AplikasiLayanan

Pilih Mana: PayPal atau Payoneer?

Untuk Anda yang memang pebisnis di berbagai internet digital maka adanya sebuah aplikasi yang dapat memberikan pelayanan yang baik dan keamanan yang cukup untuk Anda melakukan berbagai transaksi. PayPal dan Payoneer merupakan dua aplikasi yang banyak diminati para marketer online.

Banyak orang Indonesia yang sudah mengetahui kedua sistem aplikasi ini. Selain itu keduanya juga bisa dijadikan sebagai pembayaran secara elektronik yang akan membuat hidup Anda menjadi lebih praktis.

Tetapi dari keduanya, manakah yang lebih baik? Artikel kami kali ini akan memberikan penjelasan beberapa kelebihan dan kekurangan dari kedua aplikasi tersebut agar dapat menjadi referensi untuk Anda.

PayPal

PayPal merupakan sistem pembayaran secara elektronik yang menggantikan transaksi konvensional berupa cek dan transfer uang. Mempunyai PayPal, ibaratnya Anda mempunyai rekening secara online yang dapat digunakan untuk membeli produk dan menerima dana dari orang yang mempunyai akun PayPal ataupun kartu kredit. Baca juga Pilih Mana: Dana atau Jenius?

Saat ini PayPal menjadi salah satu alat pembayaran virtual yang paling banyak digunakan oleh para marketer online, sebab transaksi menggunakan PayPal memiliki tingkat keamanan yang terbilang cukup baik dan terjamin jika dibandingkan dengan berbagai fasilitas serupa.

Untuk dapat menggunakan PayPal dalam berbagai transaksi keuangan, Anda tentu wajib membuka dan memiliki akun PayPal tersebut secara pribadi, memiliki sejumlah dana di dalamnya untuk berbagai keperluan transaksi yang akan Anda lakukan.

Kelebihan PayPal

  • Kirim uang cepat dan mudah
    Dengan PayPal Anda bisa saling kirim uang dengan pengguna PayPal lainnya. Tentunya prosesnya sangat cepat dan mudah, hanya dengan beberapa klik dan hitungan detik uang langsung sampai ke alamat PayPal tujuan. PayPal juga memberikan kemudahan dengan bisa mengatur banyak akun bank, kartu debit, dan kartu kredit yang Anda miliki untuk mengisi saldo PayPal.
  • Keamanan kartu kredit
    Ketika Anda mendaftar akun PayPal, Anda diminta untuk melengkapi atau memasukan informasi tentang kartu kredit dan bank dalam sebuah sistem PayPal yang aman. Setelah selesai, maka nantinya Anda tidak perlu lagi melengkapi informasi kartu kredit ketika melakukan pembayaran dengan PayPal. Setidaknya ini membuat Anda tidak perlu khawatir dengan hacker yang mendownload informasi atau data dari online merchants.
  • Banyaknya promo diskon
    PayPal biasanya membuat diskon khusus untuk pembeli yang berbelanja menggunakan PayPal di beberapa retailer yang telah ditentukan. Kunjungi shopping.paypal.com untuk menemukan penawaran khusus terbaru dari perusahaan seperti HP, Barnes & Noble, Wal-Mart, Nike, dan masih banyak lagi. Sebenarnya PayPal merupakan alat pembayaran virtual yang sangat praktis dan diakui oleh seluruh dunia sebagai metode pembayaran yang sah, tapi sayangnya di Indonesia sendiri PayPal tidak mendukung mata uang rupiah.

Kekurangan PayPal

  • Sistem verifikasi membutuhkan banyak waktu
    Sistem verifikasi PayPal membutuhkan banyak waktu. Ketika Anda menghubungkan rekening bank dengan rekening PayPal Anda, dua deposit kecil yang dibuat ke dalamnya, dan Anda harus membiarkan PayPal mengetahui jumlah untuk memverifikasi akun Anda sendiri, deposito biasanya mengambil sampai 5 hari untuk muncul, lima hari ketika Anda tidak dapat menerima pembayaran secara online, dan jika Anda tidak memiliki akses ke internet banking Anda bisa menunggu satu bulan penuh untuk menerima pernyataan pos untuk memeriksa jumlah.

  • Sulit mendapatkan kontak saat terjadi kesalahan pembayaran
    Jika Anda mengalami masalah dengan pembayaran, sulit untuk menemukan nomor telepon kontak di website-nya, dan email biasanya merespons dengan balasan otomatis daripada saran asli. Hal ini dapat sulit untuk menegosiasikan website jika Anda ingin membatalkan langganan melalui PayPal, dan jika Anda masuk ke dalam perselisihan dengan seseorang dan pembayaran ditangani oleh PayPal mereka akan mengambil alih proses arbitrase yang dapat mengambil waktu yang sangat lama.
  • PayPal adalah sangat rentan terhadap penipuan
    PayPal adalah sangat rentan terhadap penipuan. Banyak sekali dana yang dikembalikan ke pelanggan bahkan setelah barang telah dikirim, ini bisa membuktikan bencana bagi penjual, Sistem keluhan adalah juga buruk yang tampaknya tidak memperbaiki masalah apapun.

Payoneer

Payoneer adalah sebuah jasa pembayaran internet (internet payment) yang memudahkan Anda dalam melakukan pembayaran serta menerima dana secara online. Payoneer juga merupakan metode pembayaran yang banyak digunakan oleh seorang affiliate marketer untuk menerima komisi affiliate.

Payoneer menyediakan fasilitas menyimpan, mengirim maupun menerima uang dalam bentuk dollar. Secara sederhananya Payoneer itu seperti halnya bank yang sering Anda gunakan hanya saja Payoneer berbentuk bank virtual. Salah satu keunggulan Payoneer adalah adanya kartu debit yang bisa digunakan untuk mengambil uang via ATM.

Tersedia dua opsi penerimaan uang via Payoneer. Pertama, melalui local bank transfer. Jika Anda memilih opsi ini, nantinya pembayaran yang Anda terima akan masuk ke akun Payoneer Anda. Kedua, Anda bisa menerima pembayaran yang nantinya langsung bisa Anda ambil melalui ATM tanpa perlu melakukan withdraw terlebih dulu.

Kelebihan Payoneer

  • Adanya kartu debit ATM
    Kelebihan Payoneer dibanding payment processor lain adalah adanya kartu debit ATM. Kartu debit ATM ini fungsinya sama dengan kartu debit ATM pada bank nyata yaitu untuk mengambil uang. Pengambilan uang bisa dilakukan di semua ATM di Indonesia asal terdapat logo mastercard (Anda harus mengaktifkan US Payment Service terlebih dahulu di account Payoneer anda).
  • Dapat tarik tunai dimanapun
    Apabila Anda mendadak membutuhkan uang tunai, maka Anda bisa menarik uang dari kartu melalui ATM ATM yang berlogo Mastercard baik di dalam maupun luar negeri, uang yang Anda terima akan otomatis dikonversi kedalam mata uang dinegara mana Anda tarik uang.
Lihat juga:  Pilih Mana: Realme 3 atau Infinix Hot 7 Pro?

  • Bisa membayar menggunakan mesin EDC
    Jika Anda belanja di supermarket atau sejenisnya maka di loket kasir akan ada mesin EDC yang bisa menerima pembayaran lewat kartu debit atau kartu kredit. Kartu Payoneer ini dilengkapi dengan sebuah chip yang serupa dengan kartu kredit sehingga Anda bisa bayar belanjaan tanpa harus menggunakan uang cash.

Kekurangan Payoneer

  • Kartu belum terkenal
    Selain sistem dari Payoneer ini yang kurang terkenal, kartu dari Payoneer ini di Indonesia masih sangat minim belum sangat terkenal. Sehingga belum banyak orang yang mengetahui kartu Payoneer ini.
  • Sistem belum banyak diminati
    Selain kartu belum terkenal di Indonesia sistem seperti ini masih sangat jarang diminati masyarakat Indonesia. Berbagai pendapat orang berbeda-beda sehingga hal ini banyak menjadi pertimbangan bagi orang. Selain itu Payoneer sama halnya dengan PayPal yang rentan terhadap penipuan.
  • Biaya admin cukup mahal
    Jika Anda yang sudah menggunakan Payoneer mungkin Anda dapat merasakan bahwa biaya admin dari Payoneer terbilang cukup mahal, benar? Ya bagi orang yang memang menggunakan Payoneer banyak mengeluh akan hal ini.

PayPal vs Payoneer

  • Sistem verifikasi Payoneer jelas lebih baik dari PayPal karena ketika Anda mendaftar Payoneer maka secara otomatis Anda akan mendapatkan mastercard. Sedangkan PayPal malah membutuhkan mastercard atau creditcard yang telah ada.
Sistem penarikan dari Payoneer juga cukup bagus Anda bisa menarik uang hingga Rp. 2.500.000 dan langsung bisa cari ditempat. Sedangkan PayPal memang bisa menarik uang banyak hingga puluhan juta tetapi harus menunggu proses manual transfer hingga satu minggu lamanya.
  • Payoneer serbaguna, matercard yang ada bisa digunakan untuk kepentingan bermacam-macam. Sedangkan PaypPal malah ketergantungan pada mastercard lain atau creditcard lain.
SpesifikasiPayPalPayoneer
KegunaanSitem pembayaran, pembayaran virtual yang paling banyak digunakan oleh para marketer online Metode pembayaran yang banyak digunakan oleh seorang affiliate marketer untuk menerima komisi affiliate.
Sistem Verifikasi PayPal malah membutuhkan mastercard atau creditcard yang telah ada Ketika Anda mendaftar Payoneer maka secara otomatis Anda akan mendapatkan mastercard.
Sistem PenarikanPayPal memang bisa menarik uang banyak hingga puluhan juta tetapi harus menunggu proses manual transfer hingga satu minggu lamanya.Sistem penarikan dari Payoneer juga cukup bagus Anda bisa menarik uang hingga Rp. 2.500.000 dan langsung bisa cari ditempat.
Kegunaan Kartu Payoneer serbaguna, matercard yang ada bisa digunakan untuk kepentingan bermacam-macam.PaypPal malah ketergantungan pada mastercard lain atau creditcard lain.

Pilih Mana: PayPal atau Payoneer?

PayPalPayoneer
Kelebihan- Kirim uang cepat dan mudah - Keamanan kartu kredit - Banyaknya promo diskon - Adanya kartu debit ATM - Dapat tarik tunai dimanapun - Bisa membayar menggunakan mesin EDC
Kekurangan- Sistem verifikasi membutuhkan banyak waktu - Sulit mendapatkan kontak saat terjadi kesalahan pembayaran - PayPal adalah sangat rentan terhadap penipuan - Kartu belum terkenal - Sistem belum banyak diminati - Biaya admin cukup mahal

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas mengenai PayPal dan Payoneer keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tetapi kami akan lebih merekomendasikan Payoneer sebagai referensi untuk Anda. Meski sebenarnya keduanya memiliki sistem yang sama, atau kegunaan yang sama perbedaan yang mencolok juga terdapat dari keduanya yang sudah dijelaskan di atas. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

PayPal vs Payoneer

VS

Leave a Reply