Elektronik

Pilih Mana: Panasonic Lumix S1R atau Sony A7R III?

Kedua kamera Panasonic Lumix S1R atau Sony A7R III ini sangat berbeda dalam desain, tetapi kinerjanya sangat mirip, dan keduanya menawarkan mode pergeseran piksel yang menarik lebih detail dari sensor resolusi tinggi yang sudah ada. Karenya pada artikel kali ini kita akan membahas lebih lanjut tentang kedua kamera ini.

Panasonic Lumix S1R

Panasonic kali ini menghadirkan kamera mirrorless full frame dengan menggunakan L-mount yang dipakai di kamera Leica, juga sebagai bagian dari L-alliancedidukung oleh lensa Sigma dengan L mount yang akan dijual dalam waktu dekat. Lumix S1R sendiri menyasar segmen profesional yang memerlukan kamera berkinerja tinggi, hasil foto tanpa kompromi, dan ketangguhan bodi yang siap dipakai di keadaan ekstrim. S1 menjadi kamera 24 MP yang memberi kinerja seimbang untuk foto dan video dengan ISO tinggi yang bersih dari noise, sedangkan S1R dengan sensor 47 MP memberi resolusi super detail dengan kemampuan high resolution up to 187 MP. Baca juga Pilih Mana: Fujifilm X-T30 atau Sony a6500?

Kualitas Gambar Panasonic Lumix S1R

Kualitas gambar Panasonic secara teknis sangat baik, mampu menangkap detail dengan ketajaman yang tinggi, meski resolusinya mencapai 47MP, tapi kualitas di ISO tinggi (sampai 12800) masih bisa diterima.

Fitur penting untuk meningkatkan kualitas gambar juga sangat membantu dan mungkin adalah game changer dari sistem kamera Lumix S ini, yaitu Dual IS in-body stabilization 5 Axis yang memungkinkan untuk memotret tanpa tripod dengan stabil sampai dengan 1-2 detik saat mengunakan lensa lebar menurut saya sangat baik mengingat ukuran sensor dan resolusi foto yang besar.

Adanya in-body stabilization membuka jalan untuk fitur high resolution mode, yang mana kamera akan mengambil 8 foto (menggeser 1/2 pixel dengan stabilizer), dan menggabungkannya menjadi foto dengan detail yang teramat tinggi, yaitu 187MP. Idealnya subjek yang dipotret tidak boleh bergerak dan kamera diletakkan di atas tripod.

Panasonic Lumix S1R terintegrasi dengan 47,3 MP CMOS sensor tanpa LPF (Low Pass Filter) yang memberikan kualitas gambar terbaik di jajaran kamera mirrorless.

Selain itu, dengan kemampuan reproduksi yang tepat dan mendetail, sensor ini mampu mencapai rasio S/N tertinggi dan ISO maksimal 25600 dengan memanfaatkan efisiensi kondensasi cahaya meskipun dengan jumlah piksel yang tinggi.

Harga Panasonic Lumix S1R

Lumix S1R memiliki sensor CMOS beresolusi 47,3 MP dengan ISO maksimal 25600. Dengan demikian kamera full-frame ini menjanjikan hasil foto dengan tingkat detil tinggi oleh sebab itu kamera ini dibandrol dengan harga yang ditawarkan untuk Lumix S1R adalah Rp55.990.000 hanya body. Dan seharga sekitar Rp69.990.000 dengan lensa kit 24-105mm F.4.

Sony A7R III

Sony a7R Mark III merupakan kamera tanpa bingkai full-resolution resolusi terbaru perusahaan. Sama seperti D850 terbaru milik Nikon, itu adalah yang menggabungkan resolusi ini dengan kecepatan tinggi dan kemampuan autofokus cepat ke tingkat yang belum pernah kita lihat sebelumnya. Seperti sebelumnya, Mark III dibangun di sekitar sensor CMOS BSI 42MP, tetapi tidak seperti a7R II, ia dapat memotret pada sepuluh frame per detik.

Lihat juga:  Pilih Mana: Nokia 2.2 atau Redmi 7?

Pada dasarnya ini dapat dilihat sebagai a7R II yang mewarisi banyak pelajaran dari model pro-sports perusahaan, a9. Ini berarti pemotretan lebih cepat, perbaikan fokus otomatis, peningkatan penanganan dan ergonomi, serta adopsi baterai yang jauh lebih besar. Sementara beberapa perubahan yang bersifat halus, mereka bergabung untuk menghasilkan kamera yang sangat mampu dan sangat bisa diandalkan.

Kualitas Gambar Sony A7R III

Sony A7R III dilengkapi dengan LSI front-end terbaru yang memiliki tingkat kecepatan pembacaan sensor gambar tinggi, perangkat Sony A7R III ini juga memiliki mesin pengolah BIONZ X yang telah diperbaharui dan diklaim memiliki kemampuan 1.8 kali lebih cepat jika dibandingkan dengan mesin pengolah yang digunakan pada seri sebelumnya.

Dengan berbagai teknologi kelas atas ini membuat Sony A7R III memiliki rentang ISO 100-3200 yang dapat dimaksimalkan ke ISO 50-102400 . serta rentang dinamis 15-stop pada pengaturan sensitivitas yang cukup rendah.

Perangkat Kamera Mirrorless terbaru ini dibangung untuk dapat memotret dengan kemampuan 42.4 MP secara penuh pada kecepatan 10fps dengan pelacakan AF dan AE secara berturut-turut dengan tingkat keakuratan hingga 76 gambar berformat JPEG/RAW atau 28 gambar RAW tanpa melalui proses kompresi. Sedangkan dalam mode live view, Kamera ini dapat memotret secara terus menerus pada kecepatan 8fps

Harga Sony A7R III

Untuk Harga Kamera Mirrorless Sony A7R III ini sendiri memang cukup meroggoh kocek yaitu sekitar € 3500 atau jika dikonversi menjadi setara dengan Rp 55.4 jutaan untuk satu unitnya. Untuk performa dan hasil yang di janjikan sony membandrol kamera ini dengan harga yang tinggi.

Pilih Mana: Panasonic Lumix S1R atau Sony A7R III?

Panasonic Lumix S1R Sony A7R III
Kelebihan - Dukungan perekaman Video full-frame4K 60p/50p pertama di dunia - Slot ganda untuk kartu memori XQD dan kartu memori SD - Kamera full-framepertama di dunia yang dilengkapi dengan Dual I.S. (image stabilizer)- Memproses data lebih cepat - Shutter lembut, mencegah shutter shock, tahan hingga 500.000 kali jepret - Dual SD slot
Kekurangan- Harga termasuk mahal - Tidak ada slot memori internal - Harga yang cukup meroggoh kocek - Variasi warna sedikit

Kesimpulan

Kedua kamera Panasonic Lumix S1R atau Sony A7R III hadir dengan luar biasa pada ISO tinggi, Jika dibandingkan Sony memiliki pengaturan ISO maksimum lebih tinggi, Tetapi jika kalian memilih Panasonic Lumix S1R lebih mudah menggunakan mode pergantian piksel. performa dari kedua kamera juga hampir serupa. Keduanya mempunyai sensor yang luar biasa,dan kalian bisa memilih sesuai selera.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Panasonic Lumix S1R VS Sony A7R III

VS

Leave a Reply