Makanan dan Minuman

Pilih Mana: Pasta atau Spaghetti?

Siapa yang belum pernah makan mie? Tentunya kamu semua udah pernah dong makan makanan dengan adonan panjang yang terbuat dari gandum ini. Mie sejarahnya pertama kali dibuat di negara China yang sekarang sudah terkenal di seluruh dunia. Namun berbeda dengan Italia, negara yang juga lahirnya Pizza ini memiliki makanan khas nya tersendiri, yaitu Pasta dan Spaghetti. Kedua makanan ini memiliki bentuk yang kurang lebih sama seperti mie, namun tingkat ketebalan dan saus yang digunakan tentunya berbeda dengan kebanyakan mie yang kerap kita temui. Penasaran bagaimana detail dari Pasta dan Spaghetti ini? So kali ini saya akan bahas mengenai Pasta dan Spaghetti. Stay tune guys.

Sejarah Pasta

Berbicara mengenai pasta memang tidak lepas dari Italia. Makanan yang satu ini memang kali pertama terkenal di negara yang juga tempat lahirnya pizza ini. Lebih dari 400 tahun lalu, makanan yang mirip mie ini lahir. Saat ini tidak cuma di Italia saja, pasta dengan bermacam tipe bisa dengan mudah Kamu temui di seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia.

Kata pasta bersumber dari bahasa Italia, yakni Pasta Alimentare. Kata itu mempunyai arti adonan makanan seperti adonan pastry, adonan cake, serta adonan kering. Penafsiran ini berbeda bila diartikan berdasarkan kronologi munculnya pasta. Bagi literatur sejarah, pasta malah pertama kali lahir di China. Sejarah Tiongkok sudah mengenal mie lebih lama, jauh saat sebelum terdapat pasta di Italia,

Orang China mengklaim kalau mie yang telah jadi makanan yang kental budaya Tiongkok sejak lama, merupakan cikal bakal munculnya pasta yang saat ini diketahui warga sebagai salah satu ikon kuliner Italia. Tetapi, perihal itu memang betul apa adanya. Sejarah sudah membuktikan kalau pada tahun 1295 Marco Polo membawa oleh-oleh saat kembali dari penjelajahannya dari tanah China.

Selidik demi selidik dibuktikan, kalau Marco Polo membawa buah tangan berupa mie dari China. Mulanya ia cuma membawanya saja, namun lambat-laun banyak orang Italia yang menyukainya. Mereka berupaya buat mencoba pembuatannya. Hingga pada akhirnya, mie ini tumbuh amat cepat dan berubah sesuai bentuk kreasi para juru masak Italia. Selanjutnya, mie yang mereka buat dari adonan itu dikenal sebagai pasta. Baca juga Pilih Mana: Mie atau Nasi?

Pasta

Pasta merupakan jenis olahan gandum yang dipakai sebagai bahan makanan utama di negara-negara Eropa. Pasta amat populer sebab selain praktis dan gampang disimpan, pasta mempunyai rasa yang lebih toleran di lidah semua orang. Pasta umumnya dihidangkan dengan beraneka ragam saus sedap yang menambah cita rasa pasta itu sendiri.

Pasta pula dipercayai sebagai pengganti nasi sebagai makanan yang memberikan asupan karbohidrat sehari-hari. Pasta pula lebih berserat sebab umumnya terbuat dari gandum. Pasta gampang diperoleh, terlebih lagi dikala ini banyak produsen yang memproduksi pasta kemasan dengan ukuran pas buat Kamu serta keluarga. Pasta dapat Kamu sajikan sehari-hari dalam berbagai kreasi olahan kuliner.

Kamu bisa dapatkan pasta di seluruh supermarket, mall, Carefour, Hypermart dan semacamnya. Namun jika kalian menginginkan pasta yang sudah siap langsung dimakan, maka Pizza Hut kerap menyediakan makanan tersebut.

Jenis Pasta

Vermicelli
Vermicelli merupakan pasta yang mirip dengan spageti. Cuma saja ukurannya lebih kecil dan pendek. Pasta ini umumnya diolah bersama hidangan laut serta dijadikan campuran sup.

Fettuccine
Dalam bahasa Italina, Fettuccine artinya adalah pita kecil. Itu karena pasta ini mempunyai bentuk seperti pita dengan lebar sekitar 6, 5 milimeter. Fetucini menjadi makanan populer bangsa Romawi.

Lasagna
Pasta ini berbentuk seperti lembaran tipis yang panjang sekitar 27 centimeter serta lebar 5 centimeter. Pasta ini umumnya disusun sampai 7 lapis. Secara harafiah, lasagna itu merupakan lasagna yang berisikan daging. Tidak hanya itu pasta ini pula dapat diisi dengan sayuran, daging ayam, makanan laut, dan lainnya.

Fusilli
Fusili merupakan pasta yang berbentuk spiral. Pasta ini umumnya dihidangkan dengan daging ayam, daging sapi, ataupun sayuran.

Sejarah Spaghetti

Spaghetti awal kali dibuat oleh orang China berupa mie yang merupakan makanan favorit orang China. Pada tahun 1292 kala expedisi seseorang dari Italia mampir di China melihat warga China banyak yang mengkonsumsi mie setelah itu tertarik kemudian dibawa ke Italia. Nyatanya orang Italia terpikat dengan mie ini kemudian dikembangkan dan dinamakan spaghetti.

Bolognaise sendiri namanya berawal dari salah satu kota di Italia yakni kota Bologna. Ialah saus dari Spaghetti yang lezat & enak yang diciptakan oleh ahli masak Italia dengan bahan dasar tomato sauce serta daging cincang.

Dalam perkembangannya seiring dengan kemajuan jaman Spaghetti Bolognaise ini amat disukai oleh masyarakat dunia tidak cuma orang Italia saja, sehingga seluruh juru masak di dunia ini dapat membuatnya serta berlomba lomba dengan variasi- variasinya agar lebih menarik serta lebih lezat.

Spaghetti

Spaghetti merupakan salah satu jenis pasta yang berbentuk panjang, tipis, silindris, serta padat, yang bila diperhatikan menyerupai mie pada umumnya. Ini merupakan makanan utama dalam masakan Italia tradisional. Sebab berbentuk seperti mie, mayoritas orang menyebutnya mie dari Italia walaupun banyak versi pasta lainnya yang berbentuk seperti mie. Seperti pasta pada umumnya, spaghetti dibuat dari gandum giling dan air. Spageti Italia dibuat dari semolina gandum durum, namun di tempat lain dapat dibuat dengan tepung jenis lain.

Awal mulanya ukuran spageti amat panjang, namun setelah itu yang berukuran lebih pendek semakin terkenal selama paruh kedua abad ke-20 serta saat ini spageti paling banyak tersaji dalam ukuran panjang 25–30 centimeter (10–12 in). Sebagian versi hidangan pasta berawal dari pasta jenis ini sebagai dasar.

Kamu bisa dapatkan spaghetti di seluruh supermarket, mall, Carefour, Hypermart dan semacamnya. Namun jika kalian menginginkan pasta yang sudah siap langsung dimakan, maka Pizza Hut kerap menyediakan makanan tersebut.

Jenis-Jenis Spaghetti

Angel hair
Umumnya, sih angel hair sangat sering disebut spaghetti. Padahal beda sekali dari segi adonan serta penyajian. Angel hair ini lebih tipis dan tidak sekenyal spaghetti.

Bucatini
Bucatini tuh mirip-mirip dengan angel hair serta spaghetti. Jika angel hair lebih tipis dari spaghetti, maka bucatini lebih tebal dari angel hair, tetapi tak setebal spaghetti. Bucatini mempunyai lubang pada bagian tengahnya yang jadi ciri khas.

Aglio Olio
Aglio olio merupakan dasar saus pasta yang bersifat non-creamy. Dikutip dari Nibble, aglio olio diambil dari bahasa Italia di mana aglio berarti bawang putih, serta olio berarti olive oil alias minyak zaitun. Jadi pasta yang disajikan saus ini bakal dimasak terlebih dulu dengan tumisan bawang putih cincang, parsley, dan minyak zaitun.

Carbonara
Saus yang satu ini sudah sering kita jumpai di resto- resto bernuansa Italia. Saus carbonara bersifat creamy dan enak dengan cita rasa keju yang kuat. Carbonara merupakan modifikasi dari alfredo yang dikasih tambahan keju lebih banyak serta dibubuhi potongan daging asap. Pasta yang kerap dihidangkan dengan saus ini adalah fettucini dan spaghetti.

Pilih Mana: Pasta atau Spaghetti?

Pasta Spaghetti
Kelebihan - Memiliki rasa yang enak - Proses masak tanpa menggunakan minyak - Cepat membuat kenyang- Tinggi serat - Rasanya yang unik dan enak - Memiliki protein yang tinggi
Kekurangan - Memicu tekanan darah tinggi - Meningkatkan resiko kanker- Memicu diabetes - Meningkatkan resiko serangan jantung

Kesimpulan

Seperti yang sudah saya ulas diatas, bahwa Pasta dan Spaghetti umumnya memiliki banyak kemiripan. Kamu bisa juga membuat Pasta dan Spaghetti kamu sendiri dengan resep yang sudah banyak tersedia di internet. Tambahkan beberapa daging dan keju untuk menambah cita rasa dari Pasta dan Spaghetti kamu supaya lebih nikmat. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Pasta vs Spaghetti

VS

Leave a Reply