Elektronik

Pilih Mana: Panasonic Lumix S1R atau Nikon Z7?

Beberapa fotografer benar-benar membutuhkan kamera lebih detail. Panasonic Lumix S1R dan Nikon Z7 menjadi dua dari pilihan utama karena kedua kamera ini memiliki spesifikasi yang sangat memungkinkan untuk mendapatkan bidikan yang jernih. Kedua kamera ini Panasonic Lumix S1R atau Nikon Z7 akan kita bahas dibawah ini.

Panasonic Lumix S1R

saat ini kamera mirrorless masih populer dalam penjualan kamera digital di Indonesia. Kamera ini tidak memiliki cermin dan jendela bidik optik seperti kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex), namun kualitas gambarnya setara karena sensor gambar yang digunakan besarnya sama.

Perkembangan teknologi dan fitur dalam kamera mirrorless dinilai semakin memanjakan pecinta fotografi dan videografi. Oleh karena itu, Panasonic menghadirkan Lumix S1 dan S1R, di mana kedua kamera ini ditargetkan secara khusus bagi para fotografer dan videografer profesional.

Audio Visual Marketing Group Manager Panasonic Gobel Indonesia, Agung Ariefiandi, mengklaim bahwa teknologi yang disematkan dalam dua perangkatnya itu merupakan yang tertinggi saat ini di pasaran. Baca juga Pilih Mana: Panasonic Lumix S1R atau Sony A7R III?

Kualitas Gambar Panasonic Lumix S1R

Dua kamera Lumix S Series ini berfokus pada kualitas gambar dan perekaman video yang superior. Panasonic Lumix S1R memiliki sensor CMOS 47 megapixel tanpa Low Pass Filter untuk hasil foto terbaik bagi fotografer profesional.

Fitur canggih lain yang akan bermanfaat bagi fotografer dan videografer profesional meliputi sistem autofocus yang ekstra cepat, I.S. (Image Stabilizer) di bodi yang dapat bekerjasama dengan O.I.S (Optical Image Stabilizer) di lensa, viewfinder yang tajam dan bebas flicker, layar resolusi tinggi yang bisa disesuaikan sudutnya, serta shutter yang tahan lama.

Fitur identik dengan Panasonic Lumix S1R

Panasonic juga menyediakan mode High Resolution Multi-shot Mode seperti di Panasonic Lumix S1R. Bedanya, Lumix S1 hanya mampu menghasilkan foto hingga resolusi 96 megapixel sementara Lumix S1R bisa hingga resolusi 187 megapixel.

Untuk fitur lain keduanya masih sama seperti misalnya, dukunga mode 4K Photo dan 6K Photo, dilengkapi teknologi autofokus DFD (Depth from Defocus) yang telah ditingkatkan, bisa merekam video 4K, punya jendela bidik OLED, dan dilengkapi layar sentuh fleksibel berukuran 3 inci.

Selain itu, Panasonic juga turut membenamkan serangkaian fitur anyar di Mirrorless Full Frame Pertama Panasonic ini, misalnya dukungan hybrid gamma log (HGL).
Format ini memungkinkan perekaman gambar dengan rentang dynamic range yang luas dan dapat disimpan sebagai file HSO disamping file JPEG/RAW.

Nikon Z7

Nikon Z7 menggunakan sensor tipe CMOS ukuran full frame. Untuk resolusinya mencapai 45,7-megapixel dengan prosesor Expeed 6. Kamera ini memiliki sensitivitas standar ISO 64–25600, 493 titik fokus, 5 stop 5-axis image stabilization, dan kecepatan memotret beruntun pada 9 fps.

Nikon Z7 sudah dilengkapi layar sentuh berukuran 3,2 inci. Resolusi layar ini 2,1 juta dot dengan mekanisme titling. Selain itu di sisi atas layar terdapat electronic viewfinder yang menggunakan panel OLED resolusi 3,7 juta dot dengan magnification 0,8×.

Nikon Z 7 mampu merekam video hingga resolusi maksimal 4K UHD (3840 × 2160) pada 30 fps. Juga bisa merekam video Full HD hingga 120 fps.Saat perekaman kamera ini mendukung PDAF dan IS di sensor.

Lihat juga:  Pilih Mana: Mesin Cuci Sharp atau LG?

Kualitas Gambar Nikon Z7

Nikon Z7 dilengkapi dengan pilihan shutter speed maksimal hingga 1/8000. Kemampuan ini sudah cukup untuk mengabadikan foto dengan kecepatan tinggi. Kecepatan tinggi ini juga disandingkan dengan kemampuan autofokus hybrid dengan 493 phase-detection. Jadi, bisa dipastikan di mana pun objek kamu berada hasilnya akan tetap fokus.

Nikon sudah lama terkenal dengan kualitas dynamic range-nya yang tinggi. Z7 pun tidak terkecuali. Dari hasil foto di atas dapat dilihat warna yang ditampilkan presisi di background.

Nikon Z7 memiliki performa mumpuni meski digunakan dalam kondisi pencahayaan temaram. Kamera ini memiliki rentang ISO 32 (exp)/64 – ISO 25600/ 102400(exp).

amera ini dijual dengan lensa kit focal length 24-70 dengan bukaan f/4. Selain mempunyai bukaan besar, focal length tersebut juga membuat kamera ini all-rounder yang cocok kamu gunakan untuk kebutuhan apa pun.

Fitur identik Nikon Z7

Nikon Z7 memiliki ruang pegangan yang dalam, ergonomis, dan didukung dengan pembagian beban yang merata. Nggak hanya itu, kamera ini juga 26% lebih ringan dibanding kamera Nikon D850!

Dari segi struktur, Nikon Z7 memiliki rangka terbuat dari alloy Magnesium yang super kuat dan terjamin daya tahannya. Karena konstruksinya yang rapat dan mampu melindungi kamera dari debu dan kelembapan, dapat kamu gunakan kamera ini dalam segala jenis cuaca apapun.

Tentu saja salah satu keunggulan dari Nikon Z7 terletak pada desain optisnya yang baru. Mount baru ini memiliki ukuran diameter internal yang 17% lebih besar dari F-Mount dan lebih lebar dari full-frame mount manapun. Dengan aperture sebesar f/0,95 serta transfer data yang lebih cepat antara kamera dan lensa, Nikon Z7 menawarkan keseimbangan ideal dalam performa!

Layar touchscreen 3,2 inci dari Nikon Z7 ini mempunyai tampilan dan juga kemudahan penggunaan seperti smartphone. Tidak hanya jernih, kamu juga bisa menggunakan berbagai sentuhan tangan seperti tap, pinch, ataupun swipe untuk menentukan titik fokus, zoom, dan menggeser foto. Selain itu, layar Nikon yang dapat dimiringkan dalam berbagai tingkatan memungkinkan kamu untuk mengambil foto dengan sudut tinggi ataupun rendah tanpa harus pegal.

Nikon Z7 menggabungkan keunggulan desain mirrorless dengan performa kamera DSLR yang kuat. Sensor gambar sebesar 45,7 MP yang digabungkan dengan kemampuan mengambil foto secepat 9 FPS dijamin mumpuni dalam mengabadikan momen secara sempurna.

Pilih Mana: Panasonic Lumix S1R atau Nikon Z7?

Panasonic Lumix S1RNikon Z7
Kelebihan - Sensor resolusi tinggi - Fokus di videografi - Slot kartu memori ganda dan layar sentuh LCD fleksibel- Sensor pada Z7 dilengkapi dengan stabilizer - Menghasilkan foto dengan resolusi efektif sebesar 30,3 MP - ISO range di ISO 64-25.600
Kekurangan- Harga yang lumayan mahal - Daya tahan batrai yang kurang di bandingkan Nikon Z7 - Titik fokus Nikon Z7 bukanlah yang terdepan - Lumayan berat

Kesimpulan

Dengan perbedaan kurang dari 2 megapiksel di antara Panasonic Lumix S1R atau Nikon Z7. membuat kedua kamera hampir serupa dan kedua kamera mempunyai kelebihan nya masing-masing, tetapi anda dapat memilih sesuai dengan selera dan kebutuhan anda. Karena setiap orang mempunyai selera masing-masing dalam memilih kamera.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Panasonic Lumix S1R VS Nikon Z7

VS

Leave a Reply