ElektronikPhotography

Pilih Mana: Panasonic Lumix G7 vs Sony A6000

Kamera menjadi pokok utama yang dibutuhkan oleh seorang fotografer. Namun, kamera juga bisa digunakan bagi orang yang suka dengan dunia foto atau memotret juga lho hehe. Apakah Anda sedang mencari kamera untuk pekerjaan Anda sebagai fotografer atau hanya hobi saja? Jika Anda sedang mencari kamera maka kami bisa merekomendasikan Panasonic Lumix G7 dan Sony A6000.

Mengapa Panasonic Lumix G7 dan Sony A6000 kami rekomendasikan?

Tentu saja dari sisi kamera yang ada cukup bagus untuk Anda yang bergelut dibidang fotografer atau sekedar hobi memotret saja. Lalu bagaimana spesifikasi dari kedua kamera? Apa kelebihan dan kekurangannya? Pada penjelasan kali ini Anda bisa mengetahuinya. Selamat membaca.

Panasonic Lumix G7 vs Sony A6000

Panasonic Lumix G7

G7 merupakan kamera generasi terbaru dari seri kamera mirrorless Panasonic. Fisik kamera Panasonic ini menyerupai DSLR tapi lebih compact serta ringan. Beratnya hanya 410 gr dengan baterai terpasang. Baca juga Kamera Mirrorless Fujifilm Terbaik 

G7 merupakan kamera mirrorless kelas menengah yang ditujukan untuk khalayak umum, dari penghobi foto serta video amatir dan para orangtua yang ingin mengabadikan kehidupan keluarga dan anak-anaknya. Panasonic Lumix G7 merupakan yang terbaru di jajaran perusahaan kamera mirrorless DSLR.

Menawarkan sensor Four Thirds 16 MP serta pemasangan lensa Micro Four Thirds, dan mendapatkan perekaman video 4K. Mode Foto 4K yang dirubah membuatnya lebih mudah untuk menggunakan perekaman video resolusi besar untuk pemotretan foto.

Dan yang membuat Panasonic melakukan peremajaan pada Lumix G7 adalah adanya permintaan akan suatu kamera yang punya bentuk lebih baik tapi juga nyaman digunakan. WiFi terintegrasi, walaupun tidak ada NFC.

Kelebihan Panasonic Lumix G7

Berikut kelebihan dari Panasonic Lumix G7:

  • Desain yang simple dan bagus
    Kelebihan yang utama dari Panasonic Lumix G7 yaitu desain yang simple namun tetap elegan. Dan yang mencolok bodinya adalah terdapat kontrol yang komplit seperti 2 roda dial, cakra drive mode, tuas bentuk fokus serta banyak tombol Fn untuk kustomisasi.
  • Hasil kamera yang cukup baik
    Kualitas kamera yang sangat baik membuat hasil foto yang dihasilkan cukup bagus. Dan juga adanya hasil foto yang bagus dengan menggunakan Post Focus. Post focus, yaitu kita bisa memilih fokus foto belakangan.
  • Harga yang cukup ekonomis
    Kelebihan lainnya dari Panasonic Lumix G7 yaitu dari sisi harga sendiri Panasonic Lumix G7 memiliki harga yang cukup ekonomis yang terjual di pasaran Indonesia. Dengan harga yang terjangkau membuat banyak diminati para fotografer.

Kekurangan Panasonic Lumix G7

Berikut kelebihan dari Panasonic Lumix G7:

  • Tidak ada NFC
    Kekurangan yang pertama dari Panasonic Lumix G7 adalah bahwa Panasonic Lumix G7 tidak memiliki fitur NFC. Meski memang fitur ini tidak begitu menjadi masalah bagi banyak orang, namun dengan hal sedemikian membuat mengurangi fitur yang ada.
  • Belum mendukung USB charging
    Tidak hanya itu kekurangan minor lain diantaranya belum mensupport USB charging, flash sync yang hanya 1 atau 160 detik serta Auto ISO yang basic yang masih beberapa orang menganggap bukan masalah berarti.

Panasonic Lumix G7 vs Sony A6000

  • Hasil foto keadaan gelap kurang baik
    Dan kekurangan lainnya juga dari Panasonic Lumix G7 adalah banyak yang memberikan review bahwa Panasonic Lumix G7 memiliki kekurangan akan hasil foto yang didapat dalam keadaan gelap belum bagus seperti keadaan terang.

Sony A6000

Siapa yang tidak mengetahui merk atau brand Sony? Dimana Sony memiliki banyak kualitas elektronik dengan spesifikasi yang sangat menarik! Salah satunya yang akan kami bahas kali ini adalah elektronik dari sisi fotografer yaitu kamera.

Banyak sekali kamera dari Sony ini yang menjadi incaran di pasaran Indonesia, salah satunya yaitu tipe atau seri kamera Sony A6000. Sony A6000 merupakan suatu kamera mirrorless dari Sony yang fleksibel serta canggih di kelasnya.

Dimulai dari bagian luarnya atau dari segi desainnya yang dibentuk berukuran kecil tetapi tetap terasa elegan. Nah untuk pada bagian dalam, dari kamera Sony A6000 ini telah dibekali dengan sensor kamera CMOS.

Tidak hanya memberikan hasil gambar dari kamera Sony A6000, namun juga telah menanamkan banyak fitur menarik padanya. Contohnya seperti Image Stabilization yang akan membantu Anda menangkap gambar yang lebih stabil tanpa banyak noise.

Lihat juga:  Pilih Mana: Fujifilm X-T30 atau Sony a6500?

Kelebihan Sony A6000

Berikut kelebihan dari Sony A6000:

  • Desain minimalis serta elegan
    Sony A6000 terbuat dengan ukuran yang lumayan kecil dan mempunyai berat yang relatif ringan. Jadi, kamera ini sangat aman serta mudah buat dibawa kemanapun Anda pergi. Walaupun bobotnya ringan, tetapi sebagian besar material body dari Sony A6000 dibuat dari logam.
  • Fitur yang cukup lengkap
    Dan kelebihan lainnya dari Sony A6000 juga adalah dari sisi fitur yang ada dimana Sony A6000 memiliki lengkap akan fitur dari sisi kameranya. Memiliki banyak fitur yang memudahkan Anda untuk menggunakan kamera ini. Seperti fitur WiFi dan NFC.
  • Hasil foto dan video cukup baik
    Dan kelebihan lainnya dari Sony A6000 yaitu pada sisi kamera jangan ditanyakan lagi. Banyak sekali fotografer juga menggunakan Sony A6000 ini. Dan juga banyak yang bilang bahwa Sony A6000 cocok untuk pemula lho!

Kekurangan Sony A6000

Berikut kekurangan dari Sony A6000:

  • Hasil foto keadaan gelap kurang jelas
    Hasil foto yang ada pada kamera Sony A6000 memang memiliki kualitas hasil foto yang sangat bagus. Namun pada keadaan gelap Sony A6000 memiliki kekurangan akan terlihat sedikit muncul bintik-bintik yang mengganggu hasil foto.

Panasonic Lumix G7 vs Sony A6000

  • Tidak ada touchscreen
    Dan kekurangan yang sangat menjadi kekurangan penting bagi kamera Sony A6000 adalah dimana kamera Sony A6000 tidak memiliki touchscreen. Sehingga Anda masih menggunakan secara fisik atau manual hehe. Seperti contoh untuk mengubah fokus dari suatu objek ke objek lainnya pun membutuhkan beberapa waktu.
  • Harga relatif tinggi
    Nah, untuk kekurangan yang terakhir ini dari sisi harga. Dimana kamera Sony A6000 memiliki harga yang cukup atau relatif mahal dijual di pasaran Indonesia. Namun, bagi yang pecinta fotografer atau memang bekerja pada bidang ini, semuanya tidak akan menjadi masalah hehe.
KeteranganPanasonic Lumix G7 Sony A6000
MerkPanasonic Sony
TipeLumix G7 A6000
Jenis KameraKamera MirrorlessKamera Mirrorless
Kisaran HargaRp. 5 - Rp. 7 jutaanRp. 10 - Rp. 12 jutaan

Setelah memiliki kamera yang bagus, berikutnya yang diperlukan yaitu menjaga kamera itu agar tetap bagus.

Berikut Tips Menyimpan Kamera Dengan Benar

1. Hindari Menyimpan Dalam Tas
Ketika membeli kamera baru, kebanyakan pihak toko telah memberikan tas secara cuma-cuma, perihal inilah mendukung banyak pengguna tidak mengkuatirkan kameranya dalam tas. Karena berpikiran perihal tersebut telah dianjurkan dari pihak toko bahwa jika tas di dalam kamera telah aman.

Jadi ketika kamera selesai dipakai Anda wajib segera mungkin mengeluarkan kamera dari tas.

2. Gunakan Penyimpanan Etalase atau BOX
Etalase berukuran kecil dan kaca yang rapat, dapat membantu menghindari debu masuk. Tetapi akan lebih baiknya menggunakan box  khusus seperti dry box.

Karena dry box mempunyai pengaturan khusus suhu yang Anda inginkan.

3. Pakai Silica Gel
Silica gel mampu menyerap lembab yang ada disekitar kamera, itulah kenapa banyak produk pakaian saat kita membeli tersedia silica gel yang terselip.

Karena tujuan silica gel ini mampu menghindari lembab berlebih, jadi cukup baik untuk diselipkan pada tas kamera atau tempat menaruh kamera.

Pilih Mana: Panasonic Lumix G7 vs Sony A6000

Panasonic Lumix G7 Sony A6000
Kelebihan- Desain yang simple dan bagus - Hasil kamera yang cukup baik - Harga yang cukup ekonomis - Desain minimalis serta elegan - Fitur yang cukup lengkap - Hasil foto dan video cukup baik
Kekurangan- Tidak ada NFC - Belum mendukung USB charging - Hasil foto keadaan gelap kurang baik - Hasil foto keadaan gelap kurang jelas - Tidak ada touchscreen - Harga relatif tinggi

Kesimpulan

Bagi Anda yang ingin membeli kamera maka Panasonic Lumix G7 vs Sony A6000 bisa menjadi pilihan yang cukup baik untuk Anda. Dari penjelasan kali ini Anda sudah tahu kelebihan dan kekurangan yang ada dari keduanya. Nah, Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan saja. Jika ingin fitur lengkap maka Sony A6000 bisa menjadi pilihan Anda. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Panasonic Lumix G7 vs Sony A6000

VS

Leave a Reply