Home

Pilih Mana: Oven Listrik atau Gas?

Bagi Anda yang suka dengan aktivitas memasak seperti memasak kue pasti tidak asing lagi dengan alat yang bernama oven. Oven ini juga memiliki beberapa jenis, dua di antara jenis oven ini adalah oven listrik dan oven gas. Jika Anda ingin memiliki oven untuk memasak kue, manakah yang lebih baik untuk digunakan? Oven listrik atau gas?

Oven listrik dan oven gas memiliki fungsi dasar yang sama, yaitu berfungsi untuk memasak kue. Oven listrik merupakan oven yang menggunakan listrik sebagai sumber yang menghasilkan panas. Dilihat dari ukurannya, oven listrik memiliki kapasitas yang lebih kecil sehingga mudah untuk diletakkan di mana saja. Sedangkan oven gas menggunakan api untuk menghasilkan panas. Dilihat dari ukurannya, oven gas memiliki kapasitas yang lebih besar sehingga membutuhkan ruang yang lebih besar.

Baca juga Pilih Mana: Blender atau Juicer?

Oven Listrik

Open listrik merupakan alat yang digunakan untuk memasak atau memanggang kue yang panasnya bukan dihasilkan dari api. Panas yang dihasilkan berasal dari aliran listrik. Banyak orang yang menyukai penggunaan oven listrik ini sebab lebih praktis untuk digunakan.

Kelebihan Oven Listrik

Berikut beberapa kelebihan oven listrik yang perlu Anda ketahui:

  • Tidak Menggunakan Banyak Ruangan

Salah satu kelebihan oven listrik adalah hemat ruangan karena tidak membutuhkan ruangan yang besar untuk meletakkan perlengkapan lainnya. Anda cukup meletakkan oven listrik ini saja karena tidak memerlukan penggunaan gas.

  • Dapat Diatur Secara Otomatis

Kelebihan lain yang dimiliki kompor listrik ini adalah dilengkapi dengan fitur yang lengkap untuk memanggang. Anda dapat mengatur secara otomatis kondisi panas di dalam oven tersebut sesuai dengan keinginan pengguna.

  • Relatif Lebih Aman Digunakan

Oven listrik juga lebih aman digunakan dan terhindar dari kemungkinan meledaknya gas. Anda tidak perlu khawatir dalam menggunakan oven listrik ini karena Anda juga dapat mengatur waktu agar oven listrik dapat mati secara otomatis sesuai waktu yang telah Anda atur.

Kekurangan Oven Listrik

Berikut beberapa kekurangan oven listrik yang perlu Anda ketahui:

  • Membutuhkan Daya Listrik yang Cukup Besar

Untuk menggunakan oven listrik, Anda perlu memiliki kapasitas listrik yang lebih besar daripada konsumsi listrik yang dibutuhkan. Dengan demikian, Anda perlu melihat seberapa besar listrik yang terpasang pada rumah Anda. Penggunaan daya listrik saat menggunakan oven ini juga cukup besar. Oven listrik juga menghasilkan beberapa jenis pengapian, dikutip dari Oketekno.com ketiga jenis pengapian tersebut mengonsumsi daya listrik yang berbeda, konsumsi daya listrik yang paling besar ialah pada pengapian jenis api atas bawah.

  • Lebih Mudah Rusak

Kekurangan lain yang dimiliki oven listrik adalah kurang tahan lama dan lebih mudah rusak. Banyak yang mengeluhkan hal ini, sebab hanya dalam waktu 1 tahun dan 2 tahun oven listrik ini sudah memiliki kendala. Namun, hal ini juga tergantung dari perawatan Anda.

  • Kurang Cocok untuk Produksi yang Banyak

Kapasitas oven listrik juga lebih kecil daripada oven gas, sehingga tidak cocok untuk produksi yang lebih besar dan lebih banyak. Jika Anda membutuhkan oven untuk produksi yang besar, sebaiknya Anda menggunakan oven gas daripada oven listrik.

Kelebihan Oven Listrik Kekurangan Oven Listrik
- Tidak menggunakan banyak ruangan - Membutuhkan daya listrik yang cukup besar
- Dapat diatur secara otomatis - Lebih mudah rusak
- Relatif lebih aman digunakan - Kurang cocok untuk produksi yang banyak

Oven Gas

Oven gas merupakan alat yang digunakan untuk memanggang atau memasak kue yang panasnya dihasilkan dari api dan menggunakan gas. Oven gas memiliki kapasitas yang lebih besar dan membutuhkan ruang yang besar pula untuk penempatannya.

Kelebihan Oven Gas

Berikut beberapa kelebihan oven gas yang perlu Anda ketahui:

  • Penggunaan Gas Lebih Hemat

Salah satu kelebihan oven gas adalah tidak terlalu banyak dalam mengonsumsi gas. Hal ini dikarenakan gas yang dipakai akan diatur secara otomatis oleh valve pada oven. Karena itulah, Anda tidak perlu khawatir gas Anda cepat habis saat menggunakan oven gas ini.

  • Memiliki Kapasitas yang Besar

Kelebihan lain yang dimiliki oven gas adalah memiliki kapasitas dan ruang yang besar. dengan kapasitas yang besar ini, Anda dapat memproduksi kue ataupun lebih banyak. Oven gas ini juga cocok dipakai untuk memasak kue untuk acara-acara tertentu.

  • Lebih Awet dan Tahan Lama

Selain memiliki kapasitas yang besar, oven gas juga merupakan oven yang lebih awet dan tahan lama jika dibandingkan dengan oven listrik. Inilah yang membuat banyak orang menyukai oven gas ini untuk aktivitas memasak kue dan masakan lainnya.

Kekurangan Oven Gas

Berikut beberapa kekurangan oven gas yang perlu Anda ketahui:

  • Membutuhkan Ruang yang Besar

Karena memiliki kapasitas yang besar dan membutuhkan gas untuk penggunaannya, oven gas membutuhkan ruang yang lebih besar untuk meletakkannya dan pengoperasiannya. Hal ini kadang menjadi masalah bagi orang-orang yang memiliki ukuran rumah atau dapur yang standar.

  • Harga Relatif Lebih Mahal

Kekurangan lain yang dimiliki oleh oven gas adalah harga yang ditawarkan lebih mahal daripada oven listrik. Namun, hal ini wajar saja mengingat oven gas memberikan kapasitas dan lebih tahan lama dan awet daripada oven listrik.

  • Kurang Aman Karena Menggunakan Gas

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oven gas adalah kurang aman sebab menggunakan gas. Dengan demikian, Anda perlu waspada saat mengoperasikan oven gas atau alat apapun yang terhubung dengan gas. Sebab telah banyak kasus kebakaran yang disebabkan oleh penggunaan gas ini.

Kelebihan Oven Gas Kekurangan Oven Gas
- Penggunaan gas lebih hemat - Membutuhkan ruang yang besar
- Memiliki kapasitas yang besar - Harga relatif lebih mahal
- Lebih awet dan tahan lama - Kurang aman karena menggunakan gas

Pilih Mana: Oven Listrik atau Gas?

Di atas telah dijelaskan perbedaan antara oven listrik dan oven gas. Berikut merupakan rangkuman perbedaan kedua jenis oven tersebut:

Oven Listrik Oven Gas
- Menggunakan listrik untuk menghasilkan panas - Menggunakan api untuk menghasilkan panas
- Tidak membutuhkan ruang yang besar - Membutuhkan ruang yang besar
- Lebih cepat rusak- Lebih awet dan tahan lama

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai oven listrik dan oven gas di atas dapat diketahui bahwa oven gas memiliki kapasitas dan daya tahan yang lebih baik daripada oven listrik. Namun, oven gas memiliki harga yang lebih mahal dan membutuhkan tempat yang lebih besar. Anda juga perlu menentukan tujuan sebelum memilih jenis oven yang akan digunakan. Jika Anda memiliki aktivitas rutin dalam membuat kue dengan produksi yang banyak, maka sebaiknya Anda menggunakan oven gas. Tapi jika Anda tidak terlalu rutin dalam memproduksi kue dan memiliki ruang yang terbatas, sebaiknya Anda menggunakan oven listrik.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Oven Listrik vs Gas

VS

Leave a Reply