AplikasiLayanan

Pilih Mana: Ovo atau Gopay?

Semakin hari zaman akan semakin modern, seperti halnya tentang tempat penyimpanan uang. Sudah banyak aplikasi-aplikasi yang dapat menyimpan uang dalam bentuk saldo elektronik. Seperti aplikasi Ovo dan Gopay, sudah pasti kamu tahu kan aplikasi kedua ini? Ya, Ovo dan Gopay sudah banyak sekali peminat untuk menggunakannya, karena dengan menggunakannya tidak hanya tempat menyimpan uang tetapi banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Disini saya akan menjelaskan pengertian dari kedua aplikasi tersebut. Dan juga penjelasan mengenai pembayaran apa saja yang dapat dilakukan dengan kedua aplikasi tersebut. Yuk dibaca artikel dibawah ini.

Ovo

Ovo adalah aplikasi smart yang akan memberikan kemudahan dalam bertransaksi(Ovo Cash) dan juga kesempatan yang lebih besar untuk mengumpulkan poin di banyak tempat(Ovo Points). Dompet elektronik adalah layanan elektronik untuk menyimpan data instrumen pembayaran antara lain alat pembayaran dengan menggunakan kartu dan atau atau uang elektronik, yang bisa juga menampung dana, untuk melaksanakan pembayaran. Baca juga Pilih Mana: LinkAja atau DANA?

Dompet elektronik lebih sering di dengar dengan sebutan e- wallet, dompet digital, digital wallet ataupun electronic wallet. Secara umum, Ovo Cash bisa dipakai untuk berbagai macam pembayaran yang sudah bertugas sama dengan Ovo menjadi lebih cepat. Sedangkan Ovo Points adalah loyalty rewards untuk yang melaksanakan transaksi dengan menggunakan OVO Cash di merchant-merchant rekanan Ovo.

Untuk Ovo Points sendiri, bisa ditukarkan dengan berbagai penawaran menarik hingga ditukarkan dengan transaksi di merchant rekanan Ovo. Ovo menawarkan kemudahan transaksi tanpa mengharuskan nasabahnya membawa cash sangat banyak. Salah satunya cukup dengan menunjukkan aplikasi Ovo yang didalamnya terdapat saldo cash maupun point.

Layanan Pembayaran Ovo

Melakukan transaksi online atau offline di merchant- merchant yang bekerja sama dengan Ovo.
Pembayaran parkir di tempat- tempat yang bekerjasama dengan Ovo.
Pembelian pulsa telepon.
Pembayaran di layanan aplikasi GRAB.
Gratis Transfer ke seluruh Bank( Upgrade ke OVO Premier)
Top up Ovo Cash melalui ATM, m- Banking, Internet Banking, Debit Card ataupun lewat merchant rekanan pilihan.
Bayar tagihan listrik, telepon, internet atau asuransi.
Isi pulsa menggunakan Ovo cash.
Melakukan kegiatan donasi.
Melakukan investasi dengan Ovo invest.

Cara Penggunaan Pembayaran Ovo

Ovo menggunakan 2 sistem pembayaran, yang pertama menggunakan barcode, yang kedua adalah lewat nomor telepon. Umumnya sistem barcode akan digunakan untuk membayar parkir. Pada tiket parkir, akan tertera suatu barcode, kemudian pada aplikasi Ovo, pilih“Scan” dan kemudian ikuti instruksi pembayaran.

Dengan cara yang sangat mudah ini, kamu bisa membayar parkir tanpa butuh mengantri lama. Sistem pembayaran yang kedua sering ditemui di tempat belanja, restoran atau pasar swalayan. Pada saat pembayaran, kasir akan meminta nomor telepon kamu yang terdaftar di aplikasi Ovo.

Setelah itu, sistem akan mengirimkan notifikasi ke aplikasi Ovo kamu. Bila tidak muncul secara otomatis, kamu bisa melihat notifikasi melalui tanda bergambar lonceng di kanan atas. Setelah itu, pilih pembayaran menggunakan Ovo Cash ataupun Ovo Points dan ikuti instruksi. Pembayaran Kamu akan diterima secara otomatis oleh merchant dan Kamu tidak butuh menunggu lamban.

Gopay

Gopay atau yang sebelumnya disebut sebagai Go Wallet adalah dompet virtual untuk menaruh di Gojek Credit kamu yang dapat digunakan untuk membayar transaksi-transaksi yang berkaitan dengan layanan di dalam aplikasi Gojek.

 

Agar dapat menggunakan Gopay, kamu butuh memastikan bahwa saldo di dalam Gopay, Gojek kamu mencukupi untuk melakukan pembayaran. Tetapi jika saldo kamu tidak mencukupi, di Gojek menyediakan layanan pembayaran parsial, dimana Kamu dapat membayar dengan saldo Gopay, kemudian sisanya bisa dibayarkan dengan uang tunai.

Saldo Gopay dapat digunakan buat membayar biaya pengantaran dan atau biaya produk yang dipakai di dalam aplikasi Gojek seperti Go-Ride transport untuk Go-Busway, membeli makanan di Go-Food, membayar produk berbelanja di Go-Mart, proses pindah barang di Go-Box, dan pengiriman barang dengan Go-Send.

Layanan Pembayaran Gopay

Pembayaran transportasi atau antar jemput(Go-Ride, Go-Car)
Pembayaran layanan pesan antar makanan(Go-Food).
Pembayaran layanan pengiriman atau angkutan barang( Go-Send dan Go Box).
Pembayaran layanan booking dan pembelian tiket bioskop(Go-Tix).
Pembayaran layanan petugas kebersihan(Go-Clean).
Pembayaran layanan pembelian pulsa(Go-Pulsa).
Pembayaran layanan jasa belanja(Go-Mart dan Go-Shop).
Pembayaran tagihan listrik, BPJS, Voucher Google Play, Multifinance, dan Internet dan juga Kabel Televisi(Go-Bills).
Transfer saldo ke sesama pengguna(Gopay Transfer)(hanya untuk Verified Account).
Penarikan saldo(Gopay Withdrawal)(hanya untuk Verified Account).

Cara Penggunaan Pembayaran Gopay

Cara penggunaan untuk pembayaran di Gopay sangat mudah, kamu secara otomatis dialihkan ke aplikasi Gojek saat melakukan pembelian di smartphone. Selesaikan pembayaran pada aplikasi Gojek kamu. Transaksi selesai dan saldo Gojek kamu akan berkurang. History transaksi dapat dilihat di history akun Gopay kamu.

Pilih Mana: Ovo atau Gopay?

Ovo Gopay
Kelebihan - Memudahkan kamu saat sedang melakukan pembayaran - Banyak promo yang menarik dengan saat kamu menggunakan Ovo - Belanjaan kamu lebih murah karena adanya discount saat menggunakan Ovo- Mudah saat ingin top-up karena bisa dengan pengemudi Gojek - Dengan Gopay banyak promo menarik saat menggunakan layanannya seperti Go Send dan Go Food - Lebih praktis jika kamu lupa membawa uang cash
Kekurangan - Aplikasi terkadang suka eror - Saat melakukan top-up saldo saldo yang masuk akan lama- Aplikasi terkadang suka eror - Fitur pembayaran lebih sedikit dibandingkan dengan Ovo

Kesimpulan

Sebenarnya Ovo dan Gopay adalah aplikasi dompet elektronik yang memang banyak diminati semua orang, karena dengan aplikasi dompet elektronik tersebut dapat memudahkan kamu bertransaksi ketika kamu belanja, tetapi untuk Ovo kamu harus benar-benar melihat ketika berbelanja karena tidak semua toko akan bisa membayarnya menggunakan Ovo. Ovo mempunyai aplikasinya sendiri dan juga bekerjasama dengan Grab, karena akan memudahkan orang membayar saat menggunakan Grab untuk antar jemput, pesan makanan dan lain sebagainya.

Sedangkan Gopay hanya ada di Gojek tidak ada aplikasi sendiri mengenai Gopay. Tetapi Gopay sama saja seperti Ovo saldo elektroniknya bisa kamu gunakan untuk membayar belanjaan kamu, tetapi harus lihat juga ya jika ada keterangan Gopay di kasir biasanya bisa. Karena tidak semua toko bisa membayar menggunakan Gopay. Jadi intinya keduanya sama saja guys, keuntungan juga sama keduanya bisa mendapatkan voucher dan discount ketika kamu sering bertransaksi. Jadi kamu pilih mana nih? Tentukan pilihan kamu ya.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Ovo vs Gopay

VS

Leave a Reply