Makanan dan Minuman

Pilih Mana: Pepsi atau Coca-Cola?

Ketika sedang makan yang berminyak pastinya akan lebih nikmat jika ditemani oleh minuman bersoda. Dua merk minuman bersoda yang paling populer dan menjadi favorit adalah Pepsi dan Coca-Cola.

Tidak ada yang tidak mengenal dengan kedua produk bersoda itu. Selain sama-sama memiliki kandungan soda, kedua produk ini juga memiliki warna yang sama yaitu cokelat tua. Baca Juga: Pilih mana: Coca Cola vs Teh Botol Sosro?

Bahkan cita rasa yang diberikan juga sama. Walaupun memiliki rasa yang sama tapi beberapa peminatnya berpendapat bahwa Pepsi memiliki rasa yang lebih manis dibanding Coca-Cola.

Untuk minuman bersoda sendiri memang tidak baik jika diminum secara berlebihan. Tetapi dibalik bahaya itu kedua produk soda ini memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing.

Mari simak pembahasan tentang kelebihan dan kekurangan dari dua produk ini!

Pepsi

Pepsi sebelumnya bernama Pepsi-cola yang merupakan minuman bersoda diproduksi oleh PepsiCo dan dijual di toko, restoran dan pasar swalayan.Minuman ini pertama kali dibuat oleh ahli farmasi bernama Caleb Bradham pada tahun 1989. Dibuat dengan campuran air, gula, vanilla, ekstrak kacang kola dan minyak. Pada umumnya minuman bersoda ini tidak memiliki kandungan kafein di dalamnya.

Kelebihan Pepsi

1. Memiliki variasi diet

Dikarenakan Pepsi memiliki tingkat gula yang tinggi perusahaan Pepsico membuat variasi diet yang memiliki kandungan gula rendah.

2. Membantu menyehatkan pencernaan

Beberapa ilmuwan dan dokter menemukan perawatan terbaik untuk mengatasi penyumbatan pada lambung dengan mengkonsumsi segelas minuman berkarbonasi.

Tingkat keasaman dari Pepsi dapat bertindak sebagai asam lambung sehingga mampu memecah penyumbatan.

3. Menambah energi

Pepsi dapat memberikan tambahan energi karena Pepsi memiliki kandungan glukosa yang setara dengan tiga sendok gula. Mengartikan bahwa dengan mengkonsumsi minuman bersoda dapat memenuhi 75 persen kebutuhan tubuh orang dewasa.

4. Meningkatkan konsentrasi

Minuman berkarbonasi seperti Pepsi mengandung kafein stimulant yang tinggi. Sehingga ketika masuk ke dalam aliran darah dapat memacu peningkatan konsentrasi.

5. Mengurangi rasa mual

Rasa mual yang terjadi ketika terlalu kenyang dapat diatasi dengan minuman berkarbonasi. Dengan minuman berkarbonasi yang memiliki kombinasi manis dan soda menyebabkan keinginan untuk mentralkan mulut dengan mengkonsumai makanan asin.

Kekurangan Pepsi

1. Menyebabkan gula darah meningkatkan

Seperti yang diketahui bahwa Pepsi memiliki tingkat gula yang tinggi sehingga dengan mengkonsumsi Pepsi melebihi saran saji akan menyebabkan gula darah yang meningkatkan.

2. Tekanan darah meningkat

Ketika meminum Pepsi yang memiliki kandungan kafein di dalamnya akan membuat tekanan darah meningkat secara drastic dan pupil mata akan membesar.

3. Mengakibatkan penyerapan gizi

Minuman bersoda seperti Pepsi mengandung zat asam fosfor yang akan mengikat kalsium, mangnesium dan zat seng yang terdapat di dalam usus. Sehingga ketika jumlah dari zat tersebut berkurang akan menyebabkan gizi terserap.

4. Sering buang air kecil

Setelah mengkonsumsi minuman soda akan membuat sering buang air kecil karena kandungan gula yang tinggi dapat mengganggu penyerapan air di dalam ginjal.

Lihat juga:  Pilih mana: Beras Shirataki vs Beras Merah ?

Coca-Cola

Coca-Cola adalah minuman bersoda atau berkarbonasi yang dikenal lebih dari 200 negara di dunia. Pertama kali dikenalkan oleh ahli farmasi John Styth Pemberton pada tahun 1886 dan mulai di kenal di Indonesia pada tahun 1927.Komposisi dari Coca-Cola ini adalah Air berkarbonasi, gula, pewarna caramel, konsentrat kola, asam fosfat dan kafein. Memili tiga jenis yaitu Coca-Cola original taste, Coca-Cola light taste (bebas gula dan bebas kalori) serta Coca-Cola zero sugar (bebas gula)

Kelebihan Coca-Cola

1. Brand image terkenal

Brand dari Coca-Cola ini memiliki brand image yang sudah dikenal oleh masyarakat luas. Membuat Coca-Cola menjadi minuman berkarbonasi yang paling dicari.

2. Pabrik terbesar

Coca-Cola ini merupakan minuman yang dibuat oleh pabrik terbesar dan sudah diproduksi lebih di 200 negara di dunia.

3. Target memasarkan secara global

Untuk pemasaran Coca-Cola ini sangatlah baik, brand Coca-Cola ini memasarkan produknya secara global ke seluruh penjuru dunia dengan membuat merchandise agar menarik perhatian public. Seperti gantungan kunci dan tempelan kulkas dengan logo Coca-Cola

4. Kemasan yang menarik dan harga yang terjangkau

Coca-Cola memiliki kemasan yang menarik mulai dari bahan kaca, plastic dan kaleng. Selain kemasan Coca-Cola juga memiliki harga yang murah.

Kelemahan Coca-Cola

1. Berbahaya bagi kesehatan

Kandungan gula yang tinggi di dalam Coca-Cola menjadikan minuman ini berbahaya untuk kesehatan jika diminum secara terus-menerus. Selain gula kandungan kafein di dalamnya juga dapat membuat tekanan darah naik, pupil membesar dan detak jantung tidak stabil.

2. Diduga mengandung pestisida

Pada tahun 2006 Coca-Cola terlibat kontroversi bahwa Coca-Cola mengandung pestisida yang akan membahayakan konsumennya.

3. Inovasi dan ekspansi yang lambat

Walaupun produksi dari Coca-Cola ini sangatlah pesat dan global, tapi untuk inovasi serta ekspansi dari brand ini sangatlah lambat dalam mengatasi pesaing dan memenuhi kebutuhan pasar.

Pilih Mana: Pepsi atau Coca-Cola?

Keterangan PepsiCoca-Cola
Kelebihan - Memiliki variasi diet - Membantu menyehatkan pencernaan - Menambah energi - Meningkatkan konsentrasi - Mengurangi rasa mual- Brand image terkenal - Pabrik terbesar - Target memasarkan secara global - Kemasan yang menarik dan harga yang terjangkau
Kekurangan - Menyebabkan gula darah meningkatkan - Tekanan darah meningkat - Mengakibatkan penyerapan gizi - Sering buang air kecil- Berbahaya bagi kesehatan - Diduga mengandung pestisida - Inovasi dan ekspansi yang lambat
Beli disiniKlik DisiniKlik Disini

Kesimpulan

Walaupun minuman bersoda dapat meredahkan haus tapi seluruh minuman bersoda memiliki kelemahan yang sama yaitu menimbulkan masalah kesehatan. Oleh karena itu bijaklah ketika ingin mengkonsumsi minuman berkarbonasi ini agar tidak menimbulkan masalah kesehatan serius. Semoga bermanfaat ya!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Pepsi vs Coca-Cola

VS