ElektronikGadgetsSmartphone

Pilih Mana: Oppo Reno atau Samsung A70?

Smartphone Samsung diketahui menjadi salah satu produsen senior di pasar smartphone. Perusahaan asal Korea Selatan ini sudah langganan duduk di urutan pertama, jadi sebenarnya masyarakat tidak perlu ragu lagi dengan kualitasnya.

Tetapi saat ini terjadi persaingan yang sengit antara Samsung dan produsen Oppo, dimana sekarang Oppo menyusul Samsung dan tidak mau kalah dalam menghadirkan smartphone dengan performa yang unggul. Salah satu produk Samsung dan Oppo yang bersaing karena sama-sama dilengkapi dengan triple kamera yaitu Oppo Reno dan Samsung A70.

Jika kalian penasaran apa saja spesifikasi unggulan yang ditawarkan oleh kedua smartphone Oppo Reno dan Samsung A70. Akan kami bahas lebih lengkap di bawah ini:

Oppo Reno

Oppo terus berinovasi untuk menghadirkan smartphone terbarunya. Kali ini Oppo batu meirilis smartphone terbarunya bernama Reno. Spesifikasi yang dibawakan Oppo Reno ini dikhususkan untuk kalangan menengah ke atas dan akan tersedia varian Flagship yang mendukung teknologi 5Gd an beragam teknologi baru lainnya. Nah yang menjadi dari spesifikasi Oppo Reno yaitu dibekali dengan kamera dengan kemampuan 5x Zoom

Tidak hanya satu kamera yang terpasang pada bagian belakang Oppo Reno, melainkan 3 kamera dengan konfigurasi 48 Megapixel + 20 Megapixel + TOF 3D Camera.

Perpaduan ketiga kamera yang ada pada Oppo Reno tersebut dapat menghasilkan pengalaman fotografi yang luar biasa saat mengabadikan momen dalam berbagai kondisi. Selain itu, spesifikasi Oppo Reno didukung kamera depan beresolusi 16 Megapixel yang pastinya dilengkapi teknologi AI dan kabarnya sudah menggunakan system Pop-Up. Baca juga Pilih Mana: Samsung A50 atau Samsung A70?

Spesifikasi Oppo Reno

Seri smartphone dari Oppo Reno  ini terdiri dari dua model, yakni Oppo Reno dan Oppo Reno 10x Zoom dengan kamera zoom periskop 10x.  Keduanya memiliki sebuah fitur unggulan yang cukup unik, yaitu kamera selfie 16 megapiksel yang disembunyikan dengan mekanisme pop-up. Kamera selfie Oppo Reno bisa muncul hanya di satu sisi ketika membuka aplikasi kamera, sehingga modul kamera berbentuk layaknya bidang segitiga.

Perbedaan mencolok terlihat pada konfigurasi kamera belakang pada masing-masing smartphone ini. Oppo Reno reguler memiliki dua kamera belakang yang masing-masing beresolusi 48 MP dan 5 MP (depth sensor) dengan resolusi 13 MP dan 10x hybrid zoom, beserta dua sensor kamera lain yang beresolusi 48 MP dan 8 MP.

Chip yang pasangkan juga dari kedua varian Oppo Reno ini juga berbeda. Oppo Reno reguler ditenagai chip Snapdragon 710 dipadukan dengan varian RAM 6 GB dan memori internal 256 GB. Kemudian versi Oppo Reno 10x Zoom ditenagai chip flagship Snapdragon 855 dengan varian RAM 8 GB dan memori internal 256 GB.

Dari segi desain Oppo Reno reguler mengusung layar 6,4 inci, lebih kecil dari Oppo Reno 10x Zoom Edition yang memiliki layar 6,6 inci. Kedua smartphone dari Oppo Reno ini juga menjalankan sistem operasi Android 9.0 Pie dengan antarmuka ala Oppo, Color OS 6.0, dengan support teknologi pengisian cepat VOOC 3.0.

Spesifikasi Oppo Reno 
Ukuran layar AMOLED 6,4 inci, 1.080 x 2.340 piksel, rasio 19,5:9
Dimensi 156,6 x 74,3 x 9 mm
Prosesor CPU: Snapdragon 710, Octa-core (2x2,1 GHz, 6x1,7 GHz; GPU: Adreno 616
Media penyimpanan256 GB
Kamera belakang (1) 48 megapiksel bukaan f/1.7 (wide), PDAF (2) 5 megapiksel bukaan f/2.4, depth sensor
Kamera depan Motorized pivot rising camera, 16 megapiksel bukaan f/2.0
Kapasitas baterai 3.765 mAh

Kelebihan Oppo Reno

Jika kalian berminat untuk membeli smartphone Oppo Reno 10x zoom ini, Kalian harus mengetahui beberapa kelebihan Oppo Reno yang menjadi jagoan Oppo di kelas flagship ini, yaitu:

  • Dilengkapi dengan layar AMOLED yang mempesona
    Layar smartphone ini hadir dengan panel AMOLED yang tergolong bagus dan memesona. Dengan tingkat kecerahan layar sebesar 440 nits, layarnya tampak cerah. Meskipun panel layar ini kalah dengan panel OLED dari Samsung tetapi tampilan layarnya masih tergolong cerah.
  • Desain dan build quality yang bagus
    Hal ini terlihat dari penggunaan bingkai logam dan lapisan kaca di bagian belakang bodi HP ini. Selain itu, HP ini memiliki layar yang sudah dilindungi Corning Gorilla Glass 6. Tidak ketinggalan, berbagai teknologi dan sistem kamera tersembunyi membuat HP ini memang tampak solid dan berkualitas dibandingkan HP Oppo kelas atas lainnya.
  • Kualitas kamera yang tidak perlu diragukan lagi
    Kamera depannya saja mengusung teknologi motorized pop-up 16 MP. Teknologi ini memungkinkan kamera bisa sembunyi dan muncul dalam bentuk sirip ikan hiu atau Oppo menyebutnya sebagai “Pivot Rising Camera”.  Kamera belakang HP ini jelas lebih keren lagi. Kamera belakang ini hadir dengan tiga kamera utama yang memiliki fungsi berbeda-beda. Kamera pertama adalah kamera utama dengan ukuran sensor 48 MP dengan bukaan f/1.7 dan dukungan  Laser/PDAF dan OIS.

Kekurangan Oppo Reno

Smartphone Oppo Reno telah menjadi kelas atas dan memiliki berbagai kelebihan, Tetapi Oppo Reno 10x Zoom juga punya beberapa kekurangan, yaitu :

  • Tidak memiliki sertifikasi anti air
    Spesifikasi smartphone ini jelas cukup unggul tetapi masih tetap kalah karena tidak memiliki sertifikasi anti-air, sesuatu yang dimiliki oleh Samsung Galaxy S10 series. Sebenarnya bisa jadi alasan tidak hadirnya sertifikasi anti-air karena smartphone  ini menawarkan kamera tersembunyi yang bisa muncul ketika mengakses aplikasi kamera. HP dengan tipe kamera seperti ini memang agak sulit mendapat sertifikasi anti-air.
  • Tidak tersedia 3.5mm jack atau adapternya
    Tidak tersedia port untuk headset audio jack di HP ini. Port yang ada hanyalah USB Type-C yang memang bisa memiliki banyak fungsi. Tapi kekurangan lainnya, dalam paket penjualan Oppo tidak menyertakan adapter USB Type-C to audio jack.
  • Tidak mendukung wireless charging
    Salah satu kekurangan dari Oppo Reno 10x Zoom adalah HP ini tidak mendukung pengisian baterai tanpa kabel alias wireless charging. Dibandingkan dengan smartphone lain di kelas yang sama, bahkan yang harganya lebih murah memiliki teknologi pengisian cepat tanpa kabel ini sudah tersedia.

Samsung A70

Galaxy A70 mempertahankan ciri khasnya, yaitu konsep Infinity Display, dengan bezel yang tipis dan notch waterdrop. Layar 6,7 inch Galaxy A70 mampu memberikan gambar yang tajam dan kaya warna berkat teknologi Super Amoled.

Smartphone ini belum memiliki sertifikasi IP67 sehingga harus ekstra hati-hati agar tidak terpapar debu atau air.

Saat ada pada genggaman Samsung Galaxy A70 relatif pas di tangan dan terlihat premium karena ditunjang bahan pembuatan dari kaca dan metal. Di sekujur bodinya, akan ditemukan tombol familiar seperti volume dan power di sisi kanan yang ternyata mudah dijangkau. Sedangkan tray SIM berada di sisi kiri atas.

Spesifikasi Samsung A70

Samsung Galaxy A70 memiliki desain yang ramping dan ergonomis dengan efek prisma dan sedikit gradien di bagian punggungnya. Case pada bagian belakang terbuat dari bahan plastik mengkilap. Terdapat pilihan tiga warna yaitu, Blue, Black, dan White. Terlihat sangat menawan, tapi sepertinya rawan tergores dan lecet. Sehingga perlu untuk diberi casing pelindung, Tetapi sayangnya tidak disertakan dalam paket penjualan. Sehingga harus membeli casing pelindung secara terpisah.

Samsung Galaxy A70 hadir dengan tampilan layar yang diberi nama Infinity-U display. Karena terdapat lekukan kecil (notch) di bagian atas untuk menaruh kamera depan. Dengan ukuran diagonal 6,7 inci, membuat smartphone ini merupakan yang layarnya terbesar di line-up Galaxy A Series.

Infinity-U display lebih mirip dengan bentuk poni yang selama ini disebut waterdrop, teardrop, atau tetesan air. Sudah banyak di pakai smartphone kelas menengah.

Memiliki tiga kamera belakang yang kualitasnya tentu saja ditingkatkan dibanding generasi sebelumnya. Pertama, lensa 32MP untuk menangkap gambar tajam dan jernih. Kedua, lensa Depth 5MP memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan kedalaman bidang untuk fokus sebelum dan sesudah mengambil gambar sehingga dapat memilih apa yang ingin mereka tonjolkan. Ketiga, lensa Ultra Wide 8MP untuk foto dengan sudut pandang yang luas.

Dan dilengkapi dengan mesin buatan Qualcomm yakni Snapdragon 675. Karena ini merupakan  chip 600-seri terbaik dari Qualcomm. Chipset ini memberikan keseimbangan yang sangat baik antara kinerja dan daya tahan baterai.

Spesifikasi Samsung A70
Ukuran layar Super AMOLED 6.7 inci 1080 x 2400 piksel, rasio 19.5:9
Dimensi 164.3 x 76.7 x 7.9 mm
Prosesor CPU: Octa-core (2×2.0 GHz Kryo 460 Gold & 6×1.7 GHz Kryo 460 Silver), Qualcomm SDM675 Snapdragon 675 (11 nm), GPU: Adreno 612
Media penyimpanan128GB (microSD up to 512GB)
Kamera belakang (1) 32MP, f/1.7, PDAF (2) 8MP, f/2.2, 12mm (ultrawide) (3) 5MP, f/2.2, depth sensor
Kamera depan 32MP, f/2.0, 0.8µm
Kapasitas baterai Non-removable Li-Po 4500 mAh

Kelebihan Samsung A70

Berikut beberapa kelebihan yang menjadi unggulan Samsung A70 yang patut diketahui ketika kalian ingin membeli Samsung A70 ini:

  • Layar super AMOLED yang luas
    Galaxy A70 dilengkapi dengan layar Super AMOLED besutan Samsung sendiri dengan ukuran yang sangat luas, mendekati tablet, yakni sebesar 6,7 inci. Layarnya yang besar ini membuat pengguna semakin dipuaskan untuk mengakses multimedia maupun bergmain game.
  • Penyimpanan 2x lipat dari standar
    Saat ini, bisa dibilang penyimpanan internal standar untuk sebuah ponsel pintar adalah sebesar 64 GB. Sementara itu, Galaxy A70 dibekali dengan memori internal berkapasitas 128 GB. Artinya, itu lebih dari cukup untuk penggunaan selama beberapa tahun ke depan.
  • Baterai berkapasitas besar
    Smartphone ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4.500 mAh. Di mana hal ini sangat lah jarang dilakukan oleh Samsung. Meski kapasitasnya besar, Samsung telah melengkapinya dengan teknologi pengisian daya cepat 25 Watt. Pengisian juga bisa dilakukan secara lebih cepat.

Kekurangan Samsung A70

Dari beberapa kelebihan yang di miliki Samsung A70, Smartphone ini juga mempunyai kekurangan yaitu:

  • Tanpa OIS atau EIS
    Kameranya memang memukau, tapi smartphone ini tidak dibekali dengan fitur optical image stabilization (OIS) atau punelectronic image stabilization (EIS).  Dengan tambahan fitur tersebut, tentu pengambilan video maupun foto saat bergerak akan lebih apik.
  • Tidak Tahan Air dan Debu
    Samsung Galaxy A70 bisa dibilang masuk ke dalam kelas menengah ke atas. Biasanya, ponsel dalam segmen ini telah dilengkapi dengan ketahanan terhadap air dan debu. Tetapi sangat disayangkan, A70 tidak memiliki fitur ini.
  • Noda sidik jari mudah membekas
    Meskipun smartphone ini memiliki desain cantik dan menarik, namun noda sidik jari mudah membekas pada bodi belakangnya sehingga penggunanya perlu menambahkan casing tambahan agar menjaga Galaxy A70 tetap terlihat menarik.

Pilih Mana: Oppo Reno atau Samsung A70?

Oppo RenoSamsung A70
Kelebihan- Dilengkapi dengan layar AMOLED yang mempesona - Desain dan build quality yang bagus - Kualitas kamera yang tidak perlu diragukan lagi - Desain elegan dan klasik - Ruang bagasi luas - Mudah di modifikasi
Kekurangan- Tidak memiliki sertifikasi anti air - Tidak tersedia 3.5mm jack atau adapternya - Tidak mendukung wireless charging - Layar super AMOLED yang luas - Penyimpanan 2x lipat dari standar - Baterai berkapasitas besar

Kesimpulan

Perbandingan Oppo Reno dan Samsung A70 telah kita bahas di atas dan dapat kita lihat kedua smartphone ini mempunyai spesifikasi yang sangat unggul, dan juga kedua smartphone ini dilengkapi dengan triple kamera yang membuat kalian yang mempunyai hobi photoghraphy tergiur. Tetapi, pastinya ada perbedaan yang sangat terlihat dari keduanya yaitu Harga Oppo Reno lebih mahal di bandingkan dengan Samsung A70. perbedaan harga ini dapat menjadi pertimbangan kalian ketika ingin membeli smartphone ini dan juga keduanya mempunyai spesifikasi yang sama-sama oke. Yang pasti sesuaikan dengan budget yang kalian punya ya!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Oppo Reno VS Samsung A70

VS

Leave a Reply