Pilih Mana: Pajero atau Fortuner?

Loading...

Segmen mobil Sport Utility Vehicle (SUV) ladder frame ini memang telah diisi oleh musuh bebuyutan antara Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner. Kedua mobil ini tergolong mobil kelas atas yang belum tentu semua orang dapat memilikinya. Akan tetapi keduanya memiliki spesifikasi yang unggul dalam sektornya masing-masing. Lalu sebenarnya bagus mana Pajero vs Fortuner? Berikut kelebihan dan kekurangannya yang perlu Anda ketahui.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Definisi singkat Pajero dan Fortuner
– Kelebihan & kekurangan Pajero dan Fortuner

Pajero
Dilansir dari Liputan6.com, penjualan Pajero di Lebaran tahun ini tercatat mampu menyalip pesaingnya. Dimensi yang dimiliki Mitsubishi Pajero Sport berukuran panjang mencapai 4,695 mm, lebar 1.815 mm dan tinggi sesuai dengan jenisnya yakni untuk jenis GLS, Dakar dan Exceed memiliki tinggi 1.840 mm, sedangkan untuk tipe V6, tinggi sekitar 1825 mm, dan untuk ketinggian tipe GLX sekitar 1800 mm.

Sedangkan jarak sumbu rodanya sebesar 2800 mm. Suspensi yang digunakan adalah pada suspensi depan memakai suspensi Double Independent Wishbone dengan Coil Spring. Telah dilengkapi dengan stabilizer dan sistem suspensi belakang dengan tiga unit pegas yang terintegrasi dengan batang stabilizer.

Kelebihan Pajero yang bisa Anda ketahui:

1. Kabin terasa lega
Meskipun Pajero tidak difasilitasi sliding yang berguna jika penumpang baris ketiga meminta legroom lebih, namun untuk ruang kepala dan ruang kaki Pajero lebih terasa lega melebihi Fortuner. Bergerak di kabin Pajero rasanya lebih mudah dibanding bergerak di kabin Fortuner. Selain itu, meskipun saat membuka bagasi belakang Pajero membutuhkan tenaga otot penggunanya namun patut diakui bahwa ruang bagasi yang dimiliki Pajero jauh lebih luas.

2. Kapasitas Tangki besar
Pajero memiliki kapasitas tangki besar, yakni 68 liter sementara Fortuner hanya memiliki kapasitas tangki 65 liter. Meskipun berbeda hanya 3 liter, namun dalam hal kapasitas tangki cukup memadai ketika diajak perjalanan jauh.

Kekurangan Pajero yang bisa Anda ketahui:

Loading...

1. Boros BBM
Jika pada rute dalam kota, Fortuner lebih irit BBM dibanding Pajero. Hal ini dikarenakan Fortuner mampu menempuh 12,2 km tiap liter BBM-nya, sementara Pajero hanya 12 km saja. Meskipun selisih tidak begitu signifikan untuk rute perjalanan dalam kota yang stop and go. Dan untuk jalur toll dan rute luar kota, selisihnya cukup signifikan hingga 1,6 km/liter. Pajero menempuh 14,8 km/liter sedangkan Fortuner 16,4 km/liter.

2. Bodi belakang yang kurang menarik
Meskipun pada bagian depan bodi Pajero terlihat gagah, sayangnya pada bodi belakang Pajero terlihat kurang menarik untuk desain mobil kelas atas.

Fortuner
Toyota Fortuner memiliki suspensi depan yaitu tipe Double Wishbone dengan Coil Spring dan Stabilizer, sementara suspensi belakangnya menggunakan tipe sistem 4-Link dengan Lateral, suspensi-suspensi tersebut dijamin akan menghasilkan performa yang baik dalam berkendara. Dengan panjang 4.795 mm, lebar 1.855 mm, dan tinggi 1835 mm menjadikan dimensi Fortuner terlihat lebih baik dan ukuran 2,745 mm menjadi jarak sumbu roda yang dimiliki Fortuner.

Kelebihan Fortuner yang bisa Anda ketahui:

1. Desain dan finishing terbaik
Dalam urusan ini, nampaknya Pajero harus mengakui jika Fortuner lebih baik darinya. Desain eksterior maupun interior yang dimiliki Fortuner yang mewah membuat para penggunanya merasa nyaman saat mengemudikannya.

2. Hemat BBM
Terlihat dari kekurangan Pajero yang boros, Fortuner lebih unggul dalam mengirit BBM untuk melaju di dalam dan luar kota.

Kekurangan Fortuner yang bisa Anda ketahui:

1. Performa (akselerasi) lebih lama
Dari pengujian oleh media otomotif ternama, AutoBlid Indonesia, performa Pajero lebih unggul dalam hal akselerasi, di mana dari posisi diam ke kecepatan 100 km/jam Pajero mampu menuntaskannya hanya dalam 10,3 detik. Sementara performa Fortuner membutuhkan waktu 2,5 detik lebih lama yakni 12,8 detik.

2. Minim fitur
Fortuner tidak begitu banyak memiliki fitur canggih layaknya Pajero. Pajero sudah dilengkapi Vehicle Stability Control, yang mana efek limbung karena bodi yang dimiliki Pajero bisa dikurangi secara signifikan sedangkan Fortuner tidak memiliki fitur tersebut. Ada juga fitur Traction Control yang aman jika Pajero di bawa untuk melakukan Off Road atau jalanan yang licin. Selain itu ada juga fitur Washer Head Lamp, Transmisi Otomatis 8-speed, Sunroof, Forward Collision Mitigation System, dan Electric Parking Brake, yang semuanya tidak dimiliki oleh Fortuner.

Pilih Mana: Pajero atau Fortuner?

PajeroFortuner
Isi Silinder– 2,442 cc– 2,694 cc
Kapasitas tangki- 68 liter- 65 liter
Tipe Mesin– 4N15 2,4 L MIVEC Turbocharged and Intercooled (EURo II)– 2TR-FE 4 Silinder Segaris, 4 katup, DOHC, Dual VVT-I / 2TR FE 4 Cylinders In-Line, 4 Valve, DOHC, Dual VVT-i

Kesimpulan
Dengan berbagai perbandingan di atas. Terlihat Pajero jauh lebih banyak menawarkan fitur-fitur terbaik untuk para pengendaranya. Namun, untuk Anda yang lebih menginginkan keeleganan tampilan dan keiritan BBM mungkin Fortuner adalah pilihannya. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Pajero vs Fortuner

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *