Layanan

Pilih Mana: OYO atau Airy?

Saat ini mencari penginapan dan hotel pun semakin mudah karena kemudahan teknologi yang ada. Ada berbagai aplikasi pencarian hotel yang memungkinkan penggunanya mencari hotel hanya dari smartphone genggamnya. Salah satu aplikasinya penginapan atau hotel murah yang sudah mengusung aplikasi dalam pemesannya yaitu OYO atau Airy.

Untuk teknis pemesanan keduanya terbilang hampir serupa OYO atau Airy. Namun, dari tampilan aplikasi maupun beberapa fasilitas yang ada membuat keduanya terlihat sangat berbeda. Apa saja perbedaan yang ada pada OYO maupun Airy?  Dan juga kami akan memberikan beberapa tip untuk memilih hotel murah dan nyaman untul liburan lho! Yuk jangan sampai ketinggalan langsung saja kita lihat pada artikel dibawah!

OYO

OYO Rooms merupakan jaringan hotel murah asal India yang menginspirasi banyak startup seperti Airy Rooms, ZenRooms dan RedDoorz bermunculan di Tanah Air. Sejak diresmikan tahun 2018, PT Oyo Rooms Indonesia Operasional berhasil menggandeng puluhan pemilik properti di Jakarta, Surabaya dan Palembang. Properti yang dipilih tentu tidak asal, tapi mempertimbangkan luas kamar tidur, kamar mandi dan tentu lokasi yang harus strategis. Baca juga Pilih Mana: RedDoorz atau Airy Rooms?

OYO  resmi hadir di Indonesia pada 18 Oktober 2018. Sebagai permulaan, OYO Hotels baru beroperasi di tiga kota, yaitu Jakarta, Surabaya, dan Palembang, dengan jumlah mencapai 1.000 kamar hotel dan masih menyasar kota-kota lain pada 2019.

Kelebihan OYO

  • Lebih mudah dipantau
    OYO app yang dipegang oleh pemilik hotel dapat membuat pemilik dapat langsung memantau operasional bisnis hotelnya, memantau performa hotel, dan juga memantau keuangannya. Selain hal hal seperti diatas tadi, pemilik hotel juga dapat segera mendapatkan informasi mengenai review pelanggan.
  • Promo yang menggiurkan
    Karena OYO rooms indonesia masih baru, jadi anda masih bisa menemukan diskon lumayan gede bahkan hingga 50%. Dan selain itu menyediakan reward point yang bisa dipakai untuk diskon harga kamar.
  • Tersedia air minum gratis
    Air minum gratis selalu disediakan di tiap kamar OYO, jadi kalian yang haus setelah melakukan perjalanan jauh bisa menikmati air minum tersebut tanpa perlu sibuk keluar hotel mencari air minum. Sama seperti perlengkapan mandi, air minum tersebut akan direfill atau akan diberikan lagi tiap harinya ketika kamu menginap di kamar OYO lebih dari satu malam.

Kekurangan OYO

  • Layanan yang disediakan bisa dihubungi oleh pelanggan hanya via telphone
    Layanan Ini tidak efisien sama sekali, Di aplikasi tidak ditemukan layanan tanya jawab live ya semacam chat dan di website juga tidak ada layanan chat. Oleh sebab itu ketika menelpon membutuhkan biaya tambahan yang lumayan mahal.
  • Masih terdapat bugs pada aplikasi 
    Aplikasi OYO rooms yang tersedia masih ada bugs, pada bagian menu profile, sub menu your city dan city on id card ini bermasalah untuk input dan save data yang cukup lama. Mungkin ini karena OYO masih baru dan dalam tahap pengembangan.
  • Gambar di aplikasi tidak sesuai dengan asli
    Beberapa gambar yang ada pada aplikasi pemesanan sangat berbanding jauh saat kita datang ke OYO nya langsung. Tetapi kita bisa komplain untuk mendapatkan kualitas yang baik.

Airy

Airy merupakan sebagai salah satu jaringan akomodasi terpercaya di Indonesia, Airy Rooms menawarkan harga terbaik, mulai dari Rp150.000 saja per malam. Bahkan, fasilitas yang Anda butuhkan saat mencari penginapan dapat dipenuhi dengan mudah oleh Airy Rooms. Airy Rooms memberikan 7 jaminan kenyamanan di setiap kamar yang ditawarkan.

Terdapat Airy Eco (guest house, residence, cocok untuk backpacker), Airy Standard (hotel bintang 1 – 3) dan Airy Premier (hotel mewah dengan lebih terjangkau) seperti tempat tidur yang bersih, AC, TV, Wi-Fi gratis, shower air panas, perlengkapan mandi dan air minum gratis.

Kelebihan Airy

  • Harganya murah
    Dengan sejumlah kenyamanan yang ditawarkan, kamar hotel Airy Rooms juga tersedia dengan harga yang sangat sangat terjangkau, dan terbilang sangat murah, Sebagai jaringan hotel yang paling mengerti akan kebutuhan traveler dari berbagai kalangan, range harga Airy Rooms bisa kamu temui mulai dari harga 100 ribuan aja.
  • Pemesanan yang mudah
    Sebagai jaringan hotel yang berbasis teknologi, Airy Rooms punya produk teknologi terkini yaitu website dan aplikasi mobile yang sengaja dikembangkan, untuk memudahkan kamu mencari dan memesan kamar Airy Rooms cukup lewat sentuhan jari saja. Di aplikasi Airy Rooms, kamu bahkan bisa mencari kamar hotel yang tersedia cukup dengan beberapa langkah mudah saja. Udah gitu, fasilitas pembayarannya juga sangat fleksibel, mulai dari metode transfer atau kartu kredit, semua tersedia. Aplikasi Airy Rooms sudah tersedia untuk Android dan iOS.
  • Kamar yang di desain dengan nyaman
    Selain harga yang murah, kelebihan Airy Rooms adalah kamu akan menikmati kamar nyaman yang dijamin oleh Airy Rooms sendiri. Perlu diketahui, Airy Rooms hanya bekerjasama dengan hotel-hotel budget pilihan terbaik yang tersebar luas di wilayah Indonesia. Setiap kamar Airy Rooms didesain dengan baik, terjamin kenyamanannya dan didukung dengan fasilitas yang lengkap.
Lihat juga:  Pilih Mana: Shopee atau Lazada?

Kekurangan Airy

  • Desain yang kurang menarik
    Untuk desain Airy ini sangat berbeda dengan desain seperti hotel berbintang, karena kamar Airy lebih simple, Namun walaupun desainnya simple untuk kebersihan yang ada cukup di acungi jempol.
  • Fasilitas WiFi yang kadang tidak sampai di kamar
    Untuk fasilitas Wifi yang tersedia pada Airy ini cukup kencang, Namun sayangnya sinyal nya kadang hilang saat memasuki kamar, dan beberapa spot tidak terjangkau oleh WiFi,
  • Pembayaran hanya melalui transfer dan cash
    Beberapa tempat Airy tidak menyediakan mesin debit, Oleh sebab itu jika kalian ingin membayar dan tidak membayar uang cash kalian dapat membayar via transfer, Jika kalian tidak mempunyai m-banking tentunya akan mempersulit ketika pembayaran saat kalian juga tidak membawa uang cash.
Spesifikasi OYO Airy
Asal Negara India Indonesia
Tahun Berdiri Tahun 2013 Tahun 2015
Kantor PusatGurugram, Haryana, IndiaJakarta, Indonesia
Sektor Hotel murahHotel, Akomodasi

Tips Memilih Hotel Nyaman dan Murah untuk Liburan

1. Pilih hotel yang dekat dengan destinasi tujuan
Sebelum kalian memulai liburan ,kalian harus sudah ada daftar destinasi mana saja yang akan dikunjungi. Hal ini penting karena berkaitan dengan pemilihan hotel untuk menginap. Tentunya akan lebih baik jika memilih hotel yang dekat dengan destinasi wisata tujuan.

Jika ada beragam tempat yang akan dituju, maka pemilihan hotel yang paling baik adalah di tengah-tengah destinasi wisata tujuan. Jika letak hotel dekat dengan tempat wisata yang akan dituju, maka tak perlu pusing memikirkan transportasi ke tempat tujuan.

2. Sesuaikan fasilitas hotel dengan kebutuhan
Jika tujuan kalian menginap di hotel hanyalah untuk tempat singgah sementara dan meletakkan barang bawaan, maka pilih hotel yang hanya menawarkan kebutuhan dasar seperti tidur dan mandi. Biasanya hotel yang hanya menyediakan kebutuhan dasar tersebut harganya lebih murah.

Tetap periksa layanan hotel. Tidak jarang hotel dengan harga murah juga memberikan fasilitas tambahan, seperti sarapan pagi.

3. Cek tingkat kenyamanan hotel
Tingkat kenyamanan hotel penting untuk semakin mengoptimalkan saat beristirahat. Sekali lagi melalui kemajuan teknologi, informasi ini sekarang mudah didapatkan. Salah satu caranya adalah melalui kolom review.

Tamu hotel biasanya menulis pendapat mereka mengenai kondisi hotel tempat mereka menginap. Salah satu yang biasanya dibahas adalah tingkat kenyamanan hotel. review itu pun bisa menjadi bahan perimbangan kalian untuk memilih hotel tersebut.

4. Pilih hotel sesuai buget
Setelah mengecek kondisi hotel, satu hal penting yang wajib diperhatikan adalah harga hotel. Saat berlibur, pilih hotel tempat menginap yang harganya sesuai dengan budget yang telah kalian sediakan. Jika terlalu mahal, budget untuk jalan-jalan akan semakin menipis sehingga kurang bebas untuk berwisata.

Dengan memilih hotel dengan harga yang murah, maka budget lebih nya dapat kalian alokasi kan ke beberapa tempat destinasi wisata lain atau membeli oleh oleh tambahan untuk sahabat maupun keluarga lho!

5. Manfaatkan promo dan diskon
Jika kalian ingin mendapat harga hotel yang lebih murah, maka sebaiknya kalian rajin periksa aplikasi pemesanan hotel, Karena tidak jarang pihak hotel atau aplikasi memberikan diskon atau promo sehingga harga hotel pun semakin murah.

Pilih Mana: OYO atau Airy?

OYO Airy
Kelebihan- Lebih mudah dipantau - Promo yang menggiurkan  - Tersedia air minum gratis - Harganya murah - Pemesanan yang mudah - Kamar yang di desain dengan nyaman
Kekurangan- Layanan yang disediakan bisa dihubungi oleh pelanggan hanya via telphone - Masih terdapat bugs pada aplikasi  - Gambar di aplikasi tidak sesuai dengan asli  - Desain yang kurang menarik - Fasilitas WiFi yang kadang tidak sampai di kamar - Pembayaran hanya melalui transfer dan cash 

Kesimpulan

Telah kita bahas mengenai OYO dan Airy pada artikel di atas dan dapat kita lihat kedua nya mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Seperti yang dapat kami simpulkan, jika kalian mencari penginapan atau hotel murah dengan pemesanan yang mudah dan kebersihan serta ada fasilitas WiFi Airy dapat menjadi pilihan kalian, Airy juga ada yang Airy syariah yang sudah terjamin tempatnya untuk umat muslim. OYO juga tidak kalah karena penginapan OYO juga walaupun terhitung baru sudah tersebar di beberapa tempat dengan harga yang cukup terjangkau. Oleh sebab itu sesuaikan dengan kondisi dan lokasi saat kalian liburan ya!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

OYO vs Airy

VS