HomeMasak

Pilih Mana: Oven atau Microwave?

Oven dan microwave merupakan dua alat yang serupa fungsinya. Kamu yang sering memasak tentu sudh familiar sekali dengan kedua alat ini. Meski terlihat sama, microwave dan oven memiliki cara kerja yang cukup berbeda.

Microwave bekerja dengan memanfaatkan gelombang mikro elektromagnetik. Sedangkan oven bekerja dengan cara meratakan dan mentransfer panas dari sumber panas ke makanan. Karena itu, segala jenis oven membutuhkan sumber panas, baik dari listrik atau api (oven gas). Untuk kamu yang masih bingung untuk memilih menggunakan microwave atau oven, yuk simak ulasan yang ada di bawah!

Pilih Mana: Oven atau Microwave?

Oven

Oven adalah sebuah peralatan berupa ruang termal terisolasi yang digunakan untuk pemanasan, pemanggangan (baking) atau pengeringan suatu bahan, dan umumnya digunakan untuk memasak. Oven memiliki beberapa jenis misalnya oven listrik, dan sebagainya. Baca Juga: Pilih Mana: Oven Listrik atau Tangkring?

Setiap jenis dari oven memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing karena beraneka alasan yang ada. Hal ini dapat kamu pertimbangkan sebelum membeli jenis oven apa yang akan kamu gunakan. Yang kali ini akan diulas adalah kelebihan dn kekuranga dari suatu oven listrik.

Kelebihan Oven

Berikut ini adalah kelebihan yang bisa kamu dapat saat memasak menggunakan oven listrik:

  • Ada pengaturan waktu dan suhunya
    Umumnya oven memang mudah digunakan, terlebih oven listrik. Kamu hanya perlu menekan tombol suhu dan waktu, lalu kamu bisa mengerjakan hal lain sembari menunggu kue matang. Jika nanti sudah terdengar bunyi “ting”, maka artinya waktu memanggang sesuai pengaturan yang kamu buat sudah Selesai.
  • Harganya tidak selalu mahal
    Kamu dapat sesuaikan antara budget, merek, dan kualitas oven yang ingin kamu beli. Intinya, semakin banyak fitur dan semakin luas ruangnya, maka harga jual dari suatu oven ini bisa semakin mahal. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuanmu, ya.
  • Mudah dipindahkan
    Selama ada colokan listrik, oven ini bisa digunakan. Maka dari itu kamu tidak perlu susah payah jika ingin menggunakan oven ini meskipun tempat dimana kamu akan menggunakannya selalu berubah-ubah. Hal ini juga didasari dengan ukuran oven listrik yang biasanya kecil dan tidak terlalu berat untuk kamu pindahkan seorang diri.

Pilih Mana: Oven atau Microwave?

Kekurangan Oven

Meski memiliki banyak kelebihan, oven tetap memiliki kekurangannya tersendiri. Berikut ini adalah beberapa kekurangan dari oven:

  • Membutuhkan daya listrik yang cukup besar

    Untuk mengoperasikan oven listrik kamu wajib memiliki daya listrik yang besar di rumah, dan sebelum membeli pastikan konsumsi listrik yang dibutuhkan sesuai dengan yang tersedia. Oven listrik juga menghasilkan beberapa jenis pengapian, ketiga jenis pengapian tersebut mengonsumsi daya listrik yang berbeda, konsumsi daya listrik yang paling besar ialah pada pengapian jenis api atas bawah.

    Soal daya listrik ini dapat kamu atasi dengan cara memilih oven yang memiliki fitur hemat daya, namun tentu hal ini akan membuat biaya yang akan kamu keluarkan untuk membelinya menjadi semakin mahal.

  • Kurang cocok untuk produksi besar

    Kapasitas oven listrik juga umumnya lebih kecil dari oven gas, sehingga tidak direkomendasikan untuk penggunaan produksi besar seperti usaha-usaha rumahan atau pabrik. Jika kamu membutuhkan oven untuk produksi yang besar, sebaiknya kamu menggunakan oven yang bias ditemui juga yaitu oven yang cara memasaknya menggunakan gas.

  • Rentan Rusak

    Jika rumah anda memiliki listrik yang kecil maka penggunaan oven listrik bisa membuat listrik menjadi tidak stabil dan akibatnya bisa terjadi konsleting listrik yang membuat peralatan elektronik menjadi cepat rusak, termasuk oven listrik. Hal ini penting untuk kamu lakukan sebelum membeli oven demi menghindari hal yang tidak kamu inginkan.

OvenMicrowave
Cara kerjaSedangkan oven bekerja dengan cara meratakan dan mentransfer panas dari sumber panas ke makanan. Karena itu, segala jenis oven membutuhkan sumber panas, baik dari listrik atau api (oven gas).bekerja dengan memanfaatkan gelombang mikro elektromagnetik.
Fungsi pada umumnyaUntuk memasak, memanggang dan lain-lain.Biasanya hanya digunakan untuk memanaskan makanan

Microwave

Microwave adalah sebuah peralatan dapur yang menggunakan radiasi gelombang mikro untuk memasak atau memanaskan makanan. Sesuai namanya microwave ini bekerja dengan memanfaatkan gelombang mikro elektromagnetik.

Microwave berbeda dengan oven yang memiliki jenis berupa oven gas, microwave hanya memiliki satu jenis saja, . Namun, kini sudah beredar produk microwave yang dapat digunakan juga sebagai oven meski menurut testimoni yang beredar, produk oven sekaligus microwave ini dapat membuat kinerja salah satunya menurun.

Kelebihan Microwave

Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang ada pada microwave:

  • Kegiatan memasak makanan jadi lebih cepat

    Kelebihan yang paling utama dari sebuah microwve adalah kecepatan dalam membuat masakan matang. Jika biasanya kamu membutuhkan waktu setengah jam untuk membuat sebuah masakan dengan menggunakan kompor, maka dengan menggunakan microwave kamu hanya membutuhkan waktu seperempatnya saja. Hal ini tentunya akan sangat menghemat energi juga.

  • Rasa dan tekstur makanan tidak berubah ketika dihangatkan menggunakan microwave
    Hal ini berlaku ketika kamu menghangatkan makanan yang beku dengan menggunakan microwave, rasa yang ada pada makanan tidak akan berubah meski kamu panaskan, tentunya hal ini sangat bisa membantu kamu untuk jauh menjaga cita rasa makanan yang masih ingin kamu lahap.
  • Makanan akan matang secara menyeluruh 
    Kelebihan berikutnya dari microwave adalah makanan yang kamu buat akan matang secra menyeluruh, selain itu microwave juga dapat kamu gunakan saat kamu ingin memasak makanan yang rendah lemak karena tidak perlu menggunakan minyak.

Pilih Mana: Oven atau Microwave?

Kekurangan Microwave

Berikut ini adalah beberapa kekurangan dari microwave yang perlu kamu ketahui:

  • Tidak bisa menghasilkan warna coklat pada makanan
    Untuk kamu yang mengira bahwa oven dan microwave sama, maka kamu perlu tahu hal yang satu ini bahwa hasil makanan yang didapat dari menggunakan oven dan microwave cukup berbeda terutama jika kamu melihat dari warna makanan yang dihasilkan, jika kamu menggunakan microwave maka hasil makanannya tidak akan berwarna cokelat seperti saat kamu menggunakan oven
  • Bahan kimia dalam alat makan bisa berpindah ke makanan ketika dipanaskan dengan microwave 
    Kekurangan yang satu ini merupakan kekurangan yang cukup berbahaya jika kamu tidakhti-hati, oleh karena itu saat memutuskan untuk menggunakan microwave kamu perlu memilih dengan benar wadah yang akan kamu masukkan ke dalam microwave karen dapat membahayakan dirimu sendiri seperti resiko bahan kimia dari wadah yang dapat masuk ke makanan atau wadah yang dapat beruba strukturnya karena suhu yang terlalu panas.
  • Waktu memasak yang singkat tidak memungkinkan kamu untuk memadukan rasa 
    Hal yang satu ini juga perlu kamu perhatikan saat memasak menggunakan microwave yaitu kamu harus bisa memadukan rasa yang ada sebelum waktu memasak di dalam microwave selesai, kebanyakan orang tidak bisa memadukan rasa yang satu dengan rasa yang lain saat menggunakan microwave untuk memasak karena waktunya yang terlalu cepat dengan cara memasak konvensional.

Pilih Mana: Oven atau Microwave?

OvenMicrowave
Kelebihan- Ada pengaturan waktu dan suhunya - Harganya tidak selalu mahal - Mudah dipindahkan - Kegiatan memasak makanan jadi lebih cepat - Rasa dan tekstur makanan tidak berubah ketika dihangatkan menggunakan microwave - Makanan akan matang secara menyeluruh 
Kekurangan- Membutuhkan daya listrik yang cukup besar - Kurang cocok untuk produksi besar - Rentan Rusak- Tidak bisa menghasilkan warna coklat pada makanan - Bahan kimia dalam alat makan bisa berpindah ke makanan ketika dipanaskan dengan microwave  - Waktu memasak yang singkat tidak memungkinkan kamu untuk memadukan rasa 

Kesimpulan

Kesimpulan yang dapat diambil dari ulasan tentang microwave dan oven yang sudah dijelaskan di atas adalah oven dan microwave memiliki fungsi yang berbeda maka kamu harus menyesuaikan alat yang kan kamu beli dengan kebutuhan memasakmu sendiri. Jika kamu membutuhkan dua fungsi berupa oven sekaligus microwave maka kamu dapat mencari produk yang sesuai yang sudah cukup banyak beredar di pasaran. Semoga bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Oven atau Microwave?

VS

Leave a Reply