ElektronikHomeMasak

Pilih Mana: Oven Cosmos atau Oven Kirin?

Oven adalah alat masak yang berfungsi untuk memanggang makanan atau kue. Oven sendiri memiliki beberapa fitur dan tombol yang bisa kamu setel sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kamu. Contoh oven yang bagus seperti Oven Cosmos dan Oven Kirin.

Oven Cosmos dan Oven Kirin memiliki kualitas yang baik untuk memanggang makanan maupun memanggang kue. Beberapa teknologi canggih tentunya sudah disematkan ke dalam kedua oven terkenal ini.

Penasaran dengan beberapa kelebihan dan kekurangan yang ada pada kedua oven ini? Untuk itu simak terus artikel kali ini agar bisa kamu jadikan acuan dalam memilih oven andalan kamu. Disini aja guys!

Oven Cosmos

Cosmos merupakan perusahaan pembuat alat elektronik konsumen asal Indonesia yang berkantor pusat di Cengkareng, Jakarta Barat, DKI Jakarta, dengan nama PT Star Cosmos. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 17 September 1976 oleh Ir. Alam Surjaputra. Cosmos mencapai penghargaan Top Brand pada tahun 2012.

Cosmos saat ini sudah banyak memproduksi barang elektronik seperti magic jar, oven dan lain sebagainya dengan kualitas yang baik dan awet tahan lama.

Oven elektrik Cosmos sendiri mempunyai fungsi timer otomatis dan banyak fitur lain yang lebih canggih sehingga kamu bisa memasak lebih mudah. Oven elektrik Cosmos mempunyai banyak fitur mutakhir dan modern yang membuat memasak semakin praktis.

Memasak tidak lagi menyulitkan karena oven elektrik Cosmos bisa bekerja lebih cepat untuk membuat makanan lezat untuk keluarga.

Kapasitas oven lebih besar untuk kebutuhan memasak lebih besar semakin mudah. Desainnya minimalis namun multifungsi sehingga kamu tidak mesti menyediakan ruang khusus di dapur untuk meletakkan oven elektrik Cosmos. Baca juga Pilih Mana: Oven Oxone atau Kirin?

Kelebihan Oven Cosmos

  • Dilengkapi crumb tray dan fish grill
    Oven Cosmos ini mempunyai tray khusus buat menampung semua remah dan tetesan bumbu. Kamu bisa membersihkan tray ini ketika sudah selesai memasak. Jadi, oven-mu akan selalu bersih. Selain itu, oven ini dilengkapi fish grill yang memungkinkan masakan daging terpanggang secara merata. Fish grill ini akan bergerak memutar, mendistribusikan panas secara menyeluruh sehingga masakanmu akan matang sempurna.
  • Mempunyai kapasitas 26 liter
    Oven berukuran besar memberikanmu kesempatan bereksperimen lebih luas. Kamu bisa memanggang bolu, kue kering dalam jumlah banyak, bahkan memanggang seekor ayam utuh. Oven ini mempunyai kapasitas 26 liter, cocok dipakai untuk membuat masakan dalam jumlah banyak sekaligus. Ini tentu membuat kamu jadi menghemat listrik karena tidak perlu “membagi kloter”. Semuanya bisa dimasak bersamaan.
  • Mempunyai 6 pilihan pengaturan panas
    Setiap makanan mempunyai tingkat panas yang berbeda. Panas yang dibutuhkan untuk memasak seloyang bolu tentu berbeda dengan panas yang dibutuhkan saat kamu membuat ayam barbekyu panggang. Oven ini mempunyai 6 pilihan pengaturan panas yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Selain itu, kamu juga bisa mengatur sumber panas, apakah dari bagian atas saja, bawah saja, atau atas-bawah.

Kekurangan Oven Cosmos

  • Memiliki ukuran yang besar
    Oven Cosmos sendiri memiliki ukuran yang besar sehingga memakan cukup banyak tempat. Untuk itu sebelum membeli oven ini, baiknya untuk menyediakan tempatnya terlebih dahulu.
  • Varian warna kurang banyak
    Sesungguhnya ini bukanlah kekurangan yang benar-benar berarti. Namun ada kalanya orang lebih menyukai oven dengan warna yang menarik sehingga tidak mudah bosan.
  • Gerai resmi masih sedikit
    Gerai resmi dari Cosmos nyatanya masih sedikit tersebar di seluruh Indonesia. Namun jangan khawatir, kamu bisa mendapatkan oven ini di toko online yang sekarang sudah banyak menjualnya.

Rekomendasi Oven Cosmos

– Cosmos Oven Toaster CO-9919 R
Oven listrik dari Cosmos ini amat cocok untuk kamu yang membutuhkan oven berkapasitas besar dengan harga terjangkau. Dengan kapasitas 19 liter, Cosmos Oven Toaster CO-9919 R bisa menampung sampai 4 tingkatan rak dan bahkan memanggang 1 ekor ayam secara utuh. Untuk elemen pemanas, Cosmos Oven Toaster CO-9919 R mempunyai elemen pemanas atas dan bawah. Sehingga, masakan dipastikan bisa matang secara menyeluruh.

– Cosmos CO 958
Cosmos CO 958 ini nyatanya terbukti membagikan perolehan panggangan yang menyeluruh dengan teknologi dual healer yang diberikan ke dalam produknya. Bukan cuma itu, merk oven listrik yang bagus ini juga terdapat thermostat serta timer yang berbunyi ketika proses memanggang selesai dilanjut dengan mematikan fungsi oven secara otomatis.

Varian Oven CosmosHarga per Oktober 2019
Cosmos Oven Toaster CO-9919 R Rp 490.000,-
Cosmos CO 958 Rp 449.000,-

Oven Kirin

Selain dikenal sebagai merk magic com yang bagus, Kirin juga dikenal sebagai merk oven listrik yang bagus. Kualitas oven listrik Kirin memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Untuk produk oven listrik, Kirin memproduksi beberapa tipe dan kapasitas oven yang berbeda-beda.

Oven elektrik Kirin juga akan bekerja lebih banyak untuk membantu kamu menyajikan banyak jenis kue dan makanan. Memakai pemanas yang andal dan dibuat dari stainless steel, oven elektrik Kirin lebih kuat dan tahan panas.

Mempunyai fitur lengkap yang mendukung proses pemakaian sehingga memasak juga akan menjadi lebih mudah. Kebutuhan listrik oven elektrik Kirin tidak boros untuk memastikan tagihan listrik tidak naik.

Kelebihan Oven Kirin

  • Hemat listrik
    Memakai Oven Kirin pastinya hemat listrik karena memiliki beberapa fitur canggih yang membuat tagihan listrik saat menggunakan oven ini tidak melonjak tinggi. Jadi jangan khawatir akan boros listrik saat menggunakan oven ini ya guys.
  • Awet tahan lama
    Oven Kirin dipercaya awet tahan lama selama penggunaan yang wajar dan selalu dirawat dengan baik. Dengan begitu kamu bisa menghemat untuk tidak membeli oven yang baru.
  • Desain mewah
    Disamping memiliki beberapa manfaat dan kegunaan yang baik, desain yang dimiliki oleh Oven Kirin mewah dan modern. Tentunya hal ini berbeda dengan desain Oven Cosmos yang memiliki desain kurang modern dan terkesan jadul.

Kekurangan Oven Kirin

  • Harga mahal
    Harga yang disematkan oleh Oven Kirin nyatanya lebih mahal dibandingkan dengan Oven miliki Cosmos. Namun pastinya sesuai dengan kualitas dan manfaat yang diberikan ya guys.
  • Rotisserie yang hanya untuk ikan
    Rotisserie adalah metode memasak yang dimana objek dipanggang dengan cara diputar-putar di dalam oven. Biasanya ini untuk ayam. Di oven ini juga Rotisserie namun hanya dapat digunakan untuk ikan, Karena jika ayam matangnya kurang merata untuk satu ayam.
  • Memiliki bobot yang berat
    Bobot dari Oven Kirin sendiri cukup berat, sehingga menyulitkan untuk semisalnya ingin memindahkan Oven ini ke suatu tempat lain.

Rekomendasi Oven Kirin

– Oven KBO-600RA
Model yang satu ini lebih jumbo lagi. Oven yang dibalut dengan warna hitam dan putih ini mempunyai kapasitas paling besar dibandingkan semua produk oven Kirin yang ada, yaitu 60 liter. Mungkin tipe ini lebih cocok buat kamu yang mempunyai bisnis kuliner maupun restoran. Dinding oven ini terdiri dari dua lapis dan sekaligus mempunyai elemen pemanas di bagian atas dan bawah.

– Oven KBO-350RA
Oven model ini mempunyai fungsi yang komplit, mulai dari Rotisserie, timer, temperatur control, sampai dibekali dengan kapasitas yang jauh lebih besar, yakni 35 liter. Dengan begitu, kamu bisa memanggang ikan, daging, atau makanan lainnya dalam jumlah besar di oven ini. Jadi, oven ini amat cocok buat kamu yang mempunyai jumlah keluarga yang besar atau untuk kamu yang menggeluti bisnis kuliner.

Varian Oven KirinHarga per Oktober 2019
Oven KBO-600RA Rp 1.528.000,-
Oven KBO-350RA Rp 1.264.000,-

Tips membersihkan Oven

1. Lepaskan rak oven
Buka oven kamu dan keluarkan rak yang ada di dalamnya. Pada permukaan rak itu pasti sudah menempel noda dan kotoran bekas pemanggangan. Pisahkan rak-rak itu kemudian rendam di dalam ember berisi air hangat yang sudah dicampur sabun cuci piring selama beberapa menit.

2. Gunakan baking soda
Untuk membersihkan bagian dalam oven, kamu bisa memakai baking soda. Caranya, campurkan baking soda dengan segelas air di dalam botol semprot. Kocok sampai larut. Kemudian, semprotkan larutan tersebut ke dalam oven dan diamkan sejenak sampai kotoran berbentuk kerak bisa terangkat. Setelah kerak terlihat mulai melunak, lap dengan kain bersih yang sudah dibasahi terlebih dulu.

3. Gunakan lemon
Sari air lemon juga bisa dipakai untuk membersihkan noda karat yang menempel di dalam oven. Caranya, campurkan setengah gelas sari air lemon dengan satu gelas air, kemudian aduk sampai rata. Masukkan campuran ini ke dalam wadah besar lalu masukkan ke dalam oven dan hidupkan pada suhu tinggi selama 5 menit.

4. Gunakan campuran cuka dan garam
Campuran cuka dan garam juga mampu membersihkan oven listrik dari noda makanan dan karat. Langkahnya, campurkan garam dan cuka masing-masing 4 sendok ke dalam botol semprot. Kemudian, kamu tambahkan air secukupnya. Kocok botol tersebut sampai cuka dan garam larut. Larutan itu kemudian kamu semprot ke seluruh bagian oven secara merata.

5. Gunakan kulit jeruk nipis
Menghilangkan noda dan kerak pada oven juga bisa dilakukan dengan memakai kulit jeruk nipis. Caranya, masukkan beberapa buah kulit jeruk nipis ke wadah tahan api yang telah diisi dengan air, kemudian masukkan ke dalam oven dan nyalakan pada suhu 175 derajat celcius selama 25 menit.

Pilih Mana: Oven Cosmos atau Oven Kirin?

Oven CosmosOven Kirin
Kelebihan- Dilengkapi crumb tray dan fish grill - Mempunyai kapasitas 26 liter - Mempunyai 6 pilihan pengaturan panas - Hemat listrik - Awet tahan lama - Desain mewah
Kekurangan- Varian warna kurang banyak - Memiliki ukuran yang besar - Gerai resmi masih sedikit - Harga mahal - Rotisserie yang hanya untuk ikan - Memiliki bobot yang berat

Kesimpulan

Oven Cosmos dan Oven Kirin tentunya sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Beberapa kelebihan dan kekurangan yang ada di dalamnya tentunya menjadi nilai tersendiri yang harus diterima karena nyatanya semua alat masak tidak ada yang sempurna. Tentukan pilihan oven kamu sesuai dengan selera dan kebutuhan ya. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Oven Cosmos vs Oven Kirin

VS

Leave a Reply