Lainnya

Pilih Mana: PCX atau NMax?

Kehadiran Honda PCX dan Yamaha NMax yang berbarengan, membuat dilema para pencinta motor matic bongsor. Kedua matic ini termasuk kelas motor matic premium karena kisaran harganya yang menyasar pada kalangan menengah ke atas. Namun di antara kedua motor buatan pabrikan besar ini, bagus mana PCX atau NMax? Berikut kekurangan dan kelebihannya untuk Anda.

Honda PCX

Honda PCX memiliki desain yang mewah berkat lampu depan modern dan lampu belakang, serta munculnya panel instrumen LCD berukuran besar. Selain itu desainnya juga menampilkan keeleganan berkat garis-garis bodi motor mengalir dan sosoknya yang membulat. Baca juga Pilih Mana: Vespa LX 150 atau Vespa GTS 250?

Kelebihan Honda PCX

1. Fitur yang Segudang
PCX punya segudang fitur untuk memanjakan penggunanya. Mulai dari sistem pencahayaan LED dengan hazard, idling stop system (ISS) untuk menghemat bahan bakar, smart key system terintegrasi keyless dan DC outlet sebagai selaku colokan charger smartphone. Fitur ini menggantikan kunci konvensional dengan tombol dan teknologi jarak jauh. Jadi saat mengaktifkan mesin, Anda tidak perlu lagi menggunakan kunci.

Cukup masukkan remote ke dalam saku, ketuk tombol di dashboard PCX, putar ke posisi ‘on’. Mesin akan secara otomatis menyala ketika Anda menekan tombol starter. Di dalam remote PCX juga memiliki banyak fungsi alarm sebagai pengingat ketika ada pencuri dan answer back system yang memudahkan pencarian kendaraan di tempat parker. Selain itu ada sistem pengereman yang mengadopsi combi brake system (CBS) yang menyalaraskan rem depan dan belakang dalam satu tuas rem. Honda mengklaim, CBS effect mampu mengoptimalkan jarak pengereman sehingga lebih pendek dan lebih aman.

2. Kapasitas Tangki 8 Liter
Dengan kapasitas tangki yang cukup besar, diklaim dapat mengantarkan penggunanya sejauh 300/320 Km tanpa isi BBM.

Kekurangan Honda PCX

1. Kapasitas Mesin Kecil
Dilansir dari Kompas.com, Honda mengumumkan spesifikasi kinerja mesin berkapasitas lebih kecil dari jantung mekanis Nmax, karena hanya 149,3 cc. Basis mesin PCX lokal, berasal dari Honda Vario 150. Untuk kinerja juga mengutip kepunyaan Vario, karena PCX hanya dapat mengeluarkan torsi puncak 12,8 Nm pada 5.500 rpm dan kekuatan maksimum 12,64 PS pada 5.500 rpm. Tentu saja yang di atas jauh dari kemampuan mesin NMax.

2. Dibanderol Dengan Harga Mahal
Jika Anda berminat memiliki PCX dengan fasilitas fitur yang berlimpah, maka siapkan budget yang lebih dari motor matic biasanya. Bahkan harga PCX dibanderol lebih mahal dibanding NMax.

Yamaha NMax

Yamaha NMax memiliki desain sporty yang terlihat dari garis bodinya yang tegas. Kaki-kakinya juga kokoh, karena penggunaan ban kecil tapi lebar. Dimensi skuter garputala lebih panjang, lebih tinggi dan lebih ramping dari Honda PCX.

Kelebihan Yamaha NMax

1. Performa Terbaik
Jantung mekanis 155 cc tetap menjadi andalan untuk Nmax. Depot dayanya dilengkapi dengan teknologi variable valve actuation (VVA) yang mampu menjaga kinerja terbaik di setiap rentang putaran mesin. Karena itu, mesin NMax mampu menyemburkan torsi puncak 14,4 Nm pada 6.000 rpm dan tenaga maksimum 15,09 PS pada 8.000 rpm.

2. Penggunaan Ban Lebih Lebar
Meskipun menggunakan diameter ban kecil yang hanya 13 inci, namun ban NMax jauh lebar dibandingkan ban PCX. Hal ini memberikan kenyamanan penggunanya saat berkendara dengan NMax.

Kekurangan Yamaha NMax

1. Tidak Memiliki Banyak Fitur
Nmax memiliki fitur yang tidak terlalu banyak seperti PCX. Sistem pencahayaan sudah LED seperti PCX. Panel instrumen juga menggunakan LCD, tetapi layarnya kecil. Kelebihan Nmax adalah suspensi belakang tipe tabung, menjanjikan kestabilan berkendara yang lebih baik saat melewati perjalanan jauh dengan kontur jalan yang tidak rata. Nmax juga sudah dilengkapi sistem pengereman anti-lock (ABS). Namun, ABS milik skuter garputala lebih mumpuni karena tersedia dalam dua saluran di roda depan dan belakang.

2. Ban Licin Saat Hujan
Ban dengan jenis kembangan yang jarang, memang baik untuk medan jalan yang kering. Namun ketika menemukan jalan yang basah, kemampuan ban NMax membuang air ke luar tapak menjadi minim.

Pilih Mana: PCX atau NMax?

PCXNMax
Ruang bagasi– 25 liter– 23 liter
Kapsitas mesin– 150 cc– 155 cc
Harga– Harga di kisaran Rp 27 juta untuk varian CBS dan Rp 32 juta varian ABS– Berkisar di harga Rp 26,3 juta untuk varian tanpa ABS dan Rp 30,2 juta varian ABS

Kesimpulan

Dari semua uraian di atas, NMax sangat cocok untuk Anda yang terlihat skutik beraura sport yang lebih kental. Selain paras, performa mesin yang handal dan fitur suspensi tabung, menjadi penambah karakternya. Berbeda dengan Honda PCX yang sangat pas untuk Anda yang suka kelas motor dan canggih. Sosok keanggunan dan kemewahan menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen. Kecanggihannya tidak terbantahkan dengan banyak fitur modern, termasuk keyless.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

PCX vs NMax

VS

Leave a Reply