HomeMasak

Pilih Mana: Oven Listrik atau Tangkring?

Oven kue atau alat pemanggang menjadi salah satu alat penting dalam pembuatan kue seperti kue kering, roti, bolu dan masih banyak kue lainnya. Ada beberapa jenis oven yang ada saat ini yaitu, Oven konvensional, Oven konveksi, Oven tangkring dan Oven listrik.

Pada artikel selera.id kali ini kami akan membandingkan kedua jenis oven yaitu Oven Listrik dan oven Tangkring, untuk memberikan informasi lebih bagi kalian yang sedang bingung dalam memilih kedua jenis oven antara Oven Listrik dan Tangkring.

Oven Listrik

Oven listrik dapat terbilang adalah oven yang paling praktis dan serbaguna. Anda hanya tinggal mencolokkan ke sumber listrik dan memasukkan apa yang ingin Anda panggang. Saat ini dari jenis oven listrik sendiri sudah banyak variasinya. Mulai dari ukuran hingga oven listrik yang merangkap microwave. Baca juga Pilih Mana: Oven Listrik atau Gas?

Oven listrik memiliki keunggulan utama yaitu seperti pengaturan suhu dan juga waktunya. Hanya dengan menekan tombol suhu dan waktu, kamu bisa mengerjakan hal lainnya sambil menunggu matang.

Selain itu, oven listrik juga memiliki tombol otomatis yang bisa kita set sesuai dengan apa yang akan kita panggang. Kamu bisa menyesuaikan oven listrik apa yang cocok dan sesuai dengan kebutuhanmu. Panas dari oven listrik juga bisa dikombinasikan seperti untuk api atas saja, api bawah saja atau keduanya.

Kelebihan Oven Listrik

  • Penggunaan yang aman dan praktis
    Oven listrik juga lebih aman digunakan dan terhindar dari kemungkinan meledaknya gas. Anda tidak perlu khawatir dalam menggunakan oven listrik ini karena Anda juga dapat mengatur waktu agar oven listrik dapat mati secara otomatis sesuai waktu yang telah Anda atur.
  • Menghemat ruangan
    Salah satu kelebihan oven listrik adalah hemat ruangan karena tidak membutuhkan ruangan yang besar untuk meletakkan perlengkapan lainnya. Anda cukup meletakkan oven listrik ini saja karena tidak memerlukan penggunaan gas.
  • Dapat diatur otomatis
    Kelebihan lain yang dimiliki kompor listrik ini adalah dilengkapi dengan fitur yang lengkap untuk memanggang. Anda dapat mengatur secara otomatis kondisi panas di dalam oven tersebut sesuai dengan keinginan pengguna.

Kekurangan Oven Listrik

  • Kurang cocok untuk produksi yang banyak
    Kapasitas oven listrik juga lebih kecil, sehingga tidak cocok untuk produksi yang lebih besar dan lebih banyak. Oleh sebab itu, Oven listrik hanya cocok digunakan untuk kebuthan masak rumahan.
  • Mengonsumsi daya listrik yang cukup besar
    Untuk menggunakan oven listrik, Anda perlu memiliki kapasitas listrik yang lebih besar daripada konsumsi listrik yang dibutuhkan. Dengan demikian, Anda perlu melihat seberapa besar listrik yang terpasang pada rumah Anda. Penggunaan daya listrik saat menggunakan oven ini juga cukup besar.
  • Rentan rusak
    Kekurangan terakhir yang dimiliki oven listrik yaitu rentan rusak. Banyak yang mengeluhkan hal ini, sebab hanya dalam waktu 1 tahun dan 2 tahun oven listrik ini sudah memiliki kendala. Namun, hal ini juga tergantung dari perawatan yang Anda lakukan. Tentunya, Oven listrik ini membutuhkan perawatan ekstra.

Oven Tangkring

Oven tangkring ini maksudnya yaitu oven yang ‘nangkring’ di atas kompor, dengan bertumpu di atas sumber panas yang lain untuk melakukan proses panggang, seperti kompor atau bara api. Oven tangkring atau yang kerap disingkat menjadi otang ini biasanya terbuat dari besi atau alumunium.

Dari beragam jenis oven yang ada, oven ini merupakan yang paling terjangkau dari jenis oven lainnya. Ini cocok untuk pemula yang ingin melatih kemampuan baking. Selain itu, oven ini juga mudah dipindahkan, serta memiliki kemampuan lebih cepat panas daripada oven listrik. Namun oven jenis ini memiliki kekurangan tidak adanya penunjuk suhu sehingga kamu harus siap-siap memakai insting untuk menebak suhu oven.

Anda harus menggunakan termometer suhu secara terpisah, dan harus selalu untuk mengecek alat pengukur tersebut di bagian panggangnya karena ada jenis oven tangkring yang panasnya tidak merata.

Oven tangkring dapat digunakan untuk memanggang cake, brownies, lasagna, pizza hingga roti. Tipsnya, Anda dapat menggunakan api besar untuk memanggang roti. Sedangkan untuk cake, kue kering, pizza, dan schotel, bisa pakai pengaturan antara api kecil dan sedang.

Kelebihan Oven Tangkring

  • Harganya terjangkau
    Bagi kalian yang baru ingin belajar masak dan membutuhkan oven, kalian dapat mencoba menggunakan oven tangkring ini, karena oven ini dibandrol dengan harga yang relatif murah berkisar antara Rp 200 ribu-Rp 400 ribu saja.
  • Biaya sumber energinya juga cukup murah
    Kelebihan yang lainnya dari oven tangkring ini yaitu biaya sumber energinya yang cukup murah dapat menggunakan bantuan kompor dan tabung gas. Berbeda dengan oven listrik yang menggunakan sumber energi dari listrik, dan oven tangkring ini juga dapat digunakan kapanpun seperti saat mati lampu.
  • Dapat digunakan dalam jumlah produksi yang besar
    Bentuknya lebih besar dan lebar dibandingkan oven listrik, sehingga memuat lebih banyak loyang saat pemanggangan sehingga cocok digunakan jika ingin memproduksi makanan dalam jumlah besar.

Kekurangan Oven Tangkring

  • Beberapa tidak ada petunjuk suhu
    Ada beberapa oven tangkring yang memiliki penunjuk suhu (termometer), ada juga yang tidak. Anda bisa beli termometer secara terpisah. Namun kalau tidak, Anda harus siap-siap memakai insting untuk menebak suhu, ya.
  • Penggunaan yang cukup rumit
    Bagi yang memakai termometer, harus rajin-rajin cek bahan panggangnya karena ada jenis otang yang panasnya tidak merata. Selain itu, terkadang suhu di termometer terlihat lebih tinggi dari suhu dalam oven.
  • Posisi harus tepat dengan sumber panas 
    Oven tangkring harus disangga agar berdiri kokoh dan stabil. Selain itu, penempatannya harus benar-benar di tengah kompor. Kalau tidak, panggang apapun tidak akan matang sesuai harapan.
Spesifikasi Oven Listrik Oven Tangkring
Sumber energi Listrik Kompor dan tabung gas
Harga yang dibandrol per Oktober 2019Rp. 500.000 - Rp. 10.000.000++Rp 200.000 - Rp 400.000
Hal yang paling diunggulkan Penggunaan yang praktis dan dapat diatur otomatis. Harga yang terjangkau dan dapat digunakan dalam proses produksi yang besar.

Tips Membersihkan dan Merawat Oven

1. Gunakan produk khusus pembersih oven
Perlu Anda ketahui, membersihkan oven dengan air saja tidak akan maksimal karena kebanyakan kotoran yang menempel pada oven biasanya menempel kuat dan sulit dibersihkan. Disarankan, Anda menggunakan produk khusus pembersih oven yang bisa dengan mudah Anda temukan di supermarket maupun di online store seperti di Shopee.

Untuk mempermudah pekerjaan Anda, carilah produk berbentuk cair yang tinggal semprot atau tuang saat digunakan. Atau jika noda pada oven sangat membandel, Anda dapat membeli produk berbentuk krim yang kental.

2. Gunakan campuran bahan-bahan alami
Jika Anda tidak sempat berbelanja, Anda juga dapat menggunakan bahan-bahan yang ada di dapur untuk membersihkan oven. Anda dapat membuat pasta dari campuran cuka, soda kue, dan sabun pencuci piring. Setelah itu, gunakan lap basah untuk membersihkan sisa sabun sampai benar-benar bersih. Tak perlu khawatir pada bau cuka yang biasanya akan menempel pada oven, karena bau tersebut akan menghilang secara perlahan.

3. Bersihkan bagian dalam oven
Salah satu bagian terpenting dalam oven yaitu bagian dalamnya, terutama bagian kaca dalam oven. Karena jika kaca buram, Anda akan kesulitan melihat proses pemanggangan kue. Bersihkan bagian dalam tersebut dengan lembut, lalu usap dengan lap basah. Setelah itu, usap kembali dengan lap kering agar oven tidak lembab.

4. Bersihkan rak dalam oven
Meskipun terlihat sepele, tapi ternyata bagian rak oven ini juga sangat penting untuk dibersihkan, Karena bagian rak ini rentan terkena tumpahan adonan kue sehingga menimbulkan karat. Untuk membersihkan rak oven ini, anda hanya perlu mengeluarkannya dari oven dan cuci bersih. Jika rak berkerak, bersihkan dengan spons kawat yang lembut agar nantinya rak tidak berkarat.

Tapi ingat, jangan sekalipun membersihkan rak dengan benda tajam seperti pisau, karena akan menggores permukaan rak. Setelah rak bersih keringkan dengan lap sampai kering lalu masukan kembali ke oven.

Pilih Mana: Oven Listrik atau Tangkring?

Oven Listrik Oven Tangkring
Kelebihan- Penggunaan yang aman dan praktis - Menghemat ruangan - Dapat diatur otomatis - Harganya terjangkau - Biaya sumber energinya juga cukup murah - Dapat digunakan dalam jumlah produksi yang besar
Kekurangan- Kurang cocok untuk produksi yang banyak - Mengonsumsi daya listrik yang cukup besar - Rentan rusak - Beberapa tidak ada petunjuk suhu - Penggunaan yang cukup rumit - Posisi harus tepat dengan sumber panas 

Kesimpulan

Berdasarkan artikel di atas dapat kita simpulkan bahwa jenis oven listrik dan tangkring memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Seperti pada oven listrik yang pemakaiannya cukup praktis dan serba otomatis namun membutuhkan daya listrik yang cukup besar, Sedangkan untuk oven tangkring yang hemat sumber energi dan harga yang terjangkau namun pemakaiannya masih manual, Tetapi jika kalian baru ingin belajar masak dapat kami sarankan untuk menggunakan oven tangkring terlebih dahulu ya!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Oven Listrik vs Oven Tangkring

VS

 

Leave a Reply