Kecantikan

Pilih Mana: Pensil Alis atau Eyebrow Kit?

Memiliki alis dengan bentuk yang rapi dan memiliki tampilan alis yang ideal merupakan dambaan hampir bagi semua perempuan. Untuk membentuk dan merapikan alis agar tampilan lebih sempurna, Anda dapat menggunakan pensil alis atau eyebrow kit. Manakah produk yang paling baik untuk Anda gunakan? Pensil alis atau eyebrow kit?

Pensil alis dan eyebrow kit merupakan dua produk yang memiliki fungsi dasar yang sama, yaitu membentuk dan memberikan warna yang lebih baik untuk alis. namun, kedua produk ini memiliki beberapa perbedaan. Dilihat dari bentuknya saja, kedua produk ini memiliki bentuk yang berbeda. Sesuai dengan namanya, pensil alis memiliki bentuk seperti pensil. Sedangkan eyebrow kit memiliki bentuk seperti eyebrow powder dan dilengkapi dengan kuas aplikator serta kelengkapan lainnya. Baca juga Pilih Mana: Foundation atau BB Cream?

Pensil Alis

Pensil alis merupakan salah satu produk pembentuk alis yang memiliki bentuk seperti pensil. Pensil ini dapat membuat alis menjadi lebih berbentuk, tegas, serta dapat membuat alis menjadi lebih bervolume.

Kelebihan Pensil Alis

Berikut beberapa kelebihan pensil alis yang perlu Anda ketahui:

  • Cocok untuk Alis yang Tidak Terlalu Bagus dan Tipis

Salah satu kelebihan pensil alis adalah dapat membentuk alis yang tipis dan memiliki bentuk yang kurang tebal. Dengan menggunakan pensil alis, Anda dapat membuat garis atau menggambar terlebih dahulu bentuk alis yang Anda inginkan. Pensil alis dapat membuat garis alis Anda menjadi lebih tegas dan berbentuk. Jika Anda memiliki jenis alis yang tipis dan kurang berbentuk, sebaiknya Anda menggunakan pensil alis untuk mempercantik bentuk alis Anda.

  • Lebih Praktis dan Mudah dalam Membentuk dan Merapikan Alis

Kelebihan lain yang dimiliki pensil alis adalah Anda dapat dengan mudah menggambar garis alis. Karena memiliki bentuk seperti pensil, pensil alis dapat Anda gerakkan dengan mudah untuk membentuk alis Anda. Namun, hal ini juga tergantung dari kebiasaan dan konsentrasi pemakainya masing-masing.

  • Harga Relatif Lebih Terjangkau

Pensil alis juga memiliki harga yang lebih murah daripada eyebrow kit. Sebenarnya hal ini tergantung dari merek yang digunakan. Namun dengan merek yang sama, pensil alis memiliki harga yang lebih terjangkau daripada eyebrow kit.

Kekurangan Pensil Alis

Berikut beberapa kekurangan pensil alis yang perlu Anda ketahui:

  • Tidak Mudah Dikontrol

Salah satu kekurangan pensil alis adalah tidak mudah dikontrol. Karena hasil akhirnya memberikan garis yang lebih tegas, Anda perlu berhati-hati dalam membuat garis dan menggunakan pensil alis. Sebab, jika Anda kurang teliti dan cermat bentuk alis kanan dan kiri memungkinkan untuk memiliki bentuk garis yang berbeda. Dan hal ini akan sangat terlihat jika menggunakan pensil alis.

  • Warna dan Bentuk Kurang Natural

Kekurangan pensil alis adalah memberikan warna dan garis alis yang tegas dan terang. Tampilan dari hasil pemakaian pensil alis terlihat tidak natural. Jika Anda menginginkan bentuk alis yang natural sebaiknya Anda tidak menggunakan pensil alis. Atau jika Anda telah memiliki alis yang tebal, maka sebaiknya Anda menggunakan eyebrow powder pada eyebrow kit. Karena pensil alis malah akan membuat alis Anda tampak menjadi lebih tebal dengan warna yang terang pula.

  • Lebih Mudah Luntur

Kekurangan lainnya yang dimiliki pensil alis adalah mudah luntur. Jika dibandingkan dengan eyebrow kit, pensil alis memberikan daya tahan yang relatif lebih singkat. Dengan demikian, Anda perlu merapikan alis berkali-kali jika alis sudah mulai luntur dan tidak rapi.

Kelebihan Pensil AlisKekurangan Pensil Alis
- Cocok untuk alis yang tidak terlalu bagus dan tipis - Tidak mudah dikontrol
- Lebih praktis dan mudah dalam membentuk dan merapikan alis- Warna dan bentuk kurang natural
- Harga relatif lebih terjangkau- Lebih mudah luntur

Eyebrow Kit

Eyebrow kit merupakan salah satu produk untuk membentuk alis. Eyebrow kit biasanya terdiri dari eyebrow powder, wax, kuas aplikator, dan ada juga yang sudah memiliki spoolie brush dan tweezer kecil. Eyebrow kit banyak digunakan karena memberikan tampak akhir yang lebih natural.

Lihat juga:  Pilih Mana: Lipstik atau Lip Cream?

Kelebihan Eyebrow Kit

Berikut beberapa kelebihan eyebrow kit yang perlu Anda ketahui:

  • Cocok untuk Alis yang Sudah Tebal dan Berbentuk

Alis yang tebal dan sudah terbentuk bagus cocok menggunakan eyebrow powder pada eyebrow kit. Pulasannya tidak terlalu menghasilkan warna yang intens, dia dapat membaur dengan rambut alis yang sudah ada. Eyebrow kit hanya bertugas merapikan.

  • Menghasilkan Warna yang Lebih Natural

Kelebihan lain yang dimiliki eyebrow kit adalah hasil akhir akan nampak lebih natural. Hal ini dikarenakan powder atau bubuk dari eyebrow kit ini tidak membentuk garis tegas dan tebal seperti pensil alis. Bagian pinggir alis akan tampak lebih natural dan tidak membentuk garis yang terlalu lurus.

  • Lebih Tahan Lama

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki eyebrow kit adalah dapat bertahan lama dan tidak mudah luntur. Dibandingkan dengan penggunaan pensil alis, eyebrow kit lebih mampu bertahan lebih lama. Dengan demikian, Anda tidak perlu untuk memakai eyebrow kit secara berulang-ulang. Anda dapat memakainya sekali saja dan dapat bertahan seharian.

Kekurangan Eyebrow Kit

Berikut beberapa kekurangan eyebrow kit yang perlu Anda ketahui:

  • Mudah Terlihat Tebal Saat Diaplikasikan

Meskipun memberikan hasil dengan warna yang natural. Jika Anda terlalu banyak memulas kuas pada powdernya, maka alis Anda akan mudah terlihat tebal pada saat diaplikasikan. Caranya, Anda hanya perlu memulas sedikit powder pada kuas dan dapat mengulanginya berulang jika membutuhkan hasil yang lebih tebal.

  • Harga Relatif Lebih Mahal

Kekurangan lain yang dimiliki oleh eyebrow kit adalah memiliki harga yang relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan pensil alis. Harga juga merupakan faktor penentu yang penting untuk seorang membeli sesuatu. Namun, harga yang ditetapkan sesuai dengan kelebihan yang diberikan pensil alis.

  • Perlu Teliti Saat Mengaplikasikan

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki eyebrow kit ini adalah Anda perlu mengaplikasikannya dengan teliti. Hal ini dikarenakan eyebrow kit berbentuk powder sehingga agak sulit jika Anda ingin membuat garis alis dengan lurus dan sempurna. Anda perlu merapikannya dan melakukannya dengan lebih hati-hati sebab banyak penyebab yang membuat alis menjadi gagal. Dikutip dari Kompas.com terdapat 10 kesalahan yang dilakukan saat membuat alis sehingga menyebabkannya menjadi gagal. Kesepuluh kesalahan tersebut antara lain, memilih warna yang salah, terlalu berlebihan, salah membuat lengkungan pada alis, membuat alis identik, teknik blending yang buruk, berlebihan memakai eyebrow powder, berlebihan memakai eyebrow powder, terlalu banyak mencabut alis, dan sebagainya.

Kelebihan Eyebrow KitKekurangan Eyebrow Kit
- Cocok untuk alis yang sudah tebal dan berbentuk - Mudah terlihat tebal saat diaplikasikan
- Menghasilkan warna yang lebih natural- Harga relatif lebih mahal
- Lebih tahan lama- Perlu teliti saat mengaplikasikan

Pilih Mana: Pensil Alis atau Eyebrow Kit?

Di atas telah dijelaskan perbedaan antara pensil alis dan eyebrow kit. Perbedaan tersebut telah kami rangkum dalam tabel berikut:

Pensil AlisEyebrow Kit
- Cocok untuk yang memiliki alis tipis- Cocok untuk alis yang sudah tebal dan berbentuk
- Warna kurang natural- Warna lebih natural
- Harga lebih terjangkau - Harga sedikit lebih mahal

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai pensil alis dan eyebrow kit di atas, dapat disimpulkan bahwa keduanya memiliki fungsi dasar yang sama yaitu mempercantik alis Anda. Anda hanya perlu mengenal jenis alis Anda dan kebutuhan Anda lebih baik lagi. Jika Anda memiliki alis yang tipis, alis kurang berbentuk dan menginginkan tampilan alis yang tegas sebaiknya Anda menggunakan pensil alis. Tapi jika Anda memiliki alis yang telah tebal dan menginginkan tampilan alis yang natural, sebaiknya Anda memilih untuk menggunakan eyebrow kit.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Pensil Alis vs Eyebrow Kit

VS

Leave a Reply