Pilih Mana: Pashmina atau Segi Empat?

Loading...

Bagi seorang muslimah, memakai hijab atau jilbab sebagai penutup kepala merupakan suatu hal yang wajib dilakukan. Jilbab ini juga memiliki banyak jenis dan ragamnya, dua di antaranya yaitu pashmina dan segi empat. Manakah jenis jilbab atau hijab yang cocok untuk Anda gunakan? Pashmina atau segi empat?

Pashmina dan segi empat merupakan dua jenis jilbab yang fungsi dasarnya adalah sebagai penutup kepala dan penutup dada bagi kaum muslimah. Namun, kedua jenis jilbab ini juga memiliki banyak perbedaan jika dilihat dari bahan yang digunakan, cara pemakaian, bentuk dan besar jilbab tersebut. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa membaca artikel di bawah ini hingga selesai.

Jilbab Pashmina

Pashmina pada awalnya merupakan bahan kain yang berasal dari kain yang disebut kashmir. Pashmina ini dapat digunakan sebagai kerudung atau jilbab. Namun, pashmina juga sering digunakan sebagai syal untuk menghangatkan bagian leher dan dada.

Kelebihan Jilbab Pashmina

Berikut beberapa kelebihan jilbab pashmina yang perlu Anda ketahui:

  • Bisa Dibentuk Berbagai Model Jilbab

Salah satu kelebihan jilbab pashmina adalah dapat dengan mudah untuk Anda bentuk dengan berbagai macam gaya dan kebutuhan jilbab. Membuat jilbab dengan banyak gaya lebih mudah menggunakan pashmina jika dibandingkan dengan menggunakan jilbab segi empat. Dengan demikian, jika Anda menyukai tampilan jilbab dengan berbagai bentuk atau gaya, Anda bisa memilih pashmina. Anda bisa mempelajari cara memakai jilbab pashmina yang modis dan kekinian di Merdeka.com.

  • Lebih Lebar dan Panjang

Kelebihan lain yang dimiliki pashmina adalah memiliki ukuran yang lebih lebar dan lebih panjang daripada jilbab segi empat. Dengan ukuran yang lebih lebar dan panjang ini, Anda bisa dengan mudah menutupi permukaan dada dengan pashmina tersebut. Jika dibandingkan dengan jilbab segi empat, pashmina memang lebih baik dalam melakukan hal ini.

  • Biasanya Memiliki Bahan yang Tidak Mudah Kusut

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh pashmina adalah biasanya memiliki bahan yang tidak mudah kusut. Dengan demikian, Anda bisa lebih leluasa melakukan berbagai aktivitas. Saat akan mudik, atau dalam perjalanan yang relatif lama sekalipun jilbab Anda tidak akan mudah kusut. Karena itu Anda tidak perlu mengkhawatirkan hal semacam ini.

Kekurangan Jilbab Pashmina

Berikut beberapa kekurangan jilbab pashmina yang perlu Anda ketahui:

  • Membutuhkan Banyak Jarum Pentul atau Peniti

Salah satu kekurangan jilbab pashmina adalah membutuhkan banyak jarum pentul atau peniti dalam pengaplikasiannya. Karena hal tersebut, pashmina kurang menjadi pilihan bagi ibu yang memiliki bayi dan memiliki banyak aktivitas dengan anak. Hal ini menjadi kekhawatiran sebab jarum pentul bisa saja mengenai anak ketika berinteraksi fisik dengan Anda. Untuk mendukung pemakaian jilbab pashmina, Anda bisa menggunakan ciput yang telah kami bahas pada artikel ciput vs bandana.

  • Memiliki Bahan yang Relatif Tipis

Kekurangan lain yang dimiliki oleh pashmina atau jilbab pashmina adalah rata-rata memiliki bahan yang tipis. Meskipun memiliki ukuran yang lebih lebar dan lebih panjang tapi bahan yang digunakan lebih tipis. Meskipun begitu, ada saja jilbab pashmina yang memiliki bahan yang tebal. Namun, pashmina yang berbahan tebal ini akan terasa panas apabila dipakai.

Loading...
  • Membutuhkan Waktu Lebih Lama Saat Pemasangan

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh pashmina adalah membutuhkan waktu lebih lama atau lebih banyak saat pengaplikasiannya. Hal ini dikarenakan Anda harus melilitkan pashmina tersebut ke berbagai bagian. Hal ini tentu berbeda dengan jilbab pashmina yang lebih mudah digunakan.

Kelebihan Jilbab PashminaKekurangan Jilbab Pashmina
- Bisa dibentuk berbagai model jilbab - Membutuhkan banyak jarum pentul atau peniti
- Lebih lebar dan panjang- Memiliki bahan yang relatif tipis
- Biasanya memiliki bahan yang tidak mudah kusut- Membutuhkan waktu lebih lama saat pemasangan

Jilbab Segi Empat

Jilbab segi empat merupakan sebuah kerudung atau penutup kepala yang memiliki bentuk segi empat. Jilbab segi empat ini telah digunakan sebagai penutup kepala sejak dulu. Jilbab segi empat ini juga cocok digunakan oleh semua usia, mulai dari remaja hingga orang tua.

Kelebihan Jilbab Segi Empat

Berikut beberapa kelebihan jilbab segi empat yang perlu Anda ketahui:

  • Lebih Nyaman Dipakai

Salah satu kelebihan jilbab segi empat adalah lebih nyaman digunakan. Saat Anda melakukan berbagai aktivitas dan memakai helm, Anda tidak perlu jilbab Anda menjadi berantakan. Anda bisa memperbaikinya dengan sangat mudah tanpa perlu melihat sebuah cermin. Dengan demikian, Anda akan lebih nyaman dalam melakukan berbagai aktivitas tanpa harus direpotkan oleh jilbab.

  • Tidak Membutuhkan Banyak Jarum Pentul

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki jilbab segi empat adalah tidak membutuhkan banyak jarum pentul. Anda hanya memerlukan satu jarum pentul saja untuk mengaplikasikan jilbab ini. Anda juga dapat dengan mudah memasang jilbab segi empat. Karena tidak terlalu banyak jarum pentul yang digunakan, Anda bisa beraktivitas lebih baik dengan anak-anak.

  • Memiliki Model yang Everlasting

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh jilbab segi empat adalah memiliki model everlasting alias tidak termakan oleh zaman. Dari zaman dahulu hingga sekarang jilbab segi empat selalu dapat dipakai dalam berbagai kegiatan. Hal ini tentu berbeda dengan jilbab pashmina yang relatif musiman.

Kekurangan Jilbab Segi Empat

Berikut beberapa kekurangan jilbab segi empat yang perlu Anda ketahui:

  • Banyak Bahan yang Mudah Kusut

Salah satu kekurangan jilbab segi empat adalah sebagian besar atau banyak jilbab segi empat yang memiliki bahan mudah kusut. Dengan demikian Anda perlu menyetrika terlebih dahulu sebelum menggunakan jilbab jenis ini. Selain itu, saat Anda melakukan banyak aktivitas jilbab ini juga lebih mudah terlihat kusut.

  • Memiliki Ukuran yang Tidak Terlalu Besar

Kekurangan lain yang dimiliki oleh jilbab segi empat adalah memiliki ukuran yang tidak terlalu besar. Dibandingkan dengan ukuran pashmina, jilbab segi empat memang relatif lebih kecil. Karena itulah kemampuan jilbab segi empat dalam menutup dada bisa dikatakan masih kurang.

  • Kurang Cocok untuk Acara Resmi

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki jilbab segi empat adalah terdapat beberapa bahan yang digunakan kurang cocok dipakai untuk acara resmi. Dengan demikian Anda memerlukan aksesoris tambahan untuk mempercantik tampilan. Meski demikian, saat ini telah banyak jilbab segi empat dengan bahan yang dikhususkan untuk acara-acara formal dan pesta.

Kelebihan Jilbab Segi EmpatKekurangan Jilbab Segi Empat
- Lebih nyaman dipakai- Banyak bahan yang mudah kusut
- Tidak membutuhkan banyak jarum pentul- Memiliki ukuran yang tidak terlalu besar
- Memiliki model yang everlasting- Kurang cocok untuk acara resmi

Pilih Mana: Pashmina atau Segi Empat?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara jilbab pashmina dan jilbab segi empat. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

Jilbab PashminaJilbab Segi Empat
- Memiliki ukuran yang lebih panjang dan lebar- Memiliki ukuran yang lebih kecil
- Mudah dibentuk untuk berbagai model- Sulit untuk dibentuk dengan berbagai model
- Lebih rumit saat pemasangan- Lebih mudah saat pemasangan
- Cek harga jilbab pashmina online termurah, Klik di sini- Cek harga jilbab segi empat online termurah, Klik di sini

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai pashmina dan segi empat di atas, dapat disimpulkan bahwa kedua jenis jilbab ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pashmina memiliki ukuran yang lebih besar dan lebih rumit untuk pemakaiannya jika ingin dibentuk dengan mode tertentu. Jika Anda menyukai jilbab dengan model-model tertentu Anda bisa menggunakan pashmina. Tapi jika Anda ingin memakai jilbab yang lebih simple, Anda bisa menggunakan jilbab segi empat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Pashmina vs Segi Empat

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *