolusi 5 MP.

Kelebihan Samsung J5 yang bisa Anda ketahui:

1. Layar Super AMOLED
Dikutip dari situs resmi Samsung.com, Samsung J5 mengusung layar berukuran 5 inci dengan panel layar Super AMOLED yang diklaim memberikan kecerahan layar yang jernih dan tajam. Ini merupakan panel layar terbaru dari produsen smartphone, sementara Oppo Neo 9 masih mengusung panel layar IPS LCD.

2. Kamera belakang 13 MP
Baik itu Oppo Neo 9 maupun Samsung J5, semuanya mengusung kamera depan beresolusi 5 MP. Akan tetapi ketika membahas kamera belakang, terlihat bahwa resolusi kamera belakang pada Samsung J5 lebih besar 13 MP dari pada Oppo Neo 9 yang beresolusi hanya 8 MP untuk kamera belakangnya.

Kekurangan Samsung J5 yang bisa Anda ketahui:

1. RAM hanya 1,5 GB
Samsung J5 mempercayai dapur pacurnya dari chipset Snapdragon 410 Quad core 1,2 GHz dengan GPU Adreno 306. Namun tidak seperti Oppo Neo 9 yang sudah memiliki RAM 2 GB, Samsung J5 hanya memadukan dapur pacunya dengan kapasitas RAM lebih kecil yakni 1,5 GB.

2. Ruang penyimpanan internal kecil
Samsung J5 kelihatannya menyediakan kapasitas ruang penyimpanan yang minim. Karena tidak hanya RAM-nya saja yang kecil, namun ruang penyimpanan internalnya pun ikut kecil. Kapasitas ruang penyimpanan internal pada Samsung J5 hanya berkapasitas 8 GB sementara Oppo Neo 9 berkapasitas 16 GB.

Pilih Mana: Oppo Neo 9 atau Samsung J5?

Oppo Neo 9Samsung J5
Kapasitas baterai– 2630 mAh– 2600 mAh
RAM– 2 GB– Hanya 1,5 GB
Panel layar– IPS LCD– Super AMOLED

Kesimpulan

Dengan pertimbangan beberaoa aspek di atas, kami lebih menyarankan untuk memilih Samsung J5. Hal ini dikarenakan dukungan layar dan kamera yang lebih baik tersaji pada Samsung J5, dan membahas ruang penyimpanannya yang kecil semuanya bisa Anda atasi dengan penambahan slot micro SD pada smartphone Anda. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Oppo Neo 9 vs Samsung J5

VS

Leave a Reply