Pilih mana: Panci Aluminium atau Panci Stainless Steel?

Loading...

Makan adalah kebutuhan wajib setiap manusia, tentunya kebanyakan makanan harus dimasak terlebih dahulu agar matang dan layak untuk dimakan, untuk memasak tentunya kita membutuhkan panci sebagai subjeknya, bisa untuk menumis, memasak mie, merebus nasi dan sebagainya. Panci tergolong menjadi 2 menurut bahan dasar pembuatannya yaitu panci berbahan dasar aluminium dan panci berbahan dasar stainless steel.

Bahan aluminium dan stainless steel sekarang banyak dipakai bersamaan untuk membuat peralatan dapur termasuk panci. Peralatan masak dengan bahan ini sama-sama disinyalir memiliki kemampuan lebih optimal, baik dari segi penghantaran panas, daya tahan, maupun keamanan disaat bersentuhan langsung dengan makanan. Kali ini saya akan bahas mengenai panci aluminium dan panci stainless steel.

Panci Aluminium

Jikalau kamu mencari panci dengan harga yang relatif murah untuk memasak makanan kamu, aluminium lah jawabannya. Panci aluminium tergolong ringan dan baik dalam menghantarkan panas. Akan selalu awet jika kita bisa merawatnya dengan benar.

Panci dengan bahan aluminium mampu membuat masakan kamu matang di semua sisi yang tentunya tidak menyebabkan gosong pada makanan. Panci dengan bahan dasar aluminium bisa kamu temukan di pasar, toko alat masak, mall dan sebagainya.
Harga dari panci aluminium pun beragam, di mulai dari harga Rp 43.000 – Rp 56.000
Ada pula yang langsung satu set berisi 5 ukuran dibanderol dengan harga Rp. 150.000. Baca juga Pilih Mana: Kompor Gas atau Kompor Minyak Tanah?

Adapun tips agar panci aluminium kamu selalu awet

Pakai spons
Jika panci aluminium kamu sudah mulai berkarat dan berwarna hitam dibawahnya, kamu bisa menggunakan spons untuk membersihkannya, caranya olesi spons kamu dengan pembersih lalu gosokkan ke permukaan panci kamu secara menyeluruh dan bilas dengan air yang bersih.

Pakai Jeruk nipis
Jika kamu merasa panci aluminium kamu sudah mengeluarkan bau amis, kamu bisa rendam panci kamu dengan tetesan air jeruk nipis lalu diamkan selama beberapa menit, setelah itu cuci hingga bersih maka bau amis akan segera hilang.

Loading...

Dengan menggunakan cuka
Rebus cuka putih yang telah disuling di dalam panci aluminium kamu, lalu biarkan sampai dingin dan gosokkan noda menggunakan spot atau alat pembersih panci lainnya. Kandungan asam yang dimilikinya dapat menghilangkan noda-noda bandel yang kerap menempel pada panci aluminium kamu.

Panci Stainless Steel

Panci stainless steel terbuat dari beberapa perpaduan jenis logam yaitu besi dasar, kromium, nikel dan sebagainya. Tidak hanya untuk peralatan masak, Stainless Steel kerap digunakan untuk peralatan medis.

Panci Stainless Steel cukup populer dikalangan masyarakat, berbeda dengan panci berbahan dasar aluminium, panci stainless steel menyebabkan masakan gosong di salah satu sisi dikarenakan bahannya yang sangat mudah menghantarkan panas.

Oleh sebab itu tak heran banyak orang-orang yang lebih memilih panci berbahan dasar aluminium dibandingkan dengan panci berbahan dasar stainless steel. Namun panci stainless steel dapat digunakan dalam jangka waktu yang amat panjang.

Panci stainless steel juga dapat ditemukan di pasar, toko alat masak, mall dan sebagainya. Harga dari panci stainless steel pun sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan panci berbahan dasar aluminium, dimulai dari harga Rp 60.000 sampai Rp 90.000. dapat anda beli di toko seperti Hypermart.

Cara merawat panci berbahan dasar stainless steel

Menggunakan air panas
Jika panci stainless kamu sudah terlalu kotor dan dilumuri banyak minyak, gunakan air panas, diamkan selama beberapa menit lalu bersihkan dengan air bersih menggunakan pembersih seperti spons dan sebagainya.

Sabun yang diberi sedikit cuka
Jika panci stainless kamu terkena noda yang lengket, gunakan sabun yang diberi sedikit cuka lalu gosok menggunakan kain lap atau pembersih lainnya hingga bersih

Abu gosok
Cara membersihkan noda hitam yang bandel yaitu dengan abu gosok, kamu cukup melakukan gerakan memutar , lalu bilas menggunakan air bersih.

Pilih mana: Panci Aluminium atau Panci Stainless Steel?

Panci Aluminium Panci Stainless Steel
Kelebihan - Baik dalam menghantarkan panas - Harganya relatif murah - Ringan- Lebih tahan lama - Tidak mudah penyok - Tahan terhadap goresan
Kekurangan- Mudah penyok - Mudah kotor - Mudah bau- Lebih berat - Harganya relatif lebih mahal - Buruk dalam menghantarkan panas

Kesimpulan:

Panci berbahan dasar aluminium dan panci berbahan dasar stainless steel sama sama mempermudah kita dalam memasak, tentunya ada yang lebih menyukai memakai panci aluminium dan ada juga yang lebih menyukai memakai panci stainless steel, jika kita bisa merawatnya dengan baik, panci aluminium dan panci stainless steel bisa berumur panjang hingga mencapai titik layak dalam penggunaanya. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Panci Aluminium vs Panci Stainless Steel

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *