AplikasiLayanan

Pilih Mana: OYO atau RedDoorz?

Saat kamu berlibur atau kamu berpergian yang mengharuskan kamu untuk menginap disebuah hotel akan membuat kamu harus mempersiapkan mencari hotel yang ada di kota tujuan kamu. Banyaknya aplikasi online untuk mencari hotel tersebut diantaranya OYO dan RedDoorz yang akan memberikan kemudahan kamu untuk memesan hotel yang kamu inginkan.

Dengan aplikasi online memberikan kamu mendapatkan hotel dengan harga yang jauh lebih murah yang dapat membuat kamu jauh lebih hemat. Tetapi juga keduanya terdapat kekurangan masing-masing. Agar kamu lebih mengetahuinya, yuk langsung saja kamu bisa membaca artikel saya kali ini yang menjelaskan mengenai kelebihan dan kekurangan dari OYO dan RedDoorz.

OYO

Sebelum meresmikan kehadiran, pihaknya sudah melakukan berbagai riset kondisi pasar, sosial, hingga regulasinya. Secara perlahan-lahan, OYO mulai merintis kiprahnya dengan badan hukum PT Oyo Rooms Indonesia. Operasional sendiri dimulai sejak pada Februari 2018. Baca juga Pilih Mana: AirBnB atau Hotel?

OYO sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh startup asal India yang bergerak dalam bidang perhotelan. OYO Hotels mengusung konsep konsep baru dibandingkan para kompetitornya.

Kini OYO telah menggandeng lebih dari 30 pemilik properti yang telah terinventarisasi dan 1.000 kamar tersebar di tiga kota, yaitu Jakarta, Surabaya, dan Palembang. Salah satu mitra properti yang dikelola OYO adalah Adhi Persada, anak usaha perusahaan pelat merah Adhi Karya.

Kelebihan OYO

  • Harga kamar hotel menjadi murah
    Kelebihan yang utama dari OYO ini adalah bahwa OYO memang menawarkan pengalaman menginap berkualitas tinggi dengan harga terjangkau dan teknologi terkini. Hal ini menjadi banyak pilihan orang saat ingin memesan kamar hotel.
  • Mengusung manchise
    OYO hotel mengusung manchise, yaitu manajemen franchise. Jadi hal ini dapat memberikan keuntungan lebih bagi para pemilik hotel yang sudah menggunakan aplikasi OYO. Para pemilik hotel tidak perlu repot repot mengiklankan dan membuat tata kelola hotel, karena semua itu sudah dikerjakan oleh OYO. Semua akan menggunakan standar OYO dan pastinya tidak asal karena tim operasional yang ada di dalam OYO Hotel adalah para manajer hotel berbintang yang sudah berpengalaman.
  • Tingkat komunikasi yang cepat
    OYO dapat menyediakan informasi yang lebih lengkap dan akurat pada para calon pelanggan. Hal ini dikarenakan semua manajemen perhotelan sudah ditangani oleh OYO hotel. Berdasarkan data yang dilansir oleh OYO hotel, aplikasi yang dikelolanya ini mampu mengurangi berbagai macam pertanyaan yang diajukan oleh para tamu.

Kekurangan OYO

  • Mitra OYO masih sedikit
    Kekurangan yang pertama dari OYO ini adalah bahwa mitra OYO hotel ini masih sedikit baru hanya ada di beberapa kota saja, mungkin hal ini karena memang OYO baru satu tahun belakangan berdiri.
  • Masih kurangnya promosi
    Kekurangan lainnya adalah masih kurangnya promosi-promosi yang dilakukan berbeda dengan beberapa pesaingnya yang sudah banyaknya promosi-promosi, sehingga belum banyaknya orang mengetahui sistem dari OYO ini.

  • Gambar hotel tidak sesuai dengan di aplikasi
    Kekurangan lainnya terkadang saat kamu ingin memesan OYO di aplikasi terdapat gambar kamar yang bagus, banyak sekali review bahwa saat kamu sudah masuk kamar yang kamu pesan gambar yang di aplikasi tidak sesuai dengan gambar yang aslinya. Wah sangat mengecewakan sekali ya kekurangan satu ini.

RedDoorz

RedDoorz merupakan jaringan penginapan budget online terbesar di Indonesia. Berfokus pada perkembangan penginapan dan distribusi penjualan secara online, RedDoorz akan memilih properti yang berpotensi untuk bekerja sama secara langsung dan terikat komitmen dengan brand RedDoorz.

RedDoorz didirikan oleh Amit Saberwal. Sejak didirikan pada tahun 2015 lalu, sampai saat ini perkembangan bisnis RedDoorz mulai memberikan hasil yang sangat baik dan positif.

Model bisnis RedDoorz adalah kerja sama dengan hotel yang bersifat kecil dan independen dengan mengintegrasikannya ke dalam satu platform serta memberikan staf sejumlah pelatihan pelatihan teknologi serta pelajaran dasar layanan pelanggan, bahasa, dan perawatan ruang untuk memastikan tingkat pelayanan yang seragam di seluruh jaringan.

Kelebihan RedDoorz

  • Kualitas kamar terbaik
    Kelebihan dari RedDoorz sendiri banyak sekali review yang mengatakan bahwa kualitas kamar yang disediakan dari RedDoorz ini memiliki kualitas yang terbaik dan bersih. Fasilitas kamar yang sangat lengkap seperti mulai dari kualitas kasur yang bagus selimut yang lembut, tersedianya handuk dan perlengkapan mandi yang komplit adanya wifi dan tersedianya makanan dan minuman membuat kamu semakin nyaman berada di kamar.
  • Harga hotel menjadi lebih murah
    Kelebihan lainnya bahwa ketika kamu memesan hotel dengan aplikasi RedDoorz ini harga yang ditawarkan jauh lebih murah jika dibandingkan kamu tidak menggunakan aplikasi ini, sehingga hal inilah banyak diminati oleh semua orang.
  • Pemesanan yang mudah
    Pemesanan yang mudah dan tidak sulit bagi siapapun yang menggunakannya, hal ini sangat menjadi pertimbangan bagi orang yang suka memesan kamar hotel dengan aplikasi. Jika aplikasi itu sendiri ribet maka akan membuat orang lebih malas untuk memesan hotel dari aplikasi tersebut dan juga pembayaran RedDoorz ini juga sangat praktis ya guys.
Lihat juga:  Pilih Mana: Photoshop atau Lightroom?

Kekurangan RedDoorz

  • Tempat terkadang tidak sesuai
    Kekurangan yang pertama ini adalah tempat yang tidak sesuai bahwa ketika kamu mencari hotel RedDoorz ini maka akan sulit untuk kamu dapatkan. Terkadang beberapa review juga mengatakan tempat lokasi tidak sesuai dengan adanya di google maps, dan juga tempatnya banyak berada di ujung-ujung jalan yang sulit untuk ditemukan.

  • Fasilitas wifi yang kurang cepat
    Sebenarnya dengan adanya wifi sudah menjadi nilai plus untuk kamu menginap disebuah hotel. Dari RedDoorz ini fasilitas wifi pasti ada tetapi kekurangannya adalah wifi yang tersedia kurang cepat, sehingga membuat kamu menggunakan wifi tidak bisa terlalu kencang guys.
  • Masih kurangnya promosi iklan
    Kekurangan ini sama saja dengan pesaingnya yang sudah dijelaskan di atas bahwa OYO sama seperti RedDoorz yang saat ini masih minim akan promosinya, seperti promosi di iklan yang bisa membuat RedDoorz makin dikenal banyak orang.

Tips Memilih Hotel

Sangat perlu kamu ketahui tips saat kamu ingin memesan hotel, apalagi saat untuk kamu liburan maka kamu harus mengetahui beberapa tips memilih hotel. Di bawah ini sudah saya rangkum beberapa tipsnya.

  • Pesan hotel dari jauh-jauh hari
    Tips yang pertama untuk memesan hotel, pastikan kamu memesan hotel dari jauh-jauh hari. Dengan memesan hotel dari jauh-jauh hari akan membuat kamu aman karena sudah ada tempat penginapan dan harga juga bisa jauh lebih murah saat kamu memesan hotel di jauh-jauh hari.
Jika kamu memesan hotel dengan aplikasi online pastikan aplikasi tersebut sudah dipercaya dan sudah terkenal. Sehingga kamu tidak tertipu, dan juga kelebihan kamu memesan dengan aplikasi online harga jauh lebih hemat.
  • Pilih harga sesuai budget
    Yang kedua adalah kamu harus menentukan harga dari hotel yang ingin kamu jadikan tempat menginap. Jika kamu menginap bersama teman-teman bisa sangat memberikan kemudahan beban dengan cara kamu bisa saling patungan untuk membayar hotel tersebut. Pilih harga hotel yang masih cukup standar dengan budget kamu dan teman kamu.
  • Pastikan fasilitas hotel
    Menginap di hotel juga mengharuskan kamu mengetahui fasilitas yang ada yang disediakan oleh hotel tersebut. Misalnya fasilitas di kamar dan kamar mandi apakah sudah terdapat selimut juga handuk dan perlengkapan mandinya. Dan fasilitas seperti wifi dan kolam renang apakah ada. Sehingga kamu sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan yang ada pada hotel tersebut.
  • Pilih hotel yang dekat dengan tempat tujuan
    Biasanya memang untuk menginap di hotel yang dekat dengan tempat tujuan kamu pasti harga yang ditawarkan sangat mahal, tetapi kelebihannya lebih memudahkan kamu untuk berpergian dengan menghemat ongkos. Jika hal ini bisa menjadi pilihan kamu tanpa memikirkan budget sangat bagus sekali tips yang satu ini.
KeteranganOYO RedDoorz
Asal NegaraIndiaSingapura
Tahun BerdiriTahun 2018 Tahun 2015
SektorHotelHotel

Pilih Mana: OYO atau RedDoorz?

OYO RedDoorz
Kelebihan- Harga kamar hotel menjadi murah - Mengusung manchise - Tingkat komunikasi yang cepat - Kualitas kamar terbaik - Harga hotel menjadi lebih murah - Pemesanan yang mudah
Kekurangan- Mitra OYO masih sedikit - Masih kurangnya promosi - Gambar hotel tidak sesuai dengan di aplikasi - Tempat terkadang tidak sesuai - Fasilitas wifi yang kurang cepat - Masih kurangnya promosi iklan

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas mengenai OYO dan RedDoorz memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sehingga untuk kamu yang ingin memesan hotel dengan aplikasi bisa kamu sesuaikan dengan budget kamu saja itu yang paling utama. Jika disuruh memilih dari keduanya mana yang lebih baik maka saya lebih menyarankan kamu untuk lebih memilih RedDoorz selain harga ya murah fasilitas hotel yang lengkap dan aman juga bersih menjadi nilai plus untuk RedDoorz ini.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

OYO vs RedDoorz

VS