Pilih Mana : OVO atau T-Cash?

Loading...

Setelah membahas payment gateway yang membantu Anda dalam berbisnis online di Doku dan Midtrans, kali ini kita akan membahas soal transaksi non tunai. Peralihan transaksi pembayaran digital di era modernisasi terus berkembang. Banyak kalangan yang telah beralih dari uang tunai menjadi non tunai. Selain alasan kepraktisan, menggunakan uang non tunai saat bertransaksi dinilai lebih cepat dibandingkan uang tunai.

Dengan sejumlah keuntungan yang ada, sayang sekali jika keberadaan uang non tunai ini tidak dimanfaatkan dengan optimal. Tentunya setiap uang non tunai punya berbagai promo dan keuntungan khusus member yang dapat membuat pengeluaran lebih irit. Nah, di Indonesia sendiri sudah banyak perusahaan penyedia layanan dompet digital contohnya OVO dan T-Cash. Namun penggunaan uang non tunai ini tentu memiliki kekurangan dan kelebihan seperti yang dibahas di Kompasiana.com.

OVO

Salah satu di antara aplikasi dompet digital yang ada di Indonesia adalah OVO. OVO merupakan aplikasi digital finance terpadu yang dikembangkan LippoX. Aplikasi ini mencoba mengakomodasi berbagai kebutuhan terkait dengan cashless dan mobile payment. OVO saat ini sudah tersedia untuk platform Android dan iOS.

Kelebihan OVO

Berikut kelebihan OVO yang perlu Anda ketahui :

  • Loyalty Rewards

Salah satu kelebihan OVO adalah adanya sistem poin sebagai loyalty rewards yang diperoleh oleh pengguna OVO. OVO menggunakan sistem poin reward yang disebut dengan OVO Point untuk menjaga dan meningkatkan transaksi pengguna agar tetap terus menggunakan OVO. Seluruh poin yang telah diperoleh pengguna dapat diakumulasikan dan dibelanjakan di seluruh merchant.

  • Top Up Saldo Mudah

Top up saldo OVO Cash sangat mudah karena dapat melalui berbagai bank maupun merchant yang bekerja sama dengan OVO contohnya Grab. Top up saldo OVO dapat dilakukan melalui m-banking, debit, dan Grab (khusus debit online dapat isi ulang hanya memasukan 16 digit kartu atau bisa melalui virtual Grab di bank BCA tanpa tambahan biaya). Saldo OVO dan Grab terhubung secara langsung sehingga OVO Cash dan koin dapat juga digunakan pengguna Grab.

  • Cashback dan Potongan Harga

OVO menawarkan banyak promo cashback sampai 30% dan potongan harga bagi pengguna yang mau berbelanja di merchant OVO. Poin dan cashback langsung masuk ke saldo. Selain itu, OVO juga melaksanakan sejumlah program seperti parkir hanya Rp. 1, minum dum-dum hanya Rp. 1, dll. Khusus pengguna Grab yang pertama kali mengaktifkan OVO, transaksi pertama cashback 100% maksimal Rp. 25.000 selanjutnya dapat cashback 10%.

Kekurangan OVO

Berikut kekurangan OVO yang perlu Anda ketahui :

Loading...
  • Kurang Populer

Jika dibandingkan dengan T-Cash, OVO masih kurang populer. Hal ini disebabkan karena OVO terbilang masih baru dalam dunia bisnis uang elektronik.

  • Kerja Sama Belum Luas

Selain kurang populer, OVO juga belum menggiatkan kerja sama dengan banyak perusahaan, sehingga merchant yang bekerja sama dengan OVO masih terbilang sedikit. Hal ini sedikit merugikan pengguna OVO sebab promo yang ditawarkan karena kerja sama dengan merchant tidak sebanyak T-Cash.

  • Layanan Tagihan Belum Lengkap

Layanan tagihan yang ditawarkan oleh OVO dinilai belum lengkap karena belum tersedia pembayaran BPJS Ketenagakerjaan, dan PBB.

Kelebihan OVOKekurangan OVO
- Loyalty Rewards- Kurang Populer
- Top Up Saldo Mudah- Kerja Sama Belum Luas
- Cashback dan Potongan Harga- Layanan Tagihan Belum Lengkap

T-Cash

T-Cash merupakan layanan e-money atau uang elektronik dari Telkomsel dimana kamu bisa menyimpan uang non tunai di ponsel. Secara general, T-Cash adalah payment gateway dalam melakukan transaksi di merchant-merchant tertentu. Misalkan Anda ingin membeli makanan cukup dengan membawa ponsel dan memberikannya ke kasir, Anda dapat membayar makanan dengan saldo T-Cash karena nomor Telkomsel yang sudah registrasi di T-Cash akan otomatis menjadi rekening tempat Anda menyimpan uang.

Kelebihan T-Cash

Berikut kelebihan T-Cash yang perlu Anda ketahui :

  • Banyak Promo

T-Cash bekerja sama dengan banyak perusahaan sehingga banyak sekali promo yang didapatkan oleh pengguna T-Cash. Promo ini diberikan oleh merchant-merchant yang bekerja sama dengan T-Cash. Saat ini sudah terdapat 26 merchant food & beverages dan entertainment. Anda tidak akan rugi pakai T-Cash karena T-Cash menawarkan promo yang selalu menarik setiap bulannya!

  • Dapat Membayar Berbagai Tagihan

Bagi para pengguna T-Cash tak perlu repot-repot membayar tagihan karena T-Cash menyediakan layanan bayar tagihan dengan bebas biaya admin. Adapun jenis tagihan yang disediakan yaitu PLN, PDAM, BPJS, Telkom, Indihome, dan Kartu Halo.

  • Transfer Antar Rekening

Selain layanan bayar tagihan, T-Cash juga menyediakan layanan transfer saldo maupun uang non tunai melalui aplikasi. Layanan transfer ini dapat digunakan untuk sesama pengguna T-Cash maupun transfer menggunakan rekening bank.

Kekurangan T-Cash

Berikut kekurangan T-Cash yang perlu Anda ketahui :

  • Hanya Dapat Digunakan Pengguna Telkomsel

T-Cash merupakan layanan uang elektronik dari provider Telkomsel sehingga layanan ini hanya dapat digunakan oleh pengguna provider Telkomsel saja.

  • Layanan Terbatas

Uang elektronik memiliki layanan yang terbatas. Jika ingin berbelanja di merchant yang tidak ada ikatan kerja sama dengan T-Cash, pengguna harus rela mengeluarkan dompet untuk melakukan pembayaran tunai.

  • Tidak Tersedia Program Parkir

Tidak seperti pesaingnya OVO, T-Cash tidak menyediakan layanan program parkir. Hal ini sedikit merugikan pengguna yang menggunakan jasa parkir contohnya di mall yang dapat memakan biaya sampai sepuluh ribu rupiah.

Kelebihan T-CashKekurangan T-Cash
- Banyak Promo- Hanya Dapat Digunakan Pengguna Telkomsel
- Dapat Membayar Berbagai Tagihan- Layanan Terbatas
- Transfer Antar Rekening- Tidak Tersedia Program Parkir

Pilih Mana : OVO atau T-Cash?

Di atas telah dijabarkan mengenai perbedaan OVO dan T-Cash menurut kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk lebih jelasnya, kami merangkum perbedaan tersebut dalam tabel berikut ini :

OVOT-Cash
- Top Up Saldo Mudah- Dapat Membayar Berbagai Tagihan
- Cashback dan Potongan Harga- Transfer Antar Rekening
- Kerja Sama Belum Luas- Hanya Dapat Digunakan Pengguna Telkomsel

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai perbandingan antara OVO dan T-Cash, dapat kita simpulkan bahwa keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun kami lebih menyarankan OVO karena selain top up saldonya mudah, OVO juga dapat digunakan oleh semua jenis provider.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

OVO vs T-Cash

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *